pakupaku
Sunday, 20.11.2005 4:40

10 Alasan Saya Tidak Merokok.

Posted on Human Health.

Banyak teman-teman saya yang menanyakan mengapa saya tidak merokok sampai sekarang. Teman- teman saya mengetahui bahwa saya adalah orang yang suka berpetualang di alam bebas terutama gunung, naaah.. di gunung itu kan dingin, tentunya kehangatan sebuah rokok merupakan suatu kenikmatan sendiri bagi para pendaki gunung. Apalagi perusahaan rokok gencar membangun image dengan menampilkan sosok – sosok petualang dan penjelajah alam bebas dalam iklan-iklan mereka yang semakin mengidentikkan bahwa seorang petualang akan lebih pas jika ia merokok.

Tidak hanya sampai disitu, teman-teman saya juga melihat pekerjaan saya yang berkaitan dengan dunia kreatif yang memiliki waktu deadline, umumnya orang-orang yang berkecimpung dalam pekerjaan ini memerlukan penenang, salah satunya adalah rokok. Tapi saya tetap tidak merokok, meskipun harus bergadang untuk kerja lembur. Begitu pula dengan pergaulan saya dari sma yang ternyata memiliki banyak teman yang perokok, namun sampai saat ini saya tidak merokok juga.


Lalu kenapa saya tidak merokok ?? Berikut ini adalah 10 alasan yang membuat saya memutuskan untuk tidak merokok :

1. Saya menyayangi ibu saya, nah ibu saya itu ga suka rokok… jadinya untuk membalas kasih ibu yang tak berujung itu, saya memutuskan untuk tidak merokok deh.. ceilaaaahhhh….. ;)

2. Bapak saya itu perokok berat, dulunya tuh setiap hari bisa menghabiskan 2-3 bungkus rokok. Tapi sejak sakit akhir-akhir ini sepertinya sudah berkurang jauh meski masih merokok. Nah, saya sejak kecil selalu mengingatkan bapak untuk tidak merokok, bahkan pernah membuat poster protes bergambar tengkorak bersama rokok sebagai kado ulang tahun bapak saya itu.. hehehe….. Jadi saya konsekuen untuk tetap menjadi pengingatnya dengan tidak merokok.

3. Alasan Kesehatan, dari kecil saya mendapatkan pengetahuan bahwa rokok itu berbahaya bagi kesehatan karena mengandung banyak racun yang merugikan tubuh.

4. Gerakan Kepanduan, waktu sd sampai smp saya mengikuti kepanduan (pramuka) dan saya sangat menikmati kegiatan tersebut, termasuk juga ajaran-ajaran Lord Boden Powell dalam bukunya tentang Kepanduan. Salah satu halaman dalam buku tersebut menggambarkan harus seperti apakah seorang pandu itu, dan salah satunya adalah ajakan untuk hidup sehat.

5. Ajaran agama, saya pernah mendapatkan pengajaran dari seorang biawarawan bahwa merokok itu sama dengan mencemarkan tubuh kita dan menjauhkan dari kekudusan badan. Tuhan melalui Roh Kudusnya bertahta di dalam tubuh kita, oleh karena itu kita tidak boleh mencemarinya dengan sesuatu yang merusak tubuh itu sendiri.

6. Uang, hehehe…. membakar rokok sama dengan membakar uang, oleh karena itu saya lebih memilih menghabiskan uang jajan untuk berselancar di internet.

7. Saya benci polusi udara, termasuk polusi asap rokok. Sebagai seorang penduduk bumi, setidaknya saya punya satu komitmen untuk membuat bumi tidak semakin rusak. Hal terkecil yang saya lakukan salah satunya adalah tidak merokok.

8. Image dan Nilai Kepribadian, yeah.. saya tahu bahwa point kepribadian saya sangat kurang dalam perilaku tampak dan penampilan, orang yang merokok memiliki persepsi yang tidak begitu baik sehingga mengurangi point kepribadiannya.

9. Saya melihat orang sedang merokok dari sisi samping kok jelek banget yeah, terutama kalo liat gerakan bibirnya yang monyong itu. Jadi daripada menambah kejelekan saya, maka saya tidak merokok… hahaha…..

10. Menurut Freud orang yang merokok itu adalah orang yang mengalami hambatan pada masa oral waktu kecilnya, sehingga untuk memenuhi kepuasan oral yang tidak kesampaian pada masa kecil tersebut orang memuaskannya dengan merokok…. fiuuh.. beruntunglah saya karena masa oral saya terpuaskan dengan baik…. ;)

Tags: ,

Mood :

4 Responses :


1. ngger Says:

wow…. bagus tapi kenapa tidak anda coba tanyakan kepada perokok itu sendiri agar blog anda lebih dapat diterima oleh perokok ataupun bukan



2. kenz Says:

@ngger
seandainya anda peka dengan judul di atas, ALASAN SAYA = SUBYEKTIF, mungkin anda akan tahu bahwa itu adalah suatu tulisan yang subyektif dari perspektif saya sendiri, dan tidak peduli apakah tulisan saya diterima atau tidak oleh orang lain.



3. array Says:

GOOD man

Anda emang salah satu orang yang bisa bertahan TANPA ROKOK i sampai sekarang, ( 2 jempol untuk anda bung ).

Boleh sharing dikit bung, bisa tampilkan atau buat artikel cara untuk BERHENTI dari ROKOK tersebut, karena saya salah satu dari PEROKOK aktif walaupun bukan PEROKOK BERAT bung.

Terima kasih



4. lugra Says:

setuju….. rokok itu haram….
buat apa ngerokok? cuma ngabisin duit doang n ga ad untungnya..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.087s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia