pakupaku
Friday, 25.11.2005 9:49

10 Alasan Saya Menggunakan Firefox

Posted on Internet.

Sejak kemunculan browser yang menamakan dirinya Mozilla, saya sudah menyukai browser ini dan memakainya sebagai standar untuk membuat web. Tetapi sayang mozilla waktu itu masih terlalu berat dan lambat sehingga saya masih menggunakan opera yang ringan dan cepat ketika browsing di internet. Kemunculan firefox membuat saya penasaran dan mencobanya tapi tetap saja belum menjadi browser yang utama bagi saya, sampai akhirnya munculah firefox 1.5 versi beta. Sejak inilah opera yang biasa saya pakai mulai tergantikan posisinya dengan firefox 1.5 sebagai browser utama saya.

rediscover_white.gif


Adapun 10 alasan saya menggunakan firefox sebagai browser utama adalah :

1. Gratis dan Open Source
Firefox merupakan freeware yang bisa didownload secara gratis di internet. Juga merupakan open source yang merupakan hasil kerja banyak sekali programer yang terorganisir sehingga firefox selalu mengalami perkembangan.

2. Privasi dan Keamanan
Jika dibandingkan dengan IE maka firefox benar-benar lebih terjamin privasi dan keamanannya, setiap ada celah keamanan selalu dengan cepat diperbaiki dalam versi selanjutnya.

3. Model Tab Browsing
Saya menyukai opera karena browser tersebut menggunakan sistem tab browsing sehingga kita dapat membuka banyak web dengan satu window, nah begitu halnya dengan firefox yang juga menggunakan sistem ini. Tab Browsing sangat menghemat waktu dalam aktivitas browsing di internet, kita bisa membuka banyak web lalu membaca web yang sudah siap baca sambil menunggu web yang lainnya terdownload.

4. Pemblokir Pop Up
Firefox mampu memblokir pop up window yang tidak kita inginkan sehingga browsing kita tidak terganggu dengan datangnya pop up – pop up tersebut.

5. Extensions
Geilaa… saya senang sekali dengan adanya extensions pada firefox, kita dapat membuat firefox kita gemuk atau kurus sesuai dengan kebutuhan kita. Extensions ini semacam plugin yang bisa ditambahkan pada firefox, ratusan extensions yang menarik dan sangat bermanfaat siap didownload dan ditambahkan dengan mudah ke firefox. Mulai dari membuat tab kita berwarna-warni sampai dengan fasilitas reminder bisa kita tambahkan untuk firefox kita.

tab-color.jpg

6. Developer Tools
weew… ini browser memang benar-benar didesain juga untuk para developer web, semua fasilitas yang diperlukan untuk developer dalam mengeksplorasi suatu web tersedia dalam browser ini. Fasilitasnya sangat lengkap mulai dari fasilitas untuk mengeksplorasi css, form, images, outline, source viewer sampai fasilitas untuk mengetahui informasi mengenai suatu web. Dengan fasilitas tersebut juga memberi kemudahan seseorang melakukan cracking atau hawking suatu situs web.. ;)

webdevelopertool.jpg

7. Mendukung WYSIWYG editor
Salah satu kelemahan opera sampai versi 8.51 adalah tidak mendukung WYSIWYG editor yang sering dipakai oleh banyak situs blog saat ini. Berbeda dengan Firefox yang sejak awal sudah mendukung fasilitas WYSIWYG editor sehingga memudahkan pengguna untuk membuat tulisan seperti halnya menulis di wordpad.

richtext.png

8. Integrasi Mesin Pencari
Mesin pencari yang menyatu dengan browser ini membuat saya dapat dengan mudah melakukan aktivitas pencarian tanpa harus mengetikkan alamat mesin pencarinya seperti google ataupun yahoo. Bahkan ada extension yang bisa melihat hasil pencarian melalui google dan yahoo dalam waktu bersamaan… wuuih.. keren deh…

9. Clear Private Data [Ctrl+Shift+Del]
Cara cepat menghilangkan jejak ketika melakukan browsing di warnet sehingga tidak ada data pribadi tertinggal yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

10. Kecepatan Akses
Meski masih kalah cepat di bawah opera, namun dengan penggunaan extensions fasterfox ataupun dengan program firetune, saya dapat melakukan perubahan setting firefox sesuai dengan kecepatan akses internet dan performance hardware komputer saya sehingga firefox pun bisa berlari dengan kencaaaaaang… ;)

Alasan-alasan saya menggunakan firefox diatas merupakan pendapat pribadi saya semata setelah menggunakan firefox dari versi 0.1 sampai sekarang versi 1.5 (RC-3). Silakan mencobanya sendiri dengan mendownloadnya di http://mozilla.org/

firefox-15-rc3.png

“Firefox merupakan browser gratis sederhana namun tangguh baik dalam segi keamanan maupun kenyamanan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap sesuai kebutuhan penggunanya sehingga aktivitas browsing pun semakin menyenangkan, mengasyikan dan berdaya-guna.”
- Kenz [2005]

29 Nov 2005 :
Firefox 1.5 sudah dilaunching di http://mozilla.com

Postingan Terkait :
10 Extensions Firefox Tercinta

Tags: , ,

Mood :

4 Responses :


1. 10 Extensions Firefox Tercinta » Web Log of Kenz Says:

[...] Postingan Terkait : 10 Alasan Saya Menggunakan Firefox Tags: Psychology Psikologi Blogging Review Psychoblogology Kepribadian Blogger Blog Film Internet Analisa Terapi Riset Perubahan Kecanduan Journey Friendster Carl Autis Anak Social Life Skizofrenia Rogers Psikolog Perls Perjalanan Opera Obsessive Compulsive Kepalsuan Kaliurang Jogjakarta Humanisme History Hiking Hiatus Health Gunung Gestalt Freud Firefox Depresi Day Buku Banteng Agresifitas [...]



2. Shunichirou Says:

terima kasih tulisannya mas :)

saya me link post ini di blog saya, maaf kalau tidak berkenan silakan kontak,

makasih ya



3. slam Says:

Aku juga pakai firefox, ketimbang IE .



4. Mozilla lebih cepat dari IE? - Blog e Cah Watulawang Says:

[...] 10 Alasan Saya Menggunakan Firefox :browser andalan, browser cepat, browser terbaik, browser tercepat, Internet, internet dan komputer, mozilla firefox, mozilla lebih cepat dari ie [...]



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.091s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia