pakupaku
Monday, 13.02.2006 10:13

Catatan Evaluasi Survei Blogger 2005

Posted on Internet, Psychoblogology.

Beberapa catatan saya tentang Survei Blogger 2005 tanggal 6-20 Desember 2005 yang mungkin bisa menjadi pelajaran bagi pengambilan data secara online ataupun survei – survei yang berkaitan dengan blogger di masa yang akan datang. Ada sedikit kelebihan dan banyak kekurangan yang bisa dievaluasi.

Beberapa hal kelebihan dalam survei tersebut :

1. Penggunaan sistem undangan dan login. Sistem ini meniru sistem pengambilan data yang dilakukan oleh survei blogger MIT (Massachusetts Institute of Technology) pada pertengahan tahun 2005 yang lalu. Melalui sistem ini responden harus mendaftarkan emailnya untuk mendapatkan undangan survei, maksudnya selain untuk membatasi pihak-pihak yang tidak berkepentingan dalam survei juga menjadi salah satu persyaratan verifikasi kepemilikan email.

2. Pertanyaan Dinamis. Dalam beberapa bagian survei terdapat pertanyaan-pertanyaan yang hanya muncul sesuai dengan jawaban responden. Contohnya responden yang menjadi anggota blogfam akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda dengan responden yang tidak menjadi anggota blogfam. Hal ini cukup menghemat waktu bagi responden dan juga menghemat ruang bagi pengambil data. Selain itu validasi jawaban dalam survei ini bisa mengurangi kemungkinan responden untuk tidak mengisi data yang wajib diisi. Meskipun hal ini sedikit agak menjengkelkan bagi beberapa responden yang ingin melewati pertanyaan.

3. Feedback dan Komentar. Ide yang bagus juga memberikan fasilitas bagi responden untuk memberikan feedback dan komentar setelah melakukan pengisian survei. Dengan begitu kita bisa mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap survei baik kesulitan – kesulitannya, maupun usulan-usulan yang dapat dijadikan evaluasi pengadaan survei berikutnya.

Tiada gading yang tak retak begitu pula dengan survei tersebut, karena saya menemukan cukup banyak kekurangannya yang dapat dijadikan pembelajaran, yaitu :

1. Publikasi. Publikasi survei hanya mengandalkan pengumuman dan email pemberitahuan pada anggota Blogger Family. Harapannya akan terjadi efek komunikasi berantai dan blogosphere kepada blogger selain anggota forum tersebut yang disebarkan oleh anggota blogfam. Meski efek tersebut terjadi namun ruang penyebarannya masih terlalu sempit. Penyebaran melalui beberapa blogger yang cukup terkenal dalam satu kasus tertentu ternyata tidak mendapat tanggapan sehingga memunculkan ketakutan yang sama dengan blogger yang lain. Mungkinkah ada semacam gap antara komunitas blogger yang satu dengan yang lain? Semoga saja tidak ;)

2. Sistem Undangan dan Login Satu Kali Jalan. Sistem ini ternyata cukup membuat repot, karena responden yang menggunakan email Yahoo tidak dapat langsung menerima undangan akibat penyaringan Yahoo yang terlalu ketat dan bertele-tele saat ini. Kelemahan lainnya adalah sistem login satu kali jalan, sehingga jika proses pengisian survei terputus di tengah jalan karena browser tertutup ataupun sebab lainnya maka responden harus mengulang mengambil undangan yang baru.

3. Pertanyaan atau Isi Survei. Bagian pertanyaan pekerjaan yang dibiarkan tanpa pilihan membuat responden dapat dengan bebas mengisinya. Kelemahannya, jawabannya sangat bervariatif sehingga diperlukan suatu standar kelompok pekerjaan untuk mengklasifikasinya. Ada beberapa pertanyaan yang menanyakan keikutsertaan perlu ditambahkan satu pilihan diantara Ya dan Tidak yaitu pilihan Belum. Form pengisian blog yang dimiliki hanya dibatasi tiga buah saja, bagaimana jika responden memiliki lebih dari tiga blog?

Lepas dari kelebihan dan kelemahan dari survei blogger 2005, kesuksesan survei sangat tergantung dengan tujuan dari penyelenggaraan suatu survei itu sendiri. Meskipun di halaman pengantar sudah dijelaskan tujuan survei kepada publik namun ternyata masih banyak juga responden yang menanyakan tujuan survei di halaman komentar ;) Namun demikian saya yakin bahwa survei blogfam 2005 kemaren adalah sebuah survei yang cukup sukses untuk mendapatkan data – data yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan mengembangkan Forum Blogger Family di masa mendatang. Satu hal penting lainnya dari kesuksesan itu juga tidak lepas dari partisipasi para blogger Indonesia dengan semangat saling berbaginya. Salut deh!

Saat ini saya masih menunggu tim survei blogfam mempublikasikan hasil surveinya. Saya tahu itu bukan suatu tugas yang ringan, oleh karena itu saya secara pribadi memberikan dorongan dan dukungan moral untuk tim survei blogfam. Cahyoooo…. !!!

ps: jika ada tambahan masukan, usulan dan solusi dari kelemahan survei blogfam 2005 bisa dikomunikasikan di komentar postingan ini, agar bisa dijadikan bahan evaluasi. Terima kasih ;)

Tags: , , , ,

Mood : Berpikir emoticon

3 Responses :


1. vi3 Says:

pusing juga ternyata kenz… mantengin satu2 jawaban… hihihihihi…



2. maknyak Says:

Selamat ya kenz.
survey yg kau lakukan ini menurutku sebagai salah satu sumbangan terhadap dunia blog di Indonesia dan sudah seharusnya di dukung oleh blogger Indonesia.

tetap semangat.



3. wi2n Says:

thank u….
baru belajar jadi blogger neh,,tulisan nya bermanfaat bagi gue…^^



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

32q. 0.086s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia