pakupaku
Friday, 06.05.2005 3:15

Hasil Riset Awal Mencari Profil Blogger Indonesia

Posted on Psychoblogology.

Ketertarikan saya menjadikan blog sebagai subjek penelitian sebenarnya sudah ada lama, tepatnya ketika mulai membaca hasil survei dari mbak Nita tentang kebiasaan para blogger Indonesia ketika mengunjungi blog, namun kesibukan kuliah, kkn dan sambilan kerjaan membuat saya lambat untuk membuat alat surveinya. Saya mulai terkesiap kembali ketika DPA saya memberikan latihan melakukan penelitian pada akhir September 2004.

Saya pun merencanakan serangkaian penelitian yang sesuai dengan bidang saya yaitu psikologi, sayangnya pada waktu itu profil blogger indonesia belum ada sehingga saya sedikit kesulitan untuk menentukan subjek penelitian yang bertema psikologi. Jadi saya memutuskan untuk melakukan survei awal terlebih dahulu untuk mengetahui profil umum blogger Indonesia.

Saya sungguh tidak tahu, kalau ternyata Adi Onggoboyo dari ITB dengan biang blogie-nya telah mengadakan survei di pertengahan September 2004 untuk dilombakan di LIPI. Hanya selang beberapa minggu, akhirnya saya pun mulai mengumpulkan data survei awal, sempat terpikir juga untuk membatalkan survei ini dan menunggu hasil survei Adi Onggoboyo. Namun sudah kepalang tanggung karena saya sudah mengumpulkan beberapa data…. dan akhirnya saya pun menutup survei tersebut pada minggu ketiga sejak dionlinekan pertama kali. Data yang berhasil saya kumpulkan dari tanggal 12 Oktober 2004 – 30 Oktober 2004 jumlahnya 122 responden dengan perbandingan laki-laki dan perempuan yang cukup seimbang.


Setelah penelitian Adi Onggoboyo berhasil menjadi juara I pada lomba LIPI 2004 tersebut dan mempublikasikan hasilnya di biangblogie.com, saya pun membandingkan dengan data yang saya dapatkan, dan sungguh tidak diragukan lagi kedua data tersebut sebanding.

Berikut ini adalah hasil survei yang dilakukan di situs octave.or.id :
Profil Umum Blogger :

jeniskelamin.gif

Jenis Kelamin Blogger.
Data survei menunjukkan bahwa jumlah blogger jika dilihat dari jenis kelaminnya masih dapat dikategorikan seimbang. Tidak ada indikasi bahwa blogger hanya diminati oleh jenis kelamin tertentu saja. Laki-laki dan perempuan memiliki dorongan minat yang sama untuk memiliki dan menulis blog.

grafik-usia.jpg

Usia Blogger Indonesia.
Kisaran usia blogger diatas 5% adalah pada rentang usia 20-28 tahun (diatas 5%), sedangkan terbanyak pada usia 26 tahun (15,83%).

pekerjaan.gif

Pekerjaan Blogger Indonesia.
Data survei menunjukkan 40,98% adalah pelajar dan mahasiswa, dan kedua terbanyak adalah profesional sebanyak 32,79%. Adi Onggoboyo dalam surveinya melalui http://biangblogie.com mendapatkan data bahwa blogger yang telah bekerja berada dalam sebaran bidang kerja yang merata, namun pekerjaan-pekerjaan tersebut umumnya menyangkut pekerjaan-pekerjaan yang memungkinkan untuk menghabiskan waktu kerjanya di lapangan, pekerjaan yang relatif independen yang tidak terikat waktu atau pekerjaan yang menyisakan banyak waktu luang, pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan komputer dan internet, serta pekerjaan-pekerjaan yang menyangkut tulis-menulis (Adi Onggoboyo, 2004).

domisili.gif

Domisili Blogger Indonesia.
Kota Jakarta merupakan tempat blogger terbanyak dengan 38,52% blogger berdomisili disana, dengan asumsi bahwa Jakarta sebagai Ibu Kota Negara dan Kota Metropolitan merupakan parameter perkembangan teknologi informatika dengan tersedianya berbagai fasilitas yang mendukung akses internet, dan sudah menjadi suatu kebutuhan komunikasi di perkantoran. Banyaknya mahasiswa/pelajar di kota Jogjakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya dengan didukung warnet-warnet yang tersebar di sekitar kampus dan pondok kos-kosan menjadikan kota-kota tersebut memiliki jumlah blogger diatas 3%. Sedangkan sebagian kecil blogger tinggal di kota-kota kecil di Indonesia ditambah dari berbagai negara lainnya, seperti Amerika, Singapura, Malaysia, Thailand, Jerman, dan Belanda.

lokasi.gif

Lokasi Akses Blogger.
Sebagian besar blogger ternyata memanfaatkan fasilitas akses internet dari kantor, khususnya untuk blogger yang sudah bekerja dan sebagian besar blogger yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Bekasi. Sedangkan untuk kota – kota yang memiliki jumlah mahasiswa/pelajar ataupun kota-kota yang masih jarang terdapat akses internet, para blogger mengakses melalui warnet ataupun rumah mereka sendiri.

lamaakses.gif

Lama Akses Internet Blogger.
Sebagian besar blogger mengaku mengakses internet lebih dari 3 jam setiap harinya (64,75%), sedangkan sisanya antara 2-3 jam (31,97%) dan kurang dari 1 jam (3,28%). Jika dikaitkan dengan pekerjaannya, maka 27,87% blogger yang mengakses lebih dari 3 jam adalah profesional, disusul 20,89% adalah pelajar/mahasiswa. Asumsinya profesional membutuhkan akses internet sebagai suatu kebutuhan pekerjaan, sedangkan untuk pelajar/mahasiswa untuk mengerjakan tugas, atau mengisi waktu luang.

identitas.gif

Mencatumkan Identitas Asli.
79,51% Blogger mencantumkan identitas aslinya, data ini sangat menarik karena media internet dikenal sebagai media yang memiliki sifat anonim. Hanya 20,40% yang tidak mencantumkan identitas asli.

frekuensiupdate.gif

Frekuensi Update Blog.
Frekuensi terbanyak Blogger mengupdate blognya adalah 2-5 hari sekali (50%), kedua terbanyak adalah seminggu sekali (27,05%), tiap hari dan sebulan sekali menempati posisi ketiga terbanyak yaitu 11,48%.

layananbloggratis.gif

Penggunaan Fasilitas Blog Gratis.
Sebagian besar blogger menggunakan fasilitas layanan blog gratis (86,07%), hanya 13,93% yang tidak menggunakan layanan blog gratis.

pembacablog.gif

Membaca Blog Lain.
Survei menunjukkan bahwa 96,72% blogger membaca blog orang lain. Hanya 3,28% yang menjawab tidak.

temablog.gif

Tema Blog.
Suatu blog umumnya memiliki tema tertentu, 52,40% blogger menulis blog bertema diary/curhat, 31,97% menulis tema lainnya. Dalam penelitian Adi Onggoboyo, Curhat merupakan isi tulisan yang paling banyak diposting oleh blogger 27,48%, renungan/refleksi 21,23%, dan ide-ide pemikiran 14,69%.

Demikian hasil survei yang dilakukan octave.or.id. Jika dibandingkan dengan penelitian Adi Onggoboyo, survei ini tidak begitu lengkap dan tidak mendetail dikarenakan karena tujuan awalnya hanya mencari profil sekilas blogger Indonesia. Oleh karena itu baik kiranya jika penelitian Adi Onggoboyo bisa dijadikan acuan bagi para peneliti untuk melakukan penelitian lainnya seputar blog.

Tags: , , ,

Mood : Berpikir emoticon

5 Responses :


1. Rio Menajang Says:

Upaya ini sangat baik, tetapi sebaiknya segera pula diingat bahwa survey yang menarik responden dengan cara "accidental" dan bukan "random" tidak bisa di induksikan bahwa hasil penelitian merupakan cerminan dari Blogger Indonesia. Ini kalau mau bicara metodologisnya sih.

Tapi tetap penelitian ini ada kok gunanya, sebagai awal membentuk gambaran tentang profil blogger indonesia, walau terbatas kemampuan prediksi maupun induksinya.



2. Jafar G Bua Says:

Salam Hangat,

Aku cuma mau bilang topik penelitian Anda sangat bagus. Bisa jadi baru Anda yang melakukan penelitian soal blogger dan hal-hal terkait lainnya.

kalau aku masih kuliah [mungkin di psikologi atau komunikasi] aku pasti akan meneliti soal itu.

ok, selamat bekerja

salam hangat dan hormat selalu.

jafar g bua
palu indonesia



3. ibun Says:

Bagus niy tulisannya. Ada versi bahasa inggris ga?



4. hendra Says:

Brilian, menarik sekali tulisa anda…..bisa jadi referensi buat saya



5. edi Says:

sekedar saran aja nich…
biar bisa multi language mungkin tambah gadget translator.
jadi klu ada yg pengin pake bahasa lain tinggal pilih bahasa yg di inginkan.. selesai deh….
tp tata bahasanya hrs sedikit disesuaikan terutama awalan dan akhiran..
hasilnya lumayan bgs.. lihat aja diblogku



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

28q. 0.087s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia