pakupaku
Thursday, 22.03.2007 17:59

Perihal Penjiplakan Blog

Posted on Psychoblogology.

Hari ini saya dikabari oleh Pitra, dia menemukan tulisan saya di blog orang lain. Blog saya sepertinya dijiplak lagi. Lagi? Kejadian penjiplakan ini adalah kejadian yang ke-tiga kalinya dalam sejarah per-blog-an saya. Dua kasus sebelumnya saya temukan sendiri secara tidak sengaja ketika melakukan googling di internet. Kasusnya kini telah selesai karena para pelaku menutup sendiri blognya, mungkin takut, dan malu setelah ketahuan banyak orang.

Penjiplak Blog Ketiga
http://igts.blogsome.com/2007/03/22/blog/

Beberapa tahun yang lalu Om JaF pernah mengkampanyekan perlawanan terhadap budaya penjiplakan serta memberikan penyadaran bahwa blog juga hasil karya cipta. Kampanye ini mendapat dukungan banyak blogger, mereka pun ramai-ramai memasang banner atau tulisan peringatan tersebut di blog masing-masing. Saya termasuk pendukung kampanye tersebut dan menuliskan tulisan ini dalam blog saya : Jangan Asal Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta. Entah, apakah para penjiplak itu membaca tulisan tersebut atau tidak?

Manusia dalam Era Instan
Baiklah, penjiplakan mungkin tidak bisa dihindari di era yang serba cepat dan instan ini. Semua orang ingin cepat populer, ingin cepat berhasil, ingin cepat selesai dan sebagainya. Penjiplakan juga bukanlah hal yang asing bagi siapapun, namun umumnya mereka yang menjiplak justru mereka yang bersekolah dan berada dalam lingkungan akademis. Saat ini mungkin contek-menyotek sudah hal yang wajar pada saat ujian, begitu pula menjiplak tugas-tugas kuliah milik teman. Beberapa adek kelas saya juga kedapatan menjiplak tugas-tugas kuliah yang memang sengaja saya publikasikan di blog. Teknologi Ctrl-C dan Ctrl-V memudahkan untuk itu.

Saya pribadi cukup memakluminya selama itu tidak merugikan kehidupan saya. Saya juga sadar bahwa itu adalah konsekuensi ketika kita memutuskan untuk terbuka dan saling berbagi satu sama lain. Namun apakah budaya penjiplakan ini baik adanya? Menurut saya, penjiplakan adalah suatu tindakan pelecehan terhadap kerja keras orang lain. Saya tidak tahu bagaimana menurut Anda? Bagaimana rasanya jika hasil karya Anda dijiplak? Relatif.

Penjiplakan dan Pengutipan
Lepas dari itu, mari kita kembali pada pengertian penjiplakan itu sendiri. Penjiplakan sangat erat hubungannya dengan pengutipan, meski keduanya berbeda. Penjiplakan adalah tindakan mencuri hasil karya orang lain dan mengakui sebagai miliknya. Sedangkan pengutipan adalah mencantumkan hasil karya orang lain dengan ijin dari penciptanya ataupun dengan menuliskan penciptanya. Kutipan biasanya hanya sebagai pelengkap dari hasil karya utama, namun pada kenyataannya cukup banyak pengutip yang menjadikan kutipan sebagai hasil karya utamanya sehingga mereka disebut penjiplak.

Fenomena yang berkembang saat ini di dunia blog, yaitu banyak blogger pemula yang mengira bahwa mengutip suatu tulisan secara keseluruhan dari blog orang lain, lalu menjadikannya satu postingan di blog miliknya, bukanlah penjiplakan karena telah menuliskan sumber asalnya. Namun saya berpendapat bahwa itu adalah penjiplakan. Mengapa?

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya. Jadi jika tulisan blog seorang individu berada di blog lain, maka representasinya dirinya akan terpecah belah, rasa kepemilikannya akan terganggu karena orang lain telah menggunakan simbol-simbol dirinya. Sementara itu seorang penjiplak yang menggunakan simbol-simbol diri orang lain menikmati segala hal yang menguntungkan dari simbol-simbol tersebut seperti popularitas, dan kesan-kesan baik yang melekat pada simbol tersebut.

Popularitas dan eksistensi seorang blogger dalam dunia maya terletak di tangan mesin pencari. Google dan kawan-kawan dapat dengan cepat mengangkat dan mensejajarkan blogger yang memiliki tulisan yang sama, atau bisa jadi malah sebaliknya, kedua blogger tersebut ditendang dari dunia maya karena dianggap melakukan kecurangan.

Kesan-kesan baik tercipta ketika seseorang membaca tulisan yang benar-benar mengesankan hal tersebut. Pembaca secara tidak sadar membangun sebuah persepsi citra diri penulis dari tulisan yang dibacanya. Oleh karena itu pembaca akan mengasumsikan tulisan yang dibacanya dengan pemilik blog yang dikunjungi, meskipun tulisan tersebut bukan milik dari orang tersebut.

Sungguh enak memang menjadi penjiplak blog. Cepat populer, dan terkenal tanpa perlu bersusah payah berpikir. Orang tipe jenis ini umumnya adalah orang yang cenderung egois, mau menang sendiri, malas dan miskin talenta. Dia tidak memiliki keberanian untuk menulis blognya dengan pikirannya sendiri, karena pastinya dia tidak bisa menulis dengan baik. Jika pun terpaksa menulis, tulisannya akan terasa kacau karena begitulah isi pikirannya.

Jadi apakah Anda ingin menjadi seorang blogger yang otentik, berani menunjukkan jati diri asli, ataukah blogger yang senang menggunakan topeng-topeng milik orang lain?

Saya mengajak teman-teman blogger untuk membantu teman-teman tersebut belajar menghargai orang lain. Jika teman-teman menemukan bentuk penjiplakan baik blog milik sendiri maupun orang lain. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Lakukan dokumentasi barang bukti, berupa screenshoot lengkap blog tersebut, guntingan koran, atau majalah dan sebagainya. Kumpulkan bukti-bukti tersebut, dan simpanlah.

2. Sebarkan informasi tersebut pada teman-teman Anda, atau komunitas blogger yang Anda ikuti.

3. Segera tuliskan dan ungkapkan semua bukti penjiplakan dalam blog Anda.

4. Jika Anda keberatan atas perilaku penjiplak tersebut, Anda dapat menyampaikannya pada yang bersangkutan.

5. Jika perlu komunitas Anda membuat sebuah monumen kehormatan bagi para penjiplak blog sehingga menjadi pelajaran bagi yang lain.

6. Pada langkah yang terakhir ini, Anda hanya perlu bersantai, menunggu kedaulatan blog Anda dikembalikan oleh kekuatan komunitas. Saya percaya kekuatan komunitas blog adalah kunci perlawanan terhadap budaya penjiplakan blog.

Tags: ,

Mood :

20 Responses :


1. zam Says:

setuju!!

menjiplak memang merugikan orang yang memiliki ide..

kalo memang mau populer, mendingan nge-trackback tulisan/blog yg menarik itu, lalu tambahkan ide-ide kamu tentang tulisan blog yg kamu trackback itu.

ini tentu menguntungkan kedua belah pihak, karena pihak yg ngetrackback maupun yg ditrackback mendapat keuntungan berupa link (harta bagi blog adalah jml link, bukan?)

kalo mau cepet populer, bisa nulis ttg sesuatu yg kontroversial! :D

macam: BUBARKAN BLOG JENGJENG KARENA MENGGANGGU PEMILIKNYA LULUS!!

wakakakakaka



2. dyna Says:

mana2 yang jiplak blog kamu? aku mau kenalan….
kok mau ya, pdhal blog kamu kan jeulek *kaburrrr* ;0)



3. aVank Says:

waduh
enaknya yg udah dijiplak
brarti dah tenar :D



4. toooooooooooooooooopics Says:

hooh ki.. cen marai emosi.. blog juga manusia, punya rasa punya hati.. bai nde wei, kalo nulis lirik lagu piye yo?? soale di blog ku pernah ada, tapi aku tulis juga yang bawain lagu ituh n penciptanya..



5. Pitra Says:

terima kasih kepada trackback.. N sepertinya si peng-copy paste kurang paham dgn konsep trackback.

Karena kebetulan tulisan Ken juga menampilkan link ke salah satu tulisan saya .. Dan dia copy paste mentah2 tanpa menghilangkan link-nya.. Jadinya, ketauan deh, karena ada trackback dari tulisan dia ke tulisan saya..



6. katam Says:

yang penting ngecantumin source dari mana??? secara otomatis akan mengenalkan blog kita ke orang laen…. gak ada ruginya dong….

saya juga usul…. supaya nanti ada hologram khusus buat artikel blog he2… :> dan juga hak paten dari notaris ato apalah….



7. kenz Says:

@katam
biarpun dicantumin sumbernya, penjiplakan blog dengan mengcopy paste seluruh artikel (memindah artikel ke blog lain) jelas ada ruginya.

blog kita akan mendapat pinalti dari google, bisa jadi malah blog kita ditendang dari daftar pencarian google.



8. Nav Online Says:

informasi yang menarik, Trims.



9. Dino Says:

nyuri blog orang lain?!? aku bingung.. kenapa perlu nyuri gitu lo.. toh gak ada manfaat finansialnya juga.. aneh..



10. shaga Says:

Aku juga setuju !
Enak sekali sih njiplak isi web/blog orang !
Memangnya dia pikir mudah membuatnya !!!
Wah payah tuh orang !!
optimis-yuk.blogspot.com



11. Carity Says:

Menurut gw…… Sah-sah aja mengcopy kalau demi misi sosial….. misalnya dalam rangka penggalangan dana untuk biaya pengobatan kanker/ AIDS…….tapi kalau misi bisnis……. jangan dong…. kasihan si empunya blog….Omzetnya berkurang…..He.3x….



12. Jimmy Kurnia Indradjaya Says:

Mas Kenz,

saya setuju dengan pendapat mas tentang plagiarism ini. Kebetulan saya baru hari ini menulis tentang hal ini dimana saya dapat izin dari pemilik blog dalam bahasa inggris untuk menterjemahkan kedalam bahasa Indonesia supaya makin banyak orang Indonesia yang menyadari hal ini.

Salam,



13. Friends Says:

Bagaimana kalo kita fungsi Copy Paste dihilangkan selamanya?
biar mendidik dan melatih kita menulis sendiri dan gak boleh Copy Paste dgn alasan apapun termasuk menghemat waktu
kayaknya neh fitur gak bermanfaat banget bage orang yg suka berkarya dan kreatif

aku yakin banyak yg setuju khususnya bage mereka yg terlanjur kecewa dgn adanya fungsi copy paste ini
( yg sudah setuju copy paste dihilangkan tidak boleh meralat lage dgn alasan apapun)
harus buat petisi neh ke pembuat copy paste



14. Kenz Says:

@friends
cara berpikir anda ‘wagu’ dan sinis, copy paste itu sebuah teknologi yang berguna seperti pisau, tergantung bagaimana penggunaannya.



15. elfarid Says:

Ada bedanya antara penjiplakan dan pengutipan. Setiap buku ilmiah dan tulisan ilmiah lain tidak lepas dari pengutipan.

Bukan disebut menjiplak apabila tetap disebutkan sumbernya.



16. Kasturi Kijang Says:

Saya malah bangga dengan semua konten di dalam blog saya yang 1000% copy paste…

Mau minta izin sama yang nulis, tapi yg bersangkutan udah meninggal ratusan tahun yang lalu hehehe



17. zen Says:

Saya gak setuju dg ente jika postingan dikopi-paste semua dg tetap mencantumkan url/sumber aslinya disebut penjiplakan. Menjiplak itu, logika dasarnya, mengklaim tulisan org lain sbg karya miliknya. Jika sudah mencantumkan url/sumber asli, itu gak bs disebut njiplak, dong. Lha wong dia mengakui bahwa ente yg nulis, kok.

Jika pun masih harus dicari istilah lain, mungkin masih lebih pas disebut “membajak”: menampilkan atau menerbitkan karya orang lain dg tetap mencantumkan penulis aslinya tapi yg bersangkutan gak minta ijin lbh dulu dan dia bahkan mendapatkan suatu keuntungan atasnya (popularitas, traffic atau jumlah comment, duit, dll).

“Blogger otentik” (itu istilah ente) kemampuannya bkn hanya diukur oleh sanggup tidaknya ia menulis potingan sendiri, tp juga mampu membedakan hal sepele antara mana yg njiplak, mana yg mbajak, mana yg ngutip.

Semoga kita tetap diberkahi sikap adil sejak dari pikiran :)



18. Yohan Says:

Ya kudu perlu dimasyarakatkan etika kupipes Pak. Saya juga pernah jadi korban. Ajak dia mong omong baik ! juga dengan pura-pura nyerbu koment memprotes. Ini pernah saya lakukan dan berhasil



19. Yus Says:

mantab Mas Kenz.. (adik kelase melu seneng) ;p
tapi tetep rung mudeng carane.. ;p



20. Anonim Says:

Setuju bgt!

Aq nemuin tipikal ini yg hobi JIPLAK blog org

Nama blognya http://patrarush.blogspot.com/

SEMUA ISINYA JIPLAK

Pria bnama FB ALIF DONGDONG-HAE (ALIF PATRA YAMAMOTO JUN) atau apalah itu namanya persis ky penjahat krn pny 3 FB & mendirikan komunitas Korean Celebrity Info yg isi infonya JIPLAK atw COPAS dr smwa blog yg ada

Bnr2 manusia gak diri bgt niy org, smpai udh ditegur sm para pemilik blog, ttp aja ga tw diri

Silakan lihat hasil jiplakannya (JIPLAK smpai gambar2nya) jg

http://patrarush.blogspot.com/.....de-16.html

Si ALAY yg ngaku pegawai pemerintah ini (w gak yakin ada pegawai pemerintah model gini hahaha) menjiplak dr sini

http://meylaniaryanti.wordpres.....-16-final/

Ini jg hasil jiplakannya :

http://patrarush.blogspot.com/.....ke_01.html

menjiplak dari :

http://www.kutudrama.com/2011/.....de-14.html

Tolong bantu sebarkan si PATRARUSH ini, krn dia sll COPAS tulisan di bbg blog agr segera menutup blognya & tdk membohongi org lwt FB & komunitasnya yg bnama Korean Celebrity Info (kasihan bgt, mau ngetop smpai anggotanya hmpr 50 rb, tp isi infonya JIPLAK smwa)

Bg siapa sj yg pny blog, terutama yg bahas ttg Korea hrs ati2 sm manusia PENJIPLAK yg satu niy



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.112s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia