pakupaku
Tuesday, 21.02.2006 1:35

Bijak itu Cinta Damai

Posted on Faith.

Aih, sore ini saya kembali tersentil ketika mendengarkan bacaan I di misa harian.

Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.

Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!

Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.

Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.

Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.

Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai. Yakobus 3:13-18

Saya ternyata masih sangat jauh dari bijak. Saya teringat pengalaman dua tahun yang lalu di bulan Maret. Waktu itu saya menjadi ketua pelaksana suatu acara studi tour di kampus. Semuanya berjalan lancar dan menyenangkan sampai terjadi suatu insiden yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Pagi itu, saya terlalu sibuk dengan urusan koordinasi sehingga tidak sempat makan, dan ketika saatnya saya ingin makan.. eh, ternyata ada teman saya yang mengambil jatah makanan dobel sehingga beberapa panitia termasuk saya terpaksa tidak makan. Begitu jengkelnya saya sehingga saya menyimpan kemarahan dan kelaparan di dalam hati.

Dalam suatu kesempatan seorang panitia kurang dapat menempatkan dirinya. Saya pun menegurnya dengan cara saya. Rupanya tindakan yang saya lakukan dengan tanpa kata-kata itu, dipersepsikan sebagai sebuah penghinaan oleh seorang teman lain yang bukan panitia. Lalu dia memprovokasi teman yang saya tegur tersebut, dan akhirnya terjadilah insiden kecil yang hampir merusak keseluruhan acara.

Dalam keadaan lapar, memang sulit bagi saya untuk mengatur emosi dan bertindak bijak. Mungkin itulah kegunaan berpuasa dalam hidup religius, yaitu untuk melatih pengendalian diri. Meski tanpa kata yang terucap, saya telah mementingkan diri saya sendiri. Saya belum dapat menahan diri untuk mengendalikan rasa lapar dan kemarahan yang menyertainya. Insiden itu benar-benar membuat hubungan saya dengan beberapa teman agak renggang sampai sekarang.

Setiap bulan ini akan datang, saya akan mengingatnya sebagai salah satu kebodohan saya. Seandainya saya tetap tenang, dan keluar dari rasa lapar dan marah saya. Tentunya saya akan mendapatkah hikmat untuk menegurnya dengan cara yang lebih ramah, lebih membawa kedamaian dan tentunya akan berakhir dengan dalam suasana yang damai.

Setiap kali bulan Maret akan datang, saya menertawakan ingatan ini karena sampai sekarang tidak seorangpun yang tahu kalau insiden itu bermula dari sekotak nasi ayam yang hilang.. oalaah ;)

Mood : Bercanda emoticon

4 Responses :


1. moon Says:

orang lapar memang mudah marah-marah :-) itu baru saja lapar makanan zahirnya, yang lapar makanan batinnya lagi amat mudah memberontak (giggles)



2. dyna Says:

tipikal kolerik..hehhee



3. dein Says:

baru masalah perut aja to udah emosi na naik
emang bener kata orang yang nama na masalah perut rto orng rela ngelakuin apa aja…tapi gw salaut m loe….
PiSs lOv3………………



4. rina imoet Says:

yah… msalahnya terkadang jiwa muda ni sangat sulit di kontrol dan selalu merasa meanng sendiri…



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.084s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia