pakupaku
Thursday, 27.07.2006 15:39

K-Meleon 1.0 : Browser Extra Cepat dan Ringan

Posted on Internet.

Browser Firefox mungkin masih menjadi browser favorit saya dalam menjelajahi dunia maya karena browser yang satu ini memiliki banyak fasilitas yang berdaya guna melalui extension-extension yang disediakannya dibandingkan dengan browser Opera. Namun demikian dalam hal kecepatan loading awal dan performance kinerjanya, browser Firefox terkenal “sangat rakus memakan” memori. Beruntung jika kita memiliki memori CPU lebih dari 512Mb karena kelambanan browser tersebut tidak begitu terasa.

Kemaren malam saya menemukan berita kemunculan browser baru “anakan” dari Mozilla yang berbasis Gecko 1.8.0.5. Browser ini bernama K-Meleon. Nama browser ini sudah mencerminkan kekadal-kadalan yaitu Chameleon, atau jika dialih bahasakan secara tepat ke Bahasa Indonesia menjadi Bunglon. Si Bunglon (K-Meleon) ini sangat berbeda dengan Rubah Api (Firefox) meskipun berasal dari perut Tokek (Gecko) yang sama :D

k-meleon.png

Semalam saya melakukan installisasi K-Meleon tanpa halangan berarti, proses instalasi berjalan mudah tak bertele-tele. Hanya saja program ini meminta ijin untuk memasang pre-loader pada startup window XP. Saya cukup terkejut ketika menjalankan program ini. K-Meleon hanya memerlukan waktu kurang lebih 1-2 detik untuk menampilkan dirinya, sangat berbeda jauh dengan Firefox atau Opera yang memerlukan waktu cukup lama sekitar 5-15detik (Pentium 4 2.6Ghz 960Mb RAM).


Kinerja K-Meleon dalam membuka situs-situs web juga cukup cepat dan lancar sekali. Beberapa hal yang membedakan K-Meleon dengan Firefox dalam segi penampilan yaitu :
Penampilan K-Meleon lebih sederhana dibandingkan Firefox, bahkan sangat sederhana dan hanya tombol-tombol yang penting saja yang disertakan dalam toolbar.

Sangat berbeda dengan Firefox, K-Meleon memiliki preloader program yang bisa diatur konfigurasinya dari kecepatan normal sampai kecepatan ekstrim cepat untuk mempersingkat waktu loading awal.

k-meleon-tray.png

Istilah tab pada Firefox berubah menjadi layer pada K-Meleon. Tidak ada extension pada K-Meleon namun dikenalkan istilah plugin yang berbeda dengan plugin pada Firefox. Plugin-plugin K-Meleon berfungsi seperti halnya extension pada Firefox yang bisa dilepas ataupun digunakan. K-Meleon memiliki plugin unik yang bernama Macro Extension plugin, tapi sayangnya saya belum mengerti bagaimana cara menggunakannya sampai saat ini.

Cukup mengherankan juga bahwa fasilitas-fasilitas umum suatu browser seperti layer, history, bookmark dan fasilitas lainnya di browser ini adalah plugin yang bisa dilepas dan digunakan dengan mudah.

k-meleon-plugin.png

K-Meleon memiliki menu Groups yang berfungsi untuk mengelompokkan layer ke dalam kelompok-kelompok tertentu dan kelompok-kelompok itu bisa kita simpan untuk dipanggil lagi sewaktu-waktu.

k-meleon-groups.png

Konfigurasi dalam K-Meleon gampang-gampang sulit karena berbasis text, namun demikian bagi orang-orang yang berpengalaman dengan bahasa pemograman akan sangat mudah dalam melakukan konfigurasi pada browser ini dibandingkan dengan Firefox atau browser lainnya.

k-meleon-text.png

Hal yang saya senangi pada K-Meleon selain kecepatan loading dan kinerjanya adalah keberadaan fasilitas-fasilitas untuk melakukan blocking terhadap elemen konten tertentu, kemudahan melakukan pembersihan data privasi ataupun kemudahan berganti-ganti dari proxy yang satu ke proxy yang lain dengan mudahnya. Ketersediaan fasilitas ini mirip dengan fasilitas di browser Opera.

k-meleon-privacy.png

Saya sebagai pengguna internet volume based cukup bersyukur karena K-Meleon juga menyediakan fasilitas-fasilitas seperti ads block, flash block dan image block sehingga menghemat besar data yang diakses. Tak kalah dengan Firefox yang memiliki versi portable yang bisa dijalankan di UFD, K-Meleon juga punya versi portable yang bernama Pocket K-Meleon. Dengan begitu tidak ada alasan bagi saya untuk tidak “melirik” browser baru ini sebagai browser alternatif menjelajahi dunia maya ;)

kmeleon.gif

nb: Apakah ada yang tahu arti simbol ‘mengerikan’ yang terdapat dalam background logo K-Meleon?

Referensi :
K-Meleon Homepage
Pocket K-Meleon (*versi portable untuk dijalankan di UFD)
Wikipedia tentang K-Meleon
K-Ninja (Saudara Kembar K-Meleon)

Tags: , ,

Mood :

30 Responses :


1. dyna Says:

wessss….seng karepmu mo bahas apa di atas..
aku ngga mau kecemplung lagi seperti dulu, sampe aku dengan begonya ikut2an nyoba pake firefox.. ;0)
itu krn aku tidak mengertiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..
weeeeeeeeee………



2. kenz Says:

hakakakaaka…. mba.. cobain deh yang ini, beda lage dari yang dulu… :D *zzzzing……… kabur*



3. thestoopid Says:

paling sebel sama Opera…
nginstal di kompi rumah, pas dibuka makan memori bgt, aneh, mana lambat lagi, pdhl versi tbaru (9.0)

hidup Portable Firefox



4. say Says:

"dalam hening hati kutemukan cinta" tebakanmu salah ken…
"dalam hening hati kuemukan kesendirianku"

syusah banget deh ken ngambil keputusan itu… tapi aku tetep harus memutuskan dan memilih. demi sebuah masa depan *sok tabah*



5. vi3 Says:

sampai kapanpun.. apapun komputernya, opera tetap jadi browser vi3… :D



6. Fernando Says:

kalo buat saya browser gak penting, yang penting koneksi internetnya… hihihihi… :D

"apapun makanannya, minumnya… tetep….air mineral" :D



7. kenz Says:

#3 hehe.. Opera juga ada portablenya lagi : Portable Opera biasanya aku pake browsing di warnet yang lelet… hihihi… tapi kayaknya aku bakal ganti pake K-Meleon aja deh. Opera 9 malah tambah ribet, buat update blog di WP 2 menurutku Opera 8.4.. sip deh karena text editornya ga ribet :D

#4 yah.. batal dapet jagung bakar gratis.. hihihi.. btw ini milih cinta apa milih browser…? wakakaka… tabah ya nak! rasa cinta pada browser kan muncul kalau sudah mencobanya… *hakekeke ga jelas*

#5 hehehe.. mba vi3 => pencinta Opera sejati nih ceritanya ;) kapan-kapan coba selingkuh deh mba.. :D

#6 apapun browsernya kalo aksesnya lemot ya lemot… betul banget tuh.. ma kasih :D



8. fahmi jelek Says:

ooo… adiknya firefox juga toh? masih sodaraan sama flock berarti ya hehehe :D btw soal portable apps, ternyata ada lebih banyak lagi macem2nya disini: http://en.wikipedia.org/wiki/L.....plications
selamat menikmati :)



9. fahmi jelek Says:

eh eh btw udah liat http://www.ie7.com belom? ;)



10. Uare Says:

Tetep setia di Opera 7.54+Java he he…
udah mencoba ke laen hati tetep aja yang paling cucok cuman versi ini. 8-9 lemot euy!



11. ria Says:

pagi kenz’.. aku bru baca komentmu di post aku kmrn, ternyata kmu kenal ayah ya? bener bgt ayah=pekik=mantan vl.. hihihi.. dunia kecil yaa.. ternyata tmn blogger ku adek kelasnya ayah..
seneng bs kenal kenz.. kpn2 klu aku ke yk lg aku pgn ktemuan sm tmen2 yuti yg lain.. yg pasti anak2 blogger YK..
GBU!



12. zam Says:

setuju ama #6.. sing penting koneksinya..

:)



13. tawongunung Says:

K-meleon memang hebat dari dulu, banya pilihan mo pake KM versi siapa aja, aku udah pake lebih dari 6 bulan……
Saya coba dalam jaringan yang sama kecepatannya, namun KM memang still the best than opera & firefox

Btw, pake kM apaan, gw pake K-MeleonCCF version.



14. edey Says:

K-meleon emang browser yg paling top .. saya gunakan untuk semua komputer di wnet saya, hasilnya manteb dan stabil.. blom ada kendala yg terjadi selama ini.

buruan migrasi ke bunglon d.. :D



15. journey Says:

tulisan bagus, sangat bermanfaat karena ada alternatif selain firefox



16. Mr. Nobody Says:

udah ada yang pernah coba "maxthon"???
ditunggu referensinya….



17. koki Says:

up2u az eh



18. kacangitem Says:

ada engak cara tweaknya kalau ada bales ke e-mail ku yah



19. reandin Says:

aku bikin organisasi gitu dengan nama chameleon, yang tujuanya sich kita ambil positifnya aja gitu kita bisa beradaptasi dimanapun kita berada karena bukan berarti yang namanya bunglon itu biasanya identik dengan yang dinamakan penjilat gitu, nah aku berharap dari sini bisa dapetin sisi positif dari nama itu gt, cuman… msh blm ketemu gitu semoga bisa membantu juga ya…. kl bs kirimin ke email rean di rean_din@yahoo.com gt…



20. numpang Says:

Tp kok nggak bisa buka email Yahoo yang bukan clasik yah?



21. hari andana Says:

aku tidak suka browser



22. bee lee Says:

haduh………………… bahasanya aq ga ngerti !!!! slain ntu ko iconya ga muncul om ??? haduh………………….



23. ahabasgar Says:

yup.. k-meleon ini keknya lumayan juga, saya sudah mengunduh yang terbaru versi 1.5.3, tapi kok nggak kompatibel dengan yahoo.mail yang baru ya.. jadinya pake yahoo.mail yang lama…
jadi nggak sabar pengen dicoba dirumah, secara kalo dirumah kan koneksinya pake smart, jadi selancar-lancarnya juga pake modem hp ya gitu deh…, lom lagi specnya yang masih Piii he he he nikmati sajalah



24. andy Says:

boleh di coba tuh,ak skrg suka pake mozila klo buat buka imel and klo surfing,pake Flock…cepet…fiturnya lengkap…



25. ricky a.k.a il'devilz Says:

bloeh dicoba nich browser . .
thans infonya gan !!!



26. zam-_-zam Says:

menurut ane flock lebih ok dibanding yang lain……hidup FLOCK

yyyeeeeeaaaahhhhh

hidup flock………

yyyyyyyyeeeeeeeeeeaaaahhhhhhhhh



27. Yudin-motor Says:

trims bos informasinya, kebanyakan browser buat jadi bingung
saya pilih yang paling mudah digunakan saja, maklum paling bagi saya digunakan untuk cari bahan bacaan, fasilitasnya banyak ngga tahu..

trims



28. dJ sTrada Says:

google chrome paliiing uwwooookee..
yang llaen?? lewatt..hahaha



29. dodol Says:

wa se7 t ma #29,,,
gk da yg lbih cpa dri goole chrome…

flock ma lewat,, pa lgi mozila dan sebagai nya
smua cacad

cepetan goole chrome gw…
wa da coba smua jnis browser.



30. GusManteb Says:

Hidup IE !!! Gak mau yang laen!



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12596 days
Emotional
-78.2%
Bioritme Status
Physical
-81.7%
Bioritme Status
Intellectual
-94.5%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.113s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia