pakupaku
Sunday, 25.03.2007 12:00

Ubuntu 6.10 Edgy Eft di Axioo NS 658i

Posted on Linux.

Saya pernah mendapat kiriman CD Linux Ubuntu gratis dua tahun yang lalu. Tampilan dan kinerja driver linux ubuntu waktu itu masih kalah jauh dengan Mandriva 2006. Meski demikian, saya heran kenapa dalam situs distrowatch.com popularitas ubuntu selalu berada pada urutan pertama. Kemarin, iseng-iseng saya mendownload Ubuntu 6.10 Edgy Eft dari jaringan ethernet UGM di http://info.ugm.ac.id/iso. Iso Ubuntu 6.10 hanya terdiri atas 1 CD saja, berbeda dengan Mandriva 2007 yang terdiri atas 1 DVD karena file-file repositoriesnya disertakan juga.

Ubuntu Linux

Saya menginstallnya di laptop Axioo NS658i. Jadi dalam laptop kesayangan saya itu sekarang terdiri dari 3 sistem operasi yaitu Windows XP, Mandriva 2007 dan Ubuntu 6.10 Edgy Eft.

Ubuntu Grub

Berbeda dengan proses instalasi Mandriva 2007 yang cukup lancar, pada instalasi Ubuntu 6.10 ini saya sempat mendapat kendala karena program gparted (partisi hardisk) “ngambek” di tengah jalan. Kemungkinan karena konflik dengan partisi Mandriva 2007, setelah coba dan gagal berulang kali saya pun berhasil mengakalinya. Caranya dengan membiarkan satu ruang partisi dalam keadaan tanpa format, kemudian dalam proses install saya memilih agar Ubuntu menggunakan ruang partisi yang belum terformat tersebut dan mengatur secara otomatis partisi yang diperlukan baik sebagai root maupun swapnya.

Proses instalasi Ubuntu 6.10 berjalan selama kurang lebih 30 menit. Saya menyarankan agar fasilitas WIFI Card di Axioo NS658i dinyalakan sebelum proses instalasi untuk menghindari munculnya kode error ketika deteksi hardware.

Ubuntu Error

Saya mulai terkesan dengan Ubuntu 6.10 ketika mendengar suara latar ketika memasuki GDM. Saya suka suara latar itu, sebuah perpaduan getaran alam dan etnis pedalaman. Tampilan Ubuntu 6.10 ini agak lebih bagus dari yang pernah saya coba sebelumnya, kemungkinan karena telah menggunakan GNOME 2.16.

Ubuntu 6.10 Edgy Eft

Setelah bercinta selama 12 jam non stop, saya mulai mengenal sudo, apt-get, dan kawan-kawannya karena Ubuntu 6.10 berbasis linux debian. Kinerja GNOME di Ubuntu 6.10 lebih ringan dan cepat, berbeda jika menggunakan KDE pada Mandriva 2007. Namun sayangnya Ubuntu 6.10 tidak dilengkapi dengan automount hardisk NTFS dan FAT32, sehingga saya merasa terisolasi dalam sistem ini. Untungnya saya berhasil menghubungkan akses wifi di laptop dengan hotspot di rumah saya sehingga saya berhasil menghubungkan diri dengan internet. Rupanya kunci dari segala kemudahan dan popularitas ubuntu ada di internet. Saya dengan mudah menggunakan Add/Remove (pada menu utama), dan Synaptic Package Manager, dan Automatix untuk menginstall program-program yang diperlukan sehingga bisa optimal seperti Mandriva 2007 yang saya punya sebelumnya.

Ubuntu di Axioo NS 658i

Saya terkesan dengan program Automatix, yang memilihkan program-program terbaik untuk Ubuntu sehingga proses instalasi pun dapat berjalan secara mudah dan otomatis.

Automatix

Dua program kecil namun penting yang sebaiknya diinstall melalui Automatix adalah :

Automatix Write/Read NTFS dan FAT32
Program untuk menampilkan semua hardisk partisi NTFS dan FAT32 dalam sistem linux secara otomatis (automount)

Nautilus Script
Plugin tambahan untuk Nautilus sehingga tidak kesulitan untuk memasuki folder sistem dengan akses root dan juga mengedit file-file sistem.

Melalui Automatix, saya juga menginstall saudara sekandung Firefox yaitu SwiftFox. Browser tersebut adalah Firefox yang dioptimalisasi untuk bekerja di lingkungan linux dengan spesifikasi CPU yang sesuai sehingga kinerjanya bisa lebih baik dari Firefox.

Swiftfox Browser

Kelebihan Ubuntu adalah komunitas sharing di internet sehingga mudah sekali mendapatkan pengetahuan dari berbagai hasil berbagi dari komunitas ini. Manualnya di internet juga jelas dan sangat membantu, berbeda dengan Mandriva yang komunitasnya eksklusif dan berbayar. Komunitas Ubuntu dalam bahasa indonesia juga ternyata sudah ada, komunitas ini beralamat di http://ubuntulinux.or.id/, dan http://ubuntu-id.org/

Komunitas Ubuntu Indonesia
http://ubuntu-id.org/

Sejauh ini belum ada masalah dengan penggunaan hardware Axioo NS658i di Ubuntu 6.10, hanya saja driver WIFI IPW 3945 tidak maksimal bekerja ketika disandingkan dengan Kismet. Signal WIFI menjadi turun drastis, bahkan terkadang “ngambek”, kabarnya saya harus menginstall driver IPW 3945 terbaru. Tapi sayang driver tersebut hanya bisa dikompile di kernel yang lebih tinggi. Saya belum tahu caranya untuk itu. Selain itu Ubuntu 6.10 selalu hang jika saya melakukan gerakan yang tak terduga, seperti mencabut kabel USB DKU-2 pada Nokia CDMA 2865 ataupun mencabut kabel USB untuk mouse. Saya tidak tahu mengapa bisa demikian.

Secara umum kompabilitas Ubuntu 6.10 ini cukup baik, karena saya dapat dengan mudah melakukan akses internet menggunakan Kabel DKU-2 dan Nokia CDMA 2865 melalui GPPP tanpa ada masalah yang berarti. Begitu juga USB Flash Disk dan SD Card dapat terdeteksi secara otomatis ketika saya memasukkannya. Selain itu bluetooth Nokia CDMA 2865 dapat ditangkap dengan baik sehingga memungkinkan untuk melakukan akses internet melalui bluetooth.

Ubuntu dan Axioo NS 658i

Bagaimana dengan kecepatan Ubuntu 6.10 di Axioo NS 658i? Baiklah saya mencoba melakukan pengukuran dengan stopwatch.

Start Up
Tulisan GRUB sampai Menu Login = 43 detik.
Login sampai GNOME terbuka semua = 5,7 detik
Dari tombol power on dinyalakan sampai GNOME terbuka semua memerlukan waktu 55,1 detik atau hampir 1 menit.

Hibernate
Tombol Hibernate ditekan sampai komputer mati = 20,5 detik
Proses hibernate tidak begitu sempurna karena muncul pesan error, ini tidak ditemui di Mandriva 2007.
Pemulihan hibernate dari tombol power on sampai GNOME pulih seperti sedia kala adalah 29,4 detik

Shutdown membutuhkan waktu 23,8 detik.

Gnome Panel

Kesimpulan
Tidak ada alasan bagi saya untuk tidak segera berganti “agama” ke Ubuntu saat ini. Perpaduan kinerja yang cepat di Axioo NS 658i dan dukungan komunitas yang luas dan gratis telah memudahkan saya untuk menggunakan sistem operasi open source ini. Jadi sepertinya saya akan meninggalkan Mandriva dan beralih ke Ubuntu, linux untuk umat manusia.

Tags: , ,

Mood :

17 Responses :


1. mysyam Says:

hahaha.. mulai kesengsem sama ubuntu ni ye..
btw saya juga gi ngoprek-ngoprek si edgy, tapi yang server edition :)
kalau yang paling saya suka dari ubuntu ya apt-get nya…
viva ubuntu !!



2. zam Says:

sekarang jadi tau kenapa Ubuntu jadi nomer satu?

:D

denger-denger, project Ubuntu memang loyal. mereka rela merogoh kocek demi project ini. dari sumber yg saya tau, si empunya project, Canonical udah ndak butuh duit.. makanya dia rela merogoh kocek itu..

ini juga menunjukkan hasrat Ubuntu meneruskan visi Mandrake/Mandriva yg pudar, yaitu memberikan Linux Desktop yang mudah.

wakakaka..

oiya, kendalanya cuma satu. Semua itu sangat enak kalo kita konek internet. kalo ndak konek internet, install-uninstall program agak ribet. belom lagi masalah dependensi. ada solusinya sih, pake DVD repository Ubuntu.. cuma ukurannya, naudubillah..

wekekekeke



3. mysyam Says:

heheh.. pancen bener zam, nek ora konek karo internet ya waassalam.. nggak ada taringnya.. kecuali punya dvd repo nya…



4. muh_ras Says:

wah..ubuntu emang keren,aku pernah nyoba kubuntu 7.04…hasil donlot sendiri…
aku penasaran apa dengan kubuntu wifiku yg SMC2862 USB Wireless adapter bisa berfngsi dengan normal dan aku bisea internetan gratis di kampusku???
thanks atas jawabannya

o iya..selain itu di kubuntu apa bisa njalanin program2 windows?aku pake laptop dell latitude L400.Mau full kubuntu aja…



5. xoxo Says:

numpang nanya nih bung
bootsplash anda di NS 658i normal nggak??
aku pake axioo vcl 654c nih… yg jadi masalah cuma 1, bootsplashnya kalo dipakein resolusi "vga=791", hasilnya peyang
sementara kalo diganti jadi "vga=795", resolusinya memang nggak peyang, tapi posisinya ga mau center
kira2, anda punya saran nggak bung buat ngoreksi bootsplash gw biar sempurna.. hehehe..

ps: monitor gw 1280×768



6. kenz Says:

@xoxo
bootsplash saya di axioo ns658i normal pak ;))
resolusi saya pakai 1280×768 juga.



7. Yogi Says:

wah.. Ubuntu.. mo coba ah.. soalnya dah dapet si cd nya gratis..
eh btw saya menggunakan axioo NL 858..
paling kujadikan secondary OS saja.. :p
ingin membuktikan kehebatan Ubuntu intinya..



8. masjito Says:

wow nggak ada rencana untuk upgrade ke feisty ?



9. XOXO Says:

iya bos…
punya saya normal juga, cuman aga peyang
kalo boleh tau, liat configurasi /boot/grub/menu.lst anda dunk
boleh ya…… :D



10. FIRMAN ADI SAPUTRA Says:

Halo para komunitas linux / para distributor CD linux gratis di manapun kalian berada, apa kabar ?
Perkenalkan nama saya “ FIRMAN ADI SAPUTRA”. Saya adalah seorang operator di salah satu warnet di kota saya. Dan saya juga merupakan seorang dari sekian ribuan orang di dunia yang haus akan dunia linux. Karena jujur saja, saya merupakan salah satu orang yang awam didunia linux. Tetapi berkeinginan untuk merasakan keunggulan dari linux bila dibandingkan dengan OS yang lain. Karena saya sendiri sudah merasa bosan dengan dunia windows yang hari makin hari tambah kurang merasa nyaman menggunakannya. Karena terlalu banyak peraturan ini itu dan sebagainya yang harus kita patuhi.
Oh ya, dengar dengar dikomunitas kalian ada acara bagi bagi CD linux gratis, apakah itu benar? Kalau boleh saya juga mau dong kayak yang lain? Tapi sebelumnya saya juga ingin minta dikirimi daftar CD linux yang kalian bagikan kepada masyarat. Sekalian saya juga minta dikirimi rincian onkos kirim + biaya transport ( bila ada ) bila CD – CD tersebut dikirimkan ke tempat tinggal saya di Kota Pasuruan – Jawa Timur. Karena jujur saja, saya tidak bisa mengambilnya sendiri CD – CD tersebut ke tempat kalian. Karena saya tidak banyak mempunyai waktu luang. Jadi bisa tidak, saya minta bantuan kalian ?
Ok deh, kayaknya sudah cukup sekian dan terima kasih. Dan kalau ada CD – CD baru tolong dong saya diberitahu baik melalui e-mail, maupun surat. Karena saya benar benar butuh CD – CD tersebut.

FIRMAN ADI SAPUTRA
LISTENER OF INTERNASIONAL RADIO,
JALAN RW. MONGINSIDI 15, RT/RW : 01/04
KELURAHAN / KECAMATAN : KEBONAGUNG / PURWOREJO
PASURUAN 67116 – JAWA TIMUR



11. Yangki Novawan Says:

Salam kenal Pak Firman Adi Saputra

Nama saya Yangki, saya juga sedang belajar memahami linux dan aplikasinya saya sangat beruntung karena setiap saat saya bisa mendapatkan CD – CD linux terutama Ubuntu bersaudara, hingga saat ini saya mempunyai cukup banyak koleksi CD – CD linux dan aplikasinya. Saya berada di Singaraja – Bali sekarang dan bekerja di suatu perusahaan swasta. Saya akan coba kirimkan langsung dari canonical beberapa CD Linux ke alamat bapak atas nama saya. Jika bapak mau menerimanya.

Add my messenger : yankee_gpm@yahoo.com

Thx
Yangki



12. bAp Says:

Bos saya pake axioo NS 565i, adekpunya njenengan :)
ketika intall ubuntu 7.10 ada masalah di wifi dan LAN, g mo konek juga :(
gimana ngatasinya??

skarang pake mandriva 2007, wifi&LAN lancar..tp belum bisa koneksi internet GPRS.
Saya gunaiin SE K510i & moto C318..gimana caranya biar bisa konek pake GPRS XL?
krn lewat GUI-nya, g kedetect modemnya..

Trims;

[bAp]



13. iNdRi Says:

bagaimana cara mengoneksikan internet dengan menggunakan u-buntu?



14. hariyanto Says:

tolong dong gimana solusinya jika nootbook dell latitude csx h500xt ngak mau deteksi hardisk ?



15. Pengalaman Pemakai Speedy « My Weblog Says:

[...] Demikianlah evaluasi saya untuk Telkom Speedy, sebuah solusi akses internet yang cepat dan murah (penurunan harga per 1 April 2007) di Indonesia saat ini. Apalagi dengan adanya paket Telkom Speedy Time Base, yang jika dihitung-hitung satu jamnya hanya 1500 rupiah, setengah harga di warnet. Jadi tanpa pikir panjang, saya beralih ke paket tersebut. Selain penghematan, juga untuk menyesuaikan dengan perilaku akses internet saya yaitu tidak suka chatting atau ber-YM ria, hanya terkadang butuh akses data yang luar biasa, dan tentunya untuk memanjakan pacar saya yang sekarang yaitu Unbuntu 6.10 Edgy Eft. [...]



16. Dul_Radja Says:

Saya punya Axio Neon TVS6122Y, sudah banyak distro linux yang gue instal mulai dari ubuntu,mandriva,fedora dan teman2x tapi ga bisa napa ya ! CDx sih boot tapi pas mau diistal loodingnya dah jalan tapi bebapa menit kemudian berhenti !!!!!!!!!!!!



17. surya Says:

wah, klo saya pake linux mint….



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.117s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia