pakupaku
Sunday, 11.03.2007 0:39

Hati-Hati Naik Kereta Api Indonesia dan Sony Ericsson Z610i Curian

Posted on Journey.

Saya akhirnya memutuskan untuk menyebarkan pengalaman buruk di kereta api tempo hari kepada teman-teman saya di friendster dan milis-milis, agar kejadian ini tidak mereka alami mengingat pengamanan kereta api di negeri ini sangat minim sehingga kriminalitas pun seakan terus berulang memakan korban.

—————————————

Rabu, 7 Maret 2007, pukul 22.30 WIB. Saya, dan kedua adek saya pulang ke Yogyakarta dari Cirebon menggunakan Kereta Senja Utama Yogyakarta kelas Bisnis. Kami bertiga tertidur karena kelelahan setelah menghadiri peringatan 1 tahun meninggalnya ayah kami, dan satu jam kemudian adek saya mendapati tas yang dibawanya sudah hilang. Anehnya semua penumpang di gerbong tersebut tidak ada yang tahu siapa yang mengambil tas adek saya karena mereka semua mengaku tertidur. Kejadiannya berlangsung sangat cepat sekali, adek saya sempat syok dan memeriksa ke seluruh gerbong bersama seorang POLSUSKA, namun hasilnya nihil. Bahkan sepertinya POLSUSKA sudah terbiasa dengan kejadian tersebut sehingga beliau langsung mengatakan bahwa barang yang hilang di kereta api tidak akan ditemukan lagi, jadi percuma saja mencarinya di atas kereta api.

Kebetulan sekali isi tas tersebut adalah napas hidup adek perempuan saya, karena isinya adalah semua barang-barang yang sangat penting, baik berupa surat-surat berharga, kartu atm, stnk dan kunci motor, handphone, kamus elektronik, uang, obat-obatan, flash disk yang berisi tugas-tugas kuliah selama 5 semester, buku kuliah dan barang-barang yang kiranya memiliki kenangan tersendiri bagi adek saya. Saat ini adek saya masih mengalami depresi, mengingat semua barang-barang penting bagi hidupnya ada dalam tas tersebut. Ibu saya yang mendengar kabar ini juga menjadi sakit.

Ternyata kejadian pencurian di kereta api adalah hal yang sudah kerap terjadi dan terus berulang. Pengamanan kereta api meskipun kelas bisnis hanya dijaga satu polsuska, sehingga para penjahat memiliki keberanian dan banyak kesempatan untuk melakukan tindakan kriminalitas. Belum lagi keahlian penjahat yang menggunakan ilmu hitam dan rendahnya solidaritas antar penumpang dalam satu gerbong semakin meningkatkan keberhasilan para penjahat dalam beroperasi di dalam kereta api.

Oleh karena itu saya menghimbau pada teman-teman sekalian pengguna kereta api di Indonesia, dalam kelas apapun (ekonomi, bisnis dan eksekutif) agar BERHATI-HATI terhadap pencurian dalam kereta api.
1. JANGAN MENARUH BARANG BERHARGA TERPUSAT DALAM SATU TEMPAT, agar anda tidak kehilangan semuanya.
2. IKATLAH TAS PADA TUBUH ANDA, ATAU PADA BESI BAGASI GERBONG, agar penjahat sulit untuk mengambil tas anda ketika anda ketiduran.
3. CARILAH TEMPAT DUDUK DI TENGAH GERBONG, posisi di dekat pintu gerbong adalah posisi strategis yang menguntungkan bagi penjahat.

Hal diatas hanyalah pencegahan dari tindak kriminal pencurian, padahal dalam kereta api sendiri banyak sekali kejahatan yang sering terjadi mulai dari penodongan, perampokan, pelecehan seksual oleh pengamen, penipuan dan ilmu gendam. Saya tidak tahu, sampai kapan tindakan kriminalitas itu memakan korban.

Selain itu, saya juga memohon bantuan teman-teman untuk melacak HP SONY ERICSSON Z610i milik adek saya yang berwarna merah muda (rose pink) bernomer IMEI 35283601-770767-1, kabarnya jenis hp merk ini yang berwarna demikian sangat terbatas di Indonesia.

Sony Ericsson Z610i

Sayangnya Sony Ericsson Indonesia belum bisa melakukan blokir IMEI saat ini, hanya bisa mencatatnya pada database dalam jaringan service center SE se-Indonesia, sehingga dapat dilakukan tindakan seperlunya pada orang yang membawa hp tersebut ke service center. Orang yang membeli hp curian akan merugi, dan jika tertangkap tangan bisa dijadikan tersangka penadah yang hukumannya lebih berat dari pencurinya itu sendiri.

IMEI SE Z610i

Demikian pengalaman saya, semoga ini tidak terjadi pada teman-teman sekalian dan menyesal di kemudian hari. Tolong sebarkan informasi ini pada teman-teman yang lain melalui teman-teman di friendster ataupun milis-milis, karena begitu buruknya penegakan hukum dan pelayanan aparat penegak hukum di negeri ini sehingga keamanan merupakan tanggungan kita sendiri.

Oktavianus Ken Manungkarjono
http://blog.kenz.or.id/

Tags: , ,

Mood :

19 Responses :


1. sa Says:

moga barang2 berharga tsb dapat ditemukan kembali.
tadinya aku berencana utk naik kreta ke yogya saat pulkam juni nanti, ehm.. jd masukan berharga.



2. dyna Says:

sing sabar ya….



3. zam Says:

sepertinya sistem transportasi Indonesia perlud dibenahi di segala sektor yo kang..

:)

sing sabar yo kang, mungkin saja malingnya lagi butuh duit untuk menyekolahkan anak-anaknya yang masih kecil, untuk makan, dan utnuk hidup.. :)

oiya, kui gara-gara ente ndak ngajak-ajak saya ke Cirebon.. :D



4. ekowanz Says:

yo sing sabar yo kang…
jadikan semua ini pelajaran bagi kita semua besok2 lagi



5. diditjogja Says:

3. CARILAH TEMPAT DUDUK DI TENGAH GERBONG

yo iyolah! mosok di bawah gerbong!!!
gak bakalan ada copet disitu mass…..
xixixixixi



6. tooooooooooooooopics Says:

wah ngga aman semua.. darat, laut, udara???? piye iki??



7. Hedi Says:

Ikut prihatin, mas.

Naik kereta itu sekarang harus siap ngebronx, siap berantem, siap ga tidur. Temen saya yang bawa DVD player dan dijadikan tatakan kepalanya waktu tidur saja masih bisa kehilangan.

Sakti tenan kok penjahate, makanya satu-satunya jalan cuma waspada dan berkelahi aja deh… saya masih napsu sama orang² itu.

btw, Nice tips :D



8. thestoopid Says:

pengalaman berharga…
thx…
sabar aja bwt adekmu



9. Bimo Awang Yudha Says:

Lain kali mungkin lebih berhati-hati, karena di sini msh banyak orang yang gak bekerja.
Belajar dari pengalaman lebih baik tidak membawa barang2 yg terlalu banyak dan berharga. Terima kasih atas sharing nya.



10. om Ahmad Says:

Setahu gue kalo ke arah jakarta neh dr yogya (ato dr manapun yang arah timur) bila naek kereta api bisnis. setelah beberapa saat melewati cirebon mesti hati2 disitu banyak kebon kosong dan keretanya biasanya jalan agak pelan2..ato kadang2 berhenti karena ada simpangan dengan kereta laen…nah dimomen itu biasanya ada jambret dari luar kereta..mereka kabur keluar begitu telah dapet barang..



11. Wijanarko Says:

Turut berduka ya…
Mudah-mudahan pencurinya mendapat balasan yang setimpal dan dijauhkan dari keberkahan. Bagi adik anda, semoga diberi ganti yang lebih baik.
Kewaspadaan tetap harus ditingkatkan dimanapun kita berada.

Saya juga tiap minggu naik kereta (bisnis) Parahyangan (Jakarta – Bandung – Jakarta)
Saya juga pernah melihat seorang penumpang yang naik tanpa tiket dan bayar langsung ke kondektur. Sesuatu yang tidak lazim bukan? Bukankah di stasiun ada loket penjualan tiket.



12. Gombloh Says:

Saya pengguna jasa kereta sejak th 2000 sampai sekarang nglajo tiap minggu dari semarang – jakarta pp pakai argo muria/argo anggrek/kamandanu. Laptop saya juga hilang di argo anggrek dalam perjalanan malam dari jakarta ke semarang. Persis kayak yang dialamai adek sampeyan penumpang sekitar gak ada yang tahu konon tertidur semua, saya lapor ke polsuska lalu semua gerbong disisir bahkan di stasiun semarang tawang keberangkatan kereta sempat ditunda hingga 10 menit (kereta akan melanjutkan perjalanan ke surabaya) untuk pemeriksaan barangku yang hilang itu tapi hasilnya nihil.

Ada sedikit tip cara meletakkan tas di bagasi kereta yaitu posisi tas dibalik, "pantat"nya diluar letsreting pembuka tas didalam lalu digembok. Mudah-mudahan aman ..



13. ariefrus Says:

Saya turut prihatin atas kejadian yang dialami mas okta & adek2nya. Kalo boleh saran….Berdoalah pada saat naik kendaraan/kereta api mohon keselamatan selama dalam perjalanan hingga sampai di tujuan tanpa kurang suatu apapun. KONSENTRASILAH untuk berikhtiar terserah anda menaruh dan menjaga barang-barang sampai anda yakin itu aman lalu PASRAH. Meski anda tertidur. Jika tetap ada yang hilang bersabarlah musibah ini memang sudah kehendak NYA dan bukan berarti doa kita tidak dikabulkan, tapi ada hikmah dibalik kejadian tersebut. Semua yang kita miliki ini hanya titipan yang satu saat akan diambil kembali.(meski dengan cara hilang atau dicuri).
Pihak keamanan KA sekarang menurut saya sudah merespon cukup baik jika ada kejadian kehilangan dan lain-lainnya. Tapi ingat bukan mereka yang menentukan barang anda kembali.
Saya juga pernah kehilangan.
Mudah-mudahan bermanfaat..
Trims…



14. bob Says:

thanks bwt infonya, sabar mas mudah2an nanti ada gantinya.

oh iya sekedar info klo di daerah selatan memang rawan, bener juga kata mas okta mereka pake ilmu gendam soalnya saya juga hampir jadi korban, tapi Alhamdulillah saya ga jadi kehilangan hp saya. Ceritanya dulu waktu saya naik kereta api mutiara selatan surabaya-bandung tiba2 di daerah setelah stasiun yogya arah ke bdg ( kira-kira tengah malam pas semua orang lagi tidur & saya sendiri terbangun karena ada sms di hp saya ) pas saya mo tidur lagi karena memang udah ngantuk banget & kondisi setengah sadar, ada 2 orang dengan pandangan mata tajam yang megang pundak saya trus minjam hp dengan alasan dia ga ada pulsa & mo nelpon saudaranya dgn janji pulsa kita akan diganti. Hampir aja saya mo minjamin, pas saya mo kasih Alhamdulillah saya disadarkan dan langsung ngomong ke org itu klo pulsa saya hanya bisa untuk sms. Syukur mrk pergi. Mungkin orang itu memang sengaja naik kreta & turun d stasiun berikutnya krn waktu tengah malam ga bakal ada pemeriksaan karcis. Mudah2an berguna bwt temen2 semua



15. arif Says:

Pasti kalao bersabar dan iklas atas apa yang menimpa mas mbak,tuhan akan kasih lebih buanyak dari pada yang hilang,

Soalnya Q punya temen kerja di warnet yang dapet musibah pas di jaga, dia kehilangan 2 monitor lcd 17 ",dan kebijaksanaan perusahaan yang jaga harus mengganti,WAAAdoouh kacian bener temanku,Q berdoa supaya dia tidak strees,eee dia malah tetep tenang santai dan iklas menghadapi cobaan,SSaaalut banget Q.
Terbukti sekarang dia dah bisa keliling dunia,dan bekerja di perminyakan, hebbaaat
mator nuwun



16. firaz Says:

ati2 ja naik kereta selain kelas ekonomi, saya juga pernah coba naik bisnis maupun ekonomi,,

wah
banyak bgt pemalak apalagi di kelas ekonomi, kalau ga dikasih mereka bawa senjata tajam

jadi ati2 ja dech naek kereta api,

daerah yang perlu diwaspadai
DAri MAnggarai – bekasi ( banyak pemalak berdalih pengamen)
Dari Cirebon sampai Kroya ( banyak pemalak berdalih pengamen)
Dari Cirebon sampai Gombong (Banyak copet)



17. firaz Says:

UPDATED
ati2 ja naik kereta selain kelas eksekutif, saya juga pernah coba naik bisnis maupun ekonomi,,

wah
banyak bgt pemalak apalagi di kelas ekonomi, kalau ga dikasih mereka bawa senjata tajam

jadi ati2 ja dech naek kereta api,

daerah yang perlu diwaspadai
DAri MAnggarai – bekasi ( banyak pemalak berdalih pengamen)
Dari Cirebon sampai Kroya ( banyak pemalak berdalih pengamen)
Dari Cirebon sampai Gombong (Banyak copet)



18. chn Says:

halo, saya baru saja kecopetan SE W900 warna putih susu (hp langka ini… setahu saya satu2nya model hp SE yang made in japan), IMEI: 357-85800-172030-9. bisa diinformasikan apa saja yg perlu di bawa ke SE untuk melapor? thanks.



19. tri Says:

wah! padahal barusan aja aku beli tiket sembrani sby-jkt…..semoga aman2 aja dah perjalananku…amienn..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.106s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia