pakupaku
Friday, 14.04.2006 15:56

Paskah, Sebuah Kemenangan dari Jalan Salib Kehidupan

Posted on Faith.

Seorang penulis dalam harian kompas menuliskan sebuah pemaknaan Paskah yang cukup menarik dalam tulisannya : Paskah, Tribute Solidaritas.

Ketika Natal, Tuhan lahir dalam kemiskinan menyapa setiap bentuk kemiskinan hidup manusia. Dalam Paskah, kematian Tuhan menunjukkan solidaritas yang sehabis-habisnya kepada setiap bentuk kehinaan, duka, derita, dan kecemasan manusia.

Kemiskinan adalah sebuah fenomena nyata dalam kehidupan manusia dari jaman lampau sampai saat ini baik miskin material, miskin rohani, ataupun miskin cinta. Begitu halnya dengan penderitaan yang akan selalu dialami oleh setiap manusia.

Saya pribadi sangat bersyukur memiliki Tuhan yang benar-benar dekat dengan kehidupan realitas manusia. Tuhan yang begitu aneh, Tuhan yang tak mau megahkan diri ataupun mencari keagungan semu di dunia nyata. Tuhan yang hidup dalam kemiskinan jasmani. Tuhan yang begitu solider, yang dekat untuk bersama-sama berjalan dalam penderitaan. Tuhan yang murah hati untuk memberikan pertolonganNYA, ketika saya jatuh.

Dalam dunia dimana gigi harus dibalas gigi, dimana kekerasan harus dibalas dengan kekerasan meskipun dengan embel-embel atas nama Tuhan dan kesucian. Dalam dunia dimana kekayaan, kekuasaan dan kenikmatan menjadi sesuatu yang diperjuangkan setiap orang.

Namun Tuhan yang ini justru sebaliknya, membiarkan dirinya dalam kehinaan, dalam kekalahan, dalam kesakitan, dalam kenistaan yang paling nista hingga disalib. Tuhan yang juga mengajarkan agar pengikutnya mengasihi musuh-musuhnya, Tuhan yang tidak ingin dibela, Tuhan yang tidak merasa perlu dipuja sebagai raja di dunia.

Tuhan yang berkata kepada orang-orang yang menyalibkannya : “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

Suatu ajaran kasih yang tak sesuai dengan rasionalitas manusia pada umumnya.

Dari situlah saya benar-benar bersyukur untuk menjadi seorang pengikutnya. Pengikut pemanggul salib kehidupan, yang mungkin tak pernah bisa meneladaniNYA secara utuh. Sesuatu yang sangat teramat sulit untuk seorang seperti saya untuk belajar berbagi dan mengasihi dalam suatu penderitaan.

Memang lebih mudah menyalibkan Kristus dengan tindakan – tindakan saya dengan merasa diri paling benar, menuduh orang lain kafir, mudah terbakar emosi oleh karena kata-kata hinaan, pembelaan diri, mencari kenikmatan sesaat diatas penderitaan orang lain, acuh dengan situasi, dan tindakan-tindakan lainnya yang tidak sesuai dengan kehendakNYA.

Hmmm… Hanya sebuah mujizat Allah jika sampai sekarang saya masih bertahan berjalan dalam iman kepadaNYA. Hanya karena solidaritasNYA saya masih bisa memanggul salib sampai sekarang. Hanya karena pertolonganNYA, saya masih bisa bangun dalam setiap kejatuhan saya.
Hanya dalam pengharapan yang diajarkanNYA, saya percaya bahwa pada akhirnya saya bisa memperoleh PASKAH yang membahagiakan bersamaNYA. Sebuah kemenangan akan jalan salib kehidupan.

Tags: ,

Mood : Bahagia emoticon

27 Responses :


1. sa Says:

mudah-mudahan, kita yang mempunyai kata-kata.. “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” … juga tidak merasa yang paling benar ya. :)
hidup adalah perjuangan.

Selamat Paskah.



2. dyna Says:

SELAMAT PASKAH !!!!!!!!!!



3. chietra Says:

Ketika makna paskah dapat nyata dalam kehidupan orang percaya, saat kita dapat serupa dengan Yesus. Mengasihi sesama dengan hati yang tulus tanpa melihat siapa dan darimana sesama kita. Jbu!



4. well de sign Says:

SALIB dan derita manusia adalah absurditas peradaban. Realitas kematian dramatis Kristus yang menggelantung di salib melukiskan betapa dahsyat kengerian derita manusia. Dan, itu nyata.

SELAMAT PASKAH



5. si dHika Says:

u know, semua indah pada waktunya. dan hanya dengan pemaknaan dan keberserahan maka indah akan datang. pada masanya.

^_^

mary easter mas.

btw, thanks artikel carl rogers nya



6. toby Says:

i just found your blog, cool for the article.
selamat paskah……..



7. hendra Says:

mas, artikelnya bagus saya pinjam tk website saya ya
gb
met paskah



8. kenz Says:

Selamat Paskah Semuanya.. JBU

@Pak Hendra
oke, smoga bisa membawa berkat.



9. obed N. Says:

Selamat merayakan hari raya PAskah tahun tahun 2008
kiranya Keselamatan yang Tuhan berikan bagi kita dapat memaknai kehidupan ini
A m i n



10. Dian Says:

Lahirka cinta bakti kita pada Kristus Yesus sebagai Raja. karena kebencian manusia, Ia telah menderita , agar manusia hidup karena cinta kasihnya. Met Paskah. Tuhan Berkati



11. Mutie Says:

MET PASKAH..!!! JESUS BLESS US



12. Ajik wonosari Says:

Selamat PAskah!!!!

Jesus bless us…….

Terus berjuang untuk mencapai kepenuhan Kristus di dalam hidup

kita,amin…

Biarlah Allah yang akan memberikan hati bagi kita untuk mengampuni

orang lain,amin….



13. Nicolas Says:

…………………………………………………………………………. …………………

semoga kita dapat mengikuti jejak-jejak ‘YESUS’ dalam hidup kita.

MAT PASKAH……………………..

…………………………………………………………………………. …………………



14. Yunus Laukapitang Says:

Paskah adalah peristiwa pembebasan dan pendamaian secara utuh dengan Allah, sesama manusia, lingkungan dan diri manusia itu sendiri. Paskah mempunyai makna yang begitu kompleks dalam kehidupan manusia. Seorang yang merayakan paskah merupakan kesempatan untuk ia dapat merefleksikan :
1. Dengan Allah adakah ia sekarang menjadi sahabat dengan Yesus atau ia tampil sebagai Yudas yang mengkianatinya hari lepas hari melalui sikap hidup sehari-hari. Sudahkah ia memiliki damai dengan Allah dengan menjadikan Yesus sebagai Tuhan atas kehidupannya
2. Sesama. Adakah paskah membawa kehidupan ini lebih solider dengan orang lain. rela melepaskan hak dan menjadi seperti Yesus yang memberi hidup-Nya yang seutuh bagi kepentingan manusia. Ini akan memberi dampak berkurangnya orang miskin di Indonesia. atau paskah menjadi suatu tradisi yang memperkaya keinginan pribadi tanpa melepaskan hak pribadi

3. Lingkungan. Paskah memberi makna perdamaian dengan alam dimana kehidupan itu ada. Manusia disadari untuk menghargai alam untuk menjadikannya sungguh amat baik sesuai dengan penilaian Allah papda awal penciptaan dunia.
4. Diri. Paskah membawa kita untuk menghargai diri ini sebagai bait Allah yang telah ditebus dengan harga yang lunas yakni dengan darah Yesus. Jangan memberi diri untuk terlibat dalam praktek-praktek yang tidak benar seks bebas, narkoba, minuman keras yang mencemarkan tubuh ini. Selamat memaknai Paskah.



15. vera Says:

Karena kasihnyalah Dia rela menebus dosa qt….Tuhan Yesus tetap jadi Sumber Kekuatan dan Pengharapan qt sampai Dia datang ke Dunia untuk ke dua kalinya…"Selamat Paskah"



16. yonatan kurnia Says:

selamat paskah. damai di hati kita semua



17. jlo Says:

Selamat paskah buat teman teman ppgt bi bontang salam damai selalu buat kita.



18. yulius kolo Says:

Tuhan, berilah kami dapat menemukan iman kami yang sejati. jadikan kami mau menderita sehingga kami mampu memasukai kedalaman diri kami untuk dapat bertemu dengan Dikau. berilah kami dapat mendalami setiap kisah sengsara-Mu dan dapat kami hidupi dalam keseharian hidup kami. berilah kami tidak kerdil, picik dan mudah terjebak oleh gejala dunia yang semakin humanis dan jauh dari nilai Ilahi-Mu. Ampunilah kami, dan semua orang yang semakin menyakiti kami. ampunilah kami juga yang selama ini menyalibkan Dikau lewat cara hidup kami yang tidak tahu bersyukur dan jauh dari kehendak-Mu. Tuhan berilah kami juga dapat mati dari kelemahan-kelemahan kami dan dapat bengkit menjadi manusia baru yang kuat dalam iman, hidup seturut kehendak-Mu dan dapat menjadi saksi-saksi-Mu. berilah kami tidak menjadi Pilatus untuk menghakimi sesama kami yang lain, tidak menjadi Yudas untuk berkhianat dan serdadu2 yang hanya bisa menyiksa orang lain. Tuhan berkatilah kami. Amin



19. ester Says:

Tanda paku di kaki & tangan, tanda tombak menusuk di pinggang, dan duri di atas kepalanya dan Dia telah rela mati di kayu salib untuk menebus dosa – dosa kita umatnya. Itu semua sudah TUHAN terima demi menyelamatkan kita semua. Met paskah Tuhan memberkati. GBU… by ester



20. dAnNy Says:

April 2009,…
ketika pemilu dan paskah jalan berdampingan,..
ketika orang-orang sibuk meninggikan/mengidolakan seseorang demi kepentingan masing-masing,..
Kristus telah mengorbankan nyawaNya 2000 tahun yang lalu,..
Bukan untuk Dia dan Bapanya,..
Bukan Demi kepentingan Golongan,..
Bukan untuk mendapatkan Nama,..
tapi untuk kita,..
seluruh manusia yang berdosa,..

met paskah,…



21. Stephanie Silaen Says:

HAPPY EASTER ALL……..

JESUS LOVE ME ‘N YOU



22. Alson Cahyadi Says:

maaf,
saya ingin menyampaikan pendapat
bukankah paskah kebangkitan Kristus?
bukan kematiannya?



23. Danny M'sia Says:

23 tahun setelah lahir baru, paskah mengingatkan saya, bahawa saya sedang berjalan memikul salib dalam banyak situasi, namun ketika jatuh saya disedarkan bukan saya yang sakit, tetapi Yesus yang memikul salib ku.. thanks for the artikel. BGU



24. pargodungan.org Says:

Allah telah turut menderita. Turutlah menderita untukNYA.



25. marla Says:

sungguh luar biasa pengorbanan Tuhan Yesus buat kita..Namun balasan kita adalah perbuatan dan tindakan yang selalu menyakiti hatiNya. Tuhan Yesus ampuni saya dan bimbinlah saya selalu dengan Roh Kudus agar hidup saya senantiasa berkenan kehadapanMu dan selalu menjadi berkat bagi orang lain. Tulisan ini juga sangat menginspirasi saya untuk menjadi yang lebih baik sebagai anak anak Tuhan Yesus. GBU all.



26. dania Says:

Paskah adalah kemenangan yg dikerjakan dan diberikan oleh Yesus bagi mereka yg ingin kembali ke jalan salib…
SELAMAT PASKAH..



27. joseph wise poriman Says:

Paskah adalah tentang kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Paskah adalah tentang perayaan sebuah kemenangan; kemenangan Yesus atas maut dan dosa. Paskah adalah tentang proklamasi bahwa di dalam Yesus Kristus kita telah dimerdekakan dari dosa.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.105s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia