pakupaku
Wednesday, 10.03.2004 15:10

Memilih ala St. Ignatius Loyola

Posted on Faith.

Seni memilih dalam latihan rohani Santo Ignatius dikenal dengan istilah “pembedaan roh”. Menurutnya dalam kehidupan kita terdapat 2 pengaruh yang saling bertentangan. Ignatius yang berlatar belakang keprajuritan lantas menggambarkan 2 kekuatan itu sebagai Panji Kristus (roh baik) dan Panji Lucifer (roh jahat). Roh baik akan mempengaruhi kita untuk semakin mendekat dengan Allah, sedangkan roh jahat akan menjauhkan kita dari Allah. Setiap orang harus peka terhadap dua kekuatan tersebut, terutama dalam melakukan pemilihan dan pengambilan keputusan karena peperangan roh baik dan roh jahat terus terjadi dalam hati dan kehidupan manusia. Selain kedua kekuatan tersebut, ada satu kekuatan lagi yang mempengaruhi manusia dalam menentukan suatu pilihan, yaitu : keadaan dirinya sendiri, seperti sifat, watak, temperamen, dan pengalaman trauma.

Pemilihan dan pengambilan keputusan menurut Santo Ignatius selalu didasarkan pada satu acuan, yaitu memilih yang lebih memuliakan Tuhan sesuai dengan tujuan hidup dari manusia itu sendiri yaitu memuji dan mengabdi kepada Allah untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan bersama Allah.

Menurut St. Ignatius ada 3 cara untuk menentukan suatu pilihan/keputusan:

1. Allah menggerakkan kita dengan tanpa ragu – ragu untuk menjatuhkan suatu pilihan. Dalam hal ini Allah bekerja secara langsung menarik seseorang untuk membuat suatu keputusan tertentu, contohnya Paulus dan murid – murid lainnya yang mengikuti Yesus. Contoh lain adalah seorang yang mendapat mimpi pasangan hidupnya, dan akhirnya ia bertemu dengan orang tersebut dan menikahinya.

2. Orang tersebut mendapat terang dan pengertian karena adanya hiburan rohani, maupun kesepian rohani serta pengalaman pem-bedaan roh itu sendiri. Melalui pengalaman – pengalaman sebelumnya dalam memilih, Allah bekerja mengatur sedemikian rupa, sehingga mata hati orang tersebut akan menuntunnya pada pilihan yang benar. misalnya: seorang yang memilih pasangan hidup karena ia merasa damai bersamanya, atau seorang pengusaha yang intuisinya telah terasah untuk menentukan kapan membeli barang dan kapan menjualnya kembali.

3. Adanya waktu tenang untuk berpikir dan berefleksi (rasionalitas) yaitu dengan melihat pro (sisi +) dan kontra (sisi -) dari pilihan tersebut.

Allah telah memberikan kepada kita kemampuan untuk berpikir secara rasional untuk menentukan pilihan mana yang bermanfaat dan mengarahkan kita kepada arah yang kita tuju. Misalnya: ketika memilih sekolah, mempertimbangkan keuntungan dan kerugian jika bersekolah di tempat itu.

Santo Ignatius percaya bahwa gerak hati untuk memilih harus datang dari atas. Oleh karena itu ketiga cara diatas adalah satu karena Allah bekerja dalam ketiganya.

Kunci dari keberhasilan latihan membedakan roh dalam melakukan pemilihan yang benar menurut pengertian Ignatian, yaitu : kemauan untuk terus belajar dari pengalaman, ketekunan untuk terus mencoba agar semakin terlatih, ketekunan berdoa untuk semakin peka terhadap kehendakNya, dan keterbukaan untuk saling bertukar pengalaman dengan orang lain.

Referensi :
Suparno, Paul, SJ. 1998. Roh Baik dan Roh Jahat. Jogjakarta: Penerbit Kanisius.

Mood :

One Response :


1. johan Says:

latihan rohani loyola sebenarnya bisa diartikan kritik thd keimanan yang dangkal …. dimana seseorang sering dengan mudahnya mengklaim ini itu sebagai sabda allah. BTW, salam kenal … saya suka blognya :)



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.082s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia