pakupaku
Tuesday, 07.03.2006 23:11

Penelitian Blog Versi Nurist Surayya

Posted on Psychoblogology.

Penelitian tentang Blogger Indonesia bertambah lagi. Nurist Surayya, yang sekarang menjadi mahasiswi S2 Universitas Indonesia telah menjadikan blogger sebagai subjek penelitiannya dalam skripsi S-1nya yang berjudul “Eksistensi Weblog Dalam Desentralisasi Informasi

Nurist melakukan penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengkajian data menggunakan analisis hermeneutika.

Pengkajian data dalam penelitian ini menggunakan analisis hermeneutika-hermeneutics, yaitu memahami teks dan menemukan analogi terhadap data-data tekstual secara keseluruhan untuk merumuskan makna fenomena penelitian. Studi hermeneutika dilakukan dengan tiga taraf pemahaman, yaitu: pemahaman langsung terhadap alam material, pemahaman atas kebudayaan, dan pemahaman mengenai manusia lain (Hardiman, 2003:39).


Beberapa hasil penelitiannya menghasilkan beberapa pemahaman yang dijabarkannya dalam tema besar sebagai berikut :

Jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa

Penggunaan weblog telah memberikan perspektif baru dalam kegiatan jurnalisme media massa. Independensinya dari faktor eksternal, kesetaraan aksesnya yang memungkinkan semua orang mendapatkan saluran penyampaian pikiran dan aspirasinya; kebebasan isinya yang bisa digunakan untuk mempublikasikan beragam informasi dengan berbagai motif dan kepentingan personal di baliknya; dan sentuhan personal yang diberikan blogger dalam setiap pemberitaan, membuat weblog menjadi media yang dapat merealisasikan konsep jurnalisme akar rumput (grassroot journalism) dan memfasilitasi terwujudnya desentralisasi informasi.

Weblog merupakan Media Cyber yang Multifungsi

Secara umum, fungsi dan penggunaan weblog-weblog yang ada di Indonesia, dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori, yaitu:
Weblog sebagai sumber informasi
Weblog sebagai representasi produk pemikiran, hasil analisis dan observasi.
Weblog sebagai media ekspresi diri
Weblog sebagai diari online
Weblog sebagai media untuk menjalin relasi

Weblog dalam Desentralisasi Informasi

Desentralisasi dalam konteks weblog terwujud dalam :

1· Konsepsi independensi, yaitu weblog merupakan media yang independen dan otonom, dikelola oleh personal, dan tidak mempunyai ketergantungan pada aspek-aspek eksternal. Oleh karena itu, kebijakan editorial dan proses produksi informasi weblog independen dari kontrol dan intervensi eksternal.

2· Konsepsi kesetaraan, yaitu weblog merupakan media yang bisa digunakan oleh siapa saja. tidak ada limitasi akses terhadap pihak manapun. Setiap orang dengan berbagai keyakinan, ideologi, latar belakang dan kepentingan bisa memanfaatkan weblog untuk mempublikasikan informasi.

3· Secara geografis, lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta dan Bandung ataupun warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri.

4· Berdasarkan profesi, weblog lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang banyak berkecimpung di internet, yaitu biasanya pekerja kantoran, orang-orang yang bekerja di bidang IT, mahasiswa dan pelajar.

5· Konsepsi kebebasan, yaitu informasi yang disampaikan dalam weblog siafatnya sangat weblog. Orang bisa mempublikasikan analisis sosial, pernyataan dukungan-oposisi pada pihak tertentu, mengemukakan pendapat, pandangan atau gagasan dalam bidang apapun dalam weblog. Mulai dari laporan peristiwa, hasil riset akademis, analisis politik, isu-isu sosial, feature keseharian, diari sampai seksualitas bisa dipubikasikan di weblog.

6· Konsepsi variatif, yaitu informasi yang tersedia di weblog sangat variatif. Weblog merupakan ekspresi pemahaman dan pengalaman personal blogger, oleh karena itu diantara kurang lebih delapan juta penguna weblog di dunia, pasti ada sebegitu banyak variasi informasi yang bisa dimanfaatkan.

7· Konsepsi originalitas, yaitu keaslian informasi yang disampaikan dalam weblog. Sifatnya yang personal dan tidak mengalami proses editorial eksternal, membuat originalitas informasi dalam weblog bisa terjaga. Segala pap yang dipublikasikan dalam weblog tidak mengalami deviasi eksternal yang diharapkan untuk membentuk opini atau memberikan keuntungan pada pihak tertentu. Seandainya hal tersebut terjadi, maka hanya sebatas deviasi yang bersifat personal demi keuntungan individual blogger.

8· Konsepsi Interaktifitas, yaitu weblog memungkinkan terjadinya interaktifitas antara sumebr dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung dapat direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. oleh karena itu, suatu topik mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blogger dengan pengunjung-pengunjung weblognya. Selain itu, interaktifitas yang terjalin, dapat memberikan sense of community diantara para blogger.

Skripsi yang tebalnya hampir 600 halaman itu membuat dosen pengujinya geleng-geleng kepala katanya :))
Saat ini Nurist Surayya berniat mengembangkan kajian tentang blog secara lebih fokus lagi karena di S2 UI banyak para ahli dan profesor yang bisa membantunya untuk melihat blog dari sisi akademis.

Postingan lengkap tentang penelitian blog yang dilakukan Nuriest Surayya bisa dilihat di blog yang bersangkutan :

http://nurriest.blogdrive.com/

Salut deh buat Nuriest !

Tags: ,

Mood : Bahagia emoticon

5 Responses :


1. doeljoni Says:

oh yeah….
gw jadi terbakar nih ken



2. dhika Says:

thanks buat linknya…:)



3. blogkita Says:

Hai, blog kamu bagus loh, kamu musti submit blog kamu di komunitas blogkita dech. Sebuah komunitas blog directory. Buruan ke http://www.blogkita.net.tc
Aku sedang ngumpulin blognya putera indonesia yang bagus spt punyamu. Buruan ditunggu loh..



4. blonty Says:

content-nya ok! makasih diberi tambahan referensi gratis (di luar bayar akses internet) :p



5. 71mmm0 Says:

Wuah..ada juga ya skripsi kaya gitu?
Saya mah tahunya cuma “Isolasi dan Identifikasi senyawa bahan alam dst..” :P

Makasih infonya..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.094s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia