pakupaku
Wednesday, 22.11.2006 0:20

Freeware Portabel : Jawaban dari Kebutuhan di Era Digital Bergerak

Posted on Internet.

Kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi dewasa ini telah mempermudah manusia berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Manusia menjadi lebih mobil dalam beraktivitas. Perubahan pola perilaku ini ternyata juga ikut merubah karakteristik teknologi peralatan di sekitar kita menjadi serba portabel. Ada kursi portabel, lampu portabel, ranjang portabel, kompor portabel, dan juga komputer portabel (laptop).

Portabelisme tidak hanya terjadi pada perangkat keras (hardware) saja, tetapi juga sudah merambah pada perangkat lunak (software) sebagai perangkat yang bersentuhan langsung dengan para pengguna komputer.

Software portabel merupakan perangkat lunak/ program komputer yang dapat dibawa berpindah-pindah tempat dengan mudah, dan dapat digunakan segera tanpa perlu menginstalnya di komputer.

thunderbird-portable.png

Perkembangan media penyimpanan praktis pengganti disket yaitu UFD (USB Flash Disk) yang memiliki kapasitas berpuluh-puluh kali lipat dibandingkan disket turut mendukung perkembangan software-software portabel.

Software portabel saat ini lebih didominasi oleh software-software gratis yang sering dikenal dengan freeware. Hal ini disebabkan oleh karena sebagian besar freeware bersifat open source, tidak terpaku pada lisensi komersial, dan tidak berbayar (gratis).

Kesadaran masyarakat digital untuk menggunakan software legal juga membuat freeware cenderung lebih diminati dibandingkan menggunakan software bajakan/ ilegal.

Ada 3 situs yang sering menjadi acuan saya untuk mendapatkan freeware portabel yaitu PortableApps, Freeware Portable, dan Daftar Aplikasi Portabel Wikipedia.

Hari Senin kemarin PortableApps mengeluarkan kumpulan freeware portabel yang dibundel dalam satu aplikasi yang dinamakan PortableApps Suite : Your computer, without the computerâ„¢. Sebenarnya keistimewaan PortableApps Suite ini hanya terletak pada integrasi menu aplikasi dan juga fasilitas backup yang membuat manajemen penggunaan media portabel menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

portableapps-suite.png

Ada tiga paket yang ditawarkan dalam PortableApps Suite yaitu versi standar, lite dan base. Perbedaannya ketiganya terletak pada freeware portabel yang disertakan di dalamnya. Saya sendiri cenderung memilih paket yang ketiga yaitu PortableApps Suite Base dengan alasan karena filenya kecil sehingga cepat didownload dengan akses fren yang sangat tidak stabil. Aplikasi-aplikasi portabel lainnya yang sudah pernah saya download sebelumnya ternyata dapat dengan mudah digabungkan ke dalam menu PortableApps Suite Base.

Berbeda dengan PortableApps yang hanya terdapat beberapa freeware portabel saja, saya menemukan ratusan program freeware portabel siap pakai di situs Freeware Portable dan Daftar Aplikasi Portabel Wikipedia. Koleksi freeware di kedua situs ini terus bertambah setiap waktu.

Beberapa tips menggunakan UFD sebagai media penyimpan software portabel :

1. Pisahkan direktori program dengan direktori data untuk menghindari kekacauan yang tidak perlu dalam mencari data-data tertentu ataupun untuk menjalankan program tertentu.

2. Pertimbangkan jumlah program dan data dengan kapasitas UFD. Jika kapasitasnya hanya 128 MB, masukkan program seperlunya saja.

3. Gunakan program manajemen menu seperti PortableApps Suite, Pstart dan sejenisnya untuk mempermudah dalam melakukan manajemen file dan menjalankan program tertentu.

4. Backup seluruh isi UFD dalam direktori tersendiri di hardisk secara berkala, terutama ketika akan melakukan update program-program tertentu.

5. Pastikan menutup semua program aplikasi ketika sudah selesai menggunakannya, selalu gunakan Safely Remove Hardware yang terdapat di sistem tray sebelum mencabut UFD agar tidak kehilangan data.

safely-remove-hardware.png

6. Jika menggunakan UFD di warnet ataupun di komputer tetangga, jangan sampai ketinggalan yah ;)) Saya pernah ketinggalan di warnet, padahal UFD saya berisi berbagai informasi rahasia. Untungnya teman saya yang cantik ini sedang jadi penjaga warnetnya.

Demikian saja informasi berdasarkan pengalaman saya semata. Selamat memasuki dunia digital bergerak bersama freeware portabel !!!

Tags: , ,

Mood : Bercanda emoticon

9 Responses :


1. Yuliazmi Says:

Wah Ken, sudah ada update lagi ya utk portable apps …, yang sering saya (& suami) pakai portable FF… cuma krn skrg bawa notebook jadi jarang lihat2 lagi… sip lah nanti cek ke situsnya. thanks



2. Charly Silaban Says:

Hello Kenz lama tak sua..
Iya gw dah coba Suite Appsnya.. tapi lumayan besar euy file
-nya..



3. kenz Says:

halo charly, coba deh pake yang BASE trus kita download sendiri aplikasi yang diperlukan. PortableApps Suite Base nya ga sampai 1 MB kok ;))



4. Regey Says:

Wah… blog keren.. maju terus…



5. zack Says:

Mas, aku minta tlg donk…
maklum baru kenal komputer jd agak nora. Aku dah download PortableApps Suite (ga tanggung", tiga"nya didownload), tapiiii… masalahnya, pas mau di coba koq ga bs ya…… keluar tulisan:install to (root directory on portable divece recommended)… Browse!! NAh berhubung b. inggris ku payah, tak fahamlah aku…
Tolong dikasih step"nya ya mas…
Maturnuwun..tararengkyu… makasih..



6. zack Says:

setelah dicoba yg bs ternyata yg Download Base Edition 1.0 -, tp koq ga da software"nya
aneh….



7. hossein Says:

hi



8. Idrisamien Says:

Mau nanya nih mas, selain dari 3 situs penyedia software portable di atas, ada nggak yg lain. mohon jawabannya ?



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.100s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia