pakupaku
Wednesday, 14.02.2007 15:26

Front Panel Audio Connector

Posted on Ergonomics.

Seminggu yang lalu saya ditugaskan untuk merakit tiga buah komputer pesanan saudara saya. Sudah lama saya tidak merakit komputer, kurang lebih setahun mungkin. Perubahan teknologi komputer rupanya berjalan dengan cepat dan semakin murah. Hanya dengan uang 3 juta-4 juta saya dapat merakit komputer sekelas P4 dengan spesifikasi merk yang berkelas. Dulu uang 4 juta masih belum cukup untuk mendapatkan spesifikasi komputer tersebut.

Selain harga yang semakin murah, rupanya terjadi perubahan dalam desain model casing komputer saat ini. Kebutuhan penggunaan headphone ataupun UFD (USB Flash Disk) membuat produsen casing tidak malu-malu lagi untuk membenamkan front panel connector di bagian depan casingnya. Penempatan fasilitas ini sungguh sangat membantu dan ergonomis menurut saya.

Front Panel Simbadda Sim-V

Namun kali ini saya justru kebingungan dalam menghubungkan kabel front panel audio dengan audio connector di motherboard. Petunjuk di buku manual tidak begitu akurat, karena model casing di pasaran yang menyertakan front panel sepertinya masih belum mengikuti standar penamaan.

Front Panel Audio Connector P5PE-VM

Saya menggunakan casing Simbadda Sim-V 10825, petunjuk di kabel sangat berbeda dengan penamaan di motherboard. Begitu pula petunjuk di manual Motherboard Asus P5PE-VM berbeda dengan manual di Gigabyte GA-8I865GME-775-RH (-AS) padahal keduanya menggunakan AC’97 Audio Standard. Seperti biasa saya melakukan trial n error yang memiliki resiko untuk merusak mainboard. Yehaa! Hasilnya adalah sebagai berikut :

Front Panel Audio Connector

Front Panel Audio Connector P5PE-VM

A = Konektor Line-Out Speaker Kiri (Line-Out Left -White)
B = Konektor Line-Out Speaker Kanan (Line-Out Right -Blue)
C = Konektor Microphone (Mic Line-In -Red)
D = Konektor AGround (Grounded -Black)

Ada satu lagi kabel konektor yang bertulis Mic Power (Mic Pwr -Orange), saya pasang pada konektor di mainboard (E) malah membuat front panel bagian mic menjadi tidak berfungsi. Jadi saya lepas saja, membiarkannya jomblo tanpa pasangan. Akhirnya saya pun dapat menggunakan headphone dan microphone tanpa perlu sulit-sulit mencolokkannya di belakang casing seperti dulu. Sip lah !

Tags: ,

Mood :

16 Responses :


1. ekowanz Says:

iya nih….duit segitu bisa buat dpt kompie bagus sekarang!!!!
jadi inget komputer di rumah yang udah jadul banget :p



2. tooooooooooopics Says:

waaaa udah pangling ya????



3. zam Says:

hehehe..

sudah lama juga saya ndak mbongkar komputer. terakhir ya kemarin pas ngganti power supply saya yang njeblug..



4. thestoopid Says:

eh kompie saya kmrn rusak, mati sendiri….
vganya panas banget T_T
prasaan baru nyala 6 jam doang
:D



5. Uare Says:

wah, kangen ngrakit PC lagi…asik tenan!



6. Riyogarta Says:

Semenjak beli notebook, PC di rumah jarang dipake .. hiks. Padahal dulu ini PC dirakit sendiri, digonta-ganti isinya sendiri, diupgrade dsb.



7. Tomat Says:

Hi Oktav,

Aku juga punya masalah yang sama nih. Punya casing Simbadda yang ada front panel-nya dan motherboard Gigabyte GA-945PLM-S2.

Aku pengeng front panelnya berfungsi, tapi si toko malah bingung. Aku sendiri hmm awam banget soal ngoprek kabel. Duh, kemana ya nyari pencerahan?. Soalnya aku perlu front panel buat edit audio. :-((



8. kenz Says:

@Tomat
barusan saya ngerakit komputer lagi GA-945GZM-S2 dan Simbada Sim-V. Mudah kok, lihat di manual konektor audionya mainboard dan tinggal ditancapkan saja kabel konektor audio casing.



9. tedy Says:

Terimakasih banyak atas sharing mengenai front panel audio connector ini. Sangat bermanfaat! Saya pernah minta tolong idpasangkan sama toko tempat saya beli PC, tapi mereka malah tidak tahu katanya, alhasil sampai saat ini gak berfungsi front panel tsb… Saya sempat nyoba-nyoba sendiri dan sempat frustasi nggak mau nyoba lagi karena gagal-gagal terus. Tapi kini, saya senang sekali karena sudah mengetahui caranya… Terima kasih, terima kasih!!!



10. Ant Says:

Thank’s Bro,
cuman ada yang kurang.
Screenshot untuk pin di front panel casenya mana?



11. kenz Says:

@Ant
maksudnya pin yang mana ya? bukankah dari front panel itu biasanya sudah jelas nama kodenya dan juga warna-warnanya. (*coba lihat gambar terakhir)

Nama kode di pin front panel, saya tulis dalam tanda kurung :
A = Konektor Line-Out Speaker Kiri (Line-Out Left -White)
B = Konektor Line-Out Speaker Kanan (Line-Out Right -Blue)
C = Konektor Microphone (Mic Line-In -Red)
D = Konektor AGround (Grounded -Black)

Nama kode ini kadang tidak standar, antara casing yang satu dengan yang lain namun biasanya bisa diperkirakan dengan trial and error. Selamat mencoba :)



12. jung Says:

klw mau beli usb front panel gtu dmn ya.. case g simbadda AX_16 ama kaki2 casing g waktu beli ga dapet



13. Adi Says:

tolong kalau ada yang tahu mengenai pemasangan panel conector selengkapnya versi motherboard VIA P4M800 atau Amptron P4M800, krn tidak ada keterangan dimotherboardnya.please……..



14. Smurf Says:

Mas, klo mau beli kabel front panel lengkap dengan portnya di mana ya? Casing saya ada lubangnya tp tidak ada portnya. Pdhal boardnya mndukung front panel. Saya sudah nyari di mana2, tp ga ketemu. Pernah nanya2 k toko komp, katanya itu bawaan casing. Apa betul? Klo benar ada ga yang menjual secara terpisah? Mohon pencerahan. Thx b4.



15. merawat dan memperbaiki komputer Says:

cihuy,,,,,,,

ketemu disini juga nich artikel thanks sob……..

salam kenal…



16. atmasetya Says:

kalo jack mic nya supaya bisa stereo gimana.??

soalna jack mic juga ada 3 kabel kan.. left,right,ground. sama kaya jaudio…

udah di coba tutor di atas tapi mic na di speaker cuma sebelah doank..
mohon pencerahannya.. trim…



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 16248 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
39.8%
Bioritme Status
Intellectual
75.6%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.109s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia