pakupaku
Monday, 09.01.2006 10:07

Psychoblogology, Ilmu tentang Perilaku Blogger ?

Posted on Psychoblogology.

Membaca kilas balik 2005 yang dirangkum dengan cukup baik oleh Dhika, saya menjadi semakin yakin jika blog bukanlah sebuah trend sesaat. Fenomena blog semakin lama semakin terus berkembang seiring dengan dinamika perkembangan internet itu sendiri. Apakah benar bahwa blog semakin lama menjadi semakin serius seperti judul tulisan kilas balik yang diulas Dhika ataukah pada hakekatnya blog itu adalah suatu hal yang memang serius dari awal sampai sekarang? Mungkin bagi sebagian orang aktivitas blogging adalah aktivitas sampingan yang hanya memiliki nilai kesenangan semata, tapi mungkin bagi sebagian yang lain, aktivitas blogging merupakan suatu kebutuhan hidup dalam kesehariannya, entah sebagai pelepasan emosi, penyaluran ide pikiran, pengganti hubungan sosial, pencarian inspirasi individual ataukah sebagai sarana aktualisasi dirinya di dunia maya.

Dunia blog memang layaknya seperti dunia nyata yang penuh kompleksitas, sama seperti blogger itu sendiri yang merupakan manusia-manusia kompleks yang unik satu dengan yang lain. Kompleksitas yang diwujudkan dalam jutaan kata dari hasil pikir dan perilaku manusia penulisnya, yang saling berinteraksi satu sama lain dalam rupa komentar, sapaan ataupun komunikasi non verbal lainnya.


Kompleksitas dunia blog pada akhirnya akan membawa suatu akibat tertentu, bisa menjadi suatu solusi, namun dilain pihak bisa menjadi suatu masalah. Begitu banyak hal yang bisa dieksplorasi dalam dunia blog, oleh karena itu saya percaya jika suatu hari nanti ada ilmu khusus yang membahas tentang blog. Mungkin nama ilmu itu adalah blogology, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai segala sesuatunya tentang blog.

Bidang keilmuan saya di psikologi, mungkin akan lebih melihat dari sisi perilaku – perilaku manusia pemilik blog itu sendiri yang dikenal dengan blogger. Perilaku- perilaku unik blogger yang terekspresikan menjadi barisan kalimat-kalimat yang merupakan hasil olah pikir dan ekspresi emosi yang khas dari setiap individu.

Jadi mungkin dalam perkembangan selanjutnya, akan ada ilmu lainnya tentang blog yaitu psychoblogology, yang merupakan perkawinan antara psychology dan blogology. Kalau boleh saya mendefinisikan, maka definisi tentang psychoblogology adalah sebagai berikut :

Psychoblogology adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku blogger dalam berinteraksi dengan blognya, dengan sesama blogger maupun dengan lingkungan di sekitarnya.

Sebagaimana sebuah ilmu, tentunya blogology dan psychoblogology harus berupa pengetahuan dari hasil pemikiran yang tersusun secara sistematis dan obyektif sehingga dapat mencapai hakekatnya yaitu memajukan kesejahteraan manusia umumnya dan blogger pada khususnya.

Dengan demikian, saya yakin bahwa kedua ilmu itu akan menjadi penyeimbang atas penyesatan-penyesatan informasi tentang blog yang terkadang dilontarkan orang yang mengaku pakar di dunia maya. Apalagi budaya masyarakat Indonesia yang lebih percaya pada takhyul daripada fakta yang sebenarnya sehingga blog masih dianggap sebagai sesuatu yang tak berguna, penuh kepalsuan, dan sekedar permainan katarsis belaka.

Begitupula jika terjadi suatu fenomena permasalahan di dunia blogger, psychoblogology dapat membantu untuk menjelaskan dan memahami segala sesuatu di balik perilaku blogger tersebut. Sehingga para pengambil keputusan dan juga masyarakat umum juga mampu membedakan antara ekspresi penghinaan dengan ekspresi humor dalam suatu blog.

Lalu, benarkah bahwa psychoblogology akan menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang populer? Bagaimana ruang lingkup teorinya? Bagaimana hakekat keilmuannya? Bagaimana metode penelitiannya?

Hahaha… Sampai sejauh ini, itu hanya rekaan pikiran saya saja. Entahlah jika beberapa tahun mendatang orang menjadi semakin serius untuk benar-benar mewujudkan keilmuan ini. Sama seperti blog yang mungkin akan semakin menjadi serius dan diperhitungkan di masa yang akan datang.

Tags: ,

Mood :

4 Responses :


1. Wahyu Says:

Kayak di ISIPOL ada kuliah Filmology, mungkin suatu saat bisa tuh ilmu Blogology dikuliahkan.



2. cindymon Says:

tulisan paman kenz ‘pintar’ :)
ayo terus pelajarin paman, sapa tau suatu saat paman kenz bisa bikin gebrakan baru, mungkin semacam penemuan ‘sesuatu yang menakjubkan’ di dunia blogger! *aha*



3. moon Says:

Salam Perkenalan dari saya di Malaysia.
Your writings are really cool. Cool and nice and cool and nice :-). "Psychoblogology"..hurm, sangat menarik. Akan selalu kembali ke sini!



4. firda Says:

ide bagus..walaupun serasa inget tugas aku..metode penelitian..pake teknik samplingsegala…ughh..kreatif ungh…



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12818 days
Emotional
-97.5%
Bioritme Status
Physical
94.2%
Bioritme Status
Intellectual
45.8%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 1.103s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia