pakupaku
Wednesday, 30.11.2005 0:59

Pandangan dari 10 Puncak Gunung

Posted on Journey.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, gunung artinya adalah bukit yang sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 meter). Sedangkan puncak didefinisikan sebagai bagian yang teratas sekali dari gunung.

Setelah saya hitung-hitung ternyata baru 10 puncak gunung yang pernah ditapaki oleh kaki saya ini, padahal sepertinya saya sering melakukan pendakian sejak tahun 1997 sampai terakhir 14 Mei 2005 kemaren. Mungkin saya tipe orang yang menikmati mendaki gunung yang sudah dikenal medannya, daripada naek gunung yang masih asing, atau mungkin karena hanya gunung-gunung itu saja yang terdekat dengan lokasi saya saat ini. Lepas dari berapa puncak, saya hanya menyadari kalau hitungan 10 merupakan tema yang tepat untuk dituliskan dalam blog saat ini… hehehe….


Berikut ini pandangan saya dari 10 puncak gunung tersebut beserta kesan dan ingatan saya ketika disana :

1. Puncak Gunung Tangkuban Perahu
Inilah awal naik gunung saya, tidak perlu mengeluarkan tenaga, tidak perlu bawa carrier, kaki ga kecapean karena naek mobil sampai puncak dan bisa ngajak bapak dan ibu serta adek-adek sekeluarga…. hahaha….. Rupanya puncak Gunung Tangkuban Perahu yang berketinggian 2084 m dpl sudah menjadi tempat wisata sehingga kesan puncak yang angker, terasing, sunyi tidak ditemukan disini. Banyak pedagang makanan dan tukang photo di tempat ini. Pemandangan kawah gunung yang katanya masih aktif ini cukup bagus, karena kita bisa melihat kawah yang masih aktif bergerak-gerak dan berasap disertai bau belerang yang khas. Beberapa orang memberanikan diri turun sedikit ke kawah supaya mendapatkan foto yang eksotis. Gunung berapi bertipe strato kawah ganda ini ternyata memiliki banyak kawah yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian dan Pangguyangan Badak. Kawah yang paling besar adalah Kawah Ratu.

2. Puncak Gunung Sumbing
Pendakian untuk pertama kalinya aku lakukan di gunung ini, puncaknya cukup menarik dan isinya batu semua… hahaha… hanya ada satu puncak yaitu Puncak Buntu 3371mdpl, kemudian kita juga bisa berjalan turun ke kawah, dan uniknya ada daerah kawah yang masih aktif namun ada juga daerah kawah yang berupa dataran berumput dan sangat baik untuk dijadikan tempat berkemah. Pemandangannya cukup mengesankan dari puncak buntu, karena bisa melihat puncak gunung Sindoro dan gunung Slamet dengan jelas. salah satu kejadian yang paling saya ingat di puncak ini yaitu ketika salah seorang teman saya terkena hipotermia. Salah satu kekhasan puncak gunung sumbing adalah angin yang berputar mengelilingi puncak, kadang bisa menimbulkan badai yang dasyat disertai kilat dan guntur, kadang malah bisa membuat pemandangan deretan awan yang berputar mengitari puncak dengan cepat…. bagus euiii….

sindoro_7895.jpg
Tempat merenung di atas awan.[Sindoro, 2005]

3. Puncak Gunung Sindoro
Pendakian menuju puncak ini terhitung cukup berat, medannya menuju puncak adalah medan jalan air dan berbatu sehingga jika tidak hati-hati kaki bisa lecet-lecet. Para pemakai sandal sebaiknya membawa 2-3 sandal serep, karena berkali-kali saya naik gunung ini dan sering sekali menemui orang yang sandalnya rusak sehingga harus ‘nyeker’ (*termasuk saya.. hehehe:). Ketinggian puncaknya adalah 3150.7 m. dml, dan puncaknya bisa kita putari dalam waktu sekitar 15-20 menit. Kawah yang terkenal bernama Kawah Segara Wedi berupa dataran pasir dan batu. Kawah gunung ini juga bisa dituruni, bahkan beberapa teman saya sering maen bola di kawah mati ini, dataran kawah matinyanya luas sekali. Pemandangannya cukup bagus bisa melihat gunung merbabu, merapi, lawu, sumbing dan slamet. Seringkali saya terpesona ketika melihat pemandangan gunung Sumbing yang sedang dikitari awan yang berputar, sangat bagus untuk mengabadikan gunung Sumbing melalui puncak gunung ini. Pemandangan yang berkesan lainnya adalah pada bulan Juli-Agustus ketika edelwis bermekaran, dahulu (*sebelum terbakar) pemandangannya seperti berada di taman surga karena sejauh mata memandang, tampak ladang edelwis yang cukup luas. Saya menjadikan puncak ini sebagai tempat merenung di atas awan.

4. Puncak Gunung Merbabu
Hmm.. saya punya beberapa pengalaman maut disini ketika menuju puncak yang berketinggian 3145 m dpl ini, hehe… terperosok ke jurang dan terkurung kebakaran… Perjalanan menuju puncak ini cukup panjang dan lama, bisa memakan waktu 7-9jam, beberapa kali saya sering ketinggalan sunrise di gunung ini, dari 4 kali pendakian hanya 1 kali kesempatan bisa menunggu sunrise di puncak gunung. Pengalaman yang berkesan adalah ketika terkurung api kebakaran di jalan dari pemancar ke puncak pada september 1997, kami harus nekat berlari-lari menuju puncak yang tanahnya masih panas bara api dan penuh asap tebal. Puncak gunung Merbabu cukup banyak, hanya 2 puncak yang pernah saya kunjungi, yaitu Puncak Syarif 3145 m dpl dan Kenteng Songo 3224 m dpl. Puncak yang terdekat adalah puncak Syarif, berupa dataran kecil yang tidak begitu luas, pemandangannya cukup memukau karena bisa melihat gunung Merapi yang menjulang anggun. Begitu pula dengan Puncak Kenteng Songo, hanya saja jalanan menuju puncak kenteng songo benar-benar menantang, karena selain sempit juga berada diantara dua jurang… woooo…. saya agak takut kalo mendaki gunung ini, ga tau kenapa… hehe… ;)

merbabu-2.jpg
2 jam setelah api padam [Kenteng Songo, 1997]

5. Puncak Gunung Merapi
Pendakian nekat pertama kali saya lakukan disini, waktu itu Merapi masih dalam status Siaga. Jalur resmi pendakian ditutup, namun kok ternyata banyak orang yang masih mendaki, jadi kami ber-12 yang masih sma itupun ikut-ikutan naek gunung deh. Jalan menuju puncak adalah penuh bebatuan yang labil, dengan mata kepala sendiri saya melihat seorang turis di samping saya terjepit batu besar yang jatuh dari atas…. geilaaaaa….. saya sendiri juga termakan batuan merapi sehingga 30cm kaki saya berada dalam pasir dan batu. Huh… tapi perjalanan yang berbahaya itu tidak sia-sia, karena ketika mencapai Puncak Garuda yang dulu masih ada, saya benar-benar puas. Apalagi bisa memandangi lahar aktif berwarna merah sedang bergejolak dan mengeluarkan asap tebal. Benar-benar pemandangan yang langka dan menegangkan sekali. Puncak Merapi yang berketinggian 2968 m. dml ini cukup cepat didaki, hanya 3-4 jam perjalanan dari basecamp di selo. Sejauh mata memandang hanya batu-bebatuan, tidak ada tanaman di jalanan menuju puncak.

merapi-1.jpg

…. [Merapi, 1997]

6. Puncak Gunung Lawu
Saya menjulukinya gunung mistik, gunung yang paling hebat getaran mistiknya. Tapi anehnya saya merasa aman di gunung ini, meski jalanan menuju puncak kadang berputar-putar (*bahkan kabarnya ada juga kepercayaan mistik bahwa jalan kita akan semakin panjang jika kita mengeluh, sehingga kita merasa seperti jalan di tempat yang sama selama berjam-jam). Puncak Gunung Lawu yang pernah saya kunjungi adalah Hargo Dalem dan Hargo Dummillah. Bulan terbaik untuk melakukan pendakian di gunung ini adalah bulan Agustus-September karena kemungkinan besar kita bisa melihat pemandangan dari puncak. Selain bulan-bulan tersebut puncak gunung ini dipenuhi kabut sehingga sulit mendapatkan pemandangan dari puncak gunung ini. Dari puncak lawu kita bisa melihat semua puncak gunung di jawa tengah dan juga gunung di jawa timur terutama gunung Semeru. Puncak HargoDumillah berketinggian 3.245 m dpl memiliki tugu yang biasa dijadikan tempat berfoto para pendaki. Sedangkan puncak Hargo Dalem terdapat banyak pondokan-pondokan dari seng yang dijadikan tempat berlindung bagi para petapa dan peziarah. Di sekitar puncak banyak sekali tempat-tempat yang dianggap keramat, ada Gua Jalatunda, ada Sendang Drajat, Ada Batu Cokro Suryo peninggalan Kerajaan Majapahit. Pengalaman yang mengesankan yaitu ketika mendaki beberapa bulan setelah kebakaran melanda gunung ini. Saya tak percaya melihat begitu banyak bekas-bekas kebakaran yang menyerupai bentuk-bentuk suatu mahkluk, disertai dengan atmosfer getaran yang kuat sekali…. rasa aneh selalu menyertai saya ketika mendaki gunung ini.

lawu3.jpg
Halimun [Lawu, 1998]

7. Puncak Gunung Slamet
Pendakian pertama yang ditempuh dalam beberapa hari pendakian waktu pertama kali masuk KPLH Setrayana, benar-benar pengalaman yang cukup layak untuk dicatat dalam ingatan saya. Perjalanan menuju puncak bersama teman-teman Setrayana adalah perjalanan yang cukup menyenangkan karena banyak hiburannya ;) Puncak Slamet yang berketinggian 3432 m dpl ini berupa dataran bebatuan, sayang waktu kesana hanya sebentar melihat pemandangan dari puncak. Kabut gelap dan angin yang sangat kencang tiba-tiba saja datang, jarak pandang yang hanya beberapa meter membuat kami kehilangan arah untuk menemukan jalan turun dari sisi Selatan, akhirnya kami terputar-putar di daerah kawah selama beberapa jam. Angin yang kencang bisa menjatuhkan orang yang sedang berdiri, memang pada bulan-bulan tertentu fenomena alam ini banyak merengut korban jiwa. Saya salut dengan Mas Badak dengan kepemimpinannya yang bisa memimpin rombongan yang frustasi dan putus asa kembali ke jalan pulang. Saya tidak bisa menikmati pemandangan puncak gunung ini, dan harus puas dengan pemandangan menawan puncak gunung ini dari basecamp.

8. Puncak Gunung Ciremai
Ketika saya membuka jendela rumah saya di Cirebon, maka pemandangan gunung Ciremai tergambar dengan jelas dan indah. Cirebon merupakan kota yang berada diantara kaki gunung Ciremai dan Laut Jawa, dari kecil saya punya keinginan untuk naik gunung ini. Tapi baru kesampean tahun 2003 kemarin, ketika FUD Palapsi Psikologi UGM. Puncak Gunung Ciremai yang berketinggian 3078 m dpl ini terdiri dari bebatuan yang memanjang, puncaknya juga bisa dikelilingi, ada dua daerah puncak yaitu Sunan Cirebon, dan Sunan Mataram. Pendakian waktu itu kami berangkat dengan jalur Apuy dan pulang melalui Linggarjati. Dalam perjalanan ke puncak gunung ini banyak sekali saya menemui mitos-mitos di suatu tempat, dan untuk pertama kalinya juga saya mengalami gangguan dari ‘alam lain’ dan berhadapan langsung dengannya. Pemandangan dari puncak ini sangat indah, karena kita bisa melihat lautan serta pemandangan kota Cirebon. Pemandangan sunrisenya juga tak kalah menarik karena terkesan matahari muncul dari lautan luas. Perjalanan pulang dari puncak adalah perjalanan yang cukup menyenangkan untuk berlari karena medannya memang mengasikkan untuk itu.

ciremai.jpg
Terik… [Sunan Cirebon, 2003]

9. Puncak Gunung Salak
Dalam rangkaian FUD itu juga, saya akhirnya bisa mencapai puncak salak satu, pendakian sehari dari pagi hingga sore, cukup cepat. Medannya berupa hutan lebat, dan sangat licin di waktu hujan, belum lagi banyak lintah yang siap menempel di kulit kita. Puncak Gunung Salak I berketinggian 2211 m dpl, dari puncak tidak banyak pemandangan yang bisa kita lihat karena terhalang rimbunnya pohon, tetapi jika beruntung kita bisa melihat kawanan monyet dan babi hutan di daerah sekitar puncak ini. Uniknya di puncak ini, yaitu kita bisa menemukan beberapa kuburan lengkap dengan nisannya. Maka dari itu, kami ga berani bermalem-malem disini hehehe…. ;)

salak2.jpg
Puncak Salak 1 [2003]

10. Victoria Peak, Hongkong.
Meskipun ketinggiannya hanya 554 meter dari permukaan laut, namun orang Hongkong menyebutnya sebagai puncak gunung tertinggi disana dan dikenal dengan Victoria Peak. Perjalanan ke puncakpun cukup menyenangkan karena menggunakan kereta trem khusus yang telah beroperasi sejak 1888. Kereta trem ini cukup unik karena bisa menanjak naik bukit dengan sudut kemiringan hampir 45 derajat, ternyata selain menggunakan rel bergerigi kereta ini juga dilengkapi dengan tali baja… wew… ;) Di daerah puncak yang terkenal ini ada banyak tempat unik, seperti Peak Tower dimana kita bisa melihat keindahan kota Hongkong dari ketinggian menara itu. Kota Hongkong sangat indah sekali jika dilihat dari sini, karena selain pemandangan gedung-gedung yang menjulang tinggi dan tertata rapih, juga kita bisa melihat bagaimana kapal-kapal yang sedang memasuki perairan teluk Hongkong yang tenang. Masih dalam menara peak tower kita juga bisa masuk ke museum lilin Madam Tussaud’s untuk menemui tokoh-tokoh terkenal yang terbuat dari lilin dan berukuran hampir sama dengan ukuran sebenarnya.

victoria-tower.jpg
Hutan Gedung… [Victoria Peak, 2004]

Yeah.. itulah pandangan dari 10 puncak yang pernah saya kunjungi, entah yea.. apa bisa nambah lagi. Masih ada 2 puncak impian saya yaitu Puncak Gunung Semeru dan Puncak Gunung Gede-Pangrango. Saya tidak tahu kapan bisa kesana, semoga saja ada kebaikan angin yang membawa saya menuju tempat itu….

Tags: ,

Mood : Bahagia emoticon

80 Responses :


1. Tina Says:

Wuahhhhhhh.. asyikkkkkkkk.. Duh, jadi rindu pengen ikut LUWING lagi.. hiks..

Kalo Tangkuban Perahu sih karena terbilang deket sama rumah Bandung, sudah lebih dari 20 kali Kenz.. Tempat aku pacaran dulu sama Franz, hihi..

Btw, sering2 posting ttg gunung yaak..



2. faruu Says:

sudah malem neh…aduh2 sayah ngantuk…
tapi baca blog ini bikin saya penasaran pingin daki salah satu gunung2 itu…haduh2…sindoro..sayah pingin banget kesana, tapi…
sayah gak ngerti seluk beluk naek gunug. gmn dunk?



3. kenz Says:

#faruu
hai faruuu…. mau naek gunung yeah.. hihihi…
1. siapkan fisik
2. rencanakan waktunya
3. cari tau ttg gunungnya
4. cari temen
5. brangkat deh.. ;)

mmm.. biasanya banyak kok pendakian masal yang diadakan oleh mapala-mapala di jogja, kamu bisa ikutan itu.. lumayan ramai-ramai naek gunung sambil cari kenalan… kalo naek gunung sindoro mendingan sekitar bulan juli-september deh, ga nyesel karena kemungkinan dapet pemandangan bagus lebih besar..

#mba tina
wedeeew… pacaran di puncak gunung… asyik banget tuh mba… hahaha… jadi teringat jaman dulu juga sayah…



4. she_lila Says:

Huummm… pengen bangedd… pengen naek gunung lagiihh…
Gede-Pangrango selalu jadi rencana gak pernah ada realisasi huwawawa… pengennnn…



5. jojo Says:

bagus, sering2 naik gunung, gw jadi pengen naik lagi baca blog ini. ntar kita bisa saling tukar pengalaman di gunung-gunung jawa khususnya



6. worotewe Says:

aku juga belom naik semeru. rencananya awal taon ini. sering ada badai seeh! tapi cuek aja ah!
cerita2 lagi donk



7. namora Says:

Bener2 lengkap.. thanks man atas liputannya yang seru.. Jadi pengen bangeds naek gunung.. Padahal dulu cuman ngrasain puncaknya Ungaran.. sampai di puncak Banteng raiders (?), tahun 1994… Update terus info perjalanan naek gunungnya ya..? Sekali lagi thanks.



8. -nanang- Says:

Kenz,
pengalamanmu di Merbabu mengingatkan aku dengan kejadian aneh yang pernah aku alami di jalur Selo. asik juga sharing perjalanan pendakian ya..
gak pengen ke Rinjani? cobain, keren euy..
kalo impianmu ke Semeru, wajar.. emang keren. tapi kalo Gede pangrango sih kayaknya gak perlu di impikan deh.. gunung sampah tuh :p *ups!
impianku, ngecamp di base camp pendakian everest, salju men!!. kirain aja kita bisa naek bareng :)

lam kenal yah..



9. marhendra Says:

kalau ada rencana ke semeru, kasih tau ya,,,
saya sendiri cuma beberapa gunung deket bandung yang pernah..
oya…salam kenal ya



10. megantoro Says:

salam kenal
alhamdulilah ternyata ada temen temen saya yang pernah kesana
sama2 capek
cayoo
teruskan perjuangan



11. pury Says:

aduh……………naek gunung !!!!!!! peegeeeeeennnnnnnnnn lagi donxxxxxxxx.



12. zam Says:

huhu… kapan gw bisa naik gunung lagi.. :((



13. azril Says:

Asik yaa…udah ngejelajah kmn2.
Insya Allahabis lbrn gw naek ke 3S (sindoro, sumbing, slamet). Mhn do’a nya…



14. Zell Says:

Upsss…. ternyata banyak juga nyang hobby naek,
jadi kangen sama gunung2……..!



15. obeth Says:

cie!!!! jadi pengin naek ke sumbing lage neh…. dlu pernah tapi ga sampai puncak,karena da anak yang ga kuat. dan Tim memilih pulang lagi… wah!!!



16. 'Doman Says:

wo….keren bgt,udh punya pengalaman kya gtu…gw jg punya keinginan,suatu saat bsa naik gnung tertingi di indonesia,,jaya wijaya…ohya gw mau sedikit cerita waktu gw naik k gn. Gede…temen gw pernah ngobrl ma orang di jalur mau k puncak gede,,dari surya kencana pokonya,,,setelah ngobrol ma org itu, sambil istirahat .temen gw itu dipanggil ma senior gw..setelah dipangil temen gwnya trus di pengen pamitan ma org yg ngobrol ma dia eh orgnya udg ilang tau kmn!!wkt itu lg musim hujan,terus qta kna badai di puncak gede,,sampai"tmen gw sal nya hampir terbang..



17. fahmi Says:

agustus, 20th, 2004 at 21:30

pendakian gunung sumbing sebagai syarat pengambilan nomor menjadi anggota penuh KPA FAC UIN SYAHID Jakarta diwarnai dengan pengalaman mendengar suara macan ketika turun di ladang pertanian milik petani di jalur lama. wuih seram tapi bikin nagih ke sumbing



18. AzIZ Fahmi Hidayat Says:

pertama kali gw nanjak > Merbabu, ampun…. dahsyat plus luar biasa. tahun 2002 merbabu dalam keadaan kemarau minus air tapi dengan semangat membara gw sampai juga di puncak syarif tepat pukul 06:00 yang artinya sunrise. All praise be to Allah …….
merbabu you’re unforgottable.



19. Yheni WT Says:

Ujang, Buduy,… kapan ke rinjani??? Abis meried jadi mlempem ya? Rina kapan mo gabung lagi.. eh met ultah yo (04/01), sory telat!!!



20. febrie Says:

ajakin donk kalo da acara naik gunung dah lama ni ga naik gnung salam rimba aza bwat semua yang cinta ma alam ini tetep jaga kelestarian alam dan lingkungan hidup kita



21. w@t!! Says:

sbg pcinta gunung juga…Q salut. dkt2 ini Q mau naek LAWU. oiya, Q jg pnah naek Ciremai (Mei 2006), Merbabu (Jan 2007). Q jg lg "nyicil" naek gunung2 di Jateng dulu…



22. Sufie Says:

Gw juga pendaki lho, anak Lereng Sindoro-Sumbing di wonosobo… kapan2 klo Kalian ndaki Sindoro-Sumbing ajak aku ya, nt pulannya mampir ke rumahku..
Q pengen ndaki Lawu and Merapi, sayang lum ada kesempatam, maklum Q masih skul…
dah ya, Q seneng banget punya temen ndaki lebih banyak, bisa bagi2 pengalaman



23. Ria,,ma Friends Says:

Seru juga Tuh Naik – naik gunung renk kawan2…….
Sukses Yooo…….

CU
bye3x



24. escoret Says:

wakakakkaka..di kopi paste..!!!!!



25. annots Says:

dikopi pes semua nih critanya, tak bantuin mukulin ya…



26. antogirang Says:

sudah beres ya..
itu anu..gambarnya mas kenz disini kok jadi gambar monyet juga.. xixixixixi



27. chiw Says:

ooow…
ini toh, yang di kupipes ituh?

*manggut manggut*



28. funkshit Says:

yach , blom sempet liat monyetnya .. .
mana nich topeng monyetnya :D



29. belumngantuk Says:

Ooooo… WKwkwkkwkw

Itu Monyetnya Keliatan,



30. fian Says:

***malu karena dikopi-paste????
wakakaka, makanya kenz, pake jurus ikhlas aja, wakakakaka

**malu guyon lho :p



31. jejakpena Says:

Ahihihi… gambarnya udah balik lagi. Kereeen!!
*pantesan dilirik buat dibajak* :P

Bagus, jadi pelajaran buat yang niat copas, harus siap `sakit`!!
:mrgreen:

Salam kenal… ^^ *baru pertama kemari soalnya*



32. yoc Says:

gunung semeru+gunung gede pangramo udah didaki blom ken?



33. QQ Says:

mas…rinjaninya kok gak dikupas??sayang tuh…
puncak,danau,air belerang,gua,dan yang pasti Rp.10.000 lama
baru gabung nih



34. Ady Says:

aduh lupa rute pndkian lawu dan merbabu. Tmn2 mnta bantuannya ya



35. NiLo IREGMA Says:

diantara gunung" di indonesia…
yg paling seru gunung apa..???



36. tower Says:

mas,
numpang tanya, kalau sindoro atau sumbing, memungkinkan didaki sampai puncak dengan menggunakan motor trail tidak ?
Kita pernah naik sumbing lewat jalur sapuran – tanjung sari – banyu mudal – sumbing, udah keliatan deket puncaknya (ada fotonya di friendster.com/towerteam), kita sampai ke lapangan tanaman alang-alang, kata penduduk sih se jam jalan kaki udah sampai puncak, bisa nggak ya motor sampai puncak ?
thankssssssssss



37. kenz Says:

@tower
mas, kalo sumbing sepertinya susah banget deh pake motor trial :)) kalo sindoro kemungkinan bisa lewat jalur dieng… tapi saya juga ragu, karena cukup terjal sekali ketika mendekati puncak.

tapi dicoba aja mas, luemayan.. bisa jadi perintis ….



38. num Says:

wow,, kren beth!!!

tdnyah num mw naek gunung salak bwt dpet nomor anggota di pecinta alam skul, tapi ngk jadi gra2 kondisi num ngk memungkinkan…
huhukz… padahal udh belajar navigasi, survival, medis n rescue tuuh!!!

sdiihnyah……

ewh,, kk senior num ada yang udh naek gede-pangrango lowh!!
katanya bisa lwt gunung putri. jalurnya kayak tangga..
tapih, tetep capeknyah….
namun, kebayar kok di surya kencananyah…
krenn beth…

upz,, slam kenal iiah…
sukses slalu…(.^.^.)



39. madman Says:

salam gunung,
kami masih junior banget soal ndaki gunung, rencana agustus pengen naek semeru buat ikut upacara bendera. sekalean mau nanya yang udah pada naek semeru jalur yg buat pemula lwat mana dan bln agustus kira2 cuaca bersahabat ndak ya?soalnya aq orang jauh & pernah sekali nyoba naek rinjani karna ndak ngerti bulan bagus buat ndaki akhirnya kami jauh2 cuma nyampe pos 3 badai gede banget hahaha ndak nyampe puncak. makasih infonya



40. faizun Says:

wah jadi inget waktu naik sumbing, tapi lewat rute lain, lwt sisi selatan pemandangannya ga kalah ok lho dgn jalur garung; bos kapan rencana naik slamet lagi siapa tahu saya bisa gabung????



41. viram Says:

wewewew….

pengen bgt tu maha meru tapi lg siaga satu ni…. jadi batal naiknya…

kk…kk…

salam kenal pendaki junior ni…



42. bedjho Says:

aloooo……semua……
numpang lewat niiich…..
klo ad temen2 yg mau k semeru pas 17an kbr aq duong
brngkt rame2 biar rame.,.,bethòl…..betuuullll……
mail ak yhaa boem_7@yahoo.com
sory utk yg brngkatnya dr semarang aj…
salam LESTARI



43. volcano Says:

Gmn klo buat acara rame2 ke puncak mahameru. Ok kan…
Upcr 17 an di puncak ..
volcano_malang@yahoo.com
volcano-malang.blogspot.com



44. Lelys Says:

q bRu aJ IKuTaN nAgH PeCiNtA aLaM…
PeRtAmA NaEk aJa dI GuNuNG ArJuNa WeLiRaNg…
TaPi SeTelAh mBaCa aRtiKeL tEnTaNg PeNgAlAmAn mEnDaKu KAkAk- kaKak DiAtAs,,sAyA mEraSa sUdAh PeRnAh mEnDaKi BeRSamA kAkAK…
mEmAnG sAyA BaRu bErUMuR 16 tAhUN…TaPi SaYa iNgiN SeLaLu BeRkONdIsI vIt SaAt MeNdaki…
bArI TaU SAyA Y KaK cArA aGaR mEnJgA kOnDiSI TetAp Vit…
sweeter_9irl@yahoo.com



45. ROSAP NURHANDIK Says:

wah asyik benar…………………………………………?jadi kangen ni………?dulu ku jga hobi mendaki gunung…………………………….?merapi,…..lawu……semeru……,wilis……memang mengaasyikan.tpi skarang ngk lagi dah kerja jadi ngk sempat lagi.
apa lagi di daerah tidak da gunung.kapan lagi mau ksana .lagi…..salm buat leting PA ang 2002.smk bonaventura 2 madiun . dan jaga PA seluruh indonesia………….?jaga selalu…gunung kita dari orang yang ng bertanggung jawab. stop………penebangan hutan liar.demi anak cucu kita.sama2.salam ja OKTAVIANUS.



46. zindank.tk Says:

waaa. kok yang gunung slamet g ada fotonya.?? Tanya kennapaa…

http://www.zindank.tk
http://www.afoey.tk



47. agus jr Says:

salam lestari…..?
wiiiiiiihh…….mantap abieysss……fotonya”?
jd pengen ndaki lg nch..?…
”bwt anak2 RIMBAPALA kapn mw ndaki lg..

by:agus jr…



48. agus jr Says:

salam lestari….?
salam lestari…?
salam lestari..?

by:RIMBA PALA
agus soim..-^^-



49. Margoe_Leo Says:

Wahh..
Mantap and TOP banget kisahnya,

Mas,Bang… saya mau naek Sindoro-Sumbing nih 26des, gimana cuaca disana sekarang.. mau kumpul sama temen-temen lagi..

Ada yang sudah ke agung gak..??
ceritain dong via email : margoeLeo@rocketmail.com
Maret tahun depan kalau masih ada umur insya allah mau kesana..

Salam,
Leo



50. REHAN Says:

GI mana sih cara mendaftar menjadi bagian dari
anak gunung



51. jaied ahmad Says:

duh mau donk kalau ada acara2 pendakian kaya gitu.
alnya daH lama banget kayanya gak mendaki lagi, kapan ya w bisa ikiutan acara kaya gitu lag?!!!!!!!!!!!!!!!!!!



52. jaied ahmad Says:

Oh y buat kawan2 w di manapUn berada kapan niH kita bisa Mendaki bareNg lagie?
terUtama buat Rian Akbar, Wahyudi, Royhan.
kabar2rin w ye kalau ada acara lagi.

w tunggu kHabar dari loe cEmua di Homz w :
BekaCie tepatnya
KeBalen.



53. danindra Says:

kya..salak..alun2 mandalawangi..edelweysnya bisa 4 meter..
kapok naik gunung deh sekarang..



54. arnest Says:

woouuu bgs bgt,,,,,,,
kpn daki lag kalau mau daki gabung dong



55. Na Says:

Salam kenal Kepalan ” keren banget,,,,,,,,,,



56. Na Says:

Ju2r Sayang banget kalau kita G bawa dokumentasi yang keren……..Rinjani ajak2 donk…….



57. Bayu "jabrix", VL ank 5 Says:

kenz.keren bgt ..!! mumpung saya masih di papua, kalau mau coba naek cartenz…ntar saya fasilitasi….



58. rita Says:

membaca artikel u barusan mengingatkan q waktu pendakian ke lawu kira2 tahun 2006.gunung lawu memang penuh misteri.kata penduduk di sana, klo jalan yg kita lalui itu benar kita akan di ikuti oleh burung gagak atau apalah nm nya q gak tau, dan ternyata itu benar lho!!! selain tempat2 yg u sebut q juga sempat masuk ke sumur jolotunda ber 3 dengan teman q coz tmn2 q yg lain gak ada yg berani. bisa di bilang sumur bisa di bilang goa.untuk menuju ke dasar sumur kita harus jongkok selama lebih kurang 300m. nyampek puncak jam 2 pagi, emang seru abiz ya…!!!



59. sendysly Says:

sindoro .. nujadi sono ..
sumbing .. nujadi eling ..

senang rasanya bisa mendaki kesana lg !! ..



60. iduth Says:

semua mebuat ku kangen dinginnya puncak…rindu sekali dlm dekapan kabut yang dingin…kangennn..b



61. Suara Petualang Says:

salam Lestari..

Keren mas Postingannya….

Kapan naik gunung lagi..



62. dody Says:

Kapan naik gunung lagi?kalo ada yang mau pendakian ke Gunung Arjuna kabar2 ya, dody Alumni UMM 08133440xxxx



63. george christ Says:

jd pengen naek gunung ni… tp da gda tmen skr pd sibuk krja…, green ranger



64. Nugyasa Laksamana Says:

gede-pangrango mantap !
saya udah pernah kesana…
cobain deh mas :)



65. mia chiep Says:

waahhh… asyik ya…?
pertngahan bulan ini da yang mau ke sindoro sumbing..
janji ya.. bawain edelwis…?



66. namko Says:

bagus sekali postingnya… tadinya cuma pngen dengerin tarawih langsung dari arab saudi sambil buka2 blog… eh jadi baca nyamp abis.. btw,rencana ke semeru msh membara g?aq p’nah k puncak mahameru sekitar maret 2004..tracknya seperti pendakian merbabu dari kopeng ke BC selo.. enaknya d semeru g kepikiran ma air. oh ya… salam kenal,mgkin bisa mendaki bersama kalo ada kesempatan.. ciaou…!!!



67. christian Says:

woooeeeiii……!!!!!!!!!! klo da yang mo naek k sindoro pa sumbing
Gue… d ajak ocrei……. ya ktagihan gt dueh, tp coema tjah2 P.A TMG ja,bye2…………………………………………………………………….



68. natzh Says:

@Margoe_Leo:

untuk gunung agung,,kmaren lewat jalur besakih,,,tapi wajib bayar guide 420.000,,ga bisa ditawar2,,lamanya 6 jam sampai puncak,,jam bagusnya sie katanya jam 11 malem,,biar bisa dapet sunrise…
ada juga jalur dari pura pasar agung,,lebih cepet,,cuma 3-4 jam ke puncak,,guidenya tetep ada,,biayanya 250rb,,tapi pemandangan katanya sie paling bagus kalau dari pura besakih…

trekkingnya mantap…!!!! berasa ketemu tanjakan setannya gunung gede berkali2..hehehe… samapai waktu turunn hampir sama dengan waktu nanjak,,saking terjal,,,jadinya kegelincir mulu…tapi semuanya terbayar waktu nyampe puncak…mantap…!!!

kalau punya waktu lebih,,bisa jalan dari siang,,,trus ngecamp dulu di bawah batu besar,,pemandangan ke kotanya keren,,,baru dari situ ke puncak cuma 2 jam..

*denger2 ada napak tilas soe hok gie desember ini lhow…katanya dibuka pendafatran utk 2000org,,yang ngadain kerja sama mapala ui sama mapala se-malang…

FB :devontyrex@yahoo.com



69. fery Says:

bln april taun dpn gw mo naik k arjuna welirang…..da yg mo ikut g?????????



70. yaksa Says:

salam lestari…….. salam lestari………….. salam lestari………
yang pengen w naekin itu gunung jaya wujaya, yaaa…….. pokoknya gunung yang ketinggiannya di atas 3000mdpl.
terimakasih



71. yaksa Says:

youk naek gunung jaya wijaya, kapan ya bisa neik gunung itu????????



72. aroel Says:

salam rimba….
selamatkan dan lestarikan alam qt… gna menjaga bumi agar tak goyang…. okay….



73. mely Says:

senengnya…bisa menaklukkan puncak2 gunung……dengan pemandangan yang begitu indahnya…baca artikel anda sambil saya berkhayal…andai saya juga menyaksikannya.salutt untuk anda dan saya doakan semoga terwujud 2 puncak lainnya…bahkan bukan dua…masih banyak puncak2 gunung diindonesia yang blum anda daki..salam rimba dan mari kita lestarikan hutan kita,,,stop pembalakan liar…o ia di tunggu sambungan bloknya lg…cayoooo



74. tata Says:

wih.. seru yah critanya, jd pengen bertualan jg nih.. lam kenal yah..



75. Ajiz Says:

cobain gunung ungaran mas.. kecil-kecil cabe rawit..
di basecampnya ada hamparan kebun teh spjg memandang.. :-)

salam kenal mas..



76. winda Says:

setelah kemping di buper palutungan,, jd pengen naek ke ciremai..
waktu mas ke ciremai nemuin hal mistik n ditemui makhluk halus sperti pa?? cerita donk..



77. arizal ganapala Says:

woww ,mantap ceritanya
saya ,punya banyak sdara pecinta alam ,saya juga sma pngen daki gunung semeru mas



78. teja jff advent Says:

salam rimba,,,,,,,buat para pencinta alam,,,,,,,cobain aja naik gunung cikuray di garut,,,di jamin indah,,,,



79. sutarmadi Says:

hai…sobat P.A salam rimba.
sebenernya kita naik gunung bukan untuk di taklukan. gunung adalah sakral…banyak sejarah kerajaan.sesepuh kita. …pendekar pendekar jaman dlu..yang hilang atau..masih bersemayam menyatu dengan alam…sebaiknya kita mendaki hanya niat bersziarah mengenang betapa hebatnya…mereka. .dengan perjuangan di zaman kerajaan..mempersatukan nusantara dari sabang sampai meroke…banyak yang gugur di medang perang..diantaranya di gunung bukit hutan merka bersembunyi….niat kita tulus brziarah..ucapkan dngan keyakinan kita. kejadian kami ( BMW )TRASH CILACAP di gunung lawu…Salah aatu anggota kita cewe asal sunda telah di rasuki bermacam macam makluk halus. .dari goa jalatunda. pingsan beberapa kali kami berszukur di bantu PA Gama Pala jakarta. dan aeluruh pendaki di haruskan turun oleh makluk halus..dan kami pun menyikapi perjanjian dng mereka agar tak terjadi hal yna buruk..sesampai di bescam.kami pun segera pulang.dah anehnya anggota kami masih selelu di rasuki dlm perjalanan plang ke cilacap di kereta api..beruntung yang merasuki adln makluk gaib atau jin baik. dan sampai di rumah malah menjadi paranormal.tetapi dia punya maksud tertentu dngan merasuki tman kita hanya untuk mencari kekasihnya yang hilang karna tersesat atau masuk jurang..dan dia menunggu samapi meninggal kedinginan…dan lewat tubuh teman saya. .dia sering berdzikir sopan lembut.layak gadis solo tahun 1826..dan kejadian waktu itu di tahun 1999.sobat PA indahnya alam kita klo kita bisa menyikapinya. terima kasih banyak GAMAPALA Jakarta



80. sutarmadi Says:

kami Bocah Mall Wagean trash. salam P.A. ….
kami tah berzhiarah.gununung slamet.lawu.merbabu.sindoro sumbing. sejarah gunung yang mistik. dlm cerita dri para orang sesepuh kita..adanya garis segitiga m
istik ada di gunung merapi. slamet.dan gunung gede / anakannya gnung salak.terdapat cerita kerajaan majapahit.pajajaran. .yang berlomba menyatukan nusantara ( gajah mada)di peperangan banyak yang hilang di antara gunung itu entah gugur atau masih bersemedi sampai sekarang..slah atunya yang nampak jelas di gunung salak adlh ujung tombak garia segi tiga mistik. burung pun bisa jatuh bila di atasnya ( cerita masArakat ) karna masih ada kerajaan /dinding gaib yang menjulang tinggi. “ceritanya”allohalam selama niat kita baik kita pasti dapat menuai kebaikannya.alloh maha pencipata. alam adalah ilmu kita.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12719 days
Emotional
100%
Bioritme Status
Physical
0%
Bioritme Status
Intellectual
45.8%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.173s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia