pakupaku
Friday, 17.02.2006 21:00

8 Tipe Komentator dalam Suatu Blog

Posted on Psychoblogology.

Blog tanpa komentar adalah seperti nasi goreng tanpa garam. Rasanya hambar dan membuat lidah pun urung mengirimkan sinyal kenikmatan ke otak kita. Blog tanpa komentar bukanlah suatu blog seperti yang disyaratkan oleh Mas Pri dalam definisinya tentang blog.

Komentar dalam suatu blog adalah sesuatu yang penting karena fasilitas ini adalah fasilitas penyampaian pikiran pembaca terhadap postingan sang blogger. Dengan kata lain komentar merupakan suatu bentuk komunikasi dan interaksi antara pembaca blog dengan postingan suatu blog.

Dalam suatu komentar kita bisa juga mempersepsikan sikap dari penulis komentar tersebut. Sangat menarik jika kita mengamati berbagai komentar dalam suatu blog untuk melihat sikap – sikap komentator dalam menyampaikan pikirannya.

Edward de Bono dalam bukunya yang berjudul How to Have a Beatiful Mind mengungkapkan bahwa sikap seseorang menyampaikan pikiran sangat berkaitan dengan citra diri orang tersebut. Menurut beliau, ada beberapa tipe orang yang bisa dilihat dari sikapnya dalam berpendapat, antara lain :

1. Orang Pandai.
Orang pandai ingin selalu benar, selalu bersikap argumentatif, lebih memilih untuk menyerang hal – hal kecil yang tidak disetujuinya, sering menunjukkan informasi yang lebih unggul daripada informasi yang telah ada, ingin selalu benar, dan cenderung merendahkan pendapat orang lain. Uniknya orang pandai ini jarang menawarkan gagasan baru karena gagasan baru memiliki resiko diserang oleh orang lain.

2. Penjaga Nilai.
Tipe orang ini tidak mempedulikan argumentasi ataupun informasi, namun cenderung memberikan suatu pegangan nilai-nilai kemanusiaan yang menurutnya benar.

3. Orang yang berpura-pura Bodoh.
Dengan berpura-pura bodoh maka dia lolos dari banyak hal, bebas dari ketakutan diserang, tidak harus memiliki posisi, cenderung mengajukan pertanyaan yang paling aneh namun tidak memiliki efek apapun terhadap dirinya, menunjukkan sikap ketidakberdayaan sehingga menarik simpati orang lain.

4. Orang yang sangat Rasional.
Tidak pernah terikat dalam suatu posisi karena melihat posisi yang lain dengan pikiran jernih, menerima semua hal tanpa perdebatan, baginya segala sesuatu mungkin saja bisa terjadi, begitu rasionalnya sehingga dia tidak pernah bisa mengambil kesimpulan atau pendapat.

5. Si Tukang Gertak.
Menantang segala hal, semua informasi berpotensi salah, tidak begitu tertarik pada isi pendapat, namun tertarik pada efek yang dia timbulkan pada orang lain.

6. Si Penjilat.
Orang yang paling cepat menyetujui pendapat orang lain yang paling berpengaruh dalam suatu diskusi, pendapatnya berubah-ubah mengikuti orang yang paling berpengaruh, tidak suka menjawab pertanyaan dan sering melemparkan pertanyaan tersebut ke orang lain.

7. Si Inovator.
Dia berprinsip bahwa gagasan baru itu menyenangkan sedangkan perdebatan adalah membosankan, selalu memberikan gagasan baru yang kreatif dan tidak lazim, memiliki cara pandang yang berbeda dan unik, tidak mau repot-repot berdebat.

8. Si Pembosan.
Menganggap semua gagasan atau pendapat sebagai barang lama (Basbang!), sering menunjukkan kebosanan yang dibuat-buat, sedikit sekali menyumbangkan pendapat.

Apakah tipe orang menurut Edward de Bono ini berlaku juga dalam komentar-komentar suatu blog ?

Mari kita amati di priyadi.net yang merupakan sebuah laboratorium alami habitat komentar terbaik di antara blog yang ada di Indonesia. Berbagai jenis sikap komentator dapat kita temukan dalam blog tersebut.

Nah lo, Kamu sering bersikap seperti apa ketika berkomentar dalam suatu blog?

Tags: ,

Mood : Bahagia emoticon

16 Responses :


1. vi3 Says:

kalo vi3 koment kek gini termasuk tipeapa ya? :D



2. kenz Says:

#1 mba vi >> liat no 3 deh…. jiahahaha.. :p
btw kemaren komentarnya kecepatan tuh, wong aku belum selesai nulis udah dikomentari, pantesan juara satu terus kalo komentar.



3. hericz Says:

Ah, ya nggak selalu begitu. Kalau ada tulisan yang cocok ya dia akan menjadi komentator tertentu, tapi kalau tulisannya memang dia setujui ya dia akan setuju saja.

Nggak bisa menggeneralisir seperti itu. Mustinya ini adalah tipe-tipe komentar aja, bukan tipe komentator.

*berusaha jadi komentator pandai, kekekeke*



4. kenz Says:

#hericz
hihihi.. iya saya setuju, memang ini bukan sebuah generalisasi karena perlu dilihat kasus dan situasionalnya. Saya juga tidak bermaksud melakukan generalisasi, hanya mengasosiasikan apa yang dikemukakan oleh Edward de Bono dalam bukunya tsb. ;)

Mungkin judul yang lebih tepatnya bukan 8 tipe *banyak penafsiran kata ini* tapi jadi 8 Sikap Komentator dalam Suatu Blog jika tidak ingin digeneralisasikan ke tipe orang. Dalam ilmu sosial sendiri, tidak ada sesuatu yang pasti jadi tidak ada generalisasi mutlak, yang ada hanyalah kecenderungan.

*dirimu emang orang pintar… makasih.. makasih.. ;)



5. Riky Kurniawan Says:

riplei dulu baca belakangan



6. Kukuh Tw Says:

harusnya ada lagi type ke-9, yaitu yang suka kirim2 spam di blog orang lain..hehe…he..
misalnya kaya’ gini
dapatkan kesempatan menjadi kaya mendadak , hanya dengan modal 0 rupiah dan akses internet….
kunjungi http://www.blablablabal.com



7. Pipit Says:

Kenapa tidak ada sikap yang "positif" dalam group ini? Kadang ada komentar yang passionate, constructive, and in touch with the theme. Harus dimasukkan ke tipe yang mana komentator seperti ini? :)



8. kenz Says:

#Kukuh
Bener.. bisa ditambahkan dalam penggolongan komentator sendiri ;)

#Pipit
Aku juga engga tau e.. di bukunya engga ada yang lainnya tuh. entar aku buat penggolongan komentator sendiri dech.

Menurutku yang diatas itu semua bisa jadi positip dan negatip.
tiap orang bisa saja pernah menjadi salah satu diantaranya, hanya saja seseorang bisa saja terjebak dalam satu dominansi sikap yang akan menunjukkan siapa dirinya.

Dengan kata lain, komentar kita menjadi positip jika situasinya memang tepat. Sesekali kita juga perlu menjadi penjilat, rasional, pembosan dll… tapi kalo setiap komentar kita bersikap rasional melulu, berarti kita adalah memang tipe orang rasional.

Bener perlu ditambahkan lagi untuk kasus komentar dalam blog, yaitu :
9. Spammer 10. Pemerhati

… ada lagi?



9. andry Says:

Gw mungkin tipe Marxist.

Ga seneng diskusi, maunya aksi. Atau setidaknya bikin komen2 provokatif kek gini :D



10. naga Says:

Salam kenal. Saya sering lihat komentar2 di suatu blog yang isinya kosong belaka, mungkin maksudnya hanya sekedar berkunjung dan iseng2 ngisi komentar supaya terlihat partisipasinya. Kadang isinya misalnya: "pertama!" (maksudnya dia itu org. pertama yg ngisi komentar) – untungnya sih blog ku belum pernah menerima pembaca spt. ini…
Kalau kategori2 yg kamu sebutkan di atas, cukup sulit untuk diaplikasikan ke tipe2 komentar blog. Yang jelas ada org. yang serius ngasih pendapatnya, ada yg. asal, yg. rasional ada juga.
kalo aku sendiri, ngasih komentar tergantung temanya, isinya. Seringkali ngga ngasih komentar krn. emang ga ahli dlm. tema itu, jadi diem aja…
So, oke, see u around, nice blog!



11. fahmi jelek Says:

tipe komentator nomer 9: spammer, eh nggak masuk itungan yah? hehehehhh



12. moon Says:

Memberi komen bagi sesuatu posting blog juga perlukan ilmu kan..perlu tahu apa isunya, perlu tahu yang benarnya, perlu juga tahu jika komen itu bakal menyinggung sesiapa. Tapi jelas sekali memang benar, kadang2 dengan membaca komen2 itu kita dapat juga mengagak bagaimana jenis orang yang memberikan komennya :-)



13. Riyogarta Says:

ke-11: komentator yang memberi komen agar bisa ngetop atau numpang ngetop, tapi biasanya isinya juga tong kosong nyaring bunyinya. Atau isinya menipu atau salah tetapi seolah-olah menjadi bener karena gayanya yang meyakinkan. Jadi yang penting ngomong biar kelihatan pinter dsb.

Jadi bisa juga disebut tipe ke-11 ini adalah kebalikan tipe ke-3: Orang yang berpura-pura bodoh. Kalau yang ke-11: Orang yang berpura-pura pinter

Di Indonesia ada kok hehehe :D



14. Ben Says:

ada lagi, ada lagi, yg ke 12) tipe komentator yg berkomentar supaya narik orang masuk blognya, kayak gw… hehe…. tapi bukan berarti w spammer atau apa loh, cuma pendatang baru di dunia blog tapi uda down karena gak pernah ada yang baca n komentarin blog gw karena gw gak tahu cara promosiinnya. bisa diajari gak kenz?



15. escoret Says:

klo yg NO COMMENT masuk kriteria apa?



16. Pido Nesta Says:

saya tipe yang mana ya ???



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.102s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia