pakupaku
Friday, 14.10.2005 1:51

Menyusuri Sore diantara Jalur Kopeng – Sawangan

Posted on Journey.

cyaaaa.. hehehe.. setelah beberapa hari ini ngerayu si chendol, akhirnya aku bisa minjem motor barunya chendol ke semarang. hahaha. yea. senin ini tanggal 3 Oktober 2005 aku ada urusan pekerjaan di kota semarang, biasanya emang hampir 3 bulan sekali aku bolak balik kesana. Dulu mah enak ada cougare, motor glproku cuman gara-gara stnknya ilank trus ga ada lampunya. ga ada remnya ga ada lampu seinnya. abis masuk jurang pula. waah belum berani deh bukan takut sama sambaran bis-bis yogya-semarang tapi takut sama polisinya. hahaha.. dodolz.. total pengeluaranku untuk tilang polisi sudah 120ribu seumur hidup, masak aku tambah lagi.. kaya polisinya deh :p

aku berangkat jam 7pagi, mampir di muntilan bentar ngasiin titipannya pak dwi. trus ngelaju dengan kecepatan standar hahaha si chendol udah pesan ga boleh pake gigi 4, padahal pake gigi 3 aja aku udah sampai 110km/jam. ssst jangan bilang-bilang yea hihihihihii.

Sampai semarang jam 10an, kena macet di pasar ambarawa, terus di pasar ungaran. Gilaa katanya bbm naek, tapi kok tetep aja jalanan penuh sesak sama kendaraan bermotor. Apalagi di kota Semarang, apa karena jam kerja yah ???

Jam 15an, urusanku sudah selesai lalu aku pulang kembali ke jogja. eh, pas di ungaran aku jadi ingat sama pakyan. akhirnya aku sms deh nanya tempatnya dia di salatiga, cyaaaa. hahaha.. ternyata dia mau jemput aku kalo udah sampai di salatiga, dan katanya cuma 20 menit dari bawean, langsung deh aku menuju salatiga kota.

eh.. aku bingung, ga pernah masuk salatiga kota. sempat cegat-cegatan juga sama pakyan. eh malah akunya kecegat polisi yang lagi razia bom wah untung surat-suratku lengkap jadi lolos deh akhirnya aku ketemu sama pakyan, dibawa muter ke kota lewati UKSW waaaaa.geilaaaa.. banyak pemandangan sit suiiiiiiiit hahaha memang betul sih kalo salatiga kota yang dingin dan segar, tidak seperti di semarang. Lagian ternyata kota kecil ini ramai juga ya, dan banyak bangunan besar-besar yang bagus dan bergaya unik.

Di bengkel yang merupakan tempat kerja dan kos-kosannya pakyan, aku disambut sama 2 penjaga malam bengkel itu yaitu si bombon dan si eva. Keduanya adalah pasangan penjaga malam yang direkrut secara khusus oleh pakyan untuk membantu pengamanan gedung bengkel ini. Bombom lucuh lho.. badannya gemuk sintal, kaki depannya lebih pendek dibandingkan kaki belakang jadi kalo jalan lucuh banget. nungging gituuu hahaha. tapi kata pakyan anjing-anjingnya bandel, sambil nunjukin bukti-bukti kenakalan si bombom yaitu pegangan kursi kayu yang tinggal separuh. Hampir semua pegangan kursi di ruangan itu tidak ada yang lolos dari kenakalan bombom ckckckc. padahal makannya dah super banyak tiap hari, waaah ga bisa diajak puasa neh anjing

akhir dari pertemuan itu yaitu lomba menggambar peta jalan pulang ke jogja. hahaha. pakyan sampai gambar 2 kali coba. yea, rencananya aku meh pulang lewat jalur salatiga-kopeng-ketep-sawangan-muntilan-jogja. soalnya bosen juga sih lewat ambarawa – secang, ga bisa ngebut jalannya begelombang, belum lagi jalannya kecil jadi terkadang harus ngalah sama bis-bis gede itu. Karna bujukan pakyan bahwa jalur kopeng -sawangan itu lebih cepat 45 menit, akupun mantab kesana, meski belum tau apa-apa daerah itu.. hihihihi.

berbekal peta yang digambar pakyan, aku berangkat jam 16an nekat dengan bensin yang tinggal 1-2 liter, cari bensin di salatiga susah juga ada satu pom bensin aja habispantes kemaren pakyan ngakunya nyari bensin sampai semarangckckckck

kesan pertama, jalannya halus. sepi lagi woooo. sip untuk kecepatan standard 80-100km/jam banyak belokan juga dan satu lagi. pemandangannya gunung merbabu dan perbukitannya indah banget kanan kiri hutan dan ladang dengan rumah penduduk yang jarang-jarang malah ada villa dan bumi perkemahannya wew.

dalam suatu kesempatan aku begitu menikmati pemandangan itu, sebelah kiriku berdiri dengan anggun sebuah gunung merbabu dengan diterawangi oleh sinar matahari sore hari. jadinya puncak gunung seperti berkilauan gituh waaah keren deh.. belum lagi udaranya seger bangeeet ga kayak di kota jogja. aku bener-bener terpesona dalam kecepatan 90km/jam. sampai.
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

thanks God. thanks.. thanks banget. Fiiiiuuuuuuuuuuh.. aku ga liat depan, tau – tau dari depan meluncur mobil jeep dalam kecepatan tinggi dan menurun. huuuuh.. kalo refleksnya ga jalan udah mati deh aku lagian karena jalannya turun naik gitu, jadi kadang mobil dari depan belum keliatan tau-tau nongol begitu ajaa fiuh.. untunglah.. gila papasan cuman setengah meter dengan kecepatan tinggi. lagi-lagi.

hehehe sedikit menurunkan kecepatan, trauma jal aku nyampe tempat wisata kopeng yang cukup indah. lalu cari bensin ga nemu sampai akhirnya sampai juga ke pos pendakian merbabu yaa.. aku hapal banget jalan ke pos ini, soalnya kalo turun dari mendaki merbabu pasti aku lewat sini deh. cuman jalannya ke jogja aku ga hapal.. lebih senang bobok di bis kecapean daripada ngapalin jalan pulang hahaha..

akhirnya aku ngisi bensin disitu deh, tapi sebelum ngisi aku celupin jariku ke bensinya untuk ngecek apakah bensinnya sudah dicampur minyak belum hmmm.. lumayan.. baunya masih bensin. terus cepat menguap.. okeh deh.. 2 liter 10rebu berani lah.

jalan yang paling rawan dan cukup mengerikan itu waktu sehabis belok ke arah ketep.. wuuiiiih belokannya tajam nunjem lagieh iya.. satu lagi tikungannya wingit.. (*angkeer. aku bisa merasakan getarannya hiiiii.. dodolz sendirian lagi aku ga ada sapa-sapa sepi banget kan sore menjelang mahgrip gitu deh..

hampir jam 17 aku sampai di ketep pass, bagus neh pemandangan dari sini.. bisa melihat puncak gunung merbabu dan merapi sayang hari sudah mulai gelap, ga begitu keliatan jadinya waaa.. tapi tempatnya asyik lhooo buat bersantai ma cewek. hehehe kapan-kapan aku ksini lagi ah

gelap mulai gelap tambah gelap karena kabutnya naek jarak pandang cuman 10 meter kedepan dingin banget tanganku kerasa mau beku deh. akupun mulai pasang lampu. waaah ternyata motor ini memang bagus. lampu motornya terang banget.. lumayanlah bisa ngeliat jalan dengan jelas nah yang ga enak itu kalo menjelang malam gitu banyak serangga di jalanan sawah. aduuuh mak!…. mataku ditabraki puluhan serangga-serangga. ada yang telak masuk mata.. ngebuat aku kelilipan.. dan berhenti sejenak. duh

singkat cerita aku sudah sampai di sawangan, tau ga seh aku tadi lewat tempat katese waaa yak ampun. jadi ingat banyak pengalaman waktu katekese sama anak-anak desa ini hihihihi.. ketawa-ketawa sendiri deh..

Jalan yang merah adalah jalan yang aku lalui, tengkorak putih itu penanda tempat dimana aku hampir ditabrak mobil jeep di sebuah turunan. Tengkorak hitam adalah belokan tajam yang sangat berbahaya dan *wingit.

sawangan kemudian menyusuri jalan besar ke muntilan lalu ke jogja, dan sampailah aku di rumah dengan selamat. mataku perih banget.. langsung deh aku liat di kaca yak ampun. ada 5 serangga nyantol di mata sebelah kiri, sementara di mata sebelah kanan ada 3 serangga. merah deh mataku. ya udah langsung mandi deh eh sebelumnya aku ngecek motornya chendol, fiiiuuuuh.. untunglah.. ga ada yang rusak apa cacat.. hihihihi..

TIPS PERJALANAN :

1. Periksa bensin sebelum melakukan perjalanan di jalur yang sepi pada waktu senja hari, karena sebagian toko bensin banyak yang tutup kalo sudah sore.

2. Jika melakukan perjalanan bermotor pada waktu senja, gunakanlah helm yang berkaca bening agar dapat melihat jalanan lebih jelas sekaligus melindungi mata dari serangan serangga-serangga malam.

3. Jangan terlena dengan keindahan alam pada waktu mengendarai motor karena sangat berbahaya, lebih baik berhenti sejenak di pinggir jalan dan memuaskan diri menikmati keindahan alam itu.

4. Berdoa itu penting, apalagi kalo melewati jalanan yang sepi dan angker.. hehehehe.

Kesan tentang Motor Honda Supra X 125D :
Gila nie motor. enak banget bensinnya juga irit lho, semarang-jogja pp yang jalannya naik turun hanya menghabiskan kurang dari 5 liter (*kalo bawa gl proku bisa 7-8liter deh). Meskipun kecil dan ringan namun motor ini cukup stabil untuk dibawa dengan kecepatan 100km/jam, sampe-sampe ga kerasa kalo lagi ngebut bo. motor ini juga cukup tangguh untuk melakukan belokan-belokan tajam yang menanjak seep deh.

Tags: ,

Mood :

4 Responses :

1. pakYan Says:

udah lama neh nunggu cerita seru ini…gimana, asik to? ditunggu trip kedua nya… kapan2 mampir lagi agak siang ye…

2. she_lila Says:

Kalo ke sawangan akuw jugak pernah… pas rem mobil blong jugak ampe mobilnya jalan mundur huwakakak…
btw lam kenal kenz… seneng banged baca petualanganmu

3. rekli Says:

besok 23/12/07gw mo kesana coba deh kalo lagi musim ujan gmn. gw ma blue jupiterku jd tertantang.

4. mbah moel Says:

wah coba sampean lewat jalur telogo lele pasti lebih indah ntar tembusnya di daerah kedung kayang mantep jalanya mas