pakupaku
Monday, 27.03.2006 10:13

Travel Cirebon – Yogyakarta

Posted on Journey.

Sejak saya mulai bersekolah di Muntilan, saya mulai mengenal transportasi angkutan umum yang dikenal dengan travel. Kenapa disebut dengan travel? Saya sendiri tidak begitu tahu asal muasal penyebutan angkutan yang biasanya menggunakan mobil setara dengan Mitsubishi L-300 berkapasitas 8 penumpang ini. Mungkin karena jasa transportasi ini diadakan oleh sejenis biro perjalanan (travelling) sehingga pada akhirnya orang mengenalnya dengan sebutan travel.

Travel merupakan salah satu sarana transportasi alternatif di kota Cirebon selain kereta api, ataupun bis antar kota. Fasilitas antar jemput penumpang dari rumah asal sampai ke rumah tujuan merupakan keunggulan angkutan ini dibandingkan dengan sarana transportasi lainnya. Sedangkan kenyamanan perjalanan dan mahal tidaknya suatu harga tiket travel merupakan persepsi relatif masing-masing penumpang.

Era tahun 1990an, saya hanya mengenal 2 nama biro travelling di kota Cirebon yaitu travel 4848 (Cirebon – Bandung) dan Rama Sakti (Cirebon – Yogyakarta). Namun awal tahun 2000, mulai terjadi booming biro perjalanan travel di kota Cirebon, muncullah nama-nama seperti Permata Travel, Mitra Transport, Purnama Travel, Grage Travel, dan lain-lainnya. Rute sebagian besar travel tersebut adalah rute Cirebon – Yogyakarta. Kemungkinan hal ini disebabkan dengan banyaknya permintaan penumpang ke kota-kota sepanjang rute tersebut dibandingkan ke kota lainnya.

Saya menggunakan travel pertama kali semenjak mulai bersekolah di Muntilan pada tahun 1995. Travel yang sering saya gunakan adalah Rama Sakti karena hanya travel tersebutlah yang melewati kota Muntilan. Setelah kuliah di Yogyakarta, sayapun mencoba menggunakan jasa travel yang berbeda-beda. Berikut ini adalah kesan saya terhadap travel-travel yang pernah saya gunakan :

Rama Sakti
Travel ini adalah satu-satunya travel yang memiliki rute Cirebon – Yogyakarta via jalur Utara yaitu Brebes, Tegal, Pekalongan, Weleri, Parakan, Temanggung, Magelang dan Muntilan. Oleh karena beragamnya tujuan penumpang travel ini, saya merasa perjalanan terasa lama sekali dan membosankan. Apalagi jika mobil yang digunakan adalah mobil L-300 yang lama, maka jangan harap mendapatkan kenyamanan perjalanan. Keunggulan biro travel ini adalah manajemen biro perjalanan yang teratur sehingga travel memiliki jadwal yang tetap dan jaringan agen yang luas. Jadwal keberangkatannya pun cukup banyak yaitu jam 7 pagi, jam 10 pagi, jam 2 sore, dan jam 4 sore.

Mitra Transport
Travel ini merupakan travel Cirebon – Yogyakarta via jalur Selatan (Bumiayu, Purwokerto, Gombong, Kebumen, Purworejo). Jadwal keberangkatan yang pasti adalah jam 8 pagi dan jam 5 sore. Organisasi dan manajemen biro travel ini cukup teratur meskipun masih kalah dengan Rama Sakti jika dibandingkan dalam hal frekuensi keberangkatan dan luas jaringan agennya. Namun demikian, travel ini memiliki pelanggan yang cukup banyak sehingga jarang sekali terjadi pembatalan keberangkatan karena ketiadaan penumpang. Mobil yang digunakan cukup baik, malah jika beruntung bisa mendapat mobil baru jenis KIA sehingga kenyamanan perjalanan semakin terasa. Fasilitas lainnya adalah snack atau minuman seperti aqua, fruitea dll.

Permata Travel
Kesan saya terhadap pelayanan travel ini adalah cukup baik, sopirnya cukup ramah. Hanya saja terkadang perjalanan menjadi agak mengerikan jika sopir melajukan kendaraan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Jika terjadi demikian, waktu perjalanan menjadi lebih singkat 1-2 jam dari sewajarnya. Misalnya rata-rata waktu tempuh adalah 7 jam perjalanan, maka permata travel bisa menempuhnya dalam waktu 5 atau 6 jam perjalanan saja. Kondisi mobil cukup baik bahkan jika beruntung bisa naik Suzuki APV, sedangkan fasilitas lainnya adalah snack dan minum. Permata travel berangkat jam 8 pagi dan jam 8 malam.

ATAP Travel
Biro travel ini tergolong baru, mulai dikenal pada tahun 2005. Mobil jenis KIA Pigeo yang digunakan biro travel ini sangat nyaman dan lega. Belum lagi banyaknya fasilitas yang diberikan seperti snack, selimut dan bantal. Pelayanan sopirnya juga baik, dan saya tidak begitu kuatir karena laju kendaraan tidak terlalu kencang sehingga saya bisa tidur dengan nyaman. Jam keberangkatannya adalah jam 8 pagi dan jam 8 malam. Sayangnya beberapa kali terakhir ini, ATAP tidak beroperasi lagi dengan alasan yang tidak jelas.

Kenyamanan menggunakan jasa transportasi ini sangat relatif, setiap orang mungkin merasakan hal yang berbeda. Namun demikian ada hal – hal yang mungkin memberi kesan yang tidak baik seperti misalnya :

1. Sopir yang merokok. Terkadang saya sering mendapati sopir travel yang merokok padahal mobil tersebut ber-AC sehingga asap rokok terjebak dalam ruang mobil tersebut. Alasan sopir biasanya adalah agar tidak mengantuk. Saya sendiri mentolerir perilaku sopir tersebut, karena beberapa sopir cukup pandai mengeluarkan asap rokok keluar jendela sehingga tidak mengganggu begitu penumpang.

2. Sopir yang menggertak. Perilaku ini adalah perilaku yang menyebalkan bagi saya. Sering sekali beberapa sopir menggertak para penumpang ketika mengantar penumpang ke rumah tujuannya. Misalnya dengan mengeluh bahwa daerah itu jauh sekali dari kota, atau juga mengatakan bahwa bensin mahal sekarang, dan alasan-alasan lain yang membuat penumpang tidak nyaman karena harus berpikir mengenai besar uang tambahan yang harus dibayarkan. Menurut saya, sopir tidak perlu menakut-nakuti penumpang dengan gertakan namun cukup memberitahukan jumlah uang tambahan yang wajar sesuai dengan lokasi pengantaran.

3. Sopir tidur sejenak di tengah perjalanan. Saya sangat mentolerir jika di tengah perjalanan sopir meminta ijin untuk berhenti dan tidur sejenak. Meskipun perjalanan akan memakan waktu yang lebih lama, namun keselamatan penumpang lebih terjamin.

Travel merupakan sarana transportasi alternatif yang patut diperhitungkan bagi para penumpang yang menginginkan fasilitas antar jemput. Kondisi mobil yang baik, pemberian fasilitas yang lengkap seperti snack, selimut, bantal, AC dan disertai pelayanan yang ramah akan semakin membuat keberadaan angkutan ini menjadi solusi terbaik dalam memperoleh kenyamanan suatu perjalanan. Sayangnya kenyamanan perjalanan darat di negeri ini memang sulit didapatkan dengan biaya yang murah, apalagi dengan kondisi jalanan antar kota yang selalu berlubang ;)

Tags: , ,

Mood : Senang emoticon

36 Responses :


1. dyna Says:

Hore…welcome back…
dunia percyberan ini sepi tanpa info2, ulasan dan tentu saja keusilanmu..hehehe…



2. Hedi Says:

coba sekali-kali gantiin supirnya, mas :D



3. kenz Says:

#mba dyn
sepi pa? aku malah yang kesepian di crb. cari akses internet susah juga.

#hedi
duh.. aku mah ga bakat sopirin mobil, kalo naek motor pasti aku gantiin deh..



4. yoan Says:

wakakaaka….kklo kenz ganttin sopirnya lucu juga kali yach *ngantri paling depan deh buat duduknya* wakakakkaa ;p

pa kbr bro? skripsi dah ada kemajuan belum?



5. moon Says:

salam kembali kenz..infonya masih bagus!
di sana ada LRT (Light Rail Transit) system?
jarang sekali saya menaiki kenderaan awam di sini kecuali LRT. Bas dan teksi memang jarang sekali.



6. kenz Says:

#Moon
transportasi bagus di Indonesia adalah sebuah impian, yang entah kapan bisa terwujud karena negara ini. LRT dan MTR, atau apalah namanya memang sangat diperlukan disini. Tapi kalau mentalitas belum siap, hanya jadi sasaran pengrusakan orang-orang tak beradab.
Hehe.. doakan saja Moon, agar negara saya punya alat transportasi yang bagus dan nyaman.

#joan
halaah… duduk belakang aja deh, aku ga konsen kalo ada ce di sebelahku… wakaka… ;)



7. thuns Says:

makanya ajuin cirebon bikin bandara dung! biar sekarang ga jalur darat tok! padahal kota rame.
hehehe… (*kemaren abis dari jambi), masak jambi yang kotanya sepiiii banget ajah punya bandara :(



8. retno Says:

kenz, tulisannya bagus lhooo. nulis dong buat bz plesir ;)



9. kenz Says:

#thuns
eh jangan salah.. hahaha.. cirebon sudah punya bandara udara sejak aku lahir. Dulu sih setiap pagi ada penerbangan dari Jakarta – Cirebon dengan menggunakan Deraya Air Transport. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Waktu SD aku paling sering ‘ngeker’ pesawat yang mendarat dari atas genteng, karena rumahku merupakan jalur pendaratan pesawat. Duh, senengnya waktu itu ;)

#mba retno
ma kasih. bagus karena diketik di komputer kali ya? hahaha.. kapan-kapan deh nulis buat bz nya.



10. torro Says:

wah tulisannya pas banget nich, jadi pengen ngrepotin. tadi aku searching travel di cirebon, tapi malah nyasar ke sini
sekalian aja mo minta tolong :-)
mas bisa minta nomor telp travel2 di cirebon? searching ga dapet dapet padahal tiap lebaran pulang musti ke cirebon terus ke borobudur, biasa naik bus tapi pusing oper oper melulu,
makasih ya infonya kalo ada.



11. kenz Says:

MITRA TRANSPORT
0231 204465 (Cirebon) 0274 514702 (Yogyakarta)

RAMASAKTI
0231 204343, 207280, 248248 (Cirebon)
0274 514794, 513315/16 (Yogyakarta)

PERMATA
0274 486787 (Yogyakarta)



12. xxx Says:

ada beberapa sopir travel permata yg kurang ajar, menetukan tarif tambahan seenaknya, masa cuma nganterin 3 km minta tambahan 25rb. padahal tiketnya cuma 55rb, sekali-kali supir yg seperti ini mesti di keroyok masa biar tahu rasa karena cara mintanya pun seperti preman yg mau malak.



13. Jenong Says:

Pusing neh,…nyari tlp travel yang dari Tangerang ke kuningan gak nemu2,…ada yang punya info gak ya? Please help me..!!



14. bowo Says:

minta tolong no telp travel jakarta -muntilan tel yg di jakarta

thx



15. Ia"s Says:

Saya baru pertama kali naik travel…karna didaerah saya baru terdapat travel tujuan Banten – Yogyakarta…Supirnya sangat ramah dan sangat cepat….walaupun travel ini baru terbentuk, tapi saya rasa travel yang baru berdiri di Banten pasti maju & tidak ada saingannya…
Travel itu bernama CITRA USADA TRAVEL…Saya senang sekali didaerah saya baru terdapat angkutan yang nyaman, cepat, singkat, mewah, ga repot lagi….
Saya doakan semoga CITRA USADA TRAVEL sukses ya…..
trims…



16. denai Says:

saya belum pernah naik travel ke yogyakarta tuuuch !



17. meli Says:

boleh minta saran, dalam watu dekat saya akan melakukan perjalanan dari bali (daerah saya) menuju cirebon. sebaiknya saya menggunakan jalur mana yah??? kalo bisa yang lebih cepat.. mengingat saya orang yang cukup bosan di dalam mbl, adakah transportasi lain?? misal pesawat direct ke cirebon..

thnks



18. Delouisa Says:

Duuuh….. Pusing!!!!
Enak naik travel yg ada jurusannya…
Nah, diriku???? Ada gak ya, Travel jurusan Jatiwangi-Yogyakarta????
Bagi yg tau, please help me!!!!



19. Ace Says:

Eh..,minta tulung…Ada yang tau mobil travel dari Tangerang ke Gresik ga..?
Bos Kenz..,tolong yah..Aku perlu cepet2 nih infonya..
thks



20. Mila Says:

Wuihh, pokoknya kapok aku naik travel permata!!!!
Tau gak,,,karena keselnya ma sopir aku turun ja di jalan walaupun belum nyampe rumah!!!!
Sopirnya gak sopan, muka di tekuk, gak sabaran!!! Uda gitu minta tambahan bayaran lagi!!!!
Saran aja, untuk sopir2nya butuh anger management kali yeeee…..
Penumpang tu bayar bukan NGUTANG!!!!!



21. sky02 Says:

thanks bgt ya info nya…quw udh lama bgt butuh no tlp travel agent yg ada di crb..setelah buka forum ini quw dapet dehh, biasanya quw pke bus ke purwokerto tp ngerinya klo di terminal cirebon byk preman yg masang tarif 2 x lipat maksa lagi..waduuh gw jadi kapook!!!! walaupun gw orang cirebon.gw tetep nilai terminal cirebon mengerikan!!! asal lewat aja langsung di panggil ma preman and dipaksa beli tiket 2 x lipat!! harganya..ha..ha..ha…, waktu gw kul; di jogja terminal disana ga parah ky di cirebon..adem ayem aja..he..he.., sekarang gw lebih pilih travel aja dech..dengan alasan keamanan…thanks bro info nya…



22. Yayat Hidayat Says:

Mohon bantuan informasinya kalo travel ai solo yang lewat ke cianjur ada ga ya?
Mohon infonya dari rekan2 semua. Thanks



23. Rhino Says:

Terima kasih infonya. Saya lagi brwsing untuk cari travel Cirebon ke Yogyakarta. Kebetulan 2 hari lagi saya mau ke Cirebon dan rencananya melanjutkan ke Yogyakarta. Saya akan coba kontak salah satu jasa travel yang dideskripsikan di atas, mungkin yang lewat jalur selatan.



24. andre Says:

Tolong minta nomer telpon RAMA TRAVEL yang bisa dihubungi yah Trimakasih



25. nana Says:

Mas, kalo dari kuningan mo ke magelang enaknya naik apa ya?Apa harus ke Cirebon dulu?Saya ada perlu di Kuningan pagi-siang, rencana mo langsung ke magelang.Helep ya…



26. Kenz Says:

@nana
ada travel kuningan – jogjakarta, saya lupa namanya (rahayu atau jatayu atau apa).
jadi nanti bisa turun di magelang kalau lewat jalur utara.



27. rei Says:

waduh telat nemu blog ini
jadi baru mau nanya2 ne
saya tinggal di yogya
belum pernah ke cirebon langsung dari yogya
sekarang baru jadian ama cewe kota udang itu
jadi kayanya bakalan bolak-balik yogya-cirebon demi sang pujaan hati
enaknya naik apaan ya, bro ?
cuma punya waktu jumat malem-minggu sore
kalo ada info no telepon travel yang update, boleh lah
thanks



28. Kenz Says:

Update :
BAMA PATRA : 0274-580018
Travel ini pelayanannya bagus, ramah, dan jelas biaya antar jemputnya.



29. Sitna Says:

Halo….

Boleh ikutan gak..? ada yang tau ga agent travel dari jakarta ke tegal door to door…?

Please bantu yach thx

sitna-jakarta



30. jojon Says:

Travel 4848 Cirebon pelayanannya sama sekali ga memuaskan, beberapa kali saya datang ke agen 4848 setiap nanya selalu jawabannya kaya orang sungkan. Syukur deh sekarang banyak travel2 lain di Cirebon yang nyaingin travel 4848, mereka ramah2 lagi jadi buat temen2 yang mau pesiar ke luar kota mending pilih travel yang nyaman dan ramah, serta memuaskan.



31. kusuma Says:

tolong saya dikirimkan alamat plus price list agent travel mobil untuk jurusan Jakarta-Tegal.
Terima kasih buanyak…
my email; oema_gtg@yahoo.com



32. spoorindo-tours Says:

Hi guys,,kalian2 smua bisa coba travel q,,smua jurusan!!
Aq punya paket jalan2 di jogja juga,,apalagi klo mau ke Bromo&KawahIjen,,seru Boss..



33. nay Says:

hufff….thanks bgdz.lg bingung2nya mikir gmna cara plg lpwt tanpa hrs naek bus or train, gk sgja nemu ini. semoga bisa kepake tar sore niy…moga ja ramasakti jd hero ku lg…….
big thanks yak…



34. kristin Says:

HARMONI TRAVEL : JOG KE PKL,PML,TEGAL :TELP 0274 9211190,7166353.



35. dewi Says:

AKU,naik harmoni,nyaman, mobil nya bagus, dan ada voucer makannya.supirnya ramah2



36. mila Says:

cirebon-pati ada gk???



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12841 days
Emotional
-62.3%
Bioritme Status
Physical
94.2%
Bioritme Status
Intellectual
69%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.119s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia