pakupaku
Saturday, 28.01.2006 17:15

Mengurus STNK yang Hilang

Posted on Bureaucracy.

Akhir – akhir ini saya banyak kehilangan barang, entah secara misterius, dicuri orang ataupun karena kelalaian saya sendiri. Beberapa diantaranya adalah STNK saya. STNK tersebut hilang beberapa bulan yang lalu, kemungkinan terbesar terjatuh karena waktu itu saya terburu-buru sehingga lalai tidak memasukkannya ke dalam dompet.

Di jaman sekarang, rasanya saya tidak perlu berharap akan ada orang yang datang mengembalikan STNK saya yang terjatuh. Meski alamat lengkap tertera di STNK kita, namun hanya sedikit orang baik yang mempunyai kepedulian untuk mengembalikannya.

Akhirnya saya pun harus merelakan STNK tersebut dan mengurus administrasi untuk membuat STNK baru. Kebetulan sekali STNK itu habis masa berlakunya pada 23 Januari 2006.


Berikut ini adalah prosedur dan birokrasi untuk mengurus STNK yang hilang dan membuat STNK yang baru :

  • 1. Mengurus surat kehilangan dari kepolisian di polsek setempat.2. Memasang iklan di koran. Gunting iklan yang telah dipublikasikan tersebut.

    3. Memasang iklan di radio, dan meminta surat kehilangan dari bagian penyiaran radio yang bersangkutan. Saya merekomendasikan RRI (Radio Republik Indonesia) untuk menghemat biaya karena harga pemasangan iklannya lebih murah daripada radio swasta.

    4. Melakukan legalisir surat kehilangan di bagian Reserse Polresta yang menjelaskan STNK tersebut tidak bermasalah dan tidak dalam pencarian oleh pihak kepolisian.

    5. Melegalisir surat kehilangan ke bagian tilang Polresta yang menjelaskan STNK tersebut tidak dalam penahanan tilang.

    Proses selanjutnya adalah melakukan administrasi di kantor Samsat, yaitu :

    6. Melakukan cek fisik kendaraan, yaitu menggosok nomer rangka dan nomer mesin kendaraan pada kertas khusus dari kepolisian. Kertas ini nanti akan dilegalisir oleh petugas yang bersangkutan dengan menyertakan BPKB kendaraan tersebut.

    7. Menyerahkan surat-surat ke loket yang telah ditentukan untuk memperpanjang STNK. Surat-surat yang harus diserahkan yaitu :

  • Fotocopy BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan BPKB Asli.
  • Fotocopy KTP Pemilik dengan menyertakan KTP asli.
  • Surat Kehilangan yang telah dilegalisir bagian reserse dan bagian tilang Polresta.
  • Surat Kehilangan dari radio.
  • Bukti pemasangan iklan di koran.
  • Surat cek fisik kendaraan yang telah dilegalisir.

Saya cukup beruntung bisa memasukan semua persyaratan tersebut sebelum tengah hari sehingga saya bisa mengambil STNK yang baru pada hari itu juga. Saya memasukkannya pukul 10.30 dan mengambil STNK yang baru pukul 14.05. Sebelum mengambil STNK yang baru tentunya saya harus membayar biaya perpanjangan dan pajak kendaraan bermotor terlebih dahulu. Fiuh.. akhirnya saya mendapatkan STNK baru.

Tags: ,

Mood :

20 Responses :


1. Mas Tom Says:

Aku belum pernah kehilangan STNK… jadi terus terang baru tahu sekarang kalo prosedur pengurusannya ternyata lumayan ruwet juga ya?



2. dyna Says:

oiiiiiiii kenz……..apa kabare???????????????????



3. Syofyan Says:

kalo yang hilang stnk sam bpkb aslinya gimana soalnya gw ditipu sama calo bangsat yang nama panggilannya buyung di samsat polda waktu mau mutasi ke luar daerah nah kalo kasus gitu gimana dong solusinya



4. kenz Says:

Laporan dulu ke Kantor Polisi deh, sekalian nanya ke petugasnya. Biasanya nanti dikasih tau dokumen yang diperlukan. Btw.. saya juga lagi mau ngurus BPKB Motor adek saya yang hilang secara misterius. Nanti deh saya ceritain prosedurnya.



5. test Says:

thanks bro, artikelnya berguna banget, coz abis keilangan dompet juga nich :(



6. irwan Says:

haloo, salam kenal,
saya tertarik nih dengan tulisannya, kalau bisa boleh dong saya minta estimasi harganya untuk setiap prosedur tersebut kalau ada.

terima kasih banyak ya..



7. indra Says:

makasih atas infonya…
kbetulan malam minggu yg lalu..
ade saya kna hipnotis…and semua barang+duit+stnk+kunci motornya hilang…
jadi lumayan repot and kaya bikin 2 stnk ya biayanya :))
udah susah jadi makin susah,..

makasih bro..atas infonya



8. aRieF do0n9™ Says:

wah, saia baru merasakannya nih…
persyaratan no2, no3 dan “Surat Kehilangan dari radio.” ama “Bukti pemasangan iklan di koran.” harus dilakukan juga gak sih??



9. deenee Says:

biayanya kira2 berapa ya???



10. joko purnomo Says:

gila w lg puyeng banget nih, gmana caranya ngurus bpkb yg hilang, pasalnya dikit lagi oktober w harus bayar pajak motor



11. bram_history Says:

nice info, hanya saja, pengiklanan di mass media hanya diperlukan untuk BPKB yg hilang, bukan STNK

lalu selain biaya pendaftaran yg kurang lebih 80rebu, ga dikenakan biaya lain selama motornya masih masuk pajak.

info lengkap di website polda metro jaya.



12. Richard Says:

Pak gimana klu STNK hilang tapi yg ada Foto copynya.



13. Arif Says:

@kenz: Gimana prosedur mengurus BPKB yang hilang ? udah pernah ngalamin Bro?
Thanks before



14. parama wirayuda Says:

sama,, stnk sya ilang…
yg ada cma ftocopy ny…



15. Rima Says:

Halo,, q mw nanya… bisa g kalo ank seumuran q yang ngurusin pembuatan stnk bru sendiri. Q uur 13.

Trus emank.a nyantumin iklan dikoran itu wajib ya???



16. fauzi Says:

bgmn klo kendraan saya dr luar kota, n jauh dr tmpt tinggal sya.



17. YULI YULIANTI Says:

Tlong bntuin aq donk… aq jga bru khilangan STNK’n aq ru sadar low STNK aq g ada dlam dompet. n terakhir yg q ingt STNK aq tu ada di dlm dompet bersamaan dg KTP,SIM C,N ATM.. aq mw ngrus kehilangan’a n msalah nya aq g pnya ftocopian’a pdhal tu stnk bru di perpanjang bulan kmarin….tlong kasih solusi’a lewat email aq y?



18. rofik Says:

kira” bkin stnk yg baru biayanya brapa duit ?



19. arif Says:

Mau tanya niih < saya beli Motor dan STNKnya hilang, so saya mau mutasikan motor tersebut ke luar daerah atas nama saya, so gimana caranya agar bisa saya mutasikan motor tsb……
trim's



20. Id Info Says:

waduh agak ribet juga ya,…..
gimana nih, BPKB blm keluar,



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

23q. 0.104s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia