pakupaku
Sunday, 08.05.2005 4:18

Manfaat Psikologis Aktivitas NgeBlog

Posted on Psychoblogology.

Sebuah penjelasan dari sisi psikologis menanggapi prejudice yang semena-mena.

Apakah benar ngeblog = goblog? (*bodoh) Baiklah kita mulai menggunakan sedikit aktivitas otak kita untuk mencerna berbagai data dan fakta berikut ini :

Penelitian Adi Onggoboyo dalam “Suatu Fenomena Sociocyber yang unik dan dinamis” pada bulan Oktober 2004 yang lalu mengungkapkan bahwa 95,26% dari 211 blogger Indonesia menyatakan bahwa mereka merasa mendapatkan hal-hal positip setelah menjadi blogger. Hal-hal positip tersebut diuraikan lagi oleh Adi Onggoboyo sebagai berikut :

  • Meningkatkan Gairah Hidup 2,98%
  • Lebih Disiplin 0,49%
  • Semangat Prestatif 3,98%
  • Menjalin dan memperbanyak relasi/ kawan/ persahabatan 48,75%
  • Rajin menulis/ meningkatkan kemampuan/ produktivitas menulis 8,95%
  • Lebih kreatif/ ekspresif/ inspiratif/ motivatif 4,47%
  • Menambah berbagai wawasan 3,98%
  • Lega bisa berbagi 2,48%
  • Lain-lain 7,96%
  • Gabungan beberapa poin diatas 15,92%
  • Dari data tersebut, Adi Onggoboyo menyimpulkan bahwa blog dapat dijadikan sebuah alternatif bagi pengembangan diri dari berbagai sisi, tidak hanya sekedar tulis menulis.

    Penelitian diatas semakin menguatkan pandangan bahwa blog itu memiliki nilai manfaat yang cukup besar dibandingkan dengan nilai negatifnya, berikut ini beberapa manfaat yang membuat aktivitas ngeblog bukanlah suatu penggoblokan belaka tapi sebaliknya ngeblog adalah aktivitas pencerdasan jika dilihat melalui bidang studi saya yaitu Psikologi :

    1. NgeBlog itu Merangsang Otak.
    Aktivitas ngeBlog, mulai dari membuat desain blog sampai dengan menulis blog tiap waktu merupakan suatu proses mental otak yang melibatkan jutaan sel pada otak. Rangsangan tersebut membuat rantai-rantai neuron menjadi aktif dan dimulainya proses mielinisasi (myelin adalah sejenis protein lemak yang dikeluarkan oleh otak untuk melapisi hubungan antara dendrit ketika kita menerima suatu informasi yang baru.

    Seorang peneliti otak yang bernama Dr. Marian Diamond telah menghabiskan waktu tiga puluh tahun untuk mengadakan rangkaian percobaan tentang otak. Hasilnya disimpulkan bahwa pada umur berapapun sejak lahir hingga mati, adalah mungkin untuk meningkatkan kemampuan mental otak dengan rangsangan lingkungan.

    Dengan demikian prinsipnya bahwa semakin terangsang otak dengan aktivitas intelektual dan interaksi lingkungan, semakin banyak jalinan yang dibuat antara sel-sel otak. Ini dapat dibuktikan dengan membandingkan jumlah jalinan sel otak pada tikus hasil percobaan Diamond. Tikus yang otaknya terus menerus dirangsang memiliki jumlah jalinan yang lebih banyak dibandingkan tikus yang tidak diberi rangsangan pada otaknya.

    2. NgeBlog itu Menyehatkan Jiwa dan Raga.
    Ngeblog berkaitan erat dengan aktivitas menulis blog, penelitian Adi Onggoboyo menunjukkan bahwa 27,48% dari 211 blog berisi mengenai curhat pribadi, 21,23% adalah renungan/refleksi, dan ide-ide pemikiran 14,69%. Hal ini juga dikuatkan dengan survei yang dilakukan octave.or.id yang mendapatkan 52,46% dari 122 blogger memilih menulis blognya dengan curhat/diary.

    temablog.gif

    Mengapa ngeblog dapat dikatakan menyehatkan jiwa? Dari hasil data survei diatas dapat diasumsikan jika sebagian besar blogger telah melakukan perilaku katarsis dengan mencurahkan perasaannya melalui tulisan pada blognya.

    Katarsis menurut Kamus Lengkap Psikologi karangan J.P. Chaplin adalah :

    pembebasan atau pelepasan ketegangan- ketegangan dan kecemasan- kecemasan dengan jalan mengalami kembali dan mencurahkan keluar kejadian-kejadian trumatis di masa lalu, yang semula dilakukan dengan jalan menekan emosinya ke dalam ketidaksadaran.

    Dengan menuliskan perasaan-perasaan yang muncul terutama hal-hal negatif akan memberikan rasa puas dan lega (Dr. Pennebaker).

    Menulis blog sebagai media katarsis lebih bermanfaat daripada melakukan aksi kekerasan. Emosi-emosi yang tersimpan dalam ketidaksadaran akan membuat seseorang semakin cemas, dan pada saatnya kecemasan tersebut akan termanifestasikan dengan perilaku agresifitas. Contohnya: Kebrutalan para polisi, Kebrutalan para pendemo, Kebrutalan seorang ayah yang tega membunuh anaknya. Blog sebagai media katarsis akan mengarahkan blog sebagai suatu media psikoterapi alternatif.

    Ada ungkapan yang mengatakan di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, begitu pula sebaliknya karena tubuh dan jiwa merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Pelepasan emosi melalui menulis di blog akan memberikan efek relaksasi bagi tubuh sehingga fungsi tubuh akan kembali mencapai keadaan homeostatis. Keadaan stress memicu tubuh untuk selalu dalam keadaan tegang, dan semakin lama ketegangan tersebut akan memperlemah pertahanan tubuh dan selanjutnya akan mempengaruhi fungsi organ tubuh. Dengan demikian semakin kita rajin melampiaskan emosi dalam tulisan blog kita semakin terjaga tubuh kita dari berbagai ancaman penyakit.

    3. Ngeblog itu Suatu Proses Pembelajaran.
    Aktivitas menulis blog merupakan proses belajar. Ketika kita mengungkapkan perasaan kita melalui suatu blog, kita akan belajar untuk mengenal perasan-perasaan dan emosi-emosi yang muncul dari suatu peristiwa dalam keseharian kita. Semakin sering kita menyadari hal tersebut semakin lama kita semakin mengenal diri kita sendiri sehingga pada situasi yang sama, kita akan belajar untuk mengontrol emosi tersebut. Hal ini merupakan salah satu dari dasar pemikiran Aaron Beck yang terkenal dengan terapi kognitifnya.

    Aktivitas membaca blog orang lain juga merupakan proses belajar. Ketika kita membaca blog orang lain, tak jarang kita menerima informasi baru tentang berbagai hal. Secara tak langsung pengetahuan baru atau pengalaman orang lain tersebut akan mengendap dalam pikiran kita sehingga pada suatu saat dimana kita mengalami hal yang sama kita secara sengaja atau tidak, kita akan menggunakan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Hal ini dapat diterangkan lebih lanjut melalui teori belajar kognitif yang dikembangkan oleh Kohler.

    Ada perilaku-perilaku ketika ngeblog yang bisa dicurigai sebagai sebuah proses pembelajaran, yaitu :

  • - Memberikan komentar :
    belajar mengungkapkan pendapat, belajar menerima pendapat orang lain, belajar menerima perbedaan, belajar untuk memahami orang lain.
  • - Memberikan sapaan dalam ShoutBox :
    belajar untuk memulai dan mempertahankan suatu interaksi sosial, belajar untuk memberi perhatian, belajar untuk berafiliasi satu dengan yang lain, belajar memberi apresiasi terhadap suatu blog.
  • Dengan demikian ngeblog merupakan suatu proses pembelajaran dan pengembangan kepribadian bagi diri blogger itu sendiri.

    4. Ngeblog itu Melatih Perilaku Afiliasi dalam Interaksi Sosial
    Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang hal ini, tetapi saya akan menunjukkan suatu fenomena kedekatan hubungan sosial yang tercipta antara blogger hanya karena saling membaca blog satu sama lain. Tidak jarang kita dapat melihat komentar-komentar yang mengesankan suatu hubungan keluarga dekat dalam blog seseorang.

    58,29% dari 211 blogger dalam penelitian Adi Onggoboyo mengatakan komunikasi melalui blog membuat mereka merasa cepat akrab. 51,65% dari 211 blogger merasa lebih akrab berkomunikasi via blog dengan temannya yang sudah dikenalnya dalam dunia nyata. Saling berbagi cerita dan pengetahuan membuat seseorang mulai mengenal seseorang yang lainnya secara lebih mendalam. Keterbukaan dan kepercayaan akan menciptakan suatu jalinan afiliasi yang dapat pula menumbuhkan hubungan emosi blogger yang satu dengan yang lainnya meskipun tidak melakukan pertemuan fisik.

    Sekali lagi NgeBLOG TIDAK SAMA DENGAN GOBLOG.
    Ngeblog bukanlah suatu kegoblokan semata, hal ini baru ditinjau dari segi psikologis saja dan itupun masih banyak yang terlewat.

    Blog juga bukan sekedar trend, tetapi merupakan suatu kebutuhan manusia yaitu untuk mencapai kebutuhan yang paling tinggi dalam hirarki kebutuhan Abraham Maslow yaitu Kebutuhan untuk Aktualisasi Diri. Jadi jangan heran jika dalam diri setiap orang terdapat upaya untuk menunjukkan eksistensinya sebagai manusia, dan salah satu caranya adalah dengan ngeBLOG ! Viva Blogger Indonesia!

    Oktavianus Ken Manungkarjono
    Staff UPTB Psikologi UGM

    http://kenz.or.id/

    blog adalah suatu media web online yang digunakan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan pikiran, emosi dan perilaku seseorang atau kelompok sebagai jawaban atas kebutuhan interaksi sosial dan aktualisasi diri untuk menunjukkan eksistensinya sebagai manusia dari waktu ke waktu.

    Referensi:
    Benson, N.C., and Grove, S. 1998. Psychology for Beginners. Cambridge : Icon Books Ltd.
    Chaplin, J.P. 2001. Kamus Lengkap Psikologi. terj: Kartini Kartono. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
    Hall, C.S., and Lindzey, G. 1993. Psikologi Kepribadian I: Teori-teori Psikodinamik (Klinis). Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
    Hernowo. 2004. Quatum Learning : Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis/editor. Bandung: MLC. Manungkarjono, O.K. 2004.
    Survei Profil Blogger Indonesia. http://octave.or.id/ Onggoboyo, A.N. 2004. Profil Para Blogger : Suatu Fenomena Sociocyber yang Unik dan Dinamis. Riset. http://biangbloggie.com/
    Perwitasari, J.E., Hadjam, M.N.R., Atamimi, N., Retnowati, S., Utami, M.S., Subandi, M.A., Ramdani, N., Hasanat, N.U. 2002. Psikoterapi: Pendekatan Konvensional dan Kontemporer. Yogyakarta: Unit Publikasi Fakultas Psikologi UGM.
    Rose, C., and Nicholl, M.J. 1997. Accelerated Learning for the 21st Century. London: Judy Piatkus.

    Tags: ,

    Mood : Biasa emoticon

    23 Responses :


    1. L-a-b-u Says:

    sep! apik nih artikelnya… memadukan antara fenomena & teori :) bagus kali ya kalo dikaitin lagi ama ccp (cross cultural psychology) dalam hubungannya ama Indonesian ppl characteristic "culture of harmony" :)

    oiya, ama atu lagi… mungkin lebih baik yang paragraf2 atas itu dibikin ‘jargon-free’ ya… kan yang awam-awam psikologi proyektip (apalagi psikologi) kek saya ini rada2 geblek memahaminya… :P

    oiya, AYO GEK PROPOSAL GRANT E DIGARAP!!!! Selak aku tertimbun tugas-tugas & laporan-laporan praktikum lagii… huehuehuehue :P



    2. ryosaeba Says:

    spot on! btw ada temen yang ngomong sang pakar IT itu kayaknya menderita sindrom eksistensialitas akut. berhubung saya bukan orang psikologi, apa ya itu artinya?



    3. ambar Says:

    setuju dengan beberap point "penelitian" anda. Semoga beliau membaca ini



    4. nuniek tirta Says:

    ah, senangnya tambah satu tulisan tentang blog lagi :)

    gue lagi bikin penelitian tentang corporate blog, sayangnya di indo gw blom nemuin ada perusahaan yg punya corporate blog. apa gw aja yg ga teliti nyarinya ya? udah ada belum sih?

    jadi responden gw semuanya corporate bloggers luar negeri, terutama yg ada di amerika, australia dan eropa. menurut lo, prospek corporate blog di indonesia ini gimana?

    fyi, penelitian ini buat skripsi gw u/ jd sarjana ilmu komunikasi jurusan humas.



    5. toni Says:

    salut buat tulisannya yang insightful. Keep on blogging.
    Semoga pakar IT bisa menanggapi tulisan ini dengan bijaksana. [:)]



    6. loper Says:

    Go Blogâ„¢ .. anjuran untuk Ngeblok? … heheheehhehe



    7. yonky Says:

    menarik juga tulisan ini :)



    8. wongiseng Says:

    Saya bukan psikolog, tapi kok dari pengalaman, blogging itu bisa membuat kecanduan dan menghabiskan porsi waktu kegiatan lain (yang mungkin positif) juga.

    Rasanya perlu ada ulasan sedikit tentang kemungkinan dampak negatifnya mas, masak ndak ada :)



    9. siUUL Says:

    nice post!!! iki postingan sebenarnyaaa :D



    10. RSWW Says:

    Ken, ini komentar di blog Jay yang mengatakan tulisan anda "ilmiah". Anggap saja sebagai masukan.

    Secara ilmiah my ***.
    1. 2 tipe orang yang tidak suka blog, ini pure conjencture tanpa dasar apa-apa. “biasanya” itu seberapa biasa? Parameter yang dipakai mengukur apa? Sample surveynya seberapa?
    2. Data yang dimunculkan kok malah mendukung klaim Roy tentang kekatarsisan mayoritas blog Indonesia? Jay do you really wanna back this up? Penjilatan ludah kolektif komunitas anti-roy?
    3. Kesimpulan yang dibuat mengenai manfaat blog justru bertentangan dengan data yang dikutip, yang merasakan manfaat2 yang disebut Ken itu (”memperluas wawasan”,”merangsang otak”, dan lain-lain yang berkaitan dengan intelektualitas) hanya sekitar 2-5persen dari data hasil survey, a mere noise (exception) (i.e. lebih dari 90% responden tidak menganggap blog merangsang otak).

    If this “tulisan ilmiah” represents the wider anti-roy community, then lets start calling a duck a duck: “Blog Indonesia == katarsis”, that the intelectual merit of doing a blog is merely a blown up thing, & that RSW needs to issue an apology.



    11. kenz Says:

    TANGGAPAN ATAS KOMENTAR RSWW
    Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih, saya sendiri dari awal terbuka dengan semua masukan yang ada demi kebaikan saya sendiri dan juga komunitas blog tentunya.

    1. Kalo Anda baca lebih teliti lagi, maka anda akan menemukan bahwa tulisan saya tentang 2 tipe orang yang tidak suka blog adalah PRAKIRAAN SAYA, coba perhatikan ini :

    saya menulis: ————————
    Apa benar ngeBLOG=goBLOG, seperti yang dikatakan orang-orang yang skeptis dengan keberadaan blog? Kalau boleh saya menerka, prasangka jahat ini biasanya dilontarkan 2 tipe orang dengan motivasi yang beragam.
    ————————
    Perhatikan katakalo boleh saya menerka…. saya harap Anda lebih jeli untuk membaca mana yang subjektifitas dan mana yang objektifitas:)

    2. Maafkan saya, meskipun saya tidak setuju dengan beberapa point komentar ROY SURYO tentang blog, namun untuk aspek yang satu ini insting Roy Suryo tepat. Data yang didapatkan oleh mas Adi Onggoboyo dan survei awal yang saya lakukan memanglah demikian bahwa blog=katarsis, namun ada beberapa catatan untuk ini. Mungkin tulisan saya tentang Mengapa Ngeblog akan dapat menjelaskan lebih lanjut.

    3. 90% responden blog tidak merangsang otak? Jika boleh saya bertanya kembali, apakah Anda menyadari ketika otak anda terangsang? Dan apakah intelektualitas dalam hal ini hanyalah dilihat dari satu segi atau beberapa segi sebagai tolak ukurnya semisal aspek memperluas wawasan saja. Kembali pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Marian Diamond bahwa tikus-tikus tersebut ternyata memiliki perbedaan jumlah jalinan sel otak antara tikus yang diberi rangsangan dan yang tidak. Jumlah jalinan sel otak tidak hanya memperluas wawasan, tetapi lebih dari itu, semisal masih dapat mengingat dengan baik, berkomunikasi dengan baik, mampu menghubungkan informasi yang satu dengan yang lain, mampu melihat perbedaan suatu benda, mampu mengkoordinasikan tubuh dengan baik, mampu memecahkan masalah dengan baik…. dan masih banyak lainnya dari efek banyaknya jumlah jalinan sel otak yang terbentuk.

    Saya secara pribadi sangat respek dengan tanggapan dan masukan dari teman-teman semua. Maka demi kebaikan bersama dan menghindari kericuhan yang tidak perlu, saya sengaja mengedit beberapa bagian tulisan saya sehingga tidak tendensius. Apa yang benar saya tulis benar dan apa yang salah akan saya perbaiki. Terima kasih.



    12. ecchan Says:

    halo.. gw orang baru di blog ini ^^

    postingan ttg blognya memang bermanfaat banget bang ^^b salut untuk anda ^^

    bisa jadi bahan untuk ngisi di blog saya.. oh ya… selamat berjuang di Bubu Awards yah ^^b

    regads,
    ~ecchan~



    13. Anatomi Sebuah Blog » Catatan Hanging Says:

    [...] Permalink – Suatu link permanen dari suatu postingan tertentu. Contohnya : http://blog.kenz.or.id/2005/05.....eblog.html Link permanen ini sangat berguna untuk mempermudah mesin pencari ataupun blogger lain untuk menuju ke postingan tersebut. [...]



    14. ungu Says:

    smart article!
    article anda sangat bermanfaat banget buat aku tentang teori belajar & pembelajarannya.
    keep writing!
    salut dech pokoknya! (^_^)



    15. hilary Says:

    Menarik sekali tulisan anda, kesimpulannya orang yg nge-blog paling tidak, tidak lebih gomblok dari orang gomblok.



    16. iyus Says:

    boleh juga isi blognya,ak masukin ke blogrol ku ya



    17. itok Says:

    maaf Bisa gak sya di beri cara belajar yang bagus tuk UM perguruan tinggi negri khususnya STAN . kirim ke Inoi_21uch@yahoo.com , terima kasih sebanyak-banyaknya bagi teman yang mengirimkannya be 100%



    18. Mr. Amru Says:

    Come Visit : CD VCD DVD Motivation Mentoring Coaching : Tung Desem Waringin, Anthony Robbins, Robert T. Kiyosaki, Robert G. Allen, Brian Tracy, Jim Rohn, Zig Ziglar. See more at http://mramru.blogspot.com – Thanks :-)



    19. Ayo Ngeblog! « Akh Paiman: Semua Tentang Aku, Dunia IT dan Islam Says:

    [...] aku Copy-kan dari blog tetangga jauh banget khusus buat kamu mengenai beberapa manfaat ngeblog dilihat dari sisi psikologis, yang juga aku [...]



    20. dita Says:

    mas misi ya.tulisan mas tentang ngeblog ini saya jadiin referensi tugas ospek..maaf ya mas pake pikiran mas untuk saya jadiin tugas.nanti saya cantumin di referensi.
    maaf y mas!



    21. Roseita Says:

    maaf saya copy tentang topic inii saya pelajarin isinya..lalu saya ambil yang berkaitan dengan tugas akhir saya di salah satu kursus bahasa inggris. Tapi sya tidak meng copy semua..saya terjemahkan ke bahasa saya..lalu di translate di bahasa inggris..tapi akan saya cantumkan nama anda
    terima kasih banyak



    22. Langkah Mendulang Dollar Online (2) | Info Blogging Says:

    [...] blog begitu diminati? Kalian bisa baca salah empatnya disini, ini, ini, dan ini. Kalau menurut saya, ngeblog itu mengasah kreativitas dan kemandirian serta [...]



    23. meutia Says:

    thanks ya, membantu artikel sekolah. Makasih banyak :D



    Leave a Reply





    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



    pakupaku

    kenzKENZ.
    Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
    interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

    Life Age: 13558 days
    Emotional
    97.5%
    Bioritme Status
    Physical
    13.6%
    Bioritme Status
    Intellectual
    -81.5%
    Bioritme Status





    Jangan Asal
    Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


    Bloglines
    Feedburner
    Get KlipFolio
    Get Firefox
    Get Opera
    Valid XHTML

    Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
    Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
    Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

    27q. 0.108s.
    Powered by WordPress
    © 2006
    All rights reserved.

    Kode Etik Blogger Indonesia