pakupaku
Thursday, 09.11.2006 15:45

Akses Internet CDMA di Mandriva 2007 dalam Axioo NS 658i

Posted on Internet, Linux.

Setelah browsing kesana kemari saya akhirnya mencoba ‘trial n error’ untuk mengakses internet melalui Kartu Fren Mobile-8 dengan menggunakan Nokia 2112 dan kabel CA-42/DKU5.

nokia2112-dku5.jpg

Hal yang pertama saya lakukan adalah melihat apakah kabel data telah terdeteksi dengan baik dengan masuk ke Mandriva Control Center >> Hardware. Lalu lihat bagian Unknow/Others.

Jika menggunakan DKU 5 akan muncul informasi seperti ini :

kppp-dku5.png

Jika menggunakan kabel data Nokia Original CA-42 akan muncul seperti ini.

kppp-c42.png

Langkah kedua menginstal KPPP di Mandriva 2007. Kemudian melakukan Konfigurasi koneksi dengan membuat account m8 dan password m8 serta memasukkan nomer telepon akses #777.

kppp-m8.png

Langkah ketiga mengkonfigurasikan modem dalam KPPP, yaitu membuat account modem baru yang saya beri nama nokia dan mengisi settingan seperti ini :

kppp-setting.png

Kemudian saya masuk ke Edit Modem Commands dan menambahkan AT+crm=1 pada Init 2. (*entah ini perlu atau tidak, mohon koreksinya, karena saya hanya membuat mirip seperti pada settingan driver nokia di windows)

kppp-modem-setting.png

kppp-modem.png

Iseng-iseng saya coba juga Query Modem dan ternyata modem berhasil dikenali sebagai Nokia 2112.

kppp-modem-query.png

Langkah terakhir saya menekan tombol connect, kemudian muncul beberapa kata di bagian log sampai muncul sederetan huruf aneh yang menandakan akses internet sudah terkoneksi dengan baik.

kppp.png

kppp-on.png

kppp-log.png

kppp-browsing.png

Namun saya masih heran dengan beberapa masalah sebagai berikut :

1. Kecepatan internet dengan menggunakan DKU 5 palsu ternyata lebih cepat dengan menggunakan kabel CA 42 original. Jika menggunakan DKU 5 kecepatan rata-rata 2.8 KB tetapi jika menggunakan kabel CA 42 hanya 1.5 KB. Jika dimonitoring melalui KPPP Statistik mengapa kecepatan maksimal hanya 5 kb/s menggunakan Fren dan 22 kb/s dengan menggunakan Starone padahal jika melalui windows kemungkinan bisa 120 kb/s. Apakah hanya kesalahan pengukuran saja ataukah ada kesalahan setting di Linux.

kppp-stats.png

2. Jika melakukan disconnect, biasanya secara software di KPPP mati namun secara hardware (Hp) masih melakukan koneksi sampai dimatikan secara manual dengan menekan tombol End di Hp.

NB: Saya kecewa dengan akses Fren Pasca Bayar, Dua bulan ini aksesnya tidak stabil, sering putus dan rata-rata hanya 0.1 KB – 2.1 KB. Fren rupanya tidak bisa mempertahankan kualitas jaringan datanya, entah karena kebanyakan user atau bagaimana? Mungkin saatnya mencoba Jagoan yang baru saja masuk Jogjakarta. StarOne lebih murah dan harusnya lebih cepat karena belum banyak user.

Update Terbaru : Starone Jogjakarta ternyata juga payah, lambat dan tidak stabil namun suatu waktu saya pernah merasakan kecepatan jagoan ini sekitar 10 – 15 KB. Sayang itu pun hanya berlangsung beberapa jam saja. Apa mungkin karena masih masa promosi Rp 200 /MB?

Tags: , , , , , ,

Mood :

31 Responses :


1. pupungbp Says:

Sama nih, di bandung Mobile8 juga parah… udah 1 bulan ini lelet banget… kayak di iklannya: "KECEWA PAKE FREN"

salam,



2. Darminto Says:

Disemarang kemaren sempet gitu, tapi sekarang dah mulai normal.
Tapi aku dah cabut dari paket maksurf, he he……



3. Darminto Says:

Aku nyoba pake kabel CA-42 dan hp 2280i kok gak di kenali modemnya di Mandrake 8. kalo mo cari driver yang enggak di kenali dimana ya..
maaf aku baru dalam dunia linux

Sebelumnya makasih



4. Kenz Says:

hmm.. pake mandrake 8 ya? saya belum pernah instal mandrake 8 kebawah, coba googling di internet. Setahu saya kabel CA-42 itu pake driver PROLIFIC di linux.



5. Uare Says:

weh, CD-MA toh? grup band baru po? ga ngerti cdma he he



6. dhanu Says:

CDMA? tertarik si, apalgi daku tinggal di kota kecil.. tapi ya nasib.. di Bantaeng sini belum ada yang masuk tuh sinyalnya..?



7. asep Says:

emang semua port serial yang masuk dari USB dikenali linux dengan driver prolific. itu kalo memang sudah diaktifkan driver yang ada dalam kernelnya kalo belum ya harus recompile dulu kernelnya seingatku dalam kernel linux versi 2.4.33 sudah aktif secara default.

thanks atas info setting modemnya di linux. aku coba deh.



8. adam Says:

Pas singgah di jakarta sempet tergiur evdo mobile8 dengan handphone merk samsung cdma support EVDO inject (seri e120 hingga e-250), BTS baru beberapa d jakarta dan surabaya…

pake timebased fren kecepatan bisa dapet 5 – 10 x cdma 2000 1x biasa, dengan rata-rata "50 KB/s per pc" download speed dari total keseluruhan portal EVDO 700-800KB/s. ( liat forumponsel.com..)

Sayang nya saya kul di jogja , ada kah info mengenai kapan dibangun BTS EVDO di jogja .. ?? ( fren, flexi, starone ?? )

apakah mobileaccess M8 jakarta EVDO bisa dinikmati di luar Jakarta tanpa harus ada BTS EVDO … ( ohh andai saja demikian …. hikssss T_T)

Indonesia selalu saja telat dan pelit dari negara2 maju laen nya … banyak sekali yg kecewa akan mobileaccess akibat promo yg benar-benar membius rakyat… :P akibat user semakin membanjir sehingga akses kita makin lelet…

( seperti iklan genk ijo … ASIK NYA RAME _RAME ) provider nya pada direbutin bak pacar cantik tebar pesona … hahaha ^^

-wasallam



9. zeeembah Says:

Saya pemakai fren paket maxsurf 200Mb. Awalnya senang bisa internetan agak murah. Tetapi belakangan ini (kurang lebih 3 bulanan) Fren benar2 payah. Koneksinya sering diputus-putus. Mulanya saya kira hardwarenya yang ada trouble. Tapi hp saya ganti dari Kyocera ke Nokia juga sama aja. Kemudian setting koneksi dan modemnya saya coba diubah-ubah. Alhasil sama aja putus-putus. Mau mencoba JAGOAN, wah udah keburu habis promosinya (200rp/MB). Nasib….Nasib. Tp masih untung bisa internetan dirumah, dengan HP kyocera 7135 jika koneksi putus, langsung dial-up bisa nyambung lagi. Lain cerita jika pake Nokia harus di END dulu dihpnya baru bisa nyambung lagi.

FRENKU SAYANG FRENKU MALANG….. PUAS PAKE FREN UNTUK NGOBROL DOANG…



10. ega Says:

numpang lewat bang
klik http://www.egaliternet.blogspot.com
08564 382 7777
ega semarang

CDMA dulu enak sekarang mahal bos



11. panji Says:

Infonya bagus nih..! saya kebetulan mau coba modem cdma di linux.. tapi ga berhasil-berhasil.. yang ini coba dulu ah..!



12. unting Says:

wah asik man … modem cdma bisa di kenali di linux, buat tipe hp yg lain bisa ngk ya …. ;)



13. asf Says:

terima kasih ilmunya!
Saya baru berhasil akses inet fren lewat 2112 pada Mandriva 2007.

Sudah nyoba akses yg timebase dgn account ISP pada fren?

Ilmunya sangat berguna, semoga mudah rezeki dan selalu sukses!

asf



14. Budi Says:

Saya pake fren (paket maxsurf) sejak bulan Oktober 2006 sampai sekarang. Memang akses fren mulai awal tahun 2007 sangat lambat dan sering putus. Berbagai macam usaha dilakukan, tetap lambat juga. Apalagi mulai pukul 23.30 – 06.00 WIB, sering tidak bisa digunakan. Apakah jam segitu, ISPnya dimatiin, atau bagaimana… Yang jelas fren mmg sangat mengecewakan. Saya dah komplain ke CS 888, tapi jawabannya tdk memuaskan, dan aksesnya tetap lambat. Pokoknya kecewa berat deh…:(



15. Agus Says:

Wah senangnya punya temen senasib. Saya kira hanya saya aja yang setengah mati pake Fren.

Saya udah coba komplain ke CS 0888-1856868, tapi sama sekali kagak bisa!!! Mesin penjawab hanya suruh nunggu, tapi udah nunggu berhari2, gak ada satu manusia pun yg jawab. Masa sih perusahaan hanya punya staff CS-nya 2 ato 3 orang aja sehingga gak sempet jawab pelanggan???

Mungkin satu2nya cara untuk hubungi Fren adalah melalui nomor 888 dan kunjungan langsung ke kantor cabangnya.

Pegawai di kantor cabangnya sih bilang kalo sekarang lagi banyak user, jadinya lambat. Katanya tunggu 2-3 minggu untuk lancar lagi.

Apa bener 2-3 minggu lagi bisa lancar? Saya ragu. Mungkin maksudnya 2-3 tahun lagi kali ya?



16. CLO Says:

Pak Saya pemula di Linux nih, udah coba browsing di Internet dan udah nemu tapi blom tahu harus mulai dari mana.

Saua make Ubuntu Drapper (6.06), pengen bisa konekin Fleksi (HP CDMA) ke intenet pake kabel DKU-5. Kesulitan saya adalah membuat modem dikenali dan mengeset modemnya…

Thx ya Pak…



17. kenz Says:

@CLO
saya belum berpengalaman di ubuntu, silakan tanya ke komunitas ubuntu terlebih dahulu. Hari ini saya sudah download ubuntu 6.10, mungkin kalau ada waktu akan saya coba akses pake CDMA.



18. Jati Anggoro Says:

Pernah coba yang centrin mobile access? saya selama ini pake mobile-8 centrin (koneksi centrin tapi lewat cdma fren) dari win XP. Sebenernya saya pake Fedora 4, tetapi berhubung blum tahu setting untuk centrin mobile-8 saya mesti pake winXP. sekarang win XP saya KO. Gimana setting VPN nya ya? makasih mas.



19. Anto Says:

sama dgn pertanyaan mas Jati Anggoro …… gimana caranya pake VPN utk koneksi Fren di Linux ?



20. Mn Says:

makasih infonya, lebih baik pake star one aja hehehe soalnya di Bali fren lebih parah



21. qudama Says:

saya juga pake DKu 5 dengan star 1 pasca bayar di surabaya.
koneksi internet nya lelet habiz.



22. wahyu Says:

Boleh nanya boss….need help …..SOS…

Wa pakai NL 658 distro fedora 2007…

wa koneksi pakai KPPP tapi pas masuk ke koneksi ada pesan NO CARRIER jadi belum bisa masuk koneksi

pas pakai WVDIAL wa udah bisa konek udah dapat resolv DNS nya tapi kok wa gak bisa buka webnya ya…..
apakah wa perlu setting resolv.conf nya
wa ping ke dns juga belum bisa

minta bantuan dimana kesalahan setting wa ya…



23. kenz Says:

@wahyu
NO CARRIER –> biasanya muncul kalau setting modem device-nya salah atau karena belum terhubung dengan modemnya.

kalau pakai WVDIAL saya belum pernah nyoba :D coba pastikan modem + kabel datanya terhubung, lalu periksa apakah jika melakukan dial melalui pc, handphone juga bereaksi. Jika tidak, dipastikan pc belum mengenali modemnya.



24. hartanto Says:

selama ini aku ngenet di warnet. br tahu kalau ngenet bs di rmh, tp hrs pk hp. ak pingin cobain. kira-2 pk hp apa yang paling oke, terutama hp cdma, ktnya murah banget. gimana caranya? tolong di bantu nih?. ada yg bilang, hp 2280 oke dan pakai kabel dku5. pa benar? trus gimana caranya?



25. Kenz Says:

@hartanto
pake Nokia 2280 + kabel DKU5 bagus kok. Jika pakai linux tulisan saya di atas bisa menjadi referensi.



26. tux Says:

@Kenz
Settingan pada Init 2 di Kpp mu kurang lengkap, seharusnya kamu setting seperti ini:
AT+crm=1;+cso=33
Dengan settingan tersebut, aku bisa dpat 14KBps dengan Nokia 6015i+MA-8620E

@Jati Anggoro dan Anto
Untuk mengakses VPN lewat FREN, kamu perlu menginstall program Pptp, download programnya disini -> http://pptpclient.sourceforge.net/
Kalau kamu pakai Mandriva 2007.1, program pptp nya sudah ada di Repos Mandriva 2007.1
Cara setting Pptp dengan contoh VPN JalaWave:
Cara setting Pptp untuk VPN ke FREN pake Jalawave
=================================================
1)kamu seting Pptpconfig, dengan setingan berikut:
1.Pada Tab "Server":
– Name = jalawave-vpn
– Server = m8.jalawave.net.id atau 10.88.88.10
– Domain = aku kosongkan
– User = jala-wsc
– Password = jalamobile

2.Pada Tab "Routing":
– aku pilih "All to Tunnel" dan di "Public network interface" aku isi ppp0.

3.Pada Tab "DNS":
– aku pilih/check "Automatic"

4.Pada Tab "Encryption":
– aku un-check semua.

5.Pada Tab "Miscellaneous"
– aku pilih/check "Enable conection debugging facilities"

2)Pada /etc/ppp/options.pptp ( Di pptp-linux-1.7.1 bawaan Mandriva Spring, pakai file tersebut) sudah aku hilangkan/aku kasih commnet "mppe required,stateless" nya.

3)di Wvdial atau kppp di set untuk konek ke m8-jala dgn user m8.

@Wahyu
Jika ada NO CARRIER, itu berarti Network/Jaringan di BTS sedang Full, sehingga Kanal DATA nya tidak dapat diakses, disebabkan banyak yang menelepon menggunakan Kanal VOICE nya.
pada teknoogi 2G, Kanal Voice dan Data digabung jadi satu dan Prioritas utama pada Knal Voice.
Coba kamu pindah ke tempat laiin.

ps: Jika ada pertanyaan Seputar Mandriva atau linux, silahkan main ke sini: http://forum.linux.or.id

Semoga membantu. :D



27. Mr.26 Says:

aku mau minta tolong sama senior 2 smua saya adalah seorang pemula di linux, saya pake manriva 2008 , saya ingin nanya gimaba cara nya menginstal wireless modem cdma venus VT12 soalnya modem saya ga’ kedetek. mintolong buanget



28. gurki Says:

Info internetan gratis dengan fren nih….. tenang, cara baru… bukan pake proxy Vietnam, bukan pakai pakai port 554… bisa browsing dan download sepuasnya tanpa isi pulsa…. Hebat kan? Info: fren_gratis@telkom.net kalo gini, sapa yg butuh starone…… hehehe



29. agus Says:

Klo saya kok malah pppd died sialan ga bisa konek apanya… ya ditunggu lho



30. Aa Pepen Says:

yg pertama…
daku mau kasih tahu atawa impormasikan kepada nyang
nyimak ni blog y… kali aja ada gunanye buat &da-&da muah-muah

bagi para pengenet yang lagi keblinger biar lebih asyik lagi
ada ngenet murah banget neh dari indosat (promosi amal buat &da)
cdma pascabayar 49.000 buat max. pake 350MB perbulanye
99.000 buat 1 GB max.pake lebihnye bayar 300,-/MB
GSM pascabayar 90rb buat max. pemakaian 250MB
99rb buat max. pake 750MB
kalo pengen lebih jelas lagi y dateng aja ke galeri indosatnya ndiri y
jangan minta anter gua… tapii kalo ditraktir makan ama anak-anak gua mah
yah boleh aje…. bcanda kali ye… eh beneran…canda ah

hei bro, kalu yu punya impormasi nyang full oke bagi-bagi ye….
biar bangsa kite ini lebih pintar & lurus, kagak mikir nyang laen-laen
kayak ngebajak karya orang, kan kcian tuh nyang bikinnye….
makanya kite harus punya duit buat beli tuh karya orang….
gimana cari duit nyang bisa sambil amal buat orang y???
ada nyang tau jalannya ga ye ??… tolongin gua dong

eldipa2008@yahoo.co.id
http://www.you2net.com



31. modem cdma Says:

saya coba dulu ya sob :)



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.126s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia