pakupaku
Tuesday, 30.01.2007 11:09

Berburu Durian di Kotabaru Jogjakarta

Posted on Journey.

Durian, buah ini menyimpan kelezatan dibalik duri-duri tajamnya. Bulan Desember-Februari adalah musim buah ini. Saya bukan penggemar berat durian, tapi kebiasaan bapak saya yang suka membeli durian tempo hari membuat saya sering ketagihan untuk mencicipi kenikmatan buah ini. Apalagi tahun 2004 saya juga pernah berjualan durian bersama teman-teman kuliah. Pengalaman membeli durian langsung dari pohonnya, membawanya menggunakan motor melewati jalanan terjal perbukitan Purworejo sambil merasakan duri-duri tajam menusuk kulit adalah sebuah kenangan tersendiri akan buah ini.

Jual Durian Bersama Teman Kuliah

Beberapa jalan di Daerah Kotabaru Jogjakarta, merupakan sentral dari penjualan durian, khususnya di depan gereja Antonius Kotabaru dan di depan Crescendo. Jika menggunakan google earth maka kordinat titik sentra penjualan durian akan ditemui pada 7°47’17.52″S – 110°22’16.75″E dan 7°47’15.33″S – 110°22’19.08″E. Saya sendiri tidak tahu bagaimana asal usulnya daerah ini menjadi tempat bagi para pedagang durian.

Lokasi Sentral Penjual Durian Kota Baru

Mereka menjual durian yang diangkut dengan mobil-mobil pickup dengan plat AB, AA, AD dan H. Plat mobil ini terkadang menunjukkan asal durian ini, misalnya H berarti durian dari Semarang, AA dari Purworejo dan seterusnya. Alhasil setiap kali saya melewati daerah ini pada musim durian, saya akan mencium bau durian yang begitu menggoda.

Penjual Durian Kotabaru Jogjakarta

Harga durian di daerah ini berkisar antara 5000-50.000 per buah. Harga ini akan semakin murah ketika musim durian. Sejak jaman bapak saya, pedagang durian adalah pedagang yang terkenal pintar untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Berbagai cara mereka lakukan untuk menjual duriannya, termasuk dengan menipu pembeli, khususnya pembeli yang membawa pulang duriannya. Oleh karena itu diperlukan kecermatan dan kelihaian dalam memilih durian sehingga durian yang kita beli tidak busuk, atau keras sewaktu dibuka di rumah.

Beberapa cara yang mereka lakukan untuk menipu pelanggan adalah sebagai berikut :
1. Menumpulkan duri agar terlihat durian tersebut adalah buah durian yang jatuh dari pohon.
2. Menyuntikan gula pada ujung daging durian sehingga ketika pembeli mencicipi ujung daging akan terasa manis, empuk padahal di dalamnya keras dan belum matang.

Beberapa teman pencinta durian mengatakan ada 5 cara untuk mengetahui kelezatan daging durian dari penampakan luar, yaitu dengan memukul-mukulnya, mencium aromanya, memilih duri yang tumpul dan jarang, mengamati cacat kulitnya dan mengoncang-goncangnya. Namun dengan kelicikan para penjual durian sekarang ini dan berbagai faktor pengaruh lainnya, saya berpendapat cara ini hanya berhasil 68% saja dalam menentukan buah durian yang enak.

Saya sendiri pernah tertipu dua kali, padahal saya sudah melaksanakan 5 prosedur tersebut secara ketat, bahkan sudah mencicipi ujung daging durian tersebut. Pengalaman tertipu membuat saya jarang membeli durian untuk dibawa pulang ke rumah. Saya dan pacar saya biasanya makan durian langsung di tempatnya untuk mendapatkan garansi bahwa durian yang saya makan adalah baik adanya.

Buah Durian

Berikut ini beberapa catatan saya dalam berburu durian di Kotabaru Jogjakarta :

1. Pilih tempat yang menurut Anda nyaman terlebih dahulu, misalnya ketersediaan tikar, air untuk cuci tangan dan kebersihan tempat.

2. Semua durian disini bisa ditawar untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kantung kita. Biasanya membeli dua buah durian lebih murah dibandingkan membeli satu saja. Semakin banyak membeli akan semakin murah, itulah logika penawarannya.

3. Percayakan pedagang untuk memilih durian yang terbaik untuk kita. Namun pastikan jaminan garansi tukar baru bila tidak enak atau busuk. Hal ini penting sekali, karena akan mempengaruhi pedagang dalam memilihkan durian yang enak. Jika perlu jangan membayar terlebih dahulu sebelum Anda selesai makan durian di tempat tersebut.

4. Setelah menikmati kelezatan durian, ada cara yang cepat untuk menghilangkan bau durian yaitu menggunakan kulit durian bagian dalam untuk mencuci tangan kita, atau dengan mengosok-gosokkan tangan kita pada bagian dalam durian sehingga bau durian dapat ternetralisir.

Malam minggu yang lalu, saya dan anak-anak cahandong sangat terpuaskan makan durian di Kotabaru. Saya membeli 10 durian ditambah bonus 1 dan sempat tukar 2 buah durian untuk kira-kira 12 orang yang datang saat itu. Alhasil saya sendiri merasa mabuk durian malam itu, tapi saya heran dengan orang-orang ini… matriphe…. diditztoopicsadi... hahaha… mereka benar penggila durian menurut saya ;))

Cahandong dan Durian

Tags: ,

Mood : Bahagia emoticon

15 Responses :


1. ekowanz Says:

slruuuup…….keliatannya enak :D

tapi ko foto yang paling bawah kurang jelas tuh :p



2. orang-orang yang dimaksud Says:

asekkk….tengkyu ya durennya! ntar bis wisuda lagi yooookkk….
:D



3. chocoluv Says:

i hate durian :(
maaf kemaren ngga bisa dateng :D



4. zam Says:

wah..

kalo belum nyoba DURIAN MATESIH… belum ngesoul…

eh, kalo yg di Klaten, itu ngambilnya dari Boyolali..

lebih enak, daripada yg dari Purworejo..

eh, pernah dengar buah Pampakin? coba cek: http://j-mave.blogspot.com/200.....pakin.html

oiya, RSS njenengan sudah masuk ke planet.cahandong.org..

kemarin udah dilist tapi kenapa ndak mau masuk itu RSS-nya :D



5. Uare Says:

Hoi! selamat ya!
aku durung entuk duriane! kapan2 dewe nduren nyok?
aku baru merencana sering ke yogya nih…



6. mina Says:

wah saya jadi teringat juga malam tanggal 14 kemaren juga makan durian di kotabaru.
buset tu gambar paling atas, banyak banget duriannya? apa gak pingsan :D



7. tooooooooooooooooopics Says:

mau lagih donkz… :D



8. templank Says:

duren singkatan dariDUH rido emagn keREN…. hehhheh..



9. priyayisae Says:

ops… durian.. wis suwe banget ra ngunthal durian.



10. Fany Says:

Kalo ke sleman sih aku gak pernah beli durian.. lha wong punya 2 pohonnya.. sampe turah2 dijual hehe..



11. thestoopid Says:

hehehehe…
thanks yaaah!
met wisuda!

salam buat desi :D

eh katanya ada "ronde ke 2" yaaa

*kaburrr*



12. escoret Says:

wah,selamat wisuda….!!!!
smga cpt dpt kerja..!!!!
atau udah..???
pokoknya selamat..!!!!!



13. derry Says:

hallo mas, kayanya enak tuh duriannya ! kirim-kirim dong.

derry
http://www.gemilangcomm.net



14. ridhocyber Says:

kemaren saya juga beberapa kali berburu durian di sono, bahkan sempat saya posting di blog saya… emang manteb makan durian di sana, suasanannya asik, makan durian sambil cuci mata…



15. Rob Says:

Melalui Tempat Koment ini saya menginformasikan kepada seluruh maniak/penikmat durian info hangat dan terbaru tentang:
DURIAN MENOREH UNGGUL NASIONAL – BIBIT DURIAN (THE SUPERIOR DURIAN FROM INDONESIA)
Dalam Bahasa Indonesia
Berdasarkan surat keputusan Menteri Pertanian pada tanggal: 8 Mei 2007, No. 317/kpts/SR.120/5/2007, menetapkan bahwa varietas Durian Menoreh kuning dan Jambon sebagai Varietas yang baru muncul dan berdasarkan hasil penelitian dari para ahli yang berkompeten melalui penelitian Laborat UGM dinyatakan sebagai Varietas Durian dari Kalibawang-Yogyakarta yang unggul Nasional.
Pembelian dan Informasi tentang Bibit/Benih Durian Menoreh adalah:
Nama: Menoreh Seed
Alamat: Jln. Kaliurang, 19, Yogyakarta.
Kontak: (0274)8399744 / 081391765308/081313888479
Kota: Yogyakarta

In English
Based on the decision letter of Agriculture Cabinet Minister from Indonesia No.: 316 dan 317/kpts/SR.120/5/2007 – Tgl: 8 Mei 2007 that The DURIAN Fruit of MENOREH KUNING DAN MENOREH JAMBON is SUPERIOR(UNGGUL).
Name: Menoreh Seed
Address : Jln. Kaliurang, 19, Yogyakarta.
Contact: (0274)8399744 / 081391765308/ 081313888479
City: Yogyakarta



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.102s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia