pakupaku
Thursday, 01.06.2006 22:01

45 Butir Pengamalan Pancasila

Posted on Social Life.

Hari ini adalah Hari Lahir Pancasila, dan saya yakin sebagian dari kita tidak bisa menyebutkan dengan benar kelima sila dari Pancasila. Apalagi disuruh menyebutkan 45 butir pengamalan Pancasila seperti yang tertuang dalam P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) pada Tap MPR No. II/MPR/1978.

Seandainya saja Bangsa Indonesia benar-benar meresapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, tentunya degradasi moral dan kebiadaban masyarakat kita dapat diminimalisir. Kenyataannya sekarang yaitu setelah era reformasi, para reformator alergi dengan semua produk yang berbau orde baru termasuk P4 sehingga terkesan meninggalkannya begitu saja. Belum lagi saat ini jati diri Indonesia mulai goyah ketika sekelompok pihak mulai mementingkan dirinya sendiri untuk kembali menjadikan negara ini sebagai negara berideologi agama tertentu.


Semoga saja 45 Butir Pengamalan Pancasila ini dapat mengingatkan kita akan nilai – nilai kebaikan yang patut kita amalkan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
(1) Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(2) Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
(3) Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(4) Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang
menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
(6) Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
(7) Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
(1) Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
(2) Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
(3) Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
(4) Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
(5) Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
(6) Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
(7) Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
(8) Berani membela kebenaran dan keadilan.
(9) Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
(10) Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

3. Persatuan Indonesia
(1) Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
(2) Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
(3) Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
(4) Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
(5) Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
(6) Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
(7) Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
(1) Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
(2) Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
(3) Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
(4) Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
(5) Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
(6) Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
(7) Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
(8) Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
(9) Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
(10) Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
(1) Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
(2) Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
(3) Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
(4) Menghormati hak orang lain.
(5) Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
(6) Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
(7) Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
(8) Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
(9) Suka bekerja keras.
(10) Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
(11) Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Bagaimana membuat nilai-nilai ini bisa kembali menjadi pedoman dan pengamalan dalam keseharian kehidupan kita? Saya rasa perlu suatu pemerintahan otoriter di Indonesia untuk memprogram ulang otak bangsa kita dengan suatu dokrin nilai – nilai sosial dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat di negara Indonesia yang nyata – nyata sangat plural ini. Pemerintahan otoriter sangat diperlukan ketika berhadapan dengan masyarakat yang tak bermoral, tak terkendali, tak mau diatur, dan merasa dirinya adalah kebenaran itu sendiri tanpa sadar bahwa mereka hidup bersama dengan orang lain. Semoga saja bangsa Indonesia tidak separah itu ;))

Tags: , , ,

Mood :

131 Responses :


1. hericz Says:

Hayo, diapalin! kalau apal nanti bisa maju pas upacara bendera hari senin lho :D

Duh, dulu gak apal-apal.



2. Pitra Says:

weits… jaman SD dulu gw pembaca Pancasila loo…



3. Ade Says:

Bahwa kita manusia Indonesia harus dan wajib membenahi mentalitas manusia Indonesia yang telah melupakan PANCASILA dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari



4. duly Says:

setuju,hidup pancasila!!!



5. noval Says:

Jiwa pancasila adalah jiwanya bangasa indonesia!!!!!!!
jika benar jiwa kita pancasila, kita harus bisa memegang teguh prinsip pancasila karena yang memegang teguh prinsip pancasila adalah manusia sejati.



6. Afar Says:

Bener banget! Pancasila emang jiwa bangsa Indonesia sejati! Artikel ini emang oks bgt bwat numbuhin jiwa nasionalisme kita! (selain itu jg berguna bwat tgs PKn gw… ^^)



7. Black_Astray Says:

wah…. memang bagus idenya….
tapi bener nih mo ngamalin pancasila apa cuma ikut bikin rame aja…. atau bawa nama pancasila cuma untuk demo aja biar keren..
kalo mo ngamalin pancasila coba dari diri sendiri dulu baru keluar… oke



8. novalya Says:

kaya’nya pancasila sekarang cuma dibacain di upacara pas sekolah aja deh. Gak ada lagi yang mikir berdasarkan pancasila sekarang. boro2 skarang, dulu aja kaga!
PKI noh! oposite-nya pancasila kan?

lagian pemerintah kita skarng ga ada yg bertindak sesuai sm pancasila. tul kan?!!!!!!!!



9. Ndri Says:

Hem…
Pancasila sebagai pandangan-dunia (World-view) alias ideologi bangsa Indonesia harus diresapi oleh seluruh elemen bangsa. Namun ideologi hanya bisa kuat bila berlandaskan basis epistemologis yang kukuh juga. Kalau orang Indonesia masih berpikir relativis, akhirnya percuma juga ngapalin semua butir itu… Lha wong penafsirannya tergantung pada masing-masing kita (bahasa kerennya: dikembalikan kepada masing-masing individu).
Kita musti menguatkan Ideologi Pancasila dengan membiasakan berpikir benar dan mengakar / filosofis… Tapi bukan jadi filsuf gadungan yang nggak mengubah apapun…
Hidup Pancasila…!! Jayalah Indonesia Kita!!



10. healmypain Says:

terima kasih banyak!!
berkat dirimu tertolonglah tugas kewarganegaraanku!
gak nyangka nyari2 di gugel berakhirnya di blog juga XD
salam kenal!!



11. blacklisd Says:

iya, sama …. tugas kwn-ku (kewarganegaraan-red) baru kelar sekarang
trims ya, moga PANCASILA selalu hidup di hati masyarakat Indonesia dimana saja
bravo Indonesia >,



12. Inung Says:

Eh dulu aku n temen2 sekolah waktu SMP sering lo damarahin pak guru gara2 disuruh ngapalin isi Undang2 Dasar Pancasila n isi butir2nya Waduh………….,
abisnya banyak banget sih, jd susah buat ngapalin.
Ya karna ga hafal, kena marah deh.
Tapi q yakin koq sebenarnga orang2 Indonesia itu Cintaaaa Banget ma bansa kita Idonesia.
Majulah terus Indonesiaku,,,,,,,!!!!! Semangat.



13. R.asep Says:

PANCASILA bukanlah idiologi NEGARA akan tetapi sebagai Sifatnya Bangsa Indonesia yg memaknakan suatu komitmen untuk Mengangkat Harkat & Martabat Hidup Orang Indonesia Asli(OIA) yg diamanatkan oleh SUMPAH PEMUDA,sehingga PANCASILA akan menjadi FALSAFAH BANGSA yaitu sikap keberpihakan Bangsa Indonesia terhadap 1.Keberpihakan terhadap Tuhan yg Esa(satu)Al-Ikhlas. 2.Keberpihakan terhadap manusia2 yg adil & beradab(orang2 yg mempercayai bahwa sejarah Bangsa Indonesia benar). 3.Keberpihakan agar terjaganya keutuhan NKRI(Bangsa Indonesia). 4.Keberpihakan kepada rakyat yg tertindas, terbodohi, teraniaya.yg akan dipimpin oleh orang2 ygakan selalu menambah ilmu pengetahuannya(berhikmat) didalam lembaga bangsa (MPR/bermusyawarah) & lembaga negara (Eksekutif, Legislatif, Yudikatif/perwakilan). 5.keberpihakan agar tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.



14. leo Says:

memang benar pancasila adalah ideologhy bangsa, tapi sekarang perpecahan, kerusuhan, sistem yang buruk, birokrasi yang tidak jelas, selalu melingkupi indonesia. dan apakah dengan kondisi indonesia seperti ini ideologhy pancasila masih tepat untuk diterapkan untuk bangsa ini, karena ideologhy seharusnya bisa mngakomodir segala perbedaan apapun yang ada…….sekian
tolong ditanggapi kembali,



15. kenz Says:

@leo
Menurut saya ideologi Pancasila sudah mengakomodir segala perbedaan yang ada di Indonesia. Hanya sayangnya masih ada sekelompok orang yang memperjuangkan ideologi berdasarkan agama tertentu di negara ini, dan mereka MENOLAK KERAGAMAN bangsa.

Mengapa bangsa kita tak bermoral? Saya curiga bahwa ideologi Pancasila belum sepenuh hati diterima dan dilaksanakan oleh bangsa Indonesia. Apalagi ketika memasuki jaman reformasi, popularitas Pancasila mulai pudar karena dianggap sebagai produk orde baru yang harus disingkirkan.

Saat ini bangsa Indonesia tidak memiliki ideologi ! Bangsa Indonesia sedang bingung. Ingin ikut agama atau menjadi nasionalis? Jadi jangan heran jika kondisi masyarakat Indonesia semakin lama semakin buruk, karena tidak ada pedoman pasti yang dijadikan pegangan dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.



16. Reni Says:

pancasila….!!!!
Pancasila sebagai ideologi terbuka!!!!!!!!
Pancasila sebagai paradigma pembangunan!!!!!1
Pancasila sebagai sumber nilai !!!!!!!!!
mana penerapannya???????????



17. RuNd Says:

thx…berkat butir2 itu selesai jga tugaskhu…hhe3x
maksih sebelumnya…

RuNd



18. Hani Says:

Sama!!

Mdh2an nilai pkn gw bgs krn ini y

Thx a lot!



19. din-din Says:

yupz….yupz setuju bgt sila"dalam pancasila tu memuat banyak nilai" geto deh

jaya indonesiaku

cinta tuk indonesia muach….muach
sbenernya aku lagi cari"tugas pkn geto buat presentasi ttg pancasila jg.smoga kelompokku sukses….
en dapet nilai yg perfect



20. ale_td Says:

bener tu..Pancasila emang dasar fiolosofi negara ini jd ya…emang penting banget diamalin tp bknkah lbh baik jika semua butir2 itu disederhanakan dalam arti bukan untuk mengurangi/meminimalisasikan arti/nila2 yg terkandung dlm Pancasila lho tp supaya membuat para bangsa Indonesia lebih mudah untuk mengingat,mengerti dan merefleksikan dalam tindakannya sehari2 yang saat ini makin jauh dari nilai2 Pancasila itu sendiri..
JAYALAH INDONESIAKU…Perbedaan adalah kekayaan Indonesia-KU!!! Jangan Perbedaan (SARA) yg ada membuat negara tercintaku ini HANCUR…SElamatkan Bangsa Kita Ini….Please…..
‘Keturunan" boleh orangnya…tapi Indonesia JIWANYA…



21. prita Says:

weheheii…
pancasila gw bgd!!!
temen" kudu apalin ney pancasila..kern sangad!!



22. miss Says:

Wah….akhirnya dapat! Alhamdulillah!!

Syukur deh PKN gw bakal kelar….

Huhuhu..padahal kelas karyawan tapi ttep aja dikasih tugas bejibun..
Mana lagi holiday..

Btw..thx ya!!



23. WuLaN Says:

Klo bukti-bukti keberadaan pancasila yang hidup dalam masyarakat secara kronologis historis apa sih????



24. Datu Says:

mau tanya dong tentang pengertian atau penjelasan pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasuarakat, berbangsa dan bernegara ? tolong ya terima kasih sebelumny atas informasi yg diberikan



25. adin Says:

pancasila pada zaman sekarang hanya berupa teori saja dan undang-undang sekarang hanya tercantum pada buku saja tanpa jelas penerapan pancasila di indonesia itu seperti apa……
mau dibawa kemana pancasila kita?????????????
pancasila dan undang-undang hanya dipakai oleh para penguasa negeri kita ini untuk alih-alih kesalahan nya……
apa penguasa tidak sadar bahwa dengan menggunakan undang-undang dengan alih pengurangan hukuman itu hanya membuat lemah undang-undang dalam negara kita????????
hanya membuat malu negara kita didepan mata negara lain!!!!!!!!!!
kenapa kita dari tahun ke tahun hanya terjebak dalam masalah itu????
apa solusi negara kita tidak tepat dalam mengatasi itu???/
apa perlu seluruh masyarakat turun tangan dalam masalah ini??????
tapi saat masyarakat mulai turun tangan dalam pemecahan ini kenpa pemerintah melarang???????masyarakat tidak akan turun tangan apabila negara mampu memecahkannya…..itu makannya masyarakat turun tangan dengan demonstrasi….mohon pemerintah sadar…….kalau itu tidak akan terjadi kalau tidak ada api…..
oleh sebab itu janganlah pemerintah hanya menyalahkan masyarakat indonesia tidak mau mematuhi undang-undang dan pancasila….liatlah pada diri kita masing-masing apakah sudah kita mematuhi pancasila dan undang2 itu??????
mari bercermin pada diri kita masing-masing…….
::::::::::::::::::::keinginan dari mahasiswi:::::::::::::::::::::;;;::::::



26. BLIE Says:

wah….wah….klo ke-5 sila dan butir2nya bisa diterapakan pada kehidupan keseharian diri kita masing2, benar benar akan tercapai namanya hidup yang benar2 hidup, damai tentram, saling asih saling asuh, tapi sayang sila dan butir2nya dah pd ilang dlm diri kita



27. catur Says:

dulu waktu ada lomba 17an gw juara satu tuh lomba baca pancasila cos penuh penghayatan se he…
chayo…..^_^



28. hendra Says:

apakah pancasila bertentangan dengan agama islam,,,,?



29. Prazz Says:

menurut pemikiran saya Pancasila itu harus tetap dipegang teguh oleh segenap bangsa ini. jangan mentang2 Pancasila itu produk lama (era sebelum reformasi) lalu kita abaikan dan lupakan nilai2 yang terkandung dalam Pancasila.

saran saya adalah agar bangsa kita melestarikan dan mengamalkn nilai2 Pancasila (mengaktualisasikan nilai itu dalam kehidupan sehari-hari, baik kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakt). Hal ini harus kompak dilakukan oleh semua anak bangsa, jangan hanya sebagian atau segelintir org sj yg berbuat itu.

ingatlah bahwa kita pernah mempunyai pemimpin yang terkenal di dunia. dan Beliau mengamalkan nilai2 Pancasila itu.

Mari bersama kita jaga dan jalankan hal-hal yang baik peninggalan para pahlawan kita

HIDUP PANCASILA
JAYALAH INDONESIA



30. piury Says:

hieksss….. seandainya pancasila tuh bisa ngomong, pasti bisa ngadilin seadil adilnya manusia-manusia kampret yang ada di Indonesia..
kalo pancasila bener2 terlaksana, aku dan si dia dah bakal nyatu dari kapan lalu…. kenapa yahhh perbedaan yang dibuat manusia, bikin susah manusia itu sendiri…. hieeekkkssss…. menyedihkan……
rasanya yang bikin ruwet itu manusia sendiri deh…. pusing aku…..
muntab aku dengan yang anarkhis2…. yang bawa-bawa nama Sang Pencipta segala…

SUCKs



31. agung suprojo Says:

MERDEKA !!!
Wahai anak bangsa, kalau bukan kita yang mempertahankan dan mengamalkan pancasila, lalu siapa lagi…?
kalo U sekarang hidup dalam alam kemerdekaan, mustinya U semua memberikan penghargaan terhadap bangsa ini dengan mengamalkan ideologi bangsa yaitu PANCASILA.
PANCASILA NEVER DIE…………….



32. wira sudewa Says:

anda benar saya setuju sekali tampaknya para pemimpin sekarang lebih membela terhadap suatu agama tertentu P4 yang dibuat pada masa orde baru sebenarnya dalah baik. Dilu di setiap rumah saya masih ingat kalau selalu ada lambang garuda pancasila yang dipasang di dinding beserta P4. Percaya atau tidak P4 membuat orang lebih mengerti tentang pancasila daripada sebelumnya. Namun setelah jaman reformasi semua hal yang berasal dari jaman orde baru semuanya dianggap salah padahal ada beberapa hal yang benar ketika jaman orde baru P4 sebenarnya bertujuan baik yaitu untuk membuat mejadi lebih mengerti tentang pancasila



33. angelia Says:

thank u 4 ur kindnes 2 make thiz letter, so I can finish my task 4 a little bit more. I hope u can make a better paper at d next time,ok.God blez u,bro



34. hariyanto UNIB Says:

ga ada yang salah dengan pancasila. yang slah tu orangnya. kalo kita cerdas, maka kita tahu siapa biang kerok negara ni. dan itu tidak menutup kemungkinan kita ikut andil di dalamnya. peksanaan amanat pancasila yang termaktub dalam UUD 1945 adalah salah satu hal paling sering kita lihat keteledorannya. lihat anggaran pendidikan yang belum pernah mencapai 20 %. bagaiman masyarakat mau memebrikan kepercayaan pada pemerintah wong mereka saja mengkhianati konstitusi tertinggi negara ini. untuk apa titel tinggi, jabatan tinggi toh pangkat mereka dalam masyarakat jelas : PENGKHIANAT. salam anti pengkhianat bangsa by boskongres@yahoo.co.id



35. MOH.FARRAH AIDID Says:

PANCASILA ADALAH MURNI BUATAN MANUSIA, so manusia berhak dan mampu untuk mengubah apalagi menantangnya! Wahai para manusia, anda adalah seorang hamba yang sangat kecil di hadapan-Nya. sehingga jangan sekali-kali untuk berpaling pada aturan-aturan-Nya



36. mayssari Says:

Boleh copy-paste butir2nya ya? buwat bahan pembelajaran ya??????????



37. iRHoTeP Says:

Ini dia nih yang gw cari-cari gyahahahaha

+iR+
http://www.jadul.org/forum/
http://fkui02.net/biawak/



38. popo Says:

Kenapa nggak punya lambang pancasila dari sila ke satu sampai kelima, alias dari bintang sampai ke padi dan kapas



39. adi Says:

Apakah pancasila masih menjadi ideologi negara indonesia saat ini.????.
Apakah masih sesuai dengan keadaan indonsia saat ini…???



40. Yayat Says:

bukan hanya pejabat / penguasa saja yg menerapkannya, tapi kita sebagai manusia yg hidup di bumi indonesia tanpa terkecuali harus mengimplementasiakannya/ menerapkannya dalam kehidupan sehari hari. Nilai ini bersifat universal dan tidak bertentangan dg agama apapun.



41. shaggytyga Says:

wah kayaknya pancasila ini isinya bagus sekali ya……
isinya mengutamakan tenggangrasa, saling menghormati dan menghargai…
Tetapi kayaknya nggak cocok untuk diterapkan di negara kita karena masyarakat kita banyak yang gak tahu diri.
Dikasih kebebasan berpendapat tapi malah bikin rusuh, jadi menurut saya ideologi yang cocok di negara kita harus yang brsifat OTORITER supaya negara kita bisa leih maju seperti jepang, cina, rusia, dan lain2. Soalnya watak masyarakat indonesa itu adalah watak pemberontak.



42. Ipit Says:

Kalau manusia itu beriman dia pasti akan melaksanakan prinsip-prinsip yang ada dalam butir-butir Pancasila diatas..
Pancasila itu tidak bertentangan dengan Islam kok malah sebaliknya, hanya segelintir orang aja kok yang tidak setuju dengan Pancasila.
Tugas pemerintah RI sekarang adalah mengembalikan semua ormas-ormas dan atau organisasi kemasyarakatan untuk berazaskan Pancasila karana kita adalah bangsa Indonesia.
Sedari sekarang kita harus tanamkan ke anak cucu kita semboyan “PANCASILA ADALAH SUMBER HUKUM ATAS SEGALA SUMBER HUKUM YANG ADA DI INDONESIA”.



43. Sigit Says:

Ayo kembalikan bangsa ini sesuai dengan PANCASILA seperti dulu lagi, yang ada hanya kedamaian dan ketentraman, dengan BHINEKA TUNGGAL IKA kita jalin persatuan dan kesatuan bangsa INDONESIA



44. The Sigit Says:

tolong ksh panjelasan yg lbh lengkap dan mudah di pahami ya….. kwakwakwa aq msh SMP tpi lom ngerti gituh. Jadi tlong di jelaskan yg lbh jelas



45. diana Says:

menurut gw pancasila skrang inga ada penearpannya kemana pancasilaku?ga ada gunanya zaman skrng simbol pancasila itu bagaikan lambang agar d dunia luar negri ini memiliki idiologi demokrasi namun kenyataannya kita kembali memakai paham liberalis.sungguh aneh namun nyata.



46. dita Says:

ner bgt !!!!

agyn qta dbg bngsa indonesia hrz mmhmi isi pancasila

so … cb dh phmi

oueh????



47. R.B. Reagan Says:

Nama saya Reagan, saya seorang Katolik. Saya sangat mendukung pluralisme, saya mendukung dan bangga dengan apa yg telah di nyatakan NU dan Muhammadiyah bahwa Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika adalah ideologi final bagi Ibu Pertiwi kita tercinta ini, bangsa Indonesia, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika adalah pemersatu bangsa, tanpa Pancasila akan terjadi perpecahan bangsa, NKRI akan runtuh. Oleh karena itu kewajiban kita semua sebagai anak bangsa, kita orang Indonesia, Katolik, Protestan, Islam, Buddha, Hindu, Konghucu, dan bahkan agama agama lain yg ada di dalam Indonesia wajib mempertahankan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, karena Pancasila tidak bisa di pisahkan dari Indonesia, seperti motto kota Manado, ”kita semua saudara” selayaknya kita jadikan contoh untuk hidup rukun, saling menghormati dan penuh pluralisme, mari kita semua bersatu dan berjuang untuk kemajuan bangsa Indonesia dan wajib mempertahankan Pancasila.



48. maju Says:

Pancasila mungkin tidak lama lagi akan tergantikan dengan sistem Sharia Islam, dimana akan dijadikan dasar Negara kita ini



49. del Says:

thanks ya udah bantuin aku kerjain tugas kewarganegaraan ku artikell loe bermanfaat and nyambung banget



50. Suzan Says:

Wadui… Baru inget tuch ternyata Pancasila ada butir-butir na..?? hehehe…



51. debi Says:

kita ngomongin pancasila memang tidak ada habis.kita harus
mengambil pelajaran / makna dari isi pancasil



52. bangsa indonesia Says:

qt sebagai bangsa indonesia harus tunjukkan rasa kebersamaan kita jangan hanya bisa menjelekkan bangsa sendiri dengan apa yang telah terjadi tetapi qt harus membangkitkan bangsa indonesia sebagai bangsa yang disegani oleh negara lain



53. TITIS Says:

LET’S BACK TO PANCASILA!!!!!!!!!!!!!!!! UDAH WAKTUNYA GENERASI MUDA MEMPERBAIKI BANGSA INI.JANGAN TERLARUT GLOBALISASI,,,DAN MEMPERPARAH EROSI BUDAYA BANGSA!!!! AYO AMALKAN SILA PANCASILA DI SEMUA ASPEK KEHIDUPAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



54. dedek Says:

w jg mau apalin nich…

coz w mau jadi presiden nich….



55. Budi Satriadi Says:



hai salam knal. besok da ulangan pancasila. so thank for ur blog.



56. Nurul Says:

Negara jika diumpamakan, seperti seorang manusia. setiap orang harus memiliki ideologi untuk menunjukkan siapa dirinya. begitu pula dengan negara. Indonesia memiliki Ideologi Pancasila merupakan suatu alat untuk membedakan Indonesia dari negara lain. Pancasila merupakan jati diri bangsa dan merupakan papan tumpuan untuk melangkah. jadi saya sebagai warga negara Indonesia sangat bangga akan Indonesia yang dapat membentengi diri dari paham dan pandangan negara lain yang tidak sesuai dengan paham negara kita. dengan berusaha untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita, akan membuat negara ini semakin kuat. saya hanya berpesan kepada semua orang Indonesia, AYO BERSATU DAN KUAT DI DALAM.



57. Nani Says:

trima kasih ya. Walaupun sekarang sudah dicabut Tap MPR soal Pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila, tapi tetep aja kesemua sila pancasila pancasila kisaran sikap-sikapnya gak jauh dari P4. Hehhe.. penting nih untuk jawab soal-soal ujian PNS. Sekali lagi thx alot.



58. frank Says:

yang ku tau smuaX hax berupa tulisan dan PASTIx smuaX haX omong kosong belaka



59. abdul rohman Says:

tanggal 20 januari 2009
REVENGER 19
ANNIVERSARY 1st

doain ya…
supaya acaranya berjalan apa yang kita ingin kan….amin



60. Edho Aqmal Hakim Says:

Thanx Alot bro,,,,,,
Besok Gw ad tugas nulis butir2 pancasila buat mata kuliah kewarganegaraan,,,,
^_^



61. gie Says:

waduh tugas ter erat w adlh nulis btir-btir pancasila.puyeng w?



62. denis filya Says:

ternyata butir-butir ini sangat berlaku di STIKES



63. irfan Says:

@Ade:

pancasila adalah dasar negara yang harus kita amalkan, maka jadikanlah pacasila sebagai dasar hidup dalam bersosialisasi di masyrakat.



64. pininta Says:

ehm…terlalu lama gw gk baca hal ini …nyaris lupa…thx for the lecture who has gave me this task…



65. Lailia Says:

wuduw,,,,,ne ge ada tgs dari kantor!!!!!!!di suruh nyari butir2 pancasila…

hohohohohoho



66. sahat . s Says:

Waktu aku sd,smp,sma & kuliah (periode 1977-1993), butir2 Pancasila begitu ditekankan utk dihayati & diamalkan.Bahkan menjadi salah satu syarat yg hrs dipenuhi utk dipelajari.. Sekarang setelah aku punya anak yg sekolah di sd, semua jadi berbeda.Krn kurikulum pendidikan saat ini tdk menekankan ke arah itu.Makanya banyak pelajar/mahasiswa yg kurang memaknai Pancasila dlm kehidupan bersosial & bernegara, efeknya mudah terbawa kearah yg negatif.Salah satunya menjadi “bomber” dari paham yg menyesatkan.. IRONIS..



67. ellyta Says:

wahh.. lengkap bangett nih.. ngerjain tugas2 jadi gampang !!! saya akan berusaha mempraktekan butir2 pancasila dalam kehidupan sehari-hari !! SEMANGAT



68. pramesemara Says:

Terimakasih Pak, Saya gunakan sebagai sumber bacaan menjelang tes cpns…..good blog…..HAIL PANCASILA



69. safei Says:

Di era yang serba IT ini anak2 Indonesia kurang mengetahui arti penting dari pengamalan Pancasila. Ia cu5 mengerti bahwa pancasila itu hanya sebagai makanan pelengkap saat upacara saja,Padahal tanpa Pancasila peyelenggaraan kehidupan Indonesia tidak akan terwujud. Mari rubah tingkah laku,sikap,kecerdasan,serta iman dari anak Indonesia dengan mendasarkan pancasila dalam setiap kegiatan kita karena kita adalah anak Indonesia!!!!!!!.
INDONESIA MERDEKA!!!!!!! mkasih bisa bantu nyelesain tugas Q.



70. Rudi Says:

Ini penting Bro, pas mau ujian CPNS



71. cecep Says:

Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.



72. Thia Says:

Thx u ahirnya gw bsa jaga dpt tgs pengamalan pancasila gw. mdah2an Next time negara kta bsa paham dan ngerti apa arti sesungguhnya tentang pancasila bye



73. eny Says:

sAya rasa… sAya hanya bisa berkata hAYOUww… amalkaN NILE” PANCASILA…
Qt BANGUUUn iNdoNESiA AgAR LEbih mAJU Dan mAJU…



74. ade CUeQ Says:

tolong berikan donk perbandingan pancasila yang sudah diamandemen dan yang belum diamandemen. trus apa alasannya sehingga perlu di amandemen??



75. dewi Says:

tlng brikan alasan mengapa panasila
bsa mnjadi pedomn penghayatan dan
pengalaman bgi bngsa /masyarakat indonesia



76. IRVAN Says:

TOLONG PISAH KAN MANA PENGAMALAN PANCASILA DALAM KEHIDUPAN PRIBADI , KELUARGA DAN MASYARAKAT AGAR MUDAH DI KETAHUI



77. MiNkyu Says:

Thanks banget Infonya! Berguna banget! kebetulan lagi ada Tugas PAncasila!!!!!!!!!!

Huft… memang tugas yang berat untuk mengamalkan Pancasila. Tapi kita tetep HrUs semangat!!!!!!!! agar Bangsa ini tetap MaJU!!!



78. Ree Endutx Jubek Says:

makasih banyak halaman ni bguna bgd.. slaen bs krjain tugas2,,, kita sbg warga negara Indonesia kudu tw tentang Pancasila dan cra mengamalkannya… ChayOo….. Gud Luck Penerus Bangsa… GOD BLESS INDONESIA



79. endang Says:

perlu di ketahui oleh setiap warga negara, baik rakyat sampai ke pejabat ,baik yang kaya maupun yang miskin agar tahu hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang baik, jangan hanya menuntut hak saja, giliran diminta sebagian tanah untuk jalan umum, marah-marah, emang lu lahir bawa tanah satu hektar?



80. novitarahayu Says:

w sebel sma nma nya maulana & w sebel sma yg mna nya vira



81. nicholas Says:

gla ngapalin gini an ma biking botak wkwkwk



82. regina Says:

yes…jadi aku gag susah lagi ngerjain pr..tentang PANCASILA…thx yuch…- _ -



83. khafadho Says:

pancasila hanyalah ideologi kosong, tidak akan pernah membawa bangsa ini menjadi lebih baik. manusia-manusia pancasila-lah yang telah menghancurkan bangsa ini ( tahu pancasila aja gak, bagaimana penerapannya?lucu…) penghayatan nilai-nilai pancasila tidak akan pernah menjiwai bangsa ini karena pancasila tidak sesuai dengan fitrah manusia.
pancasila adalah ideologi sampah
lambang kemungkaran
jangan konyol karena mengagungkan pancasila sampai membabi buta.
pancasila hanyalah karangan manusia belaka
keadaan bangsa indonesia yang katanya sudah merdeka lebih dari setengah abad tapi tidak mengalami kemajuan dan kesejahteran yang berarti, inikah yang di berikan pancasila?



84. Soraya Says:

thanks gw dapet ini cuy…

di suruh sama ibu guru buat hapalin ni butir2..maunya sih yg 36 tpi kagak ketemu..

ini aja dah..doain yak biar bisa hapal smua..selama bulan ramadhan ini..Amiin



85. arfan Says:

PANCASILA dasar negara rakyat adil makmur sentosa pribadi bangsaku…………hmmmmm menurut anda semua bgm



86. hyuuga Says:

^^b
bagus sekali.. akhirnya daet juga 45 butirnya.. ^o^
thank’s yach!!~

^^b Good!!



87. Momiji Man Says:

:: Konbanwa ::

Thanks berat yak!
Merci



88. evinurcecicu Says:

makasih yaa, saya jadi bisa ngerjain pr hh :)



89. MisaeL EgeL Says:

Terima kasih Atas Penjelasan nya.. TQ.



90. r12al Says:

Seharusnya 45 butir dipampang seperti billboard di tiap ruang sidang DPR/MPR dan ditambah Foto-foto rakyat miskin pada dinding ruang sidang. Harapannya supaya wakil-wakil rakyat selalu INGAT dalam memberikan kebijakan seadil-adilnya kepada seluruh dan lebih menghayati kondisi rakyat kecil sebenarnya.

Menurut Thomas Hobbes, manusia dengan manusia memiliki sifat SERIGALA. Karena tidak sempurna sehingga mudah SUBJEKTIF dan IRASIONAL. Hati-hati terjebak….!!!

Sebagai makhluk sosial harus setiap saat INTROSPEKSI dengan Pahami, Hayati, Amalkan baik dan benar.



91. alif Says:

Wah.. salah tuh.. ini sih 45 butir.. yang sudah terlalu banyak titipan.. aslinya yg 36 butir Eka Prasetya Panca Karsa
36 BUTIR-BUTIR PANCASILA

36 BUTIR-BUTIR PANCASILA
EKA PRASETIA PANCA KARSA
(Tekad yang tunggal untuk melaksanakan lima kehendak)

A. SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA
1) Percaya dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
2) Hormat menghaormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-
beda sehingga terbina kerukunan hidup.
3) Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
4) Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.

B. SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
1) Mengakui persamaan derajat persamaan hak dan persmaan kewajiban antara sesama manusia.
2) Saling mencintai sesama manusia.
3) Mengembangkan sikap tenggang rasa.
4) Tidak semena-mena terhadap orang lain
5) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
6) Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
7) Berani membela kebenaran dan keadilan.
8) Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia, karena itu dikembangkan sikap hormat-
menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

C. SILA PERSATUAN INDONESIA
1) Menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamtan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi
atau golongan.
2) Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
3) Cinta Tanah Air dan Bangsa.
4) Bangga sebagai Bangsa Indonesia dan ber-Tanah Air Indonesia.
5) Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

D. SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKAH KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
1) Mengutamakan kepentinagn negara dan masyarakat
2) Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
3) Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingn bersama.
4) Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.
5) Dengan iktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.
6) Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
7) Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Ynag Maha Esa.
Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan

E. SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
1) Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan
gotong-royong.
2) Bersikap adil
3) Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4) Menghormati hak-hak orang lain.
5) Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
6) Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.
7) Tidak bersifat boros
8) Tidak bergaya hidup mewah
9) Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
10) Suka bekerja keras.
11) Menghargai hasil karya orang lain.
12) Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.



92. jumadiana Says:

Seandainya bangsa ini mau mengamalkan nilai-nilai butir Pancasila ……… yang mengandung nilai luhur dan jatidiri bangsa.
mohon berkenan berkunjung diblog saya, terima kasih



93. Lae Manalu Says:

bagus nie postingannya, saya cari2 45 butir pancasila dibuku udah ngk ada e pas dicari di internet langsung ada, btw thx yah suksessss buat yang punya web. 45 butir pancasila ini salah satu soal yang bakal ditanya buat masuk calon2 perwira TNI AD



94. nuryono Says:

…… Rindu P4…… mohon ijin baca matur nuwun….



95. musa Says:

pengamalan pancasila sampai sekarang masi dalam proses gan,,

memang butuh waktu,. dan gak bisa dengan cepat..

dengan kesadaran dari setiap warga negara Indonesia.. kepastian akan pengamalan pancasila pasti akan terwujud,, sehingga kesejahteraan akan terjalin di negeri Indonesia tercinta ini… amien,,



96. areep Says:

pancasilanya bagus cmn jgn rakyatnya saja yang harus mengamalkan p4,pemerintahnya juga dong.dalam isinya cinta bangsa indonesia.makna cinta itu bukan berarti pemerintah korupsi kita cintai juga dong.cinta yang bener bagaimana menghilangkan korupsi itu.



97. gunadi Says:

MENURUTKU, ITU EMPAT PULUH LIMA BUTIR DARI SERIBU SATU BUTIR-BUTIR BUDI PEKERTI WARGA NEGARA INDONESIA YANG BAIK



98. jon Says:

Yoi, indonesia maju kalo pemimpin dan wakil rakyat wujutkan butir2 pancasila ini pasti deh……………………………………..



99. nabilla Says:

aduh untung ada blog ini pr saya jd selesai



100. Rendy Says:

Untung Ada Blog INI jadi saya bisa ngeliat yang ada disini ^_^



101. DHEFY Says:

yayayayaya…..



102. Nopix cyang qmuh claloew Says:

Hmm,,, aquwh stuju beudh !! maaci buad cmua yawch atas bantuannya ! PR quwh jdie slesaiiii. loph you all :*



103. melissa Says:

duhh , enaknya ada blog ini ..
tugas saya semuanya jadi beress …

thank you yhh .. :D




105. BONI Says:

BERIBU-RIBU THANX BUAT KAMU YANG NULIS INI!!!
SALAH SATU KESTRESSANKU DI SEKOLAH BERKURANG 1_pr menumpuk, satu sdah selesai, merasa lega, tapi masih ada setumpuk lagi



106. tyre kasy Says:

berarti pancasila itu harus selalu kita jaga nama baik nya agar bangsa kita memiliki persatuan dan kesatuan yang kuat



107. adnan Says:

undang2 adlh hak segala bangsa yang wajib di pelaturi oleh warga negara .

apakah republik ini akan maju untuk masa depan dan untuk anak-anak kita ?????????????



108. eric Says:

wah sama bil.,., untung ada blog ini coba klo tdak ada pasti ak besok sudah di marahin guru pkn ku.,.,.,.,.,

wah sukurlah

hidup pabcasila.,.,.,.



109. UcuuQ Says:

“91. February 4th, 2011 at 14:19 alif Says: ”

benar tu alif…aslinya 36 butir…..

tp ada yg tau nggak apa penyebeb lahirnya tap MPR no2 1978 ini ????



110. Kilua Says:

wow emezing >.<



111. vinz Says:

mohon izin gan mo nyalin nih buat pr



112. marcell Says:

susah bgt ea msih kelas 6 aj dah d ksih tgas bginiannn huftttt…
untung ad web ini tgas jd lancar thx BRooooo…



113. Raditya Says:

wih…. saya terbantu sekali dengan ini…..
trima kasih :-)



114. wiwin winarni Says:

selasa depan saya ada tugas , di suruh membuat / mencari butir-butir pancasila, dan semua temanku bingung harus bagaimana , untungnya ada blog ini aku jadi bisa mngrjkan PR dan memberitahukan kepada teman2ku



115. btris Says:

Wah ku dulu hapal, pada waktu SD ….. tapi adiku-adikku yang SD hapal gak ya, sebab kelihatannya gurunya gak pernah ngajari …..



116. ariep Says:

tolong jelaskan fungsi pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa ???




118. 45k4`s sshi Says:

ghamsamnida(thaks you)a lot…it`s helping me so much(^-^)/



119. aliu can Says:

tidak ada di DUNIA dasar negara sacakap NEGARA kita mengapa sekarang se olah2dilupakan oleh apatratur NEGARA kalau saja penghayatan&pengamalan PANCASILA dijalankan dengan benar saya yakin MENUJU MASARAKAT ADIL DAN SEJAHTRA menjadi kenyata,an:



120. lesrariii Says:

suwon yaaaa,,,,
udh bantuin bwat ngerjain tugassss,,,
thanks bgt,,,
bwat pancasila,,, dan indonesiaq tercintaq ini,,,
MAJUUU TERUUS,,,SEMAGAT PARA REMAJA INDONESIAQ INIIII…



121. Rizal Says:

sIapa yang gak hafal pancasila…
bRrti bukan orang INDONESIA…
Hekehehehe



122. RERE Says:

PANCASILA is the best,cayo pancasila………….



123. Sboy Says:

TERIMAKASIH, IJIN COPY BUAT TUGAS KKAG



124. amel Says:

duuuuuuuuuuhhhhh……. anak sd kyk aku musti ngapalin ini smua OH MY GOD WKTUNYA SMPAI HARI RABU tapi gak papa demi indonesia AKU RELA BERKORBAN!!!!!!!!!!!



125. amel Says:

WALAU HARUSSS MEHAFAL MATI MATIAN TETAPI DEMI INDONESIA AQ RELA ATAS SEGALANYA!!!!
AQ COPY YA BUAT NGAFALIN TUGAS PKN
MKASIH




127. eca Says:

bagus banget ini dan ini yang paling lengkap=)) thanks !!! lanjutkan ya



128. febrian Says:

banyak masyarakat indo yang tau pancasila, tapi lebih banyak lagi masyarakat indo yang tidak tau dan tidak mngerti maksud maupun makna pancasila itu sendiri. lalu kapan indonesia bisa berkembang?….
thanks for information about mean of PANCASILA, this is very useful



129. inas amirah Says:

tanksssssssssssssss you atas copy anya

semoga suxsez terus buat INDONESIA salam buat semuanya



130. Spyboy Says:

Thank’s yaa,,, uda memberi saya inspirasi untuk ngerjain PR Pkn.
Thank you very much… :))



131. Za'far Sodiq Says:

wawasan kebangsaan memang membuat penasaran…. setelah sekian lama saya menjadi manusia Indonesia, saya baru mengenal dan semakin tertarik dengan Pancasila setelah saya masuk dalam sebuah organisasi primordial…. hingga saat ini saya sedang diberi tugas untuk mencari sendiri 45 butir pengamalan pancasila…. terimakasih…. saya copy….!!!!
PANCASILA, UUD ’45 HARGA MATI…!!!!



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12726 days
Emotional
0%
Bioritme Status
Physical
94.2%
Bioritme Status
Intellectual
-75.6%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

28q. 1.209s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia