pakupaku
Monday, 07.08.2006 18:19

Tak Sama Tapi Serupa Atau Serupa Tapi Tak Sama?

Posted on Social Life.

Ini postingan yang tidak penting, tapi cukup untuk membuat saya bingung ketika disuruh menentukan mana berita yang baik, yang lengkap mendetail atau yang ringkas nan santun?

Perhatikan 2 berita ini :
Koboi Jalan Tol Ternyata Punya Catatan Kriminal
Ada Lagi Korban Aksi Koboi Kapten Batara

Siapakah Pelaku? Apa yang telah dilakukannya?

Detik tertulis :

Dadang Suhendar, korban penembakan di Jalan Tol Pluit, ternyata bukan satu-satunya korban Kapten Batara Alex Bulo. Batara juga pernah menodong dan memukuli tetangganya.

Kompas tertulis :

Kapten (Inf) BB, yang ditangkap karena dituduh melakukan penembakan di Tol Cengkareng-Kapuk, ternyata memiliki catatan kriminal yang lain. Perwira muda ini pernah dilaporkan tetangganya karena melakukan pengancaman dan pengeroyokan.

Siapa saja yang terlibat? Dimana Kejadiannya? Apa masalahnya? Bagaimana keadaan korban?

Detik tertulis :

Dia menuturkan peristiwa ini dimulai pada 5 Agustus 2004. Dirinya cekcok dengan ibu Batara, Eta Bulo, di Jl Sumatera no 19, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka cekcok soal pembongkaran gereja di kawasan tersebut.
Saat itu Batara datang menodongkan pistol kepada Welhelmina. Pada 13 Agustus 2004, Batara kembali menodongkan pistolnya kepada Teddy Masinambow, anak buah Welhemina yang mengawasi pembongkaran gereja.
Pada 10 November 2004, Philipus yang sedang mengawasi pembongkaran gereja dihampiri oleh Batara dan 2 saudara kandungnya Milka dan Rio. Ketiganya mengeroyok Philipus hingga luka-luka.

Kompas tertulis :

… Wilhelmina Rompas, tetangga BB di kawasan Menteng, pernah ditodong pistol oleh tanggal 5 Agustus 2004. Saat itu, Wilhelmina bertengkar dengan ibu BB, terkait dengan pembongkaran rumah. Adu mulut yang panas memuncak dengan ancaman senjata api oleh BB terhadap Wilhelmina.
Wilhelmina menambahkan, tanggal 13 Agustus ancaman penodongan pistol kembali dilakukan BB terhadap Teddy Masinambou, orang suruhan Wilhelmina yang tengah mengawasi pembongkaran rumah di, Jalan Sumatera Nomor 19, Menteng. Tanggal 10 November 2004, BB dan dua adiknya, Milka dan Rio, mengeroyok Philipus anak Wilhelmina, di Jalan Sumba.

Tanggal yang benar yang mana, sih?

Detik tertulis :

Pada 12 Juni 2006, Welhemina diundang menghadiri persidangan militer Batara. Namun hingga pukul 16.00 WIB, sidang tidak kunjung digelar. Panitera malah menyatakan sidang dibatalkan dengan alasan majelis hakim harus diganti karena Batara sekarang berpangkat Kapten.

Kompas tertulis :

Semula pengadilan Batara akan digelar 13 Juni 2006, namun dibatalkan BB naik pangkat menjadi kapten, sementara dalam berita acara pemeriksaan (BAP) masih disebut letnan satu. “Kata paniteranya pengadilan perlu mengganti majelis hakim dengan pangkat yang sesuai,” ujar Wilhelmina.

Penting ga seh semua perbedaan informasi itu? Mana berita yang baik dan mana berita yang benar? Hahaha… Saya nanya teman malah dijawab “*EGP ah!” Hi50x.. Benar juga.

*Emang Gue Pikirin

Tags: , , ,

Mood : Bercanda emoticon

5 Responses :


1. Hedi Says:

kalau untuk identitas pelaku, sebaiknya memang disingkat menjadi inisial, azas praduga tak bersalah…
untuk kredibilitas berita, sejauh tak mengurangi atau mengacaukan fakta sebenarnya, ya ga masalah sih.



2. amma Says:

lah kalo belum2 dikasih tau nama asli, kan bisa mempengaruhi kehidupan sosial juga, bisa2 dijauhi dan dicaci maki ma tetangga padahal belum ketahuan bener apa kagak. lebih baik si pake inisial dulu *asas praduga tak bersalah*



3. Uare Says:

EGP ajah,
sama, serupa dan seperti biasanya…
hidup konfirmasi!! ha ha



4. Oliver87 Says:

itulah kalo jadi wartawan haurs teliti,,check, recheck, dan cross check…pasti salah satu ada yang salah… :D:D



5. AneWanita Says:

Ngga nyangka.. Kejadian Batara kayak gini.. Setau saya, selama saya kenal batara orang yg sangat baik..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.092s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia