pakupaku
Thursday, 01.02.2007 15:33

Koleksi Jendela Pemanen Password

Posted on Collection.

Selama berinteraksi dalam civitas akademi Psikologi UGM, saya mengamati ada suatu perilaku pengguna internet yang cenderung mengabaikan keamanan dalam berinternet.

Kemudahan penggunaan fasilitas pengingat password pada browser cenderung digunakan secara spontan, tanpa melengkapinya dengan sistem keamanan yang lain. Hal ini sangat memudahkan saya ataupun orang lain untuk masuk dalam account email ataupun layanan web milik dosen maupun mahasiswa yang sebelumnya menggunakan komputer tersebut.

Berikut ini adalah jendela-jendela pemanen password dalam browser Internet Explorer, Mozilla Firefox, Flock, K-Meleon, Avant Browser, Opera, Konqueror, Epiphany :

pass-ie.jpg

pass-firefox.jpg

pass-flock.jpg

pass-kmeleon.jpg

pass-avant.jpg

pass-opera.jpg

pass-konguer.jpg

pass-epiphany.jpg

Berbagai jendela ini merupakan potensi awal terbukanya celah keamanan yang pada akhirnya merugikan pengguna internet itu sendiri. Oleh karena itu pengguna internet setidaknya mulai berhati-hati jika menghadapi jendela yang terkadang terbuka secara otomatis setelah memasukkan password. Beberapa browser dilengkapi dengan Master Password, gunakan fasilitas ini untuk melindungi kumpulan password dalam browser Anda. Rekomendasi saya adalah memilih tombol TIDAK, NO, dan NEVER. Penggunaan fasilitas pengingat password secara serampangan bisa jadi akan menjadikan jendela ini sebagai jendela pemanen password bagi hacker.

Menurut saya penggunaan otak sebagai media penyimpan password adalah solusi terbaik sekaligus sebagai latihan dan pemeliharaan organ tubuh ini. Namun jika memang otak Anda terbatas, Anda bisa menggunakan program media penyimpan password lainnya seperti nPassword, KeePass, Password Gorilla dan Yadabyte Password.

Tags: , , ,

Mood : Bahagia emoticon

11 Responses :


1. zam Says:

sekuat dan serumit suatu sistem keamanan, tidak akan berarti kalo user yg menggunakan tidak dapat menjaga password..

di balik kemudahan kita berinteraksi, sesungguhnya semakin besar celah keamanan yg terbuka. seperti fasilitas pengingat password itu, tujuannya adalah mempermudah user, tetapi resikonya sangat besar..

dan gara-gara ingin "mempermudah" administrasi, malah blog-ku diserang..

yo wis, tak tutup wae "celah" kui..



2. toooooooooooooooooooopics Says:

padahal aku ngga ngerti kamsudnya apaan.. tapi kalo ditanyain sama tuh mesin yang namanya kompie buat nyimpen paswort, jelas aku ngga mau ah… kan paswort saya itu rahasia.. *loh??? malah ditulis*



3. Uare Says:

Wand Password? YES! di kompi sendiri he he di warnet mah ALWAYS NO! otak kiri dah dipasang Flash Disk 32Mb buat nyimpen pass, lagian konfigurasi user/pass cuman punya 3 set! tp masih tergantung webnya juga kok, kalo ga rutin, misal syarat donlot atau apa ya ALWAYS NO!



4. vi3 Says:

selalu tekan never for this site… kalo keluar dari warnet juga biasanya langsung apus2in cache, history de el el.. biar ga kelacak.. betul??



5. templank Says:

kadang hal remeh kayak gene kita lupa yah…



6. Riyogarta Says:

OOT: pasti nangkep gambarnya pake snagit :)



7. yoan Says:

ho-oh, walaupun terkadang bete banget setiap dapet tulisan kya begini…tapi ada baiknya segala sesuatunya dibaca baik baik terlebih dahulu..bukan begitu bukan??? *hehehe*..pa kabar pak???

Btw….kenapa masih manggil gw JOAN *huhuhuhu* kenz jahat :p hahaha



8. thestoopid Says:

wah serius bgt
kalo aku mah pas disodori kaya gitu, langsung enter aja (karena opsi defaultnya NOT NOW)
hweheheh



9. aad Says:

nek aku langsung tak pnjet "NEVER"



10. ray Says:

top lah….emang dah banyajk orang yang asal p[encet pas masuk ke kolom2 tertentu tampa dibasa dulu…pokonya ati2



11. jojo Says:

tolong info saya cara untuk menggunakan nPassword, karena saya newbie. tolong kirim kan ke [email protected]
thanks.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 16253 days
Emotional
22.3%
Bioritme Status
Physical
-81.7%
Bioritme Status
Intellectual
-9.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 1.101s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia