pakupaku
Thursday, 12.01.2006 9:18

Modem dan Rowset Tidak Anti Petir

Posted on Ergonomics.

Hari Selasa Sore yang lalu, ada kejadian yang tidak biasanya. Tidak ada hujan, dan langitpun hanya mendung biasa. Seperti biasanya sore itu saya bekerja dengan komputer, dan tiba-tiba saya melihat letupan api di belakang komputer saya. Bunyinya cukup keras dan sempat membuat saya terloncat dari tempat duduk. Belum hilang rasa kaget saya, terdengar guntur yang sangat keras.

Komputer sayapun hang, bagian belakang komputer saya berasap tipis yang berbau khas bakaran. wew… komputer saya baru saja tersambar petir dan itu adalah satu-satunya petir di hari itu. Anehnya beberapa saat setelah kejadian tersebut, langit malah semakin cerah, dan mataharipun bersinar terang. Hehe.. (*seperti biasa, ini adalah penyampaian pesan tertentu, hanya kali ini petir sebagai messengernya :(

Setelah melakukan pengecekan, saya mendapati modem dan rowset saya telah rusak dan tidak bisa berfungsi lagi. Rowset adalah sebuah alat tambahan stabiliser pulsa telpon yang katanya bisa menghemat pulsa 10-30%. Selain itu, brosur manual rowset yang saya baca dulu menyebutkan kegunaan lainnya yaitu sebagai anti petir telepon.

rowset_0351.png


Begitu pula dengan modem yang sekarang rusak, disebutkan dalam kotak pembungkusnya bahwa modem ini anti petir.

Saya jadi ingat kata-kata seorang pedagang dahulu, ketika saya bertanya “Pak, Ada modem anti petir?” Lalu pedagang komputer itu menjawab “wah, tidak ada mas. Petir kok dilawan. Manusia saja kena petir mati, apalagi barang elektronika.”
Dahulu saya kira itu hanya gurauan pedagang saja, namun ternyata kejadian sore ini menunjukkan kebenaran dari perkataannya. Saya sering mendengar teman-teman yang bercerita mengenai komputernya yang tersambar petir. Beruntung komputer saya hanya mengalami kerusakan pada modem dan rowsetnya saja, beberapa teman-teman yang mengalami hal yang sama menemukan komputernya sudah ‘sekarat’.

Awal bulan Desember yang lalu, saya juga mengalami hal yang sama. Namun waktu itu korbannya hanya mesin fax dan pesawat telpon rumah. Kedua alat tersebut mengalami kerusakan sehingga tidak lagi bisa berfungsi sampai sekarang. Dengan demikian. Apakah ini sebuah karakter dari petir? Menyambar di tempat yang sama untuk mengulangi kesuksesannya?

Saya mendapatkan data ini dari http://en.wikipedia.org/wiki/Lightning :

  • The odds of an average person living in the USA being struck by lightning once in his lifetime has been estimated to be 1:3000.
  • The United States is home to “Lightning Alley”, a group of states in the American Southeast that collectively see more lightning strikes per year than any other place in the US. The most notable state in Lightning Alley is Florida.
  • The saying “lightning never strikes twice in the same place” is typically false. The Empire State Building is struck by lightning on average 25 times each year, and was once struck 15 times in 15 minutes.
  • Some repeat lightning strike victims claim that lightning can choose its target, although this theory is entirely disregarded by the scientific community.
  • Jim Caviezel, the actor who played Jesus in the film The Passion of the Christ, is reported to have been struck by lightning during shooting. The assistant director Jan Michelini was struck twice [11].
  • Golfers Retief Goosen and Lee Trevino have both been struck by lightning while playing [12].
  • Although commonly associated with thunderstorms, lightning strikes can occur on any day, even in the absence of clouds.
  • Lightning interferes with AM (amplitude modulation) radio signals much more than FM (frequency modulation) signals, providing an easy way to gauge local lightning strike intensity.

Lepas daripada itu, saya hanya mengingatkan teman-teman saya yang lainnya. Khususnya bagi yang suka menggunakan internet untuk mengantipasi kejadian ini. Beberapa pelajaran yang saya dapat dari kejadian ini :

  • 1. Petir bisa terjadi kapan saja, dan tak terduga. Ciri yang paling umum adalah ketika hujan lebat, ataupun awan yang sangat mendung.
  • 2. Hindari melakukan koneksi telepon dan internet pada waktu hujan.
  • 3. Cabut / Lepaskan kabel telepon dari modem, jika tidak digunakan.
  • 4. Pastikan komputer Anda memiliki kabel grounded yang terhubung ke bumi.

Saat ini saya sendiri baru sadar bahwa saya memiliki UPS yang dilengkapi dengan pengamanan gelombang petir.

ups-internet.png

Bagaimana hasilnya? Apakah benar UPS tersebut mampu menahan gelombang petir? Hehe… kita tunggu saja kabarnya.

Tags: , ,

Mood :

12 Responses :


1. dyna Says:

oi…dirimu selalu saja berhubungan dengan hujan, petir dan konco2nya di hujan..ada apa dgn hujan? dan masih berlanjut teruskah di taon ini? jgn2 yg aneh tuh pd dirimu ken..:))



2. Mas Tom Says:

Wah, jadi inget dulu sama almarhum modem dial-up yang tewas ‘kesetrum’ petir… sampe sekarang nggak bisa diperbaiki babar blas :(



3. Uare Says:

Weleh….modem dan rowset-nya tuh bener anti petir untuk kompiemu Kenz, bukan untuk modem dan rowset itu sendiri he he….artinya merekalah sekring yang siap di "korbankan" demi laktop mu, pilih mana hayo? Ha ha Rumah dikasih anti petir gih, biar kalo ada serangan melenceng ke tetangga sebelah…
waduh… sudah ya…



4. Hedi Says:

Gimana dengan cabel modem? berapa besar resikonya dibanding dial up modem ya… soalnya saya pake itu…



5. kenz Says:

#4
modem kabel? modem dari tv kabelkah? saya belum pernah menggunakan modem kabel dan sampai sejauh ini jarang ada cerita dari teman saya yang pakai internet kabel kesambar petir. Yang saya tahu modem ASDL juga memiliki kerentanan yang sama dengan modem dial up.



6. opiq Says:

wahh….
aku jadi tertantang untuk bikin pengaman petirnya neh..
btw klu ud jadi ad yang mo bli g nehh..



7. jaka Says:

kalau ada yang tertarik dengan alat pengaman ini silahkan hubungi aku



8. Ludo_gundala Says:

Semoga saya bisa membantu persoalan petir yang bapak/ibu alami hubungi kami di ludo_gundala@yahoo.com.sg



9. budi Says:

Di Indonesia ini sebagian besar orang belum tahu bahwa, bagaimanapun bagus/hebat/mahalnya alat anti petir, tetapi kalau ground/arde nya nggak disambungkan ke bumi, ya…. pasti tidak ada gunanya..

Kebanyakan kita menyalahkan peralatannya yang nggak bisa menahan sambaran petir, tetapi mereka sendiri tidak pernah mengecek apakah peralatan tersebut sudah di-grounding/arde dengan baik dan sudah di cek apakah tahanan tanah (resistansi listrik) kurang dari 1 ohm dan beda tegangan anatara ground dengan tegangan negatif kurang dari 1 volt.

Nah lho bagaimana caranya.?? ya.. panggil aja teknisi anti petir,, nggak repot kan



10. Haposan Silalahi Says:

Apa sebenarnya manfaat dari anti petir ? khususnya bangunan seperti pabrik,mal dll ?
Apa ada UU yang mewajibkan bagi gedung besar,pabrik,mal dll harus memasang anti petir ?



11. telo godok Says:

wah modem aq aja dah 2 kali kena petir hehhehe………. ganti 2 kali deh …. kmrin dah nyoba colok ke ups ternyata sama aja… lewat kalau kena petir



12. Feryfadly Says:

Ada yg bisa buat alat anti petir ga? saya mau pesen nih!



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.102s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia