pakupaku
Wednesday, 13.07.2005 1:50

2.5 jam menembus Jogja-Wonogiri

Posted on Journey.

Setelah hari senin yang lalu aku gagal menembus jalur Wonogiri – Jogja, maka 2 hari kemudian yaitu hari ini, aku mencoba menembus jalur Jogja – Wonogiri dengan motor yang sama waktu perjalanan 2 hari yang lalu.

Kemaren senin itu aku dan larasati naek motor dari jogja, berangkat jam 12 siang dan baru nyampek jam 3 sore di wonogiri. doh:! pantatnya panas banget deh.. lama betul.. padahal itu dah lumayan ngebut seh… Nah. Sorenya kan aku kemalaman tuh, jadi aku takut ga dapet bis dari wonogiri, terpaksalah aku bawa lagi motor larasati ke jogja.. pengennya seh pake jalur pintas dari Wonogiri – Klaten tapi kok ga ketemu jalannya yeaa… malah nembusnya ke Sukoharjo lagi.. bikin penasaran aja.

Perjalanan Jogja-Wonogiri dimulai jam 8 pagi ini, setelah mengantar adekku chendol yang lagi ujian aku langsung mengarahkan motor ke arah klaten. Hmmm.. tadinya seh mau ngebut.. cuman aku kok jadi kelaparan yeaa… iya e.. perutku tuh panas banget seakan berteriak-teriak minta diisi sesuatu. Jadinya sepanjang jalan ke klaten mataku meleng ke kanan-kekiri cari warung yang jual soto.. hahaha… sampe akhirnya nemu warung soto bebek di pinggir jalan ke arah padanaran (wedi).


Sepanjang jalan antara wedi dan cawas sangat minim akan tanda petunjuk arah, padahal di sepanjang jalan itu terdapat banyak perempatan / pertigaan jalan yang sama dan mirip sehingga tak jarang aku tersasar dan berulang kali harus bertanya kepada orang-orang di sepanjang jalan tersebut. Jalannya memang kecil namun beraspal halus, enak deh buat ngebut sambil menikmati pemandangan sawah yang terhampar di sisi kanan dan kiri jalan. Wow.. keren deh… sepertinya aku sudah pernah lewat jalan wedi-cawas, mmm… iya.. dulu waktu kawinannya si unik, aku, redi, edi, noisc, aka, ceweknya aka, dan hendrik menyelusuri jalanan ini dan tersasar-sasar juga.. hahaha….

Sekarang aku sendirian yang tersasar-sasar…. huhuhuhu… kesepian neh di jalanan, jadinya kadang ngantuk di jalan.. makanya semakin bertambah nyasar-nyasar deeeeeh…..

Setelah bertanya berulang kali, dan tersasar beberapa kali, akhirnya jam 11 aku bisa menemukan larasati di pondokannya… hahaha.. legaa deh telah mengantarkan motornya dengan selamat. Di Wonogiri aku cuma 2 jam aja.. hiks.. soalnya takut kemalaman lagi nyampek jogja. Jadinya yea.. terpaksa deh.. cuma puas dengan 2 jam… hehehe…

Sedikit saran kalau naek bis dari Ngadirejo, Wonogiri. Cari bis PO. ANEKA aja, soalnya bis ini cukup cepat dan kondisi bis masih bagus, juga jarang berhenti di sembarang tempat. Harga karcis bis Wonogiri – Solo adalah 5000 rupiah. Kemudian di terminal Solo bisa naek bis PATAS EKA Solo – Jogja dengan tiket seharga 7000 rupiah. Waktu tempuh normal Wonogiri – Jogja dengan menggunakan bus tersebut adalah yang tercepat sekitar 4 jam.

Berikut ini peta jalan yang aku buat setelah berhasil menembus Jogja – Wonogiri dalam waktu 2,5 jam. Garis warna hijau adalah jalur yang aku lalui, dan kota/kecamatan yang berwarna jingga adalah daerah yang aku lalui.

peta_wonogiri.jpg

Beberapa hal yang perlu dicatat adalah kondisi jalan yang cukup kompleks membuat ini seperti petualangan yang perlu dicatatkan dalam dokumen perjalananku.

Tips Perjalanan:
1. Malu bertanya sesat di jalan.. waah.. mesti rajin-rajin nanya deh biat ga kesasar-sasar.
2. Kondisi motor dan bensin harus dipersiapkan dan diperhitungkan dengan baik.
3. Pakaian enaknya pake jaket, sarung tangan biar tangannya engga item…
4. Pake krim anti UV kalau takut kulit tangan terbakar waktu jalan siang.
5. Bersiap terhadap segala kemungkinan, apalagi kalau harus melewati jalanan sepi tanpa ada orang, berkelok-kelok, berbatu-batu, ataupun jalanan tanpa penerangan.
6. Sebaiknya tidak mengambil jalur Wonogiri – Klaten di waktu malam, karena benar-benar gelap jalannya sehingga memungkinkan lebih banyak lagi resiko lainnya.
7. Oh yaaa… satu lagi.. kalo makan soto bebek sebaiknya tunggu sedikit dingin dulu… hahaha.. lidahku masih berasa terbakar neh.. gara-garanya makan soto panas-panas saking lapernya.. :D

Tags: ,

Mood :

27 Responses :


1. herry Says:

eh… cuma mau ngasih tau. Jembatan yang putus itu udah jadi lho. jalannya juga udah diaspal ulang sampai kepom bensin. jadi tambah nyaman deh kalo mau maen ke wonogiri



2. narendro Says:

Lha baru 3 jam (wonogiri-jogja) koq sudah panas pantatnya????
Pernah naek sepeda kayuh ga dari Sukoharjo sampe Jogja?? gw pernah coba pas smp…
Trus kemaren Gw dari Depok (Selatan Jakarta) sampe Nguter (Sukoharjo) dari jam 10malam sampe jam 8malamnya lagi…, naek motor Ka’Risma gapapa koq… ga panas pantatnya… cuman tulang ekor ini kayaknya nambah ekoooooorrrnya 3 hari belum sembuh2… :(
ini masih kalah sama kakakku yg naek Vespa dari Jakarta – Sukoharjo. weleh… weleh…
Kakakku masih kalah sama PakDhe (pamanku) yang naik sepeda kayuh dari Nguter Sukoharjo sampe Bandung (Padalarang), nyampe Bandung 2 hari 2 malam.
Intinya: Gw ga berani ngeluh tentang apa yg telah gw rasakan atau resiko yg akan gw terima. ‘coz SAAT KITA MEMULAI SESUATU, SIAPLAH DENGAN SEGALA KEMUNGKINAN, JANGAN PERNAH MENGINGKARINYA.
Salam ‘n Tetap Smangat!!!!



3. MITHA Says:

hai….. ada yg sa bntu aku ni n sebelumnya makasi bgt lo, aku lg butuh bgt ni peta jogja-baturetno wonogiri baik lewat wonosari maupun lewat solo ,makasi ya ,tuhan memberkati .



4. triyanto Says:

Pake google earth saja. Atau naik bus jurusan jogja wongiri via wonosari trus buat peta sendiri :D (klo gak salah namanya purwo widodo, sudah lama tidak naik ini), kalau lewat solo ikuti saja jalan solo trus nanti kalau sudah sampai di kartasura pilih jalur ke wonogiri. Atau naik travel aja(langeng jaya, bisanya lewat stasiun srowot atau cawas) tapi turun di ngadirojo trus naik angkot ke baturetno.
Paling enak bawa gps trus datanya di sinkronisasi dengan google earth plus, jadilah peta rute jogja baturetno



5. regsa Says:

pertama kali dulu lewat by pass wedi, mbayat. malah salah ambil jalan, tau2 kok malah balek lagi ke waduk gajah mungkur . kalo naek motor lebih indah dan spot jantung lewat baturetno trus wonosari…



6. Oq Says:

q bisa tembus 1,5 jam bro
dari kaliurang km 13-ke ponten
tu pake ninja
& mesti anggep jalan kayak punya kitasndiri
gtu
tapi klo pagi gak brani coz banyak anak skul
q pulang tiap sminggu 2x
jd ya cape dee



7. rekli Says:

bwt tmn2 yg suka krusak krusuk wonogiri cobain jalur karangtengah, bisa tembus pacitan ama purwantoro.
yg punya jalur extrem yg lain aku kasih tau ya…………



8. asnan Says:

lewat jalan wonosari -patuk-sambipitu-nglipar-semin-manyaran-wuryantoro-gajahmungkur. jamin gak nyampai 2 jam sampai kota wonogiri. kalau mau tantangan dan lebih lama lewat kota wonosari-bedoyo-pracimantoro-eromoko-wuryantoro-gajah mungkur. semua jalan sudah ada rambu2 yg jelas.siapkan bensin full dan ban yang sempurna karena jalur hutan tanpa tambanl ban!!!



9. ekosugiri Says:

gue sendiri punya rekor. ngelajo sekolah s2 sdh 3 tahun jogja wonogiri tiap hari kerja naik bus n kereta. sampai sopir n kernet bus n kondektur pramex apal he he



10. djaloe Says:

lewat jalur itu sebenernya sama cepatnya sama jalur solo,cuman ngirit jarak=ngirit bensin=ngirit duit!hehehehehe.lewat jalur itu pula harusnya bisa dilahap 1,5-2jam….pengalaman,pernah magelang-wonogiri keujanan nonstop,deras lagi….T_T



11. giri Says:

itu mah msih terlalu lama kalau pake ruteku cuma 2jam soale aku lajon jogja wonogiri



12. giri Says:

buat rekli aku punya jalur ekstrim kalo lu mau ikutan ntar tak ajak lewat hutan belantara yg blm dijamah tangan usil manusia , masih bnyk binatang buas dan pokoknya kamu pasti terkesima dan takjub



13. giri Says:

buat ekousgiri rekormu masih kalah dengan rekorku aku udah 11 tahun lajon jogja wonogiri sampe aku pernah setir travel jogja wonogiri pada pagi hari soale sopire ngantuk



14. Ory Purnawan Says:

pernah dari kampung (Wonogiri) mau balik kejakarta lewat jalur selatan, lewat jogya. jogja – wonogiri cuma 2 Jam. dari Kec. Manayaran Wonogiri terusss aja ngikutin jalan. tembus tembus di jalan solo-jogja. tinggal lurus deh.



15. Ory Purnawan Says:

7. Oh yaaa… satu lagi.. kalo makan soto bebek sebaiknya tunggu sedikit dingin dulu… hahaha.. lidahku masih berasa terbakar neh.. gara-garanya makan soto panas-panas saking lapernya.. :D

===

Soto Bebek nya didaerah mana ?

kasih tau dong ke email gwe yah.. biar kalo gw mudikk bisa nyobain juga :)



16. Tio Says:

make vespa super sing akueh aksesorinya soko wonogiri ke Ponjong (gunung kidul) 1,5 jam.. rutene iku Wonogiri – Ngadirojo – Karangturi – Baturetno – Giriwoyo – Pracimantoro – Semanu – Ponjong .. bensin abis 1,5 liter.. mayan jalure bikin spot jantung munggah mudun.. Ekstrem lagi kalo angin lagi kenceng, kalo ga hati2 bisa2 badan ama motor bisa kebawa ama angin.. soalnya jalurnya didaerah lembah perbukitan…sueepi tenan.. tapi mantap bisa bikin nyaman hati.. tentrem oiiy..
sepanjang jalur cuma ada 4 SPBU.. dingadirojo, ngadiroyo, Baturetno dan di Giriwoyo.
Nah.. kalo dah nyampe di Baturetno, sekalian aja mampir ke Tongseng baturetno.. euunak tenan… lokasinya sebelum lampu merah..



17. raka nugroho Says:

mendingan naik travel purwo widodo nyaman enak cepat pelayanannya bagus



18. samidi Says:

kok adoh nemen…..

Jogja-Wonosari-ponjong-pasar wage -eromoko – manyaran- wonogiri…..

paling banter 1,5 jam….
coba buktiin….
HATI2 dijalan UTAMAKAN SELAMAT…..

AKEH BELOKAN LAN MUNGGAH MUDUN, KANAN KIRI JURANG…..

GOOD LUCK kanggo sederek sedoyo….
suwun



19. Massse_Solo Says:

Aku nganti nembus laut bolabali mebk yangku, dalane nyenengke daerah kidul tapi nek mbengi ojo dewekan akeh rampok. sory nganggo boso jowo, soale aku wong jowo podo letto.



20. wiwied Says:

Nek jalurku..
Jl. Solo, Tegalmas, Srowot, wedi, mbayat, cawas, watukelir, manyaran, bero (omahku), wuryantoro, wonogiri



21. Adwi Hantoro Says:

iki wong ngendi wae to?
Q kerep Ngepit montor jogja-manyaran gur siji seprapat jam ngebut!
opo meneh pas kerep neng kampus UNY kae seminggu iso ping 3 jogja-manyaran!
salam nggo wong wonogiri kabeh!
soko wong manyaran, kulon smp negeri 1 manyaran.



22. antoe Says:

saya pernah naek mtr dari jkt ke wonogiri,jktnya daerah budi utomo wonogirinya pracimantoro
ada yg lebih jauh lagi ga???



23. aji Says:

kalo aku cepat lewat jalur gunung kidul lho, pernah pake motor dari sleman barat mpe wonogiri kota 2 jam seperempat, lewatnya semin, trus wuryantoro, trus lewat waduk gjh mungkur



24. joni johan Says:

kalo aku enak lewat Jl. Solo, gantiwarno, wedi, mbayat, cawas, watukelir, manyaran, wuryantoro, wonogiri
Cuma 1.5 jam tok mas.



25. Anto X- Bata Says:

sing paling enak nek mudik kui seko jkt numpak garuda mudun neng Adi Sucipto trus numpak taksi mudun neng giritontro wngr mung 4 jam. blas ora kesel kwkwkwkkkwkwk



26. Anto X- Bata Says:

@MITHA: gampang mba melu bis ae di jamin tekan



27. mas noer w Says:

Gw usia 56 thn bersm istri (seblm romadhon) dari imogiri – yogya – surabaya pp pakai suzuki spin 125 cc gak ngeluh…. justru asyik…..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12731 days
Emotional
-90.1%
Bioritme Status
Physical
-13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 1.108s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia