pakupaku
Tuesday, 11.04.2006 12:03

Asuransi Kematian : KTP

Posted on Bureaucracy.

Dua minggu terakhir ini saya menemani Ibu saya mengurus berbagai admnistrasi pasca kepergian bapak saya. Salah satu diantaranya adalah asuransi kematian.

Saya baru tahu bahwa pemerintah Indonesia memberikan asuransi kematian kepada penduduknya yang meninggal dunia. Asuransi kematian itu berasal dari biaya asuransi ketika kita membuat KTP (Kartu Tanda Penduduk). Program asuransi ini dinamakan Program “Peduli Warga Koe”. Besar uang asuransi tersebut memang tidak banyak yaitu sebesar Rp. 500.000,- /orang. Setidaknya biaya tersebut cukup membantu untuk menutupi biaya pemakaman.

Persyaratan administrasi pengambilan asuransi-nya juga cukup mudah yaitu dengan menyerahkan beberapa dokumen administrasi dan menyerahkannya ke bank/kantor yang telah ditetapkan.

Dokumen yang diperlukan yaitu :
- Fotokopi Surat Kematian dari Kecamatan yang dilegalisir kelurahan.
- KTP Asli Almarhum dan fotokopinya yang dilegalisir kelurahan.
- Surat Keterangan Kematian dari Dokter
- Kartu Keluarga C-1
- Fotokopi KTP Ahli Waris

Sebelumnya ahli waris harus mengisi formulir yang disediakan di bank/kantor tertunjuk. Dalam hal ini saya dan Ibu saya mengurusnya di Bank Bumi Putera. Sayangnya uang asuransi tidak diserahkan pada hari itu juga, namun saya harus menunggu selama 2-3 minggu untuk mengambilnya.

Dalam klausul polis asuransi dijelaskan, asuransi tidak diberikan kepada warga yang meninggal akibat penggunaan narkotik, minuman keras, bunuh diri, pelaku tawuran ataupun adu tanding seperti balap motor ataupun melakukan pertandingan tinju. Jadi siapa saja yang memiliki KTP, dan meninggal dengan ‘hormat’ memiliki hak untuk mendapatkan asuransi ini.

Saya tidak tahu, apakah asuransi ini hanya berlaku di kota saya saja ataukah berlaku sama di seluruh kota Indonesia. Bagaimana dengan KTP Gratis, apakah mendapat hak yang sama? Lepas dari semua itu, program ini sangat baik dan perlu disosialisasikan lagi sehingga bisa mendorong masyarakat untuk memiliki KTP asli.

Tags: , ,

Mood : Senang emoticon

One Response :


1. Wiwit Says:

Semogasetiap keluara Indonesia bisa memiliki Asuransi, sehingga ketika ada resiko terjadi, salah satunya keatian, kluarganya tidak tambah susah , karena kehilangan sang pencari nafkah.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12780 days
Emotional
43.4%
Bioritme Status
Physical
-81.7%
Bioritme Status
Intellectual
99%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

23q. 0.079s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia