pakupaku
Sunday, 18.03.2007 2:39

Kingston U3 Data Traveler Smart USB Flash Drive

Posted on Ergonomics.

Akhir-akhir ini saya sering melihat UFD (USB Flash Disk) jenis U3 dalam setiap pameran komputer di kota Jogjakarta. Rasa penasaran membuat saya membeli Kingston U3 1 GB seharga 100ribuan lebih sedikit, beda 20ribu dengan harga UFD Kingston yang biasa. Teknologi U3 sebenarnya sudah saya kenal sejak awal 2006, ketika saya sedang senang-senangnya memburu berbagai software portabel untuk UFD saya yang baru.

U3 adalah suatu platform aplikasi program yang dirancang untuk dijalankan pada media UFD secara langsung tanpa perlu melakukan installisasi pada Ms. Windows. Dengan kata lain U3 sama halnya dengan portabel aplikasi yang marak belakangan ini, jika portabel aplikasi dapat dijalankan dengan mudah, software U3 hanya bisa dijalankan dalam platform standar U3 saja. Informasi tentang U3 lebih lanjut dapat dibaca pada artikel-artikel dibawah ini :

U3 Logo

Wikipedia : U3
What is a U3 Smart Drive?
U3 – Official Portable USB Apps Platform

Bentuk fisik Kingston U3 1 GB tidak jauh berbeda dengan bentuk UFD Kingston yang biasa, pada Kingston U3 warna abu-abunya lebih gelap dan terdapat sebuah logo U3 yang berwarna kuning.

Kingston U3 Data Traveler Smart USB Flash Drive 1 GB


Waktu pertama kali memasukkan UFD U3, muncul sebuah animasi flash pembuka, lalu tampillah menu program-program portabel (U3 Launchpad) yang kemudian menetap di system tray windows. Ini mirip sekali dengan PortableApps Suite yang pernah saya bahas dalam artikel Freeware Portabel : Jawaban dari Kebutuhan di Era Digital Bergerak.

Welcome In Kingston U3

U3 Launchpad

Pengguna U3 dapat dengan mudah mengakses situs U3 Software Central untuk menambah ataupun mendownload program aplikasi U3 lainnya. Hanya sayangnya banyak program software U3 berkualitas yang berbayar (tidak gratis).

U3 Software Central

Kelebihan Kingston U3 1 GB :
- Software U3 sudah cukup banyak dan berkualitas
- Dapat dipasangi sistem proteksi login untuk melindungi akses ke USB Flash Disk

U3 System Login

- U3 dapat dipasangi software FindMyU3.com sehingga dapat ditemukan kembali apabila kehilangan UFD ini.

Kekurangan Kingston U3 1 GB :
- Hanya bisa berjalan dalam sistem Ms. Windows saja
- Software U3 yang berkualitas berbayar (tidak gratis)
- Terkadang akses UFD menjadi sangat lambat, karena program U3 terlalu berat
- U3 membuat sistem windows mengenalnya dalam 2 partisi, 1 partisi sistem dan 1 partisi data. Di Linux hanya terbaca 1 partisi sistem saja, sehingga tidak bisa melihat file data yang tersimpan.

U3 Drive in Windows

Saya agak menyesal juga membeli U3 karena jika dipikir-pikir banyak kelemahannya dibandingkan dengan PortableApps Suite. Malah PortableApps Suite yang semua programnya gratis didownload ini justru dapat berjalan di sistem operasi linux secara baik meskipun hanya beberapa program saja.

Penyesalan saya sedikit terobati setelah membaca berita bahwa pada tanggal 13 Maret 2007 kemarin, Kingston pun memutuskan untuk menghentikan penjualan U3. Artinya produk Kingston yang saya beli ini tidak lagi ada di pasaran dan menjadi barang langka yang cukup berharga untuk disimpan dan dikenang. Saya tidak tahu, apakah ini merupakan awal kematian dan kegagalan U3 dalam bersaing dengan platform software portable yang lain seperti PortableApps Suite.

Bicara tentang kehebatan software portabel di UFD. Saat ini, saya malah lebih tertarik dengan Mandriva Flash, yaitu sistem operasi Mandriva Linux yang dapat dijalankan UFD. Weh… Saya telah tersihir olehnya.

Mandriva Flash
http://store.mandriva.com/images/3D-FLASH-PROMO.png

Tags: , ,

Mood :

60 Responses :


1. zam Says:

oo.. saya malah baru tau kang..

iya, kadang menybalkan kalo mendapati ada orang make UFD yg ada logo U3-nya itu..

bikin lemot komputer tuir yag sudah lemot ini..

heheh, yg Mandriva Portabel itu keren jugak.. Jadi inget sama Slax yg dibahas si Syam itu..



2. thestoopid Says:

pertama baca posting ini, saya jadi berminat pengen punya juga, ngeliat banyak fitur yg waaaah…

tapi kok paragrap berikutnya, kamu bilang "saya nyesel beli UFD ini…" jadi ga berminat lagiiii T_T

kapan ya FFD keluar?
Ngimpiiiii!



3. ekowanz Says:

ahh mending flasdiskku yg sekarang aj….cuma plus software2nya PortableApps Suite :D



4. bri Says:

wah sebenernya aplikasi yg diakses dari usb ga bagus juga, coz bkin lambat. masa’ pake mozilla portable, tiap kali loading or anything musti akses itu file di flashdisk, kan jadinya lemot



5. dewi Says:

saya beli usb yang sam sekitar 4 or 5 bulan lalu, dnegan harga 210rebu. mahal yah? lebih dr 2 kali lipat. pertam liat keren, tapi krn bikin kompi lemot, seringkali saya tidak aktifkan u3 nya. mubazir emang.



6. mysyam Says:

btw mandriva flash ini bisa tidak diisi selain mandriva, jangan2 diprotek *halah..* nggak lah ya… :)



7. amma Says:

saya baru tahu nih. thq yaks buat inponya :D



8. PriyayiSae Says:

kalo nginget plesdis kingston 1 GB jadi agak kecewa dikit.
lha aq bbrp waktu lalu beli seharga 157rb, tapi 2 minggu kmudian liat di pameran dah jadi 100rb-an. jigur… 2 minggu slisih 50rb.



9. dhedhe Says:

gue butuh banget driver flashdisk kingston.. tolong gue donk….
dimana gue bisa download drivernya?
pleaseeeeeeee



10. kingston Says:

download driver kingston semua ada disini :
http://www.kingston.com/suppor.....efault.asp



11. phaidhie Says:

ehm pikiran saya kapan hari ,bisa ga ya launchpad u3 ini dihapus.
karena blom tau klo ufd bisa dicek keberadaanya kalo hilang



12. Budi Santoso Says:

Ini aku mau beli tapi …………………………..
gk jadi ahhhhhhhhhhh
makasih ya dah ngingetin



13. HENDRI Says:

kindly please email me u3 driver for window 98
thank you

best regards

hendri



14. cocomcotcom Says:

ufd itu apa siy??? :(



15. scooby_Doo Says:

ada yang punya drifer flashdisk nya a data gak soalnya widows 98 gua ga bisa langsung detect/baca kalo gak ada drivernya.. ada kah yang tau alamatnya
trims yach….



16. bagir88 Says:

huu….
iya nee.. kirain bgus.. tpi…
thx 4 the info..



17. Harry Says:

Mas… saya mau tanya nih, saya mau beli flash disk yang bagus tapi murah, model apa ya…mas.., tapi yang berkualitas dan harganya pas…, maklum mas mahasiswa uangnya pas-pas an

kemarin saya hunting di internet katanya merk Kingston Migo bagus, tapi saya takut ngurus garansinya susah, soalnya takut nanti sudah gak produksi lagi jadi ngurus garansinya susah.

Bagus mana mas Kingston DT1 2GB atau Kingston Minigo…?
(dari segi kualitas, garansi dan harganya mas…, klo bisa yang tokonya benar2 bergaransi resmi distributor), tolong ya.. mas



18. kenz Says:

@harry
saya kok gak begitu suka kingston ya. lambat banget kecepatan read dan writenya. skarang saya pake transcend yang model JetFlash tipis banget, kecepatan read write juga oke.

masalah garansi sih saya malah gak terpikir, tinggal balikin aja ke toko kalo rusak dalam masa garansi toko. di Jogja cuma ada garansi toko. gak ada garansi distributor langsung yang lifetime.

saya beli transcend 1GB hanya 120ribu rupiah di Els Komputer waktu pameran dulu.



19. Rudy (Ahmad Tohir) Says:

Saya baru membeli flash disk kingston 2Gb tp nggak ada sofwarenya, sedangkan teman salah satu teman saya masih ada memeakai OS Wins98,saya ingin mendownload sofwarenya gimana cara dan situs lengkapnya. Rasanya saya menyesal beli kemarin? Pease give me a solutions…….!!!!!



20. Kenz Says:

@Rudi
baca komentar 10 pak !



21. Jefri Says:

Kang!Ada nggak Softwere buat beri Password pada Flash Disk Kingston 2GB Ato pada UFD Laennya?Soalnya Saya kepengen UFD saya bisa di Password Biar gak semua orang bisa pake!Langkah apa yg harus saya ambil?Makasi Atas Infonya!



22. Kenz Says:

@jefri
kalo pake u3 password, masih bisa dibobol pake linux :( saya sih pakai truecrypt.
hehe.. tunggu aja di artikel saya hari kamis besok, mungkin bisa jadi solusi :D



23. tama Says:

Tadinya aku juga tidak terlalu suka dengan U3, tp karena sudah terlanjur membeli, ya kupakai juga. Tapi akhirnya jadi terhibur sendiri ketika menemukan caranya mengisi U3 dengan aplikasi2 favoritku sendiri. Penuh deh UFB U3 ku dengan game2 kesukaan, MS Office dll. Thanks buat program Thinstall dan Package Factory yang membuat U3 ku lebih hidup, krn sekarang bisa diisi macem2.



24. iim Says:

Aku dah punya UFD U3, emang bikin lemot kompi. tapi ya udah toh dah ada yang lain. aku hanya pakai U3 untuk yang secret2 aja dah.
contohnya buat nyimpen bo**p lah.



25. eMdisk Says:

numpang tanya Boz..apa sama ya setiap flasdisk yang punya logo U3 dengan posting di atas??saya juga punya Sandisk U3. aku sih malah banyak gak taunya..aku tertarik karena bisa protect data..gitu aja.
memang kalo U3 launchpad di delete gimana Boz??

tengkiu bgt b4



26. jackychun Says:

mas saya menyesal beli Tosibha U3 2G, baru saya coba software Find My U3, eeh malah semua file termasuk sistem U3-nya dienkripsi terus file "Find My U3……zip. itu error lagi". akibatnya ya sekarang flasdisk saya cuman bentuk doang…. Buat temen2 yang mo beli flasdisk U3 pikir2 dulu dech…..Btw ada yang bisa bantuin gua ga…?:(



27. dark.electrone Says:

ehm, kan sekarang gak cuma Kingston yg punya sistem U3, kayak kemaren gw beli SanDisk Cruzer Micro U3 terbukti mantep n apik! sekarang juga Nexus lagi mengembangkan U3 miliknya. Gak penting-penting amat sih U3 emang buat apaan cuma tampilan doank! ditambah punya sopftware-software pribadi di Flash Disk gitu doank!



28. dark.electrone Says:

Lupa tadi mau bilang! Sekarang software driver U3 buat flash disk udah bisa di download di RapidShare.com! emang sih agak gede, ya lumayan sekitar 63 MB-an, tapi kan lumayan punya UFD biasa isinya U3 gak kalah gaya sama yang udah pake U3. Walaupun spoftwarenya buatan ShadowWarez tapi agak kerenan dikitlah gak kaya khas Kingston, SanDisk atau Nexus!

Untuk eMdisk

Untuk U3 System, kayaknya gak bisa di delete dah! soalnya software itu udah nempel ama UFD dan berada di Drive yg berbeda, jadi kalo kita format UFD, system U3 gak bakalan ilang, cuma Software-software yg ada didalem U3 nya aja ilang! Walaupun data bisa diprotect, kita gak bisa negbuka tuh data kalo U3 nya dijalanin di Macintosh atau Linux BSD, ini malahan repot kalo dibuka di Linux atau Mac, harus ngeformat System U3 nya dulu, sampe software U3 nya ilang, baru bisa buka data!

Oh ya, U3 gak bisa semabrangan dibuka di Windows 2000 kebawah atau Macintosh OSX kebawah! jadi harus install drivernya dulu baru bisa jalan, tapi kelemahan U3 sangat besar terhadap virus, kalo U3 kena Worm, fitur "Explore Drive G" jadi gak ada soalnya udah diblok ama si worm, jadi ya harus diformat ulang!

Segitu dulu, ntar comment nambah lagi!



29. zotac Says:

nambahin ajah! klo beli flashdisk truch jangan pada sembarangan beli. liat dulu kecepatan baca amat tulisnya. rata2 emang flash yang pke aplikasi U3 masih pada lemout. jadi mennding pake apps portable ajah dan yang keren abiz udah free apik banget dehhh!! oh ya untuk UFD yang tercepat saat ini kayaknya masih dipegang ma apacer HA xxx lupa kodenya. tapi klo udah ad yang lebih kenceng yang silahkan aja pilih !! jadi hemat to nda sah beli mahal UFD U3 tapi beli aja UFd yang kuenceng + apps portable!



30. Haerul Says:

terima kasih banyak atas info-infonya yang saya anggap sangat berarti bagi komputer saya. Tank’s All



31. lizz Says:

bisa tolongin aku gak? kalo flasdisk kadetek komputer tapi gak bisa diakses, masih bisa diselametin gak ya datanaya. aku juga butuh address distrbutor kingston di indonesia. aku mau klaim 5th garansi distributor. thank you



32. nove Says:

aduh bingung bange nyari driver usb port yang pas buat flash dsk kingston data ravel mini?



33. adhi Says:

mas tahu gak mengenai garansi fd kingston yang katanya 5 tahun, mohon info cara klaimnya klo tahu.
en saya di jogja distributornya di mana ya

makasih sebelumnya



34. crezi Says:

wah….

menurut q mah bikin repot aja tu U3..

enakan yang biasa aja.

hehehe3…



35. ika Says:

Mas minta tolong ada nggak ya driver flas disk data travel nya kingston soalnya komputer rumah tuh windows 98 and nggak kuat mau di install XP mau beli baru belum ada dana, maklum mahasiswa kalo ada minta tolong ya mas….thanks before :)



36. Kenz Says:

@ika
liha komentar nomer 10, coba download aja drivernya.



37. dzi Says:

bisa gak ya…
U3 dimasukkan dan diaplikasikan ke USB biasa.
kan sayang punya USB keseringan di format karna kena virus…..



38. McDibyoe Says:

Guys! Help dong.. Tau tau U3 gw ga mau kebaca di XP SP2 padahal kemaren fine2 aja. Windows bilang "One of the USB devices on this PC has malfunctioned." Padahal gw cek di Laptop n PC laen aman2 aja. Pas gw instal ulang bisa kebaca lagi, tapi pas tadi gw coba lagi, problem yg sama nongol. Salah dimana ya gw? Apa musti bongkar registry windows ato gimana? Help! ???????????????!!! Help please…



39. aaa Says:

driver usb data traveler



40. H. Muhammad Says:

Yah kingston mang payah…..
Flash gue hang coz deleting file n dimasukin satu flash yang atunya malah HANGZX bikin ^#&^&#^#)(#!(#&!#^$!_*$&…….
130k0179



41. Syifink Says:

yupz….thank bgt atas infonya, kayaknya q bakalan sering mampir deh…… tks.



42. ian Says:

saya baru beli flasdisk kingstone, tapi komputer saya tidak detek. tolong kirimi saya driver kpendrive kingstone datatraveler 2 GB ke email saya, teri maksih sebelumnya



43. ian Says:

saya baru beli flasdisk kingstone, tapi komputer saya tidak detek. tolong kirimi saya driver kpendrive kingstone datatraveler 2 GB ke email saya, teri maksih sebelumnya,. PADAHAL WINDOWS SAYA SUDAH WINDOWS XP, tapi masih pentium III



44. noki Says:

gue mnta tlong ne
fdsk gue tu g bs dibuka pa lg dformat lg
gmn solusi’y
pdhl bru bli lho
thanx before



45. arief Says:

kenapa yach, flash disk data traveler saya matot (mati total), kena virus atau bagaimana saya tidak tahu, saya sdh pakai kurang lebih 2 tahun, akhirnya sampai sekarang tidak bisa dipakai lagi, padahal merek kingston menurut saya paling bagus, sdh saya coba utk cari tahu tapi tetap tdk berhasil, tolong yach solusinya. terima kasih.

“arief/tangerang”



46. afrizal Says:

MAKASIH BNGT DAH KSH JALAN KELUAR MSLH FLSH DISK GW……



47. godzilla Says:

sistemu3 gw ilang ada yg bisa nolongin gw ga…



48. plokkk Says:

MAS/MBAK

Gara-gara Script blog ini yang ada di HEADER sampeyan itu, saya nyasar masuk blog ini, yang tidak menunjukkan satu pun artikel yang berguna bagi saya.

“Anda datang dari http://www.google.co.id mencari tentang mandriva flash. Mungkin Anda juga tertarik membaca artikel terkait lainnya:”

Kalau begini ini namanya PENCURIAN HIT! Gimana orang nggak nyasar terus ke page sampeyan, kalo kata kuncinya ditampilin sebagai key terus!

Benar benar tidak beretika! Maaf, kalau anda bilang saya tidak beretika, saya hanya misuhin orang yang tidak punya etika, yang sayangnya banyak saya temui di sesama bangsa saya sendiri (Indo-sia)!



49. Kenz Says:

@Plokkk
Pencurian hit gimana? Penampilan kata kunci itu muncul karena blog ini menggunakan plugins WP yang akan merespon kata kunci setelah Anda masuk ke situs ini, bukan di google atau di search engine.

Tidak beretika bagaimana? Tolong dong, jangan bodoh asal nuduh orang!!! Ini plugin dipakai ribuan orang dan sama sekali bukan untuk mencuri hit, tapi mempermudah orang untuk membaca artikel lain di situs ini.

Mungkin benar bahwa INDONESIA KACAU karena banyak orang KATROK !!! Orang-orang yang asal saja menuduh orang sesat tanpa tahu bagaimana sistem kerja sebenarnya. Sebenarnya siapa yang tidak beretika sekarang? Anda yang asal nuduh dan memaki atau saya yang menggunakan plugin WP untuk menyambut pengunjung?



50. Mengukur Kecepatan Baca/Tulis Flash Disk - Catatan Hanging Says:

[...] perbandingan, Kingston U3 saya yang dulu saja hanya memiliki kecepatan baca sekitar 11MB/s dan kecepatan tulis sekitar [...]



51. Kalijeruk Says:

Dear All,

langsung to the point, flasdisk saya gak bisa kedeteksi oleh komputer, masih bisa ditolong gak?
sebelumnya bisa di pakai di pc dan laptop, terahir di colokin ke laptop mati pet gak kedetek blass, bukan kena air atau jatuh..
ada yg bisa bantu, kira2 kena hardware atau softwarenya. thanks a lot.

matur nuwun.

regards,
kalijeruk



52. Kenz Says:

@Kalijeruk: Teman saya kemaren mengalami hal yang sama kemudian menggunakan program Ontrack Media Data Recovery dan berhasil menyelamatkan datanya. Namun dalam beberapa kasus, flashdisk rentan dengan lonjakan daya listrik sehingga terjadi kerusakan icnya. Jika sudah demikian maka flashdisk Anda sudah tidak tertolong lagi, sama seperti 3 flash disk saya yang sudah mati total.



53. Yourjack Says:

Aplikasi U3 bisa dihapus koq. Download aja di:
U3http://www.sandisk.com/Assets/u3/launchpadremoval.exe



54. F 1 - c a r Says:

Skr sudah ada tool untuk membuat sendiri Linux Live USB
Info lebih jelasnya http://f1car.co.cc



55. toni Says:

kaloooo mau flaskDisk yang berkualitas, cepat, n bahan materialnya bagus, beli aja SANDISK. tapiiiii… harga nya sedikit lebih mahal…. rata2 selisihnya kisaran Rp.20.000 dari flasDik yang biasa orang pake sperti Kingston dll
dan bagi yg tdk mmandang harga beli aja sandsik edisi Extreme kemampuannya:
Read (Up to) 25MByte/s
Write (Up to) 18MBytes/s
mudah2an brmanfaat informasinya



56. d'ziest d'ziella Says:

penyebab flash disk tidak conect, bagaimana solusinya, terkait ada data penting di dalamnya………



57. bobo Says:

ada teman flashdisknya ke writeprotect, kelihatan kapasitas 4GB , sepertinya ini jenis U3.. gimana ya cara bukanya, soalnya di format sudah tidak bisa.. di linux masih ke detect, tapi ya itu tadi lagi lagi write protected is on. :-( mohon penjelasan dimana bisa download aplikasi u3 untuk membuka preoteksi tersebut.



58. Nasi Agave Banjarnahor Says:

saya tidak bisa membuka passwordnya usb U3 saya,saya ingin tanya bagaimana caranya untuk membukanya,klo bisa cuman mengambil datanya saya,trimakasih



59. Heru Says:

Cuma Kasih saran kalau mau flashdisk yang ada U3 y lebih baik pilih flashdisk SanDisk Kualitasnya dan kecepatan tranfer datanya lebih cepat. terima Kasih



60. ENDRI Says:

HELP ME PLEASE FLASDISK KINGSTON GUE GAK BS DI PAKAI NYIMPEN DATA..

http://endriagus.blogspot.com/



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 16227 days
Emotional
-22.3%
Bioritme Status
Physical
-13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-99%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.150s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia