pakupaku
Sunday, 27.11.2005 22:00

10 Extensions Firefox Tercinta

Posted on Internet.

Beberapa teman saya yang juga pencinta browser opera rupanya masih bertanya-tanya mengapa saya begitu mudah pindah ke lain hati dengan menjadikan firefox sebagai browser utama saya saat ini. Dahulu memang saya gencar mempromosikan opera sebagai browser tercepat dan menjadikannya sebagai browser utama ketika browsing di internet. Namun dengan kemunculan Firefox 1.5 dan extensionsnya membuat saya tak ragu-ragu untuk mengganti posisi opera dengan firefox sebagai browser utama saya.

Dalam postingan yang lalu, salah satu poin yang membuat saya menyukai firefox adalah karena extensionsnya. Extensions merupakan semacam program kecil yang bisa ditambahkan dalam browser firefox.

Extensions are small add-ons that add new functionality to Firefox. They can add anything from a toolbar button to a completely new feature. They allow the application to be customized to fit the personal needs of each user if they need additional features, while keeping Firefox small to download.
Pasted from here.


Saya sendiri lebih familiar mengenalnya dengan istilah plug-in tetapi rupanya Firefox membedakan antara extensions dan plugin.

Plugins are programs that allow websites to provide content to you and have it appear in your browser.

https://pfs.mozilla.org/plugins/

extensions.jpg

Ada ratusan extensions yang tersedia dalam situsnya https://addons.mozilla.org/extensions/?application=firefox , dan semuanya bisa didownload secara gratis dan dapat ditambahkan dalam waktu singkat. Extensions firefox juga bisa membuat firefox menjadi seperti opera, nah kalau sudah seperti ini, bagaimana saya tidak pindah ke lain hati… hahaha…. ;)

Berikut ini adalah 10 extensions firefox saya tercinta, yang membuat kegiatan browsing menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan berdaya-guna lebih :

1. Fasterfox
Extensions yang membuat performance firefox saya meningkat dan berlari dengan kencang. Extensions ini merupakan tweak setting firefox terhadap jaringan internet seperti koneksi simultan, pipelining, cache, DNS cache. Hampir sama seperti Software Firetune yang dikeluarkan oleh Total Idea untuk mengoptimalkan firefox dengan mudah.

fasterfox.jpg

2. Extensions yang membuat Firefox saya mirip Opera
Berikut ini adalah extensions yang bisa menjadikan Firefox saya berbulu Opera :

Tab FX
Extensions yang menjadikan tab firefox seperti halnya tab pada opera yang memiliki tombol close untuk menutupnya, kemudian juga menunjukkan tab mana yang sedang aktif. Hebatnya lagi extensions ini akan mengingat semua tab yang kita tutup, nah jika kita tidak sengaja menutup suatu tab, dengan mudah kita dapat membuka tab tersebut… traaaaaa…. ;)

Duplicate Tab
Fasilitas untuk melakukan duplikasi suatu tab sehingga dengan mudah kita menduplikasikan suatu situs yang kita buka dari satu tab ke tab yang lain.

Extended Status Bar
Dalam fasilitas opera terdapat status bar yang menunjukkan jumlah gambar yang terload, kemudian ukuran bytes yang terdownload, rata-rata kecepatan download, waktu loading dan persetase dari halaman terloading. Extensions ini mirip seperti itu.

User Agent Switcher
Extensions ini berfungsi untuk menganti-ganti identitas browser kita sehingga akan dikenali sebagai browser lainnya, biasanya untuk keperluan hawking atau kebutuhan lainnya. Firefox kitapun bisa dikenali sebagai IE, Opera, ataupun browser lainnya.

Scrab Book
Saya menyukai fasilitas Note pada Opera karena membantu saya untuk melakukan bookmarking terhadap artikel-artikel ataupun cuplikan tulisan dari suatu web. Nah ternyata ada juga extensions firefox yang mirip dengan fasilitas tersebut, bahkan bisa dibilang kelengkapannya melebihi dari fasilitas note pada opera.

scrapbook.jpg

3. Colorful Tab
Extensions yang secara otomatis akan memberikan warna berbeda pada setiap tab sehingga tab kita tampak lebih cantik dan lebih mudah untuk mengingat web yang berada dalam tab tersebut.

tab-color.jpg

4. ColorZilla
Sebagai web designer tentunya kita sering melakukan pencarian warna untuk situs web yang kita buat, nah pekerjaan ini semakin mudah dengan adanya extensions ini. Warna dari situs web yang kita kunjungi dapat dengan mudah kita ambil kode RGB, HEX bahkan bisa disetting pallete-nya dengan mudah.

collorzilla.jpg

5. Web Developer Tool
Fasilitas lengkap bagi web developer dalam mengeksplorasi suatu situs mulai dari CSS, Cookies, Session, Form, Image, Outline, dan seabrek fasilitas lainnya deh… Lengkap sekali euui… ;)

webdevelopertool.jpg

6. Screen Grab
Extensions untuk mengambil gambar tampilan web secara utuh ketika browsing. Saya sering sekali menemukan situs web yang bisa mendatangkan inspirasi desain bagi saya, dan extensions ini memudahkan saya untuk menngoleksi situs-situs tersebut dalam rupa gambar. Hanya saja extensions ini mensyaratkan Java Runtime Environment terinstall di komputer kita.

7. No Scripts
Extensions untuk mematikan semua script yang berbahaya ataupun yang tidak kita inginkan ketika browsing di suatu situs web seperti misalnya javascript yang akan memindai identitas kita, ataupun script-script (javascript, java, plugin) lainya yang membatasi ruang gerak kita dalam mengeksplorasi suatu situs web.

noscript.jpg

8. YM! Status
Extensions untuk mengganti status Yahoo Messenger dengan alamat suatu situs web yang sedang kita kunjungi. Ps. ini extensions buatan orang Indonesia lhooo… http://amadarum.e-tics.net/2005/10/YMStatus

9. AJAX Yahoo! Mail
Nah ini nih.. yang lumayan keren. Extensions ini membuat kita tidak perlu untuk melihat email di yahoo secara satu-persatu, karena dengan fasilitas ini kita bisa mengetahui isi email dan membalasnya dengan cepat hanya melalui halaman inbox.

ajaxyahoo.jpg

10. Reminder Fox
Extension yang berfungsi sebagai pengingat hari dan tugas-tugas yang harus kita lakukan dalam suatu waktu. Reminder Fox ini sangat berguna bagi orang yang suka browsing dalam mengorganisir jadwal kegiatan hariannya.

reminderfox.jpg

Extensions diatas hanyalah sebagian dari yang terinstal di browser Firefox 1.5 saya. Semua extensions diatas bisa didapatkan di

https://addons.mozilla.org/extensions/?application=firefox.

Extensions itulah yang menyebabkan saya dengan tega meninggalkan opera 8.5 Hahahaha…. Saya tidak tahu apakah opera versi 9 nantinya bisa membuat saya berpaling lagi. Opera versi Pre 9 yang saya coba belum menunjukkan tanda-tanda peningkatan yang menarik sampai saat ini, namun sepertinya Firefox juga sudah menyiapkan versi 2.0 untuk membuat saya tetap setia dan tidak berpaling ke lain hati…. ;)

Postingan Terkait :
10 Alasan Saya Menggunakan Firefox

Tags: , ,

Mood :

6 Responses :


1. 10 Alasan Saya Menggunakan Firefox » Web Log of Kenz Says:

[...] Postingan Terkait : 10 Extensions Firefox Tercinta Tags: Psychology Psikologi Blogging Review Psychoblogology Kepribadian Blogger Blog Film Internet Analisa Terapi Riset Perubahan Kecanduan Journey Friendster Carl Autis Anak Social Life Skizofrenia Rogers Psikolog Perls Perjalanan Opera Obsessive Compulsive Kepalsuan Kaliurang Jogjakarta Humanisme History Hiking Hiatus Health Gunung Gestalt Freud Firefox Depresi Day Buku Banteng Agresifitas [...]



2. yuliazmi Says:

Hi Ken, lam kenal…

Hobi juga toh bikin gemuk FireFox-nya? … dah coba performancing belum? atau wellrounded

Oh ya cobain Portable FireFox deh, buat jalan2 di warnet yang gak punya IE :)



3. yuliazmi Says:

weih salah……! maksudnya cobain Portable FireFox deh, buat jalan2 di warnet yang CUMA punya IE



4. Hendra Says:

Opera juga punya versi portablenya oper@usb, untuk ganti skin banyak pilihannya yg bagus2 dan gratis, bisa untuk rss feeder dan email(pop) / chat (irc) dan download torrent, btw boleh dicoba tuh firefox



5. alhakim Says:

Saya juga pecinta firefox….. Tahu gini… dah pindah dari dulu. Tapi kok kalo buat download masih cepetan Opera ya? ada add on firefox buat download accelerator nggak ya?



6. Cece Says:

Misi misi…numpang nanya nih Pak Boss, saya bisa minta informasikah;

Saya tidak bisa melihat secara full website yang ada di indonesiaindonesia.com, gambarnya tidak bisa nampak, ketika diakses via HP, apakah firefox ada yang versi HP??

Sedangkan, jika saya menggunakan Opera, tampilannya juga versi ponsel.

Makasih ya Pak Boss.
Saya masih belajar.
cece.optik8@gmail.com



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.098s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia