pakupaku
Sunday, 29.01.2006 23:52

Diam dan Pergilah !

Posted on Faith.

Entah merupakan suatu kebetulan lagi atau tidak? Tema kotbah hari minggu ini adalah tentang Roh Jahat. Saya semakin yakin bahwa Allah sedang bekerja dalam pengalaman saya hari-hari ini. Saya sendiri percaya bahwa tidak ada suatu kebetulan dalam hidup ini. Dari dulu saya sering mengalami pengalaman seperti ini, yaitu mendapatkan bimbingan yang sangat sesuai dengan permasalahan saya pada waktu tersebut. Tidak hanya bimbingan, tapi terkadang teguran jika ada perilaku saya yang kurang baik saat itu.

Dalam kotbah kali ini saya diingatkan kembali mengenai bagaimana cara menghadapi Roh Jahat. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, akhir – akhir ini saya mengalami kejadian – kejadian aneh di rumah saya. Kesibukan saya yang sangat padat membuat saya lengah, dan lalai untuk menjaga persekutuan yang erat denganNYA. Jadi wajar saja jika Roh Jahat dengan mudah mempermainkan saya.

Roh Jahat sendiri menurut saya bukan sebutan untuk setan ataupun makhluk halus semata. Roh Jahat bisa jadi adalah sesuatu ketidakteraturan yang membuat saya kehilangan arah hidup. Suatu kekuatan yang membuat saya berada dalam kebingungan melalui kesenangan sesaat yang menjauhkan saya dengan Allah baik disadari maupun tidak.

Bulan ini, saya sangat dibingungkan dengan berbagai kejadian aneh di rumah saya. Selain penglihatan halusinasi, mimpi-mimpi buruk dan yang paling parah adalah hilangnya secara misterius beberapa benda dari tempat penyimpanannya semula. Kejadian – kejadian itu membuat saya bingung, gelisah, dan takut. Terkadang tanpa sebab yang jelas, emosi saya menjadi tak terkendali. Saya ingin menghancurkan semua barang-barang di sekitar saya, memukuli semua orang yang saya temui dan berteriak-teriak dengan kata kasar.

Dalam psikologi, tidak dikenal dengan adanya setan ataupun roh jahat dalam diri manusia sehingga perilaku – perilaku abnormal yang muncul dianggap sebagai suatu gangguan kejiwaan semata. Namun kenyataannya dalam budaya Timur, fenomena roh jahat dan dunia lain menjadi suatu fenomena percaya atau tidak percaya. Suatu pilihan untuk percaya namun tidak rasional, ataupun tidak percaya namun benar-benar terjadi.

Keyakinan yang saya anut dan juga banyak pengalaman yang lalu membuat saya memilih untuk percaya bahwa ada kehidupan dalam dunia yang lain yaitu kehidupan dalam roh. Karakter roh pun terbagi menjadi dua sifat yaitu roh baik dan roh jahat.

Kehadiran atmosfer yang menggelisahkan dan dorongan untuk berbuat jahat, membuat saya semakin yakin adanya peranan roh jahat dalam kejadian akhir – akhir ini.

Saya benar-benar belajar dari Injil hari ini yang bercerita bagaimana Yesus menghadapi roh jahat.

Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat.
Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak:
“Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!”
Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: “Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.” Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.
Markus 1: 21-28

Dari injil diatas, Tuhan Yesus tanpa kompromi langsung mengusir roh jahat. Tidak perlu banyak berkata-kata untuk mengusir roh jahat keluar dan pergi dari kehidupan kita.

Saya sendiri kembali menjadi ingat akan pengalaman yang lalu. Memang benar, sebaiknya kita langsung menghardik roh jahat itu keluar dan pergi. Tidak perlu ditanyai, ataupun diajak bercakap-cakap terlebih dahulu karena bisa jadi kita malah tergoda dengan tawarannya.

Sama seperti saat sore tadi, ketika emosi kemarahan dan kegelisahan itu kembali datang. Saya langsung menghardiknya dan mengusirnya pergi sehingga saya tidak terpancing untuk melampiaskan kemarahan saya tersebut. Fiuuh syukurlah, setidaknya situasi rumahku tidak semakin buruk dengan kemarahanku. Jika godaan untuk berbuat jahat datang lagi. Sudah seharusnya saya segera mengusirnya pergi : “Diam dan pergilah !”

Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.
Efesus 6:10-12

Mood :

4 Responses :


1. dyna Says:

gila…keren banget…….gue seneng deh kalo baca2 yg kayak gini…
meskipun gue belum baca semua postingan loe…gue seneng deh kalo loe melawan roh jahat dengan kekuatan Allah..it good..

Best solution!!!!!!



2. yoan Says:

waduh….postingannya serem amir bro….kenz baik2 aja kan???
masa setan takut ma hantu wakakakakkka *kidding*…

intinya cuma satu banyak2 berdoa n mikir2 yg lurus2 aja ga usah mikir bengkok or serong kiri kanan yach….

or mau di doain lagi ga??? *bidadari mode on*



3. vi3 Says:

inget cerita Yesus mengalahkan rayuan Setan di padang gurun waktu Yesus berpuasa 40 hari?
hmm, mestinya kita selalu berpegang padaNya, supaya kita selalu dihalaukan dari kuasa roh jahat.. okeh?



4. Uare Says:

Wah persis juga sama khotbahnya pas ke gereja gombong kemaren, cuman kata romonya, setan itu juga berkeliaran didepan gereja. Ntar deh tak critani, gak sopan kalo ditulis disini ha ha…
Oleh-oleh dari CRB mana Kenz?



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.091s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia