pakupaku
Wednesday, 04.04.2007 17:56

Ada Apa dengan Mocha dan Mochi (Kura-Kura Brasil)?

Posted on Anything.

Mocha dan Mochi itu adalah nama yang diberikan Denita untuk dua Kura-Kura Brasil peliharaan saya. Kura-kura ini saya beli lima bulan yang lalu di sebuah pameran tanaman hias. Sejak dulu sebenarnya saya sudah tertarik untuk memeliharanya, namun baru kesampaian membelinya pada waktu itu. Saya membeli dua ekor kura-kura tersebut seharga 13ribu rupiah + bonus Makuku (makanan kura-kura) + penjelasan bagaimana memelihara kura-kura brasil dengan baik. Saya juga diajarkan cara memilih kura-kura yaitu dengan melihat karapasnya, karapas adalah nama lain tempurung kura-kura. Semakin simetris karapasnya, katanya semakin baik nilai keindahan kura-kura tersebut.

Mocha dan Mochi

Kura-kura Brasil dikenal dengan nama latin Chrysemsy Seripta Sp. berasal dari Amerika Selatan, dan digolongkan sebagai penyu kolam. Jenis yang saya beli adalah jenis Red Ear Slider, yaitu kura-kura yang memiliki ciri dengan guratan merah pada setiap sisi kepalanya, karapasnya berwarna hijau dan terdapat garis-garis kuning yang membentuk pola-pola tertentu. Kura-kura jenis ini bukan binatang langka, mereka sengaja ditangkarkan dan diperdagangkan karena keindahannya dan juga lebih jinak dibandingkan kura-kura jenis lainnya.

Mocha : Kura-Kura Brasil


Saya membeli Mocha dan Mochi ketika karapas mereka masih berukuran 5 cm. Kini setelah lima bulan, karapasnya sudah mencapai 12 cm sehingga akurium kecil saya tidak cukup lapang untuk tempat bermain mereka berdua. Jadilah ember sebagai tempat pengungsian sementara saat ini, karena saya berencana membuat kolam kecil agar mereka bisa puas bermain. Sayangnya ketika membeli kura-kura, saya tidak tahu mana yang jantan dan betina. Setelah membaca beberapa artikel di internet, ternyata kura-kura yang saya beli adalah jantan semua. Hal ini ditunjukkan dengan kuku jari yang runcing panjang dan kloaka yang jauh dari tempurung.

Mochi : Kura-Kura Brasil

Mocha dan Mochi pada waktu kecil, sangat senang jika diberi sejenis pelet makan berbentuk bulat dengan merk Makuku yang komposisinya terdiri dari udang, ikan dan beberapa vitamin. Harga makuku cukup murah yaitu 3500 rupiah untuk satu kotaknya. Setelah agak besar, saya memberinya makan dengan yang lebih mewah yaitu Turtle Food ORCA seharga 6000 rupiah. Bentuk pelet ini adalah batangan, sehingga terkadang mereka harus beberapa kali menguyahnya sebelum menelannya. Mocha dan Mochi sangat suka jika saya menyodorkan makanan itu ke mulutnya, mereka dengan sigap merebutnya dari jari saya. Pada bulan ketiga pertumbuhan karapas dan tubuh mereka sangat cepat sekali seiring dengan napsu makannya.

Mocha Kura-Kura Ulet

Saya mengamati bahwa mereka terkadang mengeluarkan suara-suara tertentu jika mereka lapar. Suara mendecit-decit seperti suara tikus, dan itu tidak begitu keras. Selain itu saya juga mengadakan eksperimen seperti yang dilakukan oleh Ivan Pavlov dengan anjingnya. Setiap kali saya ingin memberi mereka makan, saya menggoyang-goyangkan tabung pakan sehingga berbunyi gemerisik. Rupanya eksperimen saya cukup berhasil, Mocha dan Mochi dapat bergerak lebih aktif (bergoyang-goyang di air) ketika saya memberikan stimulus bunyi tabung pakan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa teori belajar Pavlov tentang Classical Conditioning dapat diterapkan juga pada kura-kura. Namun demikian perlu suatu penelitian lebih lanjut, apakah stimulus yang merangsang kura-kura tersebut berasal dari pendengaran atau dari penglihatannya. Kura-kura punya telinga kah?

Dalam fabel (dongeng binatang) mereka digambarkan sebagai binatang yang pendiam, lambat dan sabar. Namun ternyata tidak demikian pada kura-kura yang berumur muda. Mereka adalah binatang periang, suka keributan, dan jarang tidur. Perilaku Mocha dan Mochi mulai berubah setelah tiga bulan saya pelihara. Karapasnya yang besar membuat mereka dapat menampung oksigen lebih banyak sehingga dapat bertahan dalam air lebih lama. Mereka pun menjadi lebih tenang dari sebelumnya, dan jika tidur agak sulit dibangunkan.

Banyak aktivis lingkungan hidup menolak perdagangan dan pemeliharaan kura-kura dengan alasan perdagangan tersebut telah membuat ribuan binatang jenis ini mati prematur. Kematian yang seharusnya tidak terjadi seandainya para pemilik kura-kura tersebut memiliki pengetahuan yang cukup untuk memeliharanya. Sayangnya sebagian besar pembeli kura-kura ini adalah anak-anak kecil, yang terkadang perilaku bermain mereka justru membuat kura-kura tersiksa dan mati secara prematur. Jika Anda memang berniat untuk memelihara kura-kura, mungkin bacaan-bacaan yang juga menjadi referensi saya ini dapat bermanfaat :

Pengenalan Dasar Kura-Kura
Merawat Kura-kura Brazil

Kura-kura Brazil: Fakta dasar dan perawatan kesehatan
Hobby – Pakan Kura-kura Brasil
Usaha Potensial Kura-kura Brasil

Sebulan ini saya sedang kebingungan dengan perilaku Mocha dan Mochi. Mereka mogok makan. Tapi mereka tidak sakit, mereka masih menunjukkan keriangannya berenang di ember. Mereka juga masih semangat untuk berlari dengan cepat jika dilepas di lantai. Saya heran, mereka tidak lagi doyan dengan pakan yang biasanya diberikan. Saya juga sudah mencoba untuk memberikan sayur-sayuran. Namun semuanya itu tidak disentuhnya? Ada apa ya dengan Mocha dan Mochi?

Mochi Berjemur

Apa mereka ingin ganti menu makanan? Apa memang semakin dewasa mereka tidak suka makan? Apa mereka berdua ingin kawin? Atau mereka selama 40 hari ini ingin ikut berpuasa dan berpantang dalam rangka prapaskah? (*saya pernah dengar cerita, beberapa hewan peliharaan memiliki hubungan emosional dengan pemiliknya) Hehe.. Saya masih belum menemukan jawabannya. Adakah pembaca yang dapat membantu saya untuk menemukan penyebab kedua kura-kura saya itu mogok makan?

Tags: ,

Mood : Bercanda emoticon

237 Responses :


1. tooooooooooooooooopics Says:

mungkin minta makanan yang lebih mewah lagi… hehehehehe..
bai nde wei kura2 brazil demen main bola ngga?? *pertanyaan tolol*



2. dyna Says:

kura2mu pengen dilepas kaliiiiiii… kasian kan! ;0)



3. ekowanz Says:

oh menyambut datangnya film kura2 ninja yang baru yah :p



4. zam Says:

Apa mereka berdua ingin kawin?

bisa jadi, kang.. la wong lanang kabeh.. mosok pedang-pedangan?

wekekekekekek

jadi inget dulu jaman kecil, nemu kura-kura air tawar yg hidup di sawah.. entah dari mana..

eh kura-kura sama penyu beda, ya?



5. kenz Says:

@topics
wah ide bagus.. coba ya, kapan-kapan saya kasih mereka bola, siapa tau suka.. hakekeke….

@dyna
hmm.. saya malah kasihan kalo dilepas di INDONESIA, banyak pantai dan lautnya yang sudah rusak tercemar.. belum lagi ntar malah dijadiin OBAT KUAT sama yang nemu… kasian kan………..

@ekowanz
yups… hihihi.. kura-kura ninjaaaa akan muncul lagi di film, tunggu aja tanggal mainnya……

@zam
hakekeke.. kura-kura itu kakinya berselaput dan ada jari-jarinya, sedangkan penyu gak punya jari :)



6. thestoopid Says:

wah say pengn punya… tapi males amis :D
eh btw, kura2 itu make akuarium ato drybox gitu?
saya bingung nih



7. kenz Says:

@thestoopid
hmm.. kura2 saya kok gak amis ya? itu bedanya kura-kura ma ikan.. kalo ikan amis. kalo kura2 .. gak terlalu… malah wangi ***kalo rajin dimandiin pake air sabun :hakekeke…

menurut yang pernah aku baca, kura2 itu hidup di darat dan air, tapi dia butuh air karena desain paru-parunya memang untuk di air.. kalo ke darat cuma buat berjemur, dan bertelur… kalo dapat makanan, pasti dibawa ke air… hehe.. kalo salah mohon dibetulkan.



8. diditjogja Says:

hewanpeliharaan.com?

emang kalo keindahan harus ada aturannya ya? bukannya keindahan itu selera?

eh, liat ekowanz, kapan kita nonton bareng kura2ninja?



9. iwa Says:

hehehe… gw jg baru aja bli kuya2. :D
umurnya br 3 bln… tempurungnya baru diameter kira2 5cm..

bantuin gw ngerawatnya dong… :D



10. yoan Says:

ak dulu jg pgn pelihara kura2 brasil, tp ga berani takut mati, kan pelihara kura2 ga kyk pelihara ikan koki..

Waktu baca artikelnya ak jd pgn coba pelihara satu, makasih artikelnya :)

Btw di solo harga kura2 mahal, satu ekor ditawarkan 15rb , mau nawar takut ma yg jual :(



11. kenz Says:

eh ada kabar gembira.. sejak seminggu yang lalu, tepat menjelang paskah.. kura-kura saya sudah mau makan lagi.. tapi makannya hanya sedikit, tidak sebanyak dulu.. tapi ya.. sudah tenang aja sih.. hihihi.. ternyata kura-kura bisa ikutan puasa kali ???



12. yoan Says:

ak percaya klo kita bnr2 melihara binatang apapun itu akan ad ikatan antara binatang ma tuannya..

ikan oscarku suka belagak gila kaca akuarium ditabrak2, klo ak pergi jauh(misal ke kota lain), klo ak dah pulang dia tenang lg…

i just love my pets



13. aha Says:

aku juga punya kura-kura, sama seperti jenis kura-kuramu.
kura-kura brazil, pepy dan popy namanya.
sampai sekarang aku blm tahu umur mereka, gimana sih cara menentukan umur kura2?



14. vin Says:

saya baru bli kura-kura 2 ekor tapi sejak saya pelihara, mereka ga mau makan. gimanaaa donk? kura-kura klo di darat trus bisa mati ya? Sebaiknya intensitas kura-kura berada di darat dan di air brapa persen? Mohon bantuannya ya… Thx.



15. kenz Says:

@vin
mm.. makanannya apa ya? usianya berapa? kura-kura jenis apa? mungkin gak cocok dengan makanannya.. coba deh, ganti makanan dengan yang lain.. selain itu mungkin tempatnya juga perlu diperhatikan… biasanya kalo stres, dia gak mau maem, sampe dia menikmati tempatnya…

kura-kura brasil senang di air kalo makan… jangan sering-sering di darat, kasihan.. karena saya pernah baca, alat pernapasannya didesain lebih bagus untuk di air. saya sendiri paling cuma kasih dia waktu bermain di darat dua jam setiap hari, selebihnya di air.



16. ANOI Says:

Saya baru 5 hari ini membeli sepasang kura-kura brazil. Sejak saya beli saya memberi mereka pelet makanan berwarna hijau seharga Rp.2500. Keyakinan saya membeli pakan ini karena dibelakang kemasannya terdapat gambar kura-kura. Namun hinga hari ini saya tidak pernah melihat mereka mau memakan 1 pun pelet yg saya berikan, ukuran pelet pun jika saya amati sesuai dengan mulut mereka jadi harusnya tidak jadi masalah. Namun mereka tampak tetap lincah, walaupun salah satunya dari awal tampak males2an. Please advice apakah mereka sudah mendapatkan pakan yg benar?

Trims



17. Jennifer Says:

Iya nih udah ampir satu bulan ini saya sulit mendapatkan makanan kura2 saya ya itu tuh "ORCA" dimana yah saya bisa memperoleh makanan itu… ada yang bisa bantu saya nggak????
Kura2 saya nggak mau makan yang lainnn tolonkkk donkkk

Trims buayak yah….



18. namie Says:

wah akhirnya aku temukan juga! makasih banget ama info2nya ^_^
aku juga punya kura2, namanya Yampi. Biar betina tapi dia agresif loh! lincah kyak yang punya hahahaha. Terus kalo malam suka ganggu aku tidur, habis gerak terus.. Kura2 mesti di jemur ya? sehari berapa kali? terus jemurnya lama ato cma sebentar? habis baru pertama kali punya kura2 Brasil. Dulu punya 4 ekor tapi beda jenis, namanya sama kayak kura2 ninja ^_^ tapi mati semua hiks…
mohon bantuannya ya ^_^



19. kenz Says:

@annoi, jenifer
hehe.. iya.. saya juga lagi kesulitan cari yang ORCA… sepertinya lagi menghilang di pasaran… saya beri merk lain.. peletnya tidak mengapung, padahal kalo yang ORCA itu peletnya mengapung….. alhasil kura-kura saya empat hari ini belum makan banyak…. tapi dibiarin aja sih, lama-kelamaan kalo dia sudah kelaparan, mereka akan tahu sendiri bahwa yang diberikan itu adalah makanan… tips saya.. jangan diberi makan banyak-banyak… secukupnya saja, biar tidak cepat kotor airnya…

@namie
bukan berjemur panas2 lho… pas matahari pagi… yang tidak begitu panas… sebelum jam 10an… menurut referensi yang saya baca, suhu yang hangat.. akan meningkatkan ketahanan tubuh kura-kura… oh ya.. saya dulu juga terganggu dengan kura-kura kalo malam… lalu saya matikan lampu / taruh kura-kura di tempat yang gelap… .. yaaa… mereka ikut tidur… jadi saya tidak terganggu lagi… :D



20. namie Says:

wah.. makasih ya infonya ^_^. Btw aku salah nulis nama kura2 ku huahahahahahaha. Harusnya YAMAPI bukan Yampi! duh malunya… Nama kura2 sendiri aja lupa.. bisa2 aku lupa juga naruh kura2 ku dimana :P

Tanya donk.. kura2 bisa denger g seh? trus perlu olahraga g? ya..supaya g stres gitu…



21. kenz Says:

@namie
saya juga lagi cari tahu ttg pendengaran kura-kura. kalo masalah olahraga, hehe… bukannya setiap hari dia sudah olah raga berenang di air.. :D



22. anto Says:

saya juga punya kura-kura dan ga mau makan juga. saya tinggal di semarang. mkin ada yang tahu dimana saya bisa beli makanan kura-kura???



23. kadek Says:

bukan pengen kawinnnnnnn tapi minta ganti menu. kasi cacing beku ato jangkrik, ikan gupy, aoto malah kecoa…. kura kura ku mau.. kaco dech maem kecoa jijay…..
mau di ajak tidur ma kamu kaleee hahahyahaha



24. tinkerbell Says:

ak pnya kura tuh, punya anakku siy, namanya franklin. dinamain persis sama tokoh idolanya. setau aku hindarin tuh makanan yang dah dibekuin.kasih aja cacing tanah, klo kura mash kecil, cacing hrs potong2 dlu ya.



25. derry Says:

aq punya kura kura namanya andi.andi suka makan lele yang kecil
k’lo mau cepet tumbuh makanya apnya ?tahnks



26. dHeyaN Says:

aq punya 3 ekor kura-kura brazil, 2 ekor sangat aktif tapi yang satu ekor sangat pemalas. Saya mau tanya apa yang pemalas itu merupakan betina?Kalau bukan gimana cara agar dia tidak malas lagi????



27. kenz Says:

@derry
Makan lele… hiiiiiiiiiiiii…………..
hehe.. kasih saja pelet merk ORCA, dalam tiga bulan kura-kura saya yang tadinya panjang 5cm sudah jadi 12cm skarang.

@dHeyan
wah saya juga masih bingung, betina apa jantan, coba lihat cakarnya, dan juga jarak kloaka dengan cangkang, katanya kalo yang betina, cakarnya tidak panjang, dan kloakanya dekat tempurung. tentang kura-kura yang malas, gak usah diapain2 sih, mungkin sudah sifatnya, terkecuali mungkin sakit.



28. tata Says:

"Wow cool article Ken!"
Coz gw jg pecinta kura2, saat ini gw punya 4 macam kura2 jenis: , matahari, kepala ular or kura2 kampung trus yg atu lagi ada yg bilang jenis kura2 ambon tapi yg lain bilang kura2 bali…auk ah mana yang boneng :-) Pastinya gw jg lagi nyari tahu soal makanan yg mrk sukai sesuai jenisnya.. krn gw rada sedih si kura2 ambon gak doyan kangkung spt yg di kasih tahu penjualnya, gw rasa doi jg gak expert soal kura2 yg penting laku .. ihiks.. :-(

fyi, si brasil doyan anak ikan emas or ikan yg kecil2…cobain dech.. ^_^



29. diedie Says:

aku seneng banget waktu baca atrikelnya, coz berguna bgt buat aku. akhir 2006 aku beli kura-kura brazil, aku sayang bgt sama mereka, aku kasih nama mereka "Babes & Dado". setelah umur mereka 4 bulan, aku nggak tau mereka mati. dan aku bener-bener sedih, aku bener-bener harus belajar tentang kura-kura jadinya. dan sekarang aku udah punya kura-kura lagi, doa’in ya biar aku bisa jaga dia baik-baik. namanya "DoBe". btw, klu ada info ttg kura-kura lagi kasih tau ya….
thx



30. Jennifer Says:

ini jennifer lagi….

aku di jakarta neh sampe sekarang masih aja tetep kesulitan cari makanan kura-kura yg merk "ORCA" ada yg bisa bantu nggak?????
siapa tau ada yang tau suppliernya…..

thx,
jennifer



31. kenz Says:

@Jennifer
bener… di Jogja sekarang juga sulit mendapatkan ORCA, padahal itu makanan kura-kura yang berkualitas. Kura-kura saya senang makan ORCA karena pelet ini mengapung dan tenggelam setelah lama sekali, sedangkan pelet-pelet yang lain, mudah tenggelam sehingga mudah rusak sebelum dimakan kura-kura.



32. dewisuwandi Says:

ehh….aq jg penasaran ORCA tuch nama merk makanan kura-kura y?? maklum, aq cm kasih makan pelet biasa n mah blm tau makanan jenis lainnya.kura-kuraku namanya al…..lincah buanget, klo di semarang cari ORCA dimana y???



33. bens Says:

saya baru beli kura batok & kura matahari 2 hari yg lalu di anyer, apakah teman2 ada yg tau pakan buat kedua jenis ini karena mereka gak suka pelet, meskipun dikasih yg pelet khusus kura.
Sepertinya kedua jenis ini kurang suka di aquarium ya ?



34. kezia Says:

hi kenz
aku juga punya kura2 brazil 2 batang..
mereka masi keciol bgt (ga tau umur berapa)..
yang jelas mereka doyan bgt yang namanya makan..
emangnya perlu dijemur ya?
di kena’in matahari gt?
btw iya tuh kalo didarat kuranya ga bisa makan,cuma digigit dimulutnya…
hehehehe lucu banget…



35. Jill (',) Says:

Gw puny kura2 mirip mocha-mochi.nmnya R_best & lucky_J, biasanya gw pangil KURCIL.sampai skr gw blom tau mrk Cow or Cew cz gw br tau carany ngebedain. Do’ain moga" beda biar bs gw kawinin.



36. Jill (',) Says:

tapi cara ngembangbiakinnya gmn??????????



37. kenz Says:

@Jill
Kura-kura brasil yang berjenis kelamin jantan biasanya memiliki cakar yang panjang, sementara yang betina, cakarnya pendek. Tapi kalo masih kecil bisa dilihat dari banyaknya pola-pola dibawah cangkangnya. Kalo pola-pola bunder itemnya banyak dan rapet itu jantan.



38. Jill (',) Says:

@kenz
Yg gw tanyain tuh cara ngembanginnya?klo liat cew or cow gw dah tau. umur kurcil gw kira2 setaon lebih.hari ini mereka ultah tp sayang gak dsni ma gw.bln kmrn gw bw plg ditinggal di rumah.btw loe kul pa krj?



39. kenz Says:

@Jill
hehe, saya juga lagi uji coba mengawinkan mocha-mochi, kemaren saya beli betina lagi. Berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang sudah punya kura-kura, biasanya kalau sudah waktunya mereka kawin sendiri. Lalu mereka akan bertelur. Nah bagusnya memang dikasih pasir, tapi pernah ada teman saya yang bertelur di air, tapi yang selamat dan menetas hanya 1 butir saja. Ntar deh, kalo mocha-mochi sudah bertelur saya ceritakan di blog.. :D



40. dior Says:

dior

eh kok kura kura gw gak mau makan sih. dia masih kecil sih tapi sejak gw beli dia juga dah ga mau makan. gw beli mereka Rp 10 ribu klo ada yang mau beli seharga Rp7.00. Email gw : aku_dior@hotmail.com.

DATANG KE :

Indonesia, Jakarta. Bintaro sektor 9 JL. Mertilang Raya JE9/21



41. dior Says:

Aku tau kenapa mochi dan mocha gak mau makan, karena dia sedang sakit parah. Nama penyakit yang Mocha dan Mochi alami adalah septicemia. Penyakit itu bisa dilihat dari tempurung bawahnya, yang berwarna kemerahan.

CARA MENGOBATINYA :

Pada umumnya disebabkan oleh luka trauma, terutama air yang terkontaminasi. Ada kemungkinan hepatosisjika hati (lever) dengan cepat ikut terserang. Mendesaknya akan kebutuhan parental (tidak melalui mulut) antibiotik harus dilakukan dengan hati-hati dan intensif terapi pendukung juga diperlakukan. Tes darah juga diperlukan untuk memastikan kemajuan pengobatan.

Kalo masih ada yang belum mengerti bisa email aku di aku_dior@hotmail.com atau telpon aku di 085959810776.

Semoga Tuhan melingdungi Mocha dan Mochi.
Selamat berjuang ya kemungkinan informasi ku bisa membantu Mocha dan Mochi.

Makasih dari: Dior



42. kenz Says:

@dior
wah kamu telat dior.. liat komentar 11 dunk.. kura-kura punyaku bisa puasa lho :D skarang mah sudah normal.. dan tidak sakit seperti yang kamu sebutkan diatas. Kalau kura-kura sakit gak seceria kayak mocha mochi.. btw thanks infonya ;))



43. dior Says:

ya udah klo gitu bagus aku tenang klo liat kura-kura bahagia

salam hangat dior (sok alim amat)



44. dior Says:

Rumah kmu ada dimana, kamu klas brapa?

Cerita kamu diatas itu agak menyinggung aku karena tertulis :

Anak kecil tidak bisa merawat kura-kura dengan baik sedangkan aku adalah anak kecil masih klas 5.

Tapi aku tau hampir semua tentang kura-kura.

Tapi aku heran kura-kura ku sakit tapi aku belum tau menyebabnya. Aneh ya. Ya aku cuma minta doa aja dari kamu. thx



45. dior Says:

@kenz

cara bikin blog gimana KAK.

Aku akan mengeluarkan semua yang aku tau tentang kura-kura untuk membuat blog tentang cara mendidik kura-kura brazil dengan baik tapi aku gak tau caranya. Bisa bantu gak KAK.?



46. kenz Says:

@Dior
halo dior… :D bukan maksud kakak mengatakan bahwa semua anak kecil itu tidak bisa memelihara kura-kura, tapi sebagian besar mereka belum memiliki pengetahuan yang cukup ttg kura-kura.

Mereka membeli kura-kura karena tertarik bermain bersamanya, bukan untuk memeliharanya. Jadi wajar jika kemudian banyak kura-kura yang mereka beli mati karena tak terpelihara ataupun karena menjadi barang mainan.

Nah… bagus sekali jika dek Dior ini punya pengetahuan tentang kura-kura, apalagi bisa merawat kura-kura. Jarang lho dek, ada yang bisa sepertimu… saya kagum :D

Oh ya, tentang kura-kura kamu yang tidak mau makan itu. Coba diperhatikan apakah kura-kura mu itu lemas, tidak mau bergerak sepanjang hari. Jika ya mungkin dia sakit. Tapi jika hanya tidak mau makan, kemungkinan dia memang tidak lapar. Jadi berikan makan secukupnya saja, yaitu pagi dan malam.

Bagus dek.. ayo buat blog aja… caranya kamu tinggal daftar di http://blogger.com, mudah kok seperti membuat email. Coba kamu googling dengan kata kunci "tutorial membuat blog", nah mungkin ada bacaan tentang cara membuat blog lebih lanjut. Kakak tunggu blognya tentang kura-kura :D



47. Ahmad Says:

gue juga punya kura-kura brazil (KKB), waktu kecil dia makan makuku juga. tapi pas udah gedean dikit gue kasih anak ikan mas hidup. biasanya dia kejar2, trus dilahap deh…. (beli anak ikannya yang pas ukuran mulutnya yah). atau biasanya anak ikannya gue tangkap dulu, trus gue sodorin ke mulutnya. cuma jgn lupa kalo dikasih makan anak ikan mas, KKB lu harus sering dibelai tangan manusia, biar gak liar and galak. karena dia bakal agak galak kalo hidup kaya di alam liar, musti nangkap ikan sendiri.

kalo bisa lu beli lagi aquarium yang gede, biar dia bisa bebas bermain and legaaaaaaa…



48. dior Says:

@KAK kenz

Ya udah makasih kak Kenz dah kasih tau aku cara bikin blog



49. dior Says:

@KAK kenz

blog ini punya KAK kenz ya?



50. dior Says:

@FOR ALL OF YOU (untuk kalian semua)

Aku memecahkan recor baru looooo. Kura-kura ku sudah mempunyai 3 penyakit. dan aku rawat dia sampai seminggu, tanpa makan dan hanya diberi obat. tapi akhirnya mati karena tidak mau makan tapi hanya mau diberi obat. Aku mengatakan itu recor karena aku masih klas 5 SD dan bisa tau cara membuat dia tahan lama dan tau cara mengobatinya.

(Maaf bila aku terlalu sombong) Dior



51. klen Says:

lam kenal……..
Tuolong..tuolong……. Q punya baru punya kura brazil nih baru empat hari Q beli, trus sampai sekarang kura2 tu kagak mau makan. Udah ta kasih pelet, cacing beku,ampe daun selada juga kagak mau makan. Please dunk….kasih info biar tu kura mo makan….
Gw takut mati tu kura gara2 ga mau makan,



52. Nana Says:

hi.g bc masalah lo.g juga mengalami masalah yang sama. tapi waktu itu kura2 g umurnya kurang lebih setahun. dia(dua2nya) juga dah gak mau kagi dikasih turtle food orca. trus gua kasih udang mentah aja sekarang. tinggal beli di pasar(ga usah banyak2) kupas kulitnya trus masukkin kulkas(freezer).Nah nanti klo udah waktunya makan keluarin dari kulkas trus potong kecil-kecil.lalu kasih makan aja pake tusuk gigi sodorin ke mulutnya.dijamin pasti kura-kura lo doyan banget d.oh ya setahu g kura2 iatu mengandalkan penciumannya d n penglihatan. So, g gak yakin juga klo dia bisa denger. dan lagipula kura2 itu pasti sudah aval kapan dia mo dikasih makan.contohnya ya itu tadi, pas lu kocok2 botolnya.g soalnya juga pernah begitu klo mo kasih makan kura2 g.makanya dia gak bisa diem n saking doyannya dia sampe pernah kebalik gara makanannya itu.G harap kura2 lu mau makan lagi.



53. Handi Says:

Untuk makanan pokoknya, saya biasa memvariasikan pemberian pakan merek "Orca" dengan pakan merek "Sanyu".
Jadi klo ga mau orca, pasti maunya Sanyu. begitu juga sebaliknya.
Anyway, kura2 saya namanya Beon (Be + On) dan Bloon (Blow+On)
^^



54. Nana Says:

@ kak kenz

Kak, aku mo nanya nih gimana sih caranya supaya kura2 brazil itu mo kawin dan tanda2nya apa aja?Truz kira2 klo mo bertelur itu biasanya umur kura2 brazil yang ideal berapa ya?Thx



55. kenz Says:

@nana
halo nana… iya.. saya juga lagi bereksperimen nih. kura-kura saya kebetulan jantan semua dan akhirnya saya beli betina.

yang saya tahu, umur satu tahun, organ seksual mereka sudah matang dan mereka akan sering tumpang-tumpangan, si jantan akan menjulurkan ekornya ke kloaka betina.

kura-kura saya, akhir-akhir ini sering tumpang-tumpangan, tapi belum tahu, sedang kawin atau hanya main-main. nanti deh, aku kabari kalau ternyata mereka sudah bertelur :D



56. nURy mUaNIEs Says:

hUaLLowww….

wAh SErU yA bCa cOmmEnt2 diaTas… LUcU2…

bTw, gW jUga pUnYa LoH kURa2 bRaziL…

da 3 gItU, cEWEk seMua…

yG 2 mSh kecIL2, yA qRa2 3 bULanAn naManYa
>> HamBuRGeR
>> PiZZatLe

tRUs yG 1 LaGI daH 6 bULan, naManYa "MamAbUNz"
seCara dY yG pAliNg tUa, jAdI dinaMaiN mamaBuNz deYh…
seMoGa dYa bIsa menJaGa 2 kURa2 keCILqUw…

mEREKa bIasA gW paNGGiL "PHM" tIaP paGi gW maNDiiN
n gW rENdeM dIemBer 1 jaM-aN giTU… bIAsanYa mErEka e’E
pAs jM2 9aN giTU….

duLU hAMbUGER perNaH saQt n haMpiR maTI taPi seTeLaH
gW rAwaT deNGan baIK terNYaTa sekaRang dY paLInG lINcaH…

LUV u mUCh PHM….



57. forjoyride Says:

Di Jakarta, coba aja cari ORCA di Hasilisia mngkn di sana ada stocknya. Waktu itu masih ada sih, telp aja dulu sblm ke sana Telpnya 856 9379



58. privea Says:

KUKU n RARA punyakami sekeluarga juga lagi gak mau makan! matanya buta (ada selaputnya) kasihan……! udah dibelikan pasir lagi…..! padahal belum ada setahun.
kata ibukku kura2nya kurang vitamin jadi kami jemur
kok dijemur kepanasan
punya bulekq udah 3 tahun kura-kuranya guede (tergolong) dan pernah bertelur .
katanya yang besar itu cewek
yang lebih kecil cowok
makannya GODONG KATES
terus k-lo gak mau makan katanya ngambek!



59. Chris Says:

kura2ku juga kuku n rara…
tadi pas aku liat tiba2 buta…..
gimana dong?????
gak mau makan juga….. disuapin gak mau buka mulut….



60. agayshia Says:

aq baru 2 hari lalu bli kura2.ukurannya d=3-4cm.klo sgitu qra2 brp y umurnya?aq kasih mkn turtle food.mknnx ngapung kok.apa itu termasuk mknn yg merknya ORCA?tp ukuran mknnx lbh gde drmulut kura2.kura2q aq ksh nama nana n nunu.aq ga tau mrk jantan ato betina.emg klo msh kecil bisa dilihat y jenis kelaminnya??klo kura2 ditaro kolam boleh ga?



61. agayshia Says:

klo kura2 skt itu ciri2x gmn?airx diganti berapa kali?klo diganti tiap hari boleh ga?hbs airnya kotor krn kotoran kura2.cara ngerawatnya gimana sih?ktx perlu pencahaayaan n tempanya hrs ada filternya?qra2 bli dimana y smua itu?



62. kenz Says:

@nuri
haiiii nuri… salam buat PHM nya.. :D

@forjoyride
terima kasih informasinya, sayang di jogja.. sudah tidak beredar lagi, padahal ORCA itu adalah makanan favorit kura-kura saya.

@privea dan cris
hmm.. buta? mungkin karena airnya tidak pernah diganti, juga kurang vitamin. Sudah dibawa ke dokter hewan? kura-kura ngambek sih sudah biasa, tapi kalo dia laper, pasti makan juga kok :D

@agayshia
tentang jantan atau betina, tentang cara memelihara dan pencahayaan kandang, silakan lihat lagi di artikel ini beserta link dan komentarnya, sepertinya sudah dibahas.

waah.. kamu berhasil mendapatkan makanan kura-kura yang mengapung ya? bagus.. meskipun potongannya besar, tapi mereka bisa kok memakannya.

kura-kura boleh kok ditaruh di kolam, tapi hati-hati kalo musim hujan, kura-kuranya bisa keluar kalo airnya kolam penuh :D
bagusnya airnya sering diganti, biar kura-kuranya sehat dan gak bosen :D



63. nina Says:

apa bnr y kura maw kawin suka tumpangn?coz sjak ptama beli, tuh kura tumpangan mulu.but q gak prnah prhtiin ekornya, jg blom taw kdua kuraku ce n co ato bkn..lgpula, tuh kura masih kcil..blm cukup umur x y utk kwin??
o y maw tanya nih, apa bener kura ngluarin zat yang gak baik utk manusia dari mulutnya or idungnya?n katanya kotoranya jg gak baik utk manusia??btulkah??



64. Nana Says:

@kak kenz
Thanks banget buat nasihatnya.sy juga lagi coba-coba nih. Kebetulan kura2ku sepasang juga cewe dan cowo.Aku juga lagi nunggu kira-kira kapan ya dia mo kawin. meski begitu aku juga coba cari lagi artikel2 tentang kura2 brazil di internet terutama tentang cara perkembangbiakan. dan kayanya masih minim banget. Sebenarnya, aku tau tanda klo mo kawin itu kloakanya nyatu tapi kura2ku ga kaya gitu. yg ada terkadang si jantan mengeluarkan sesuatu berwarna hitam dari kloakanya cukup besar. N pada saat sy mengangkat si jantan sesuatu hitam itu masuk lagi ke kloaka dengan cepatnya. pada saat itu si betina hanya berusaha mencium sesuatu itu tapi gak timpa2an. Maka dari itu sy agak bingung dan mencoba mencari tau dari yg sudah expert.

Oh ya beberapa waktu lalu sy diberi telur kura2 dari kenalan.Dia blng punya kura2 ada 6 dan sudah besar punya. Tiap 3-4 bulan sekali kura2nya bertelur tapi smpai skrg masih blom menetas. Sy diberi satu dan berusaha membuatnya menetas dgn menguburnya di dlm batu2an, namun sepertinya kurang hangat untuk membuatnya menetas.klomasa ide bagi2 ya.



65. agayshia Says:

t4x kura kn aq ksh batu biar mereka bisa berjemur.tp cuma nana yang suka berjemur,nunu sukax berendem trs.gpp y kura2x?nana aktif bgt,apa lg klo mkn n di taruh lantai(darat).mereka tiap pg aq jemur,tp mereka g mo berjemur.klo dijemur,mereka pasti cari t4 bwt berteduh.si nunu klo aq dekati pst cri t4 sembunyi,klo aq pegang jg sll sembunyikan kepala n kakix.klo nana diem aj aq pegang trs klo aq liat jg kyx cuek aj.knp y mereka?sebenarnya ukuran untuk t4 kura2 yg msh kcl itu seberapa??selain ksh mkn food turtle,apa mereka hrs diksh mknn selingan yg lain??bli lampu buat pencahayaan kura2 klo disby dmn y??



66. Chris Says:

Kura2 ku itu ga mau buka mata,,trus ga makan…uda semingguan….
dl mreka aku taruh dikamar ber-ac..trus pindah keluar yg ga ada ac nya…
jadinya malah gitu… harusnya gimana ya??merka butuh hangat apa dingin si?? uda bawa ke dokter,,tp dokternya ga bisa cek…
jadi cuma ganti air tiap ari n kasi anti-chlorin…



67. Nana Says:

@chris
emangnya kamu punya kura2 pernah jatuh gak sebelumnya?dan berapa kali?dulu aku juga pernah piara 8 tapi hanya 2 yang bertahan ampe besar dan yang lainnya sudah meninggal. Aku kurang begitu yakin kenapa, mungkin karna aku gak bisa pilih kura2 yg sehat di pasaran dan juga airnya krg sering diganti. lbh baik kamu terus memberikan anti chlorin itu dan jaga suhu airnya 23-30 derajat celcius.Mudah2n kura2 kamu bisa cepet sembuh n dijaga ya jgn ampe jatuh lagi.

@Agashia
emang kura2 kamu kecinya itu umurnya brapa bln?klo 1 bln panjangnya mungkin 2 jari tangan, tpi klo 3-4bln panjangnya 3 jari tangan. klo kura2 kmu kaya begitu mungkin dia pemalu tp normal kok. dulu aku selalu taruh kura2ku di air, ga berjemur tapi aku ajak main di lantai jadi bisa sekalian olahraga. lagipula aku taruh kura2ku di ruang keluarga jadi gak harus pake pencahayaan khusus tapi dari lampu biasa aja. dan klo mlam air aku keringkan dan ditaruh di kamar ber-ac. lalu sebulan kemudian pas umurnya 5 bln aku taruh dia di akuarium yang ada batu2 kecil(agak besar biar gak dimakan. dgn begitu dia bisa tidur kapan aja dan klo waktunya makan aku angkat dia dan taruh di air lagi biar dia gak haus lalu kasih orca.mudah2an kamu ngerti.

@Kak kenz
oh ya kak aku lupa nanya kira2 umur kura2 kak kenz berapa?Klo kura2ku 1.5 tahun.makasih.



68. Boled Says:

tau ga sechhhh kura – kura ku tuh kan cewe sama cowo lucu dech mereka itu pacaran ajah hehehhe
jadi kangen ma ehem….kalo kata aku kura – kura punya hubungan emosional ma yang melihara tuh bener
soalnya…. aku kan tukang tidur eh kura – kuranya juga tukang molor…..
hehehehhehe



69. agayshia Says:

kura2q itu besarnya d=3-4 cm,jd itu umur brp?????mksh ya nana (sama nama kmu kaya kura2q hehehehe) bwt masukannya.snng deh klo ternyata kura2q sehat2 aja.sekarang ni aq binggung klo musti ngajak kura2q mainan,ya sekedar berjemur ato olahraga.aq kerja jm 7 plg jm 4.gmn ada wktu.klo jemur kura2 kira2 berapa menit/jm?????sbnrnya kura2 brazil itu hrs di darat ato d air??ato darat n air???ato klo makan aja d aer????



70. kenz Says:

@nana
umur kura-kura saya mocha-mochi itu 1 tahunan. thanks ya sudah berbagi pengalaman disini :D

@agayshia
mungkin kura-kuramu itu masih berumur 2-4 bulan. btw coba baca lagi artikel ini dan komentarnya, disana sudah ada informasi tentang apa yang kamu tanyakan :p



71. agayshia Says:

tiap hari air bwt kura2q aq ganti,gpp y??ktnya kl kura2 sering d angkat n dipindah2 g blh,apa bnr????
karapas kura2 emg kudu di bersihin y???berapa kali seminggu???
selain ksh pelet,d ksh mkn apa lg y???ampe umur brp dksh mkn pelet???tlg y dijawab cepet ma sp aja yg tau.pliiiizzzzz.thx



72. Nana Says:

@Kak kenz
makasih juga soal kakak dah mo dengerin komen2 dr semuanya. oh ya, ternyata telur kura2 yg waktu itu gak jadi menetas karena menciut. aku masih blom tau kenapa, tapi mungkin blom waktunya aku tuk miara kura2 kecil lg. Soalnya sejak aku piara kedua kura2ku ini, kura2 lain yg aku bli slalu mati. mungkin krana aku mash blom bisa milih kura2 ya sehat dgn benar. kura2 yg ini ayahku yg membelikan sedang yg lain aku yg memilih.Memang kak kenz knpa pilih tuk piara kura2 bknnya hewan lain?Klo aku krn aku merasa kura2 itu lucu dan jinak,menyenangkan sekali memelihara kura2.



73. Nana Says:

@Agayshia
setiap hari airnya hrs diganti spy gak sakit. Sy krg tau mengenai kura2 sering diangkat ato tdk, tapi asalkan kura2 kmu sehat itu gak jd masalah. dia harus terud dikasih pelet biar cepet tumbuh besar n jgn sembarangan ganti takutnya dia sakit n gak mo makan pelet lagi. kasih terus pelet sampe dia bosen n minta makanan lain. cuci karapasnya pada saat air diganti dgn mengosok2 pake tgn.klo bisa sesudah dan setelah kura2 makan airnya diganti.biasanya sih kura2 berhenti makan pelet sampe berumur 1 tahun, klo sudah begitu berikan dia udang mentah yg sudah dikupas dan dipotong kecil spy gak keselek.



74. Henny Says:

Kura2 ku ad 2, kata pjualnya yg hijau muda tu cewe(namanya Tomoe), Yg cowo hijau tua(namanya Daichi).Ukurannya 3 cm. Baru aja dikasih. Jadi ga tau perawatannya. Trus ruanganku AC semua n 24 jam. Gmn ni? ga ada yg mo ngalah bt matiin AC. Aku tkt mati nih. Kura2 bs hidup di ruang AC ga?
Trus lincah bgt yg 2-2nya, tp knp si Tomoe lbh ga lincah dibdng sm daichi? Apa cewe lbh ga lincah?
tp wkt diksh turtle stick merk sanyu cm dimakan sebiji. Apa emang segitu takarannya? apa lg sakit?

Kl untuk ukuran kura 3cm itu kolomnya min brp cm3 ya?
minta info lengkap donk..kl perlu buat page ttg perawatannya. Saking tkt terinfeksi tempatnya da aku cuci 3 kali buat semalam ini. Bis kotor sih..Thanks ya



75. Kenz Says:

@Henny
Sip deh kalo rajin membersihkan tempat kura-kura, tapi tidak perlu terlalu sering. Sekali sehari atau dua hari sekali sudah cukup.

Kura-kura di ruangan berAC tidak masalah, selama dia mendapat penerangan yang cukup dan suhu air yang hangat. Sekali waktu mereka bisa dibawa keluar, biar bisa kena sinar matahari yang menyehatkan.

Silakan baca artikel ini ya :)
Pengenalan Dasar Kura-Kura
Merawat Kura-kura Brazil

Kura-kura Brazil: Fakta dasar dan perawatan kesehatan
Hobby – Pakan Kura-kura Brasil



76. Henny Says:

Kenz, Thanks ya masukkannya. kmrn aku da brow pk keyword Red Ear Slider, byk masukan juga. Thanks ya! Gampang2 susah juga ya ngurus kura2 brazil ini. Aku sampe dimrhin calon katanya lebih perhatian sama peliharaannya daripada dia.Hehe..(jd nyesel dia beliin)
Kemaren2 si daichi sempat ga mo makan smp 3 hr, tp stlh diksh anti chlorine mrk jd rakus. Trus tempurungnya tu da somplak dr ptama kl beli, skrg da balik normal stlh dijemur pagi-pagi selama 2 hr ini.
Untuk tempurungnya yg putih2 da mkn mhilang, aku rendem air garam pagi dan mlm hr. Trus bengkak matanya jg mulai mbaik.
Thanks ngebantu jg loh artikelnya. Bener loh mang mesti sering dibelai spy ga gampang stres n ga liar.

; )



77. namie Says:

wah.. ternyata semakin banyak pencinta kura2 disini..
btw kemarin si Yamapi (KKB) juga mogok makan! (gile kura2 juga bisa mogok makan.. gmn kalo kura2 di suruh demo mogok makan??)
tapi setelah aku rendam di air hangat, ama di jemur pagi2 sekarang dia mau makan lagi. Awalnya aku kira dia minta ganti menu, aku kasih tomat (hehehehe :p) eh..dia kagak mau! terus tak beliin makanan berbentuk pelet (lupa mereknya) di jg g mau. Kalo cacing aku takut (yang punya takut cacing seh..) Yamapi msh kecil kalo di kasih makan ikan gupy aku yg g tega ama ikannya. kalo kecoa kasihan Yamapinya.. kira2 makanan (tumbuhan) apa ya yg cocok untuk Yamapi?

buat yang masih kecil tapi dah berani melihara kura2. Terus semangat ya! Kalo bisa ampe kamu besar nanti, kura2 mu msh ada ama kamu.. nanti kamu kenali ke pacar mu yah hahahaha

makasih ^_^



78. namie Says:

Lupa.. Mo nanya di Malang suhunya lagi dingin.. Biasanya Yamapi aku kasih air, tapi gara2 dingin airnya jadi dingin juga. Karena kasihan, kalo malam airnya aku buang, terus biar hangat aku taruh diatas CPU (kompnya tak hidupi semalaman, tp ttp aja dingin hiks..) jdnya kalo siang baru aku kasih air lagi..
Suhu kan mempengaruhi kura2, supaya tetep hangat kalo malam dikasih apa ya? lampu belajar ngefek g?



79. min Says:

sorryy, maksud wa kura2 bisa bertahan brapa lama di darat? hehehe… thx ya kk, jadi malu wa.



80. Jack Says:

Saya jg baru melihara 2 ekor kura-kura brazil. Namanya Miko dan Nuki. Kura2nya lincah2. Saya pelihara dlm akuarium 50x30x30cm. Akuariumnya saya rancang ada air dan daratannya. Air setinggi sktr 20 cm, terus dalam akuarium saya taruh batu 1/4 ukuran akuarium setinggi melampaui batas muka air. Kura2 lebih senang di dalam air (di dasar) sambil sekali2 naik kepermukaan untuk bernafas. Kura2 naik kedaratan untuk istirahat en tidur2an. Makannya saya kasih cacing sutra dan ditaruh didasar akuarium. Selain Kura2 ada juga Guppy dan Lobster dalam akuarium shgga air cepat kotor dan saya ganti setengahnya setiap pagi. Kura2nya saya jemur kr2 2 jam setiap pagi.



81. H5 Says:

alllowwww…..
Q sueeenneeenngg…bgt akhirnya bisa bahas banyak ttg kura-kura Brazil (KKB) ma tmn2 skalian. Q punya 4 KKB, belinya 2-2 dulu. 2 pertama namanya Cimo-Cimi,,Q beli skitar 1,5 tahun yg lalu dg pnjg 4-5 cm dan skrg dah 15-16cm. 2 kedua namanya Fuwa-Fuwi,,Q beli skitar 1 bln lalu dg pnjg 4-5 cm dan skrg tinggal Fuwi aja. Hiks..iya,Fuwa meninggal 2 hari yang lalu. Pertamanya sih g’mau makan,,trus ada white spot gitu di kakinya. udah d’kasih obat yg warna ungu itu but g’mempan juga. Hiks….moga-moga Fuwa bisa tenang disana. Oya..buat pecinta KKB smua, perhati’in bener air-nya KKB biar bersih teyus…..Cayyyoo……



82. Henny Says:

@Namie
Allow Namie..
Aku mo ksh info nih. Ada loh lampu penghangat khususnya, coba kamu tanya ke toko2 ikan, petshop ato acehardware(ga mahal kok harganya). Kalo ga salah kita ga blh sembarangan ngasih lampu ke KKB bisa mengakibatkan kebutaan.
Kalo lama bertahan di darat aku blm tau berapa lama. Tapi bener apa yg Jack bilang, kl KKB butuh daratan buat tidur, napas n berjemur. Jadi siapin space daratan aja. Oh ya mereka jg suka berteduh, terbukti goa mainan yg aku siapin jd tempat favoritenya mereka. Pada saat berjemur mereka suka ada diatas plosotan dan terjun ke air pada saat mereka kepanasan. (lucu sekali mereka)
Tiap malam sebelum tidur aku suka ngelus2 kepala mereka, mereka ketagihan loh. kl aku berhenti ngelus, kepala mereka makin panjang ngejulurnya.Hehehe..
Tomoe n daichi sekarang sdh 1 cm lbh besar dari 3 mng yg lalu. Daichi manja kl lg tidur. Dia suka mbaringkan kepalanya di atas batu seperti manusia sedang tidur miring.
Buat yg punya KKB dirawat penuh cinta kasih ya!!
;)



83. foryjoyride Says:

@kenz
ini saya baru dpt info dari temen di yogya, katanya toko yg jual makanan ORCA ada di TirtaMas 7438331, King Louhan 515948



84. aDI Says:

Temen-temen mau nanya ne..kura2ku kok di bagian tempurungnya muncul bercak warna itam y n stlh itu,skrg kura2ku jadi malaz mam..T.T kira2 sakit apa y?ada yg tau obatnya g??Pliz sapa aj yg tau,kbri y..thx bgt



85. Fat Says:

ada yang jual kura2 galapagos?



86. Nana Says:

@ Henny
Hi, hen. Saya baca lho cerita kamu mengenai KKB kamu. Lucu ya, aku ikut seneng lho. Kura-kuraku dulu juga kaya begitu, cuma bedanya dia gak ngejulurin kepalanya. Saya masih ingat waktu dia kecil juga saya elus2 bahkan samapi dia tidur nyenyak. Yang paling parah saat dia tidur di tangan saya, saya juga ikut tidur. Dan saat dia bangun, saya juga bangun. Rasanya menyenangkan sekali ya. Pernah juga saya menjaga dia sampai ia tertidur lelap. Saya serasa menjadi ibunya pada waktu itu. Bayangkan setiap hari saya beri ia makan, mengganti airnya, dan juga menemaninya tidur, bukankah sama saja saya serasa menjadi ibunya?

@Fat
Saya kurang tahu dimana tempat yang menjual kura-kura galapagos. Yang saya tau, kalaupun ada itupun pasti sangat mahal sekali sekitar 40jutaan tapi yang cukup besar dan hanya ada satu saja di Indonesia. Setau saya juga kura2 galapagos itu umurnya sudah sangat tua sekali dan juga begitu besar. Saya kurang tau juga apabila mereka masih bertelur lagi. karena mereka juga perlu dilestarikan agar tidak punah. Lagipula, mereka tidak makan daging, tapi buah-buahan yang ada di pohon rendah serta suka sekali berjemur di kubangan lumpur.



87. ME Says:

menurut gua sii..
mm coba u kasi cacing dee…
abisny kura2 gua jg doyan mkn cacing hehehe^o^



88. Makanan Untuk Mocha Mochi dan Mochu (Kura-Kura Brasil) Says:

Fiuuh.. akhirnya dapat juga makanan kura-kura brasil yang sesuai untuk Mocha Mochi dan Mochu. Ini berkat informasi dari foryjoyride, terima kasih ya Joy :D



89. jazzterday Says:

aku baru beli kura-kura brazil tgl 8 nov 2007 lalu…sepasang jantan dan betina….belum dikasih nama…..

aku suka ngasih makanan yg bebrbentuk bulat…kayak kacang ijo gituh…tapi aku gak yakin dia makan ituh, soale belum pernah liat dia makan….

apa harus di suapin pake tangan/jari ???…..selama ini aku masukin makanan itu ke kandang nya yang berisi air (setengah badan mereka)….

apakah mereka biasa hidup di darat atow di air…???

makasih,
chev



90. jazzterday Says:

btwwww……….aku comot gambar2nya yah..???…..aku gak punya camdig soale….he he he



91. Cita Sophia Says:

Waduh seneng juga akhirnya bisa nemuin temen2 pemelihara kura-kura brasil kaya aq. Justru sekarang aq juga pngn tnya sm temen2 semuanya. Kura2 brasil tu bakal bertelor di umur berapa sih? Trus cara ngedukung fertilitasnya gmn? Sama bisa dijelasin lebih lanjut ng ciri-ciri anta kura2 jantan n betina? Thx buanget.. =)



92. devin stapelia Says:

hai..
mau tanya dong..
dah seminggu ni punya 2 kurakura brazil yang kecil yang harganya 10 ribuan..
tapi kok tidur terus ya, kaya lemes gitu.. padahal pas di penjualnya gesit.. trus ngga mo makan sama sekali..
padahal rajin ganti air dan dijemur..
ada yang bisa bantu?
makasih banget ya..



93. edda Says:

gmna caranya biar si kura2 cot gde?



94. Kenz Says:

@devin
hari-hari awal pindah ke tempat baru biasanya kura-kura akan mengalami stress, tapi tetap beri makan secukupnya jangan terlalu banyak, kalau jemur kura-kura jangan terlalu lama.

@edda
coba deh dikasih makanan kura-kura merk ORCA, kura-kuraku cepet besar.



95. devin stapelia Says:

tengkyu ya kenz..
tapi dari awal aku kasih ORCA tetep aja ngga mau makan ;(
ngga berkurang gitu makanannya..
yaudah deh.. semoga besok2 mereka mo makan..
thanx ya sekali lagi..



96. Reza Says:

Q to punya 3 kurakura brazil (kukubra), dulu belinya di pasar pagi bintaro sek9, 10ribuan. sekarang kan pasar paginya dah ga ada, trus mas yang jual kukubra tu pindah kemana y? mungkin dior bs bantu? soalnya punyaku ‘dipek’ (bahasa indonya ‘dipek’ apa y? Mmm.. ‘diminta’ kali y?) ma adekku pas Q bawa pulang kampung. trus pengen beli lagi, eh… malah yang jualan dah ga ada…

Trus kukubra yang di rumah sekarang dah kumayan gede, dah 13cm-an, dipiara di dalem kolam. tapi… tu kolam banyak banget kecebongnya, bahaya ga ya buat kukubra? kukunya sih asyik bisa renang2 ngejar2 kecebong, trus dipatuk, trus dimaem he… tapi kadang suka ada kecebong yang nemplok2 di tempurungnya, bahaya ga ya?



97. Newbie Says:

halo2.. gw baru beli kura2(Brazil pastinya^^).., ukurannya baru sekitar 4cm-an, trs gw kasih makan "Takari" makanan ikan yang gw beli di Indomart, vit-nya sih lengkap, tapi gw baru sadar kayaknya ga ada kalsiumnya kayaknya.. gawat.. gw tinggal dijakarta di paseban. kalo mau beli makanan kura-kura dimana ya? (Orca atau yang lain)
trs, sran buat kak "KENZ":
Buat Milis aja! ^_^



98. Cyvermont Says:

SEMUANYA, gabung milis "Penggemar-kura2" ya!

Trs, kalo bhisa ngobrol yang banyak disana..^^



99. kenz Says:

@newbie dan cyvermont
sip! ide yang bagus, silakan buat milisnya.. soalnya kalau saya yang buat sudah tidak punya waktu lagi. tapi kelemahannya milis itu terkadang informasinya sering berulang-ulang karena kalau ada orang baru, terkadang suka nanya hal yang sudah dibahas.hehe..



100. Newbie Says:

Argh.. kenapa kura-kura gw ga mau makan ORCA/Makura ya?? maunya makan makanan ikan doang(Takari)..
Btw, baru sadar, setelah gw perhatiin kandungan makanan ikan sama kura-kura sama aja.. cuman beda dkit %nya..
ada yang bisa kasih saran yang bagus ga, gimana caranya biar kura-kura mau pindah makanan??(mungkin pernah pengalaman)



101. Eka Says:

kemarin malem aku baru beli kura-kura brazil, sebenernya kasian coz dia sendirian. nyoba ngerawat satu dulu klo berhasil hidup sehat wal afiat rencana mo aku tambah satu lagi biar gak sendirian. hari pertama sedih coz dia gak mo makan makuku. ada temen yang kasih saran ngasi daging (ayam goreng), eh….bener dia mo makan, ya meskipun masih dikit banget. repot juga sih coz airnya kan jd berminyak.

tolong kasi resep dong biar kura-kuraku yang resmi blum punya nama ini tetep hidup.

tolong y send di email ku. thanks



102. ica Says:

mw numpang tanya ni..
tolong djawab y..

aq pny kura2 brazil jg ni..
tp binggung makanan ny ap
coz a tggl d kota kecil jd ga ad pet shop dsini..
trs a jg binggung kura2 aq t hidup na dmn..
d air ato d darat????

pernah aq kash pelet ikan, tp ga dmakan, malah ngotorin t4 na..
kata temen aq, dkash kangkung aj..
tp tetep ga dmakan..

tolongin dunk kash saran..
plzzzzz



103. kenz Says:

@ica
hai ica, sepertinya semua pertanyaan kamu sudah terjawab di bagian isi artikel dan juga komentar di artikel ini. Tentang makanan kura-kura coba liat di artikel ini :
http://blog.kenz.or.id/2007/11.....rasil.html



104. Newbie(Go to Advance)) Says:

@Eka
Sepengelaman gw, Makuku ga bakalan bisa dimakan sama kkb yang kecil. liat aja mulutnya. saran gw, kasih makanan ikan(yg kecil, fav kkb gw!)/makanan kura2 batangan yang ngambang(jgn lupa patahin kecil2, sampe segede makanan ikan). biar bisa langsung "hap" sama kkbnya.
trs hati-hati kalo melihara 2 kkb yang beda ukuran. yang kecil, bisa-bisa kalah bersaing dalam rebutan makanan. apalagi kalo kura-kura lo tlanjur "gembrot" akibat dikasih makan tiap hari.., kalo gembrot, nafsu makannya makin gila-gilaan.

@Ica
Lo tinggal dimana??
kasih udang mentah aja(yg udah lo potong2).
atau buah(wortel/pisang/pepaya) yang udah lo potong. lo diemin aja, kalo dah bener2 kelaparan juga dilahap ndiri. kkb itu binatang yang rakus. kertas tissu aja dicoba dimakan kkb "gembrot" gw.



105. sasa Says:

kurakura brazilku mirip punya anda. sekarang bertelur. tau cara menangkarkannya??
thanks



106. kenz Says:

@Newbie
hakakakaka.. bener banget nih… kkb ku itu gembrot.. dan jadi rakus setelah dikasih makan ORCA lagi ;))

@Sasa
punyaku belum bertelur, jadi belum ujicoba menangkarkannya gimana? wah keren tuh kalo sudah bisa bertelur.. ntar dishare ya cerita-nya… aku juga pengen belajar menangkarkannya.



107. sasa Says:

aku browsing aja di internet , katanya ditanam di pasir sedalam 15cm, nanti alam yang akan menentukan . memang agak susah. tapi seneng aja kura kura ku bisa bertelur, telurnya tiga butir kecil kecil lucu.
tapi aku belum tau berapa lama telur tersebut netes.
mudah-mudahan berhasil deh
thanks



108. devin stapelia Says:

haihai
buat yang pusing kurakura brazilnya ngga mo makan, apalagi yang masih kecil banget, gw ada pengalaman ni..
gw taruh kura2 gw di tempat yang ada pulau sama cekungan emang buat makanan, cekungan itu gw isi air mpe penuh trus dikasih makanan kura2 (apa aja) sebanyak 5 sampe 6 butir, tapi gw kasihnya orca sih.. setelah makanannya tenggelem n aernya jadi butek, kura2 gw nyedot air itu lho.. gw tambahin airnya berulang2..
ternyata dia hanya minum sari makanannya aja..
cekungan tempat air itu berguna banget.. soalnya ngga bikin kotor tempat dia..

semoga pengalaman gw berguna buat yang melihara kura2 kecil..



109. Newbie Says:

@Devin stapelia
wah, idenya bagus tuh… bisa share fotonya ga?? mau liat kayak gimana tempat kura2 lo.. he3..
kalo bisa di upload aja di milis "penggemar kura2"(join dulu sebelomnya)
ataw, kalo lo punya FS, upload dong.., mau liat nih.. he3..(jgn lupa add gw di anton_vermont@yahoo.co.uk)
atau kirim ke email gw?? he3..
kalo boleh loh..

NOTE:
yg mau add gw di FS boleh.. he3…



110. Newbie Says:

@Sasa
gw pernah denger ada yang telornya dibiarinin di air doang, dan netas 1 butir loh..(hoki kali ya..)



111. devin stapelia Says:

@ Newbie
tempatnya banyak yang jual kok..
waktu itu gw beli di ACE Hardware harganya ngga nyampe 50ribu
trus di tempat penjual kura2 juga banyak..
ada di FS gw fotonya, gw udah add loe juga ;)



112. Newbie Says:

@Devin stapelia
thxs a lot..



113. fia Says:

alow, gw pernah tuh toti kecil ku mogok makan… kebetulan ku ini mikir aja.. lag ga enak badan tuh toti.. nah selanjutnya pa yang ku lakukan sehingga toti nya lincah lagi… dia selera makan.. ku kasi dia suplemen yang biasa ku makan juga… sekalian buat cari bahan penelitian nihh… lumayan berhasil…



114. Newbie Says:

@fia
wuih…, bahasanya.. ckckckck…
bingung gw.. ha3…

Peace ya!!

btw, lo ngasihnya gimana?? dihancurin kecil2 tabletnya??



115. zan Says:

mas, di daerahku kemarin ada penemuan kura-kura albino dengan garis merah di atas kepala..Mungkin mas tahu jenisnya apa.. dan kisaran harganya berapa?Apakah langka? fotonya ada di blogku



116. Dior Says:

@ kak KEnz

KK inget aku g. Aku yang tulis surat ke 41,42,43,44,45,48,49. Aku udah buat web tentang kura-kura lho. trus aku mau namaya kk kasih tai aku tentang kura-kura lebih dari yang ku tahu. (baca yang ku SURATIN ke kk pliss)



117. here i am Says:

here i am .

cinta bgd nne gw mha kura – kura !
dlu gw punya o2 .
parqer mha stone , tpi parqer nyh madtii !
sumpah gw nyesell bgd .
sqarang gw janji gw bqal ngrawad STONE mpe gedde .

I LOVE TURTLE .

thanq yiia pda smwa yg udh nrwad kura – kura



118. el Says:

hai… mau tanya dong knp ya kura saya cm mau mkn pelet aja…???klo dikasih sayur enga mau….thx



119. Niko Says:

wow… wow… seru juga bicara ttg kura-kura,
dari informasi diatas aku menemukan banyak kesalahan kecil seperti:
pertama:jenis kelamin mocha dan mochi, mereka bukan jantan tapi sebaliknya, keduanya adalah betina, hal ini ditandai bukan dari kuku yang runcing tapi seberapa panjang kuku yang dimiliki oleh kura itu, betina mempunyai kuku yang lebih pendek dari pada jantan, ciri lain yang bisa ditemukan adalah letak posisi kloaka pada jantan lebih sedikit jauh dari kerapasnya atau lebih mudahnya ekor jantan lebih panjang daripada betina.
kedua: apa benar ukuran mocha dan mochi dengan panjang 5 cm dalam kurun waktu 5 bulan menjadi 12 cm??? pastikan pemilik mocha dan mochi menghitung dengan benar :) padahal dengan umur 3-5 tahun kura brazil max mempunyai panjang 8-10 cm. nah lo..
terimakasih sebelumnya
Niko



120. kenz Says:

@Niko
Terima kasih, Anda betul bukan dari kukunya yang runcing tapi panjang kukunya.

Seperti yang saya katakan di tulisan maupun di komentar, sejujurnya saya masih bingung dengan jenis kelamin mocha dan mochi. Teman saya bilang keduanya jantan, tapi penjualnya bilang itu adalah jantan dan betina. Sampai saat ini saya masih bingung, jantan atau betina.

Sepertinya untuk yang kedua, itu bukan kesalahan, karena saya mengukur sendiri. Saya juga tidak percaya, tapi cobalah beri makan dengan ORCA. Tak perlu menunggu 5 tahun untuk 12 cm.



121. ray Says:

cba dikasi ikan deh kalau sudah besar.
saya jg sempat mengalami hal yg sama.
dan setelah saya kasi ikan ternyata dia lebih memilih ikan dari pada peletnya.



122. Dior Says:

@Kak Kenz
Alo kk aku beli kura-kura lagi k. Kk kalo kura-kura masih kecil kok susah makan pelet segh.



123. Nana Says:

@Kak Kenz

Bener banget deh, kayanya c kukuba kakak cewe semua. Kliatan koq dari fotonya. Soalnya Mocha dan Mochi kukunya pada pendek semua.

@Niko

percaya aj lagi. Kukuba g aja yang cewe udah gede banget. Ga yakin c berapa centi, tapi klo dipegang butuh 2 telapak tangan buat megangnya. ya kira2 udah sama gede kaya mocha dan mochi.Supaya cepet gede kukuba mending kasih makan udang atau ikan aja. Kukuba g jadi cepet gede gara2 kasi makan ikan mas tiap hari.Lagian sebelumnya g juga kasi orca ke kukuba g jadinya kukuba g rakus n cepet gede.

@Fat

Klo kukuba lebih seneng makan ikan wajar aja lagi. Tapi klo misalnya ikan abis, kasih makan pelet lagi aja. Apalagi klo lagi lapar banget pasti dimakan lagi.



124. in-ndul Says:

ehh…just pengen kasi alternatif aja. Aku juga punya kura-kura brazil, umurnya sdh 5,5 tahun. Sejak dia ga mau makan makuku lagi, aku coba kasi jangkring (iseng2 ngambil makanan burung) ehhh ehhh ga taunya dia malah demen banget….hehehe… Ya udah deh jadi keterusan…



125. Tree C Says:

Hi!! salam kenal semua.

Aku lalu prnah melihara 2 kkb(g tw cwo ato cwe) dr kcil smpe umurx 4 thn, tp krn trlalu gd n g ckup tmpat d rmhku akhirx dikasiin ke tmanx kakakku…
Hik… sdih bgt, skrg g tw gmn kbr mreka(smoga msih shat n bkturunan yg bnyk!)
Skrg aku mw nyoba pelihara lg dr awal, doain moga sukses ya…!!



126. Vermont Says:

Wah menarik2 ceritanya.. nice bgtt… gw juga plihara 2 kkb udah setahunan, ukurannya cuman 7cman..

@Tree
semoga sukses..!! ^_^

kalo udah kegedean lagi kasih gw aja.. hua3…



127. yunus Says:

Kalo kura-2 brazil ku sudah gede tuch…, tak kasih makan sozzis,daging ayam,ikan kecil,udang, pur ikan,lele goreng dll. makanya cepet gedean.



128. mimi Says:

ngikut ya…
aku punya cuma 1. pas kecil ak kasih makan pelet n makuku dgn merek beda2. pas agak gedean ak kasih anak ikan mas, trus pas diameternya mencapai 11 cm ak kasih jangkrik, wah dia girang banget. katanya sih jangkrik banyak proteinnya, trus bagus buat kura2.
pernah juga kura2ku sakit mirip sembelit, dari kloakanya keluar kayak ususnya gitu, panjang banget trus ujungnya kayak trompet, ngeri pokokya…
ampe sedih ngliatnya, waktu dia ngluarin ususnya tuh matanya pake merem melek gitu, gak tau apa maksudnya..sakit mungkin yah?
tapi skarang dah sehat, mungkin dia minta kawin soalnya udah 3 tahunan umurnya



129. wahzun Says:

q butuh bantuanjuga nech!
q punya 1 tapi rasanya kq g besar2 ya?
apa gara2 tempatnya yang kurang besar ya?
coz tempatnya tuh tomples kecil.
q belinya dah 5 bulan
kl ada apa2 serink za yuk biar q gak salah.



130. thomkruz Says:

Eh dari comment2 yang 129 di atas ga ada yang ngebahas ttg jenis air yang dipakai buat miara kura2 brazil tuh….di beberapa artikel yang udah gw baca juga gak nemu.
Ada yang tau gak yach? Soalnya kura2 gw di rmh pakenya air sumur bor gitu, bukan pake air ledeng. apa bakal pengaruh ke pertumbuhan si kura2? TOLONG!!



131. kenz Says:

@thomkruz
air untuk kura-kura brasil adalah air tawar, bisa dari sumber air manapun dengan memenuhi syarat utama yaitu : bersih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak mengandung zat tertentu.

saya sendiri menggunakan air sumur bor, dan sudah setahun lebih kura-kura saya berkembang pesat tubuhnya.



132. thomkruz Says:

Oh gitu ya. thanks kenz. Ada juga loh faktor lain yang gak pernah dibahas di artikel2 tentang kura-kura. Ada salah satu faktor yang menyebabkan kura2ku mati yaitu KEBALIK. Waktu kemaren itu 2 ekor kura2ku mati kehabisan napas gara2 kebalik…terus dianya gak bisa ngebalik lagi. jadi sekarang kura2ku yang masih hidup selalu diawasin/dicontrol berkala. Terus aku bilang jg ama orang rumah kalo liat kura2nya kebalik cepet2 harus dibalikin lagi. Terus aku jg mikir apa perlu dilatih kura2nya dengan sengaja dibalikin…terus dibiarin sambil diawasin…hehe. kemaren dicoba ternyata dianya gak bisa balik lagi.. ampe dianya putus asa…hehehe..
Jadi mungkin memang harus terus dipantau ya kura2nya hehehe…



133. aurora Says:

hi Ken, sebenarnya gw dah lama pingin mlhara kura-kura n ngejagainnya dngan baik, tp krna dulu gw gak tau mkanan kura-kura yg bgus itu apa?? sampai skrang gak jadi2 dech. rncananya gw bakal dikirimin kura-kura brasil juga sama temen yang di Jepang, sayangnya gw blm tau jenis apa. nanti2 kalau udah nyampe, gw boleh tanya2 ma loe ya…



134. Vie Says:

Hall0 all pecinta KKB, Dlu aq punya 1 KKB tp baru 6 bulan sdh mati, kynya sie itu gara KK aq ksih makan ikan yang udah digoreng&disuir2 trus dimasukin ke toples tempat dia makan.. Akhirnya 1 minggu kemudian KKB aq mati..

Dr situ aq belajar u melihara KKB pokoknya hindarin yang namanya minyak dari apapun.. dan kalo mau pegang KKB tuh tangan kita harus bersih… perlu diingat tuh ^_^



135. Vie Says:

1 tahun kemudian aq pelihara KKB lg, 2 ekor… dan aq pelihara dia dr keciiil banget…
sekarang umur KKB qa udah 5.5 tahun.. Oiy masalah air, KKB udah terbiasa dengan air ledeng/pam, nah sekarang2 ini karna sering mati air ampe beberapa hari jd air yg ada cuma air pompa doang.. aq ngerasa takut sie klo pas makan pake air pompa coz KKB aq ga biasa.. kira2 klo Aq coba kasih air pompa gapapa ga yah…



136. Vie Says:

Oiy KKB biarpun seumuran tapi kok ukurannya beda…
Namanya Kuya dan Kuy-kuy.. Si Kuya ini badannya lebih besar dua kali lipat..

Aq mo tanya nie tentang bentuk tempurung… KKB aq “kuya” bentuk tempurungnya mirip banget dng kulit nanas…

Aq sie pernah denger ada kura-kura tempurung nanas tp ampe skrng aq belum pernah liat…
ad yang tau ga ttg hal itu….?



137. marrayanti heny Says:

saya juga punya dua, namanya KUKU dan RARA.saya sudah merawat mereka selama 6 bulan. Sekarang mereka saya pisahkan karena sering berantem,ga tau berantem apa ngga,yang jelas RARA sering merentangkan kaki depannya ke depan seolah mau mengitimidasi KUKU.saat saya beli mereka sebesar 3 cm dan sekarang RARA(7 cm) lebih besar dari KUKU(4 cm).menurut referensi RARA ternyata jantan dan KUKU betina.apa benar mereka berantem???



138. nino Says:

aku jg punya kura2 brazil n udah sekitar 1 tahun,awalnya 2 ekor namanya paper dan mint,tapi si paper dah berangkat menuju pencipta nya terlebih dahulu,jadi tinggal 1 doang skrg…mint jg pernah mengalami problem yang sama,tapi lama2 dia juga mau makan,aku pernah kasih mint makuku orca tapi dia g seberapa doyan…sekarang dia gemar banget makan pelet yang warnanya ijo n bulet yang ukurannya gede2 dan dia lebih bergairah kalo pelet tersebut bergerak,jadi usahakan ada aliran air atau arus air di dalam aquariumnya okeyy…good luck



139. Indira Says:

aku baru bl kura-kura brazil jg.tp. koq kura-kuranya dr td krjny tdrrrr mulu. lgan kayakny kura-kura q ga fit, mtny merem. aq jd tkt mgng. lgan q ga th mknny ap?



140. Afrio Says:

kenz …
bingung nih …
kura” brazil ku selain pakan ikan dan pakan kura” ada lg ga makanan lainnya…
soalnya pakan kura” dan ikan disini susah dicarinya >.<
gmn donk ada alternatif lainnya ngga
dimohon jawabannya segera ya ^^



141. Jessica Says:

Liat dulu di kelopak matanya apakah ada lendir berwarna putih (jamur), jika iya mereka harus di jemurkan beserta wadahnya…

Dan diberi tetracycline sedikit.
Biasanya jika jamuran begitu mereka memang mogok makan.

Kalo ngga ada jamurnya coba kmu konsultasi lagi ke pet shop (yg jual kura”)

Btw, kura”ku ini habis bertelur tapi beberapa telurnya pecah smua krn kena kakinya sendiri. Tp ternyata ada 1 telur yg belum pecah, aq ngga ngeri gmn netasinnya.. Harus di pendam di pasir dan disinari lampu panas kah??( spy bs menetas )

Tolong balas juga yach.. Makasi ^-^v



142. Marsela Says:

Mau tanya donk…aku punya kura2 brazil, namanya Avatar atau biasanya dipanggil ‘gendut’. Umurnya udah setahun lebih. Nah tadi, dia abis jatoh dari tangga karena berusaha keluar dari tempatnya. Aku ga tau gimana posisi jatohnya, tapi pas aku tengokin dia udah ceria dan jalan2 lagi. Abis makan, keluar kayak usus gitu, hitam dan besar. Aku ga tau itu apa, mungkin ususnya atau yang lainnya. Aku udah pasrah aja klo dia kenapa-kenapa. Udah minta maaf segala. Trus pas diangkat dari air, benda asing itu masuk lagi ke dalam badannya. Kira2 dia kenapa ya? Ada hubungannya sama jatohnya?
Ada yang bisa bantu ga?
Thx b4 ya…



143. kenz Says:

@indira @afrio
makanan kura-kura banyak macamnya, saya sudah pernah menulis tentang ini :
Makanan Untuk Mocha Mochi dan Mochu (Kura-Kura Brasil)

Selain makanan buatan, bisa juga makanan alami. Beberapa teman sudah mencoba memberinya udang, cacing, anak ikan, wortel, sayuran, kangkung yang dirajang tipis-tipis dan diberikan sedikit-sedikit.

@marsela
aku juga sering ngeliat benda seperti usus dgn warna kadang hitam kadang coklat tua. setahu aku itu adalah makanan persediaan atau feses kura-kura. biasanya kalau stress dia mengeluarkan benda itu. btw mungkin teman-teman yang lain bisa menjelaskan :D



144. adit Says:

mungkin kamu salah kasih makan…\
jangan kasih sayuran kol karena mengandung gas yg dpt memmbuat kura2 kenyang



145. avenue Says:

kura2ku jg pernah ngluarin kayak usus gitu dari kloakanya, ujungnya tu kayak bunga yang mekar, warnanya coklat2 merah tua gitu. ternyata kura2ku stres dan kena penyakit semacam sembelit ato hernia gitu, agak bingung sih. aku tanyain ke tmen yang kuliah kedokteran hewan, katanya itu terjadi karena pencernaanya mengalami gangguan (makan yang kasar2). kasian banget…
trus aku terapi makanan yang lembut2. emang sbelumnya aku kasih jangkrik, trus e’e'nya tu item trus ada kulit2nya jangkrik. dia seneng banget, makanya aku kasih jangkrik terus, tp akibatnya dia sakit. tapi skarang dah sehat.
ati-ati aja ngasih makannya



146. Sentot Budi Utomo Says:

Kalau mau jemur Kura2, apa boleh diangkat dari kandangnya. Kandang kura2 ku di aquariumyg dikasih air 12cm tingginya, apa udah memenuhi syarat ? makasih please jawabannya…



147. Sentot Budi Utomo Says:

dulu saya sering beli kura2 berkali-kali mati terus. Penyebabnya muncul putih-putih di badannya, kata orang yang jual ikan di pasar ikan hias itu kena jamur faktornya air. Saya juga pakai air dari sumur hanya aja airnya air payau deket sama laut. terus sekarang solusinya aku kasih garam grosok, dan hasilnya gak ada masalah.



148. Sentot Budi Utomo Says:

Bisa diceritain pelihara kura-kuranya gimana? terus perlakuannya gimana?



149. daniel Says:

Dicari, supplier kura2 brazil berbagai ukuran dan penyu air tawar (segera!!) hubungi daniel_bisnis_ikan@yahoo.com atau 085647452182. Daniel



150. rina Says:

udh 4 bulan lalu aq bli KURA-KURI, pas aq liat mreka btina smua, tp udah 2 bulan aq plihara si kura ngigit buntutnya si kuri, jad si kuri g da buntutnya sampe skrg, trus bdannya kuri jg lbih kcil dr si kura. apa mungkin itu pengaruh dr buntut kuri yg di gigit????? trus, baru2 ini aq bli 1 ekor KKB lag, namanya KURU, matanya ketutup trus, g mw mkan….. gmn neh???????helep dunk…….



151. sensei Says:

berarti tempat hidup kura kuri kurang luas, utk red eye slider yg masih kecil tidak perlu disediakan air yg tinggi. cukup separuh tinggi karapas. disediakan tempat berupa batu ato kayu utk berjemur. perbedaan ukuran badan meskipun satu angkatan menandakan kura lebih dominan, maka ketika kasih makan jgn sampe terlalu sedikit. utk kuru mending langsung disendirikan karena takutnya penyakitnya menular ke yang lain. believe me its dangerous. tips memilih kura2x:
1. pilih size jgn terlalu kecil
2. berat badan tdk ringan
3. aktif bergerak, berenang (bisa menyelam/tdk mengambang). test air tinggi
4. kalo bisa test makan ditempat penjual utk mengetahui pola makan.
UTK INFORMASI MENGENAI KURA-KURA LEBIH LANJUT BISA HUB. SAYA di iswanfitradias@yahoo.co.id
SAYA MEMILIKI LIST KOLEKSI 23 JENIS KURA2X (DARAT+AIR) DALAM KEADAAN HIDUP.
semoga bisa sedikit membantu



152. iqbal Says:

@Sentot Budi Utomo untuk artikel merawat kura-kura brazil ada disini
http://www.hewanpeliharaan.com.....8;Itemid=2



153. jhon Says:

aku memelihara kura2 sudah lima taun,menurutku kalau kura2 lagi males makan makanan buatan biasanya ia minta makanan yg alami sepeti daun kangkung, and juga harus dijaga kesehatannya dengan membersihkan tempurungnya dng cara menyikat bagian atas dan bawah and untuk urusan water jangan diberi air PAM tapi pakai air sember dari pegunungan dijamin deehh..kura2nya bakal sehat and makin lucu……..



154. eny Says:

kura-kuraku sdh umur 5 tahunan, dan sehat selama ini, sering tak ajak main kejar2an pake bola, 5 har ini dia males makan, dieeemmm terus, aku curiga dengan kesehatannya.terakhir aku liat keluar darah dari anusnya….duhhh kasian liatnya, sdh aku jemur di bawah matahari…dan ganti airnya, tolongin dong….ada yang bisa bantu jawab nggak?? kira2 sakit apa ya…



155. keturunanmegat Says:

saya penah membela dua ekor kura-kura, tetapi sayangnya kedua-dua kura-kura saya mati. Dan saya juga tidak tahu punca kematian mereka. Jadi, oleh kerana saya penah membela kura-kura, saya memberi pendapat, kemungkinan besar mungkin mereka akan meninggal.



156. Fikrie Says:

Buat yang suka kura-kura dan mau memelihara aneka jenis kura-kura, baik darat atau air, lokal maupun impor, kunjungi aja http://www.cheloniapolys.multiply.com ,barangkali ada yang minat, terima kasih….



157. bobay phc Says:

menurut q u jng trlalu sering beri makan kura2 lu.beri makan 2hari sekali………….+kasih maem iwak sungai………donat burgeer somay (kalo makanan itu gw juga mau)psti mau………….



158. pLiiph-pLoupH Says:

aQ pNya 2 ekoR kuya-kuya brazil.
yang 1 lg sakit skarang.
kulitnya mngelupas.
emaNk bisa iia ? ? ? ?
knapa tu kiRa” ? ? ?

trUz mata’na jUga beNgkak n gg bisa d bUka.
gmN tu ? ? ?? ? ?

heLp me . .

.tX.



159. dave Says:

aq mo tanya!!kura2 Q dah b’telur!!jmlh ada 4,berapa lama telur kura2 Q bisa menetas????trus,telurnya aq taruh di rak, aq kasih pasir.mungkin dalamnya cuman 10 cm aja.kira2 bisa menetas ga ya??



160. mel Says:

aku juga piara dari setahun yg lalu
kamu kasih makan ikan kecil2 aja
makanan arwana gitu
pasti mau deh
ato gag kasih cacing beku
mereka suka yg amis2 gitu,,,



161. Fikrie Says:

Buat yang suka kura-kura, mampir ya ke http://www.cheloniapolys.multiply.com



162. jibe Says:

hati2 biasanya itu kena penyakit..
kalo ga salh nama edema.. gejalanya dia ga mau makan,,,
hubungi dokter hewan aja..



163. acoy Says:

aku punya 4 kecil2. yg 2 mau makan pelet yg harganya 7500 sebungkus. tapi yg 2 lagi gk mau.cuma makan kalo dikasi pelet merknya tetra.ko bisa gitu ya? ada yg bisa kasi advice?



164. Kenz Says:

@acoy: Anda pasti belum baca ini ya Makanan Untuk Mocha Mochi Mochu



165. Nanda Says:

Untuk tman2 yg mau bantuin my cutie kura2 brazil.
aku punya 3 kura2 yang harganya diatas rata-rata, katanya, cangkangnya kuat dan kura2nya sehat. tapi baru 2 hari cangkang mereka mulai lembek. kata om sebelah cangkangnya melempem karena kurang dijemur. betul gak sich?! trus bimana cara kuatin lagi?

tolong, dong kasih masukan. I love my pets!



166. Ripo Fitovang Says:

Kemarin aku mo beli sepasang kura kura namun ada teman yang bilang kalau dipelihara sepasang dalam satu tempat akan menyebabkan salah satu dari mereka mati. Benarkah?kalo satu kura kura khan kasihan gak ada teman, Salam



167. Kenz Says:

@Nanda: kok aneh ya, dalam 2 hari langsung lembek? makanannya apa? coba cari makanan yang mengandung vitamin dan kalsium, terus dicoba untuk dijemur di matahari pagi (tetap dalam air) selama 10-15 menit. Jangan lupa bersihkan airnya dua hari sekali, bisa juga dia sudah sakit ketika kamu beli atau mungkin terkena sejenis penyakit (bisa dibaca di sini)

@Ripo Fitovang: Tidak benar bahwa memelihara kura-kura sepasang akan mati, karena saya sudah hampir 1 tahun punya sepasang kura-kura (Mocha-Mochi), kemudian saya tambah 1 lagi jadi 3 kura-kura pada tahun berikutnya (Mochu).

Sampai hari ini mereka baik-baik saja, hanya saja terkadang Mochu sering mengalah ketika berebut makanan karena badannya yg lebih kecil.
Oleh karena itu Mochu mesti mendapat perlakuan khusus agar makanan untuknya tercukupi, misal dengan memisahkan ketika waktu pemberian makan.

Inti dalam merawat kura-kura yaitu ketekunan untuk memberi makan dan membersihkan airnya.



168. Nanda Says:

Oke.. ;) makasih, kak kenz. makasih tman2.

Aku mau numpang tanya lagi, nih… katanya kuya-kuya brazil bisa tahan sampe 15 taon?! om sebelah rumah yang bilang kuya2q kerapasnya melempem itu juga pny KKB. ngakunya udah 9 taon 4 bulan. well, belive it or not, panjang kerapasnya udah 55an senti gitu
tapi udah mati dikroyok kucing liar. pertanyaannya: gimana cara ngejemurnya? klw setiap pagi sih, bisa. soalnya aku homeschooling.
trus ada gk maknan kuya lain yg sama bgsnya dengan ORCA? aq udh kalang kabut cari ORCA di bdg tapi gk ada.
salam buat : moch-a,-i-u. sehat selalu!!



169. Nanda Says:

Mw tny lg, nih…
KKB bleh, gk sich, makan udang? kmaren, adik saya ngasih udang, dibuka kulitnya, trus dikasih ke KKBq. dia juga ngasih impun yg dia cari di kolam besar dekat rumah. katanya sih dimakan. tp aq takut jangan2 nanti miami, maima, dan joine sakit/alergi.
NB: M kembar itu betina, joine jantan. CINTA SEGITIGA…



170. Nanda Says:

Gara2 kmaren nginep di rumah temen, KKBq dipake experimen adik gw.
trus di sekitar rumah gw jarang ada yang jual pelet. ada yg 3rban sbungkus, KKBq doyan gak doyan. mkanannya juga gak ada tulisan komposisinya. yang qtahu, mereknya MAKUKU.
ditunggu, ya TIPS menjemur KKB, dan makanan alami untuk KKB gw.

NB: KKBq gak mw makan slada. cuma digigit, lalu ditarik-tarik keliling baskom. aku yakin 100% gak mau dimakan.



171. Nanda Says:

Aku punya TIPS untuk para pmilik bayi KKB, soal biaya makanan.
KKBq, untuk sebulan, lebih malah, sekitar 40 hari, yang dikasih makan 2kali sehari. utk selama itu gw cuman ngabisin duit skitar Rp 7700, cukup terjangkau kocek gw yang ngurusin tu tiga bayi KKBq dngn hanya uang saku. KKBq gw ksh makan caing beku, yang sebelumnya mkn pelet makuku, cuman di-gigit2, trus dilepeh. jg plet mahal, sbungkus kecil 15rb. cacing beku yg kukasih itu keluaran ASTIC-PETS. neto, 5grm. dr luar bungkusnya keliatan kecil. didalamnya ada skitar 20 kotak kecil cacing beku. satu kotak kecil itupun terpaksa kubagi 2 lg, karna 1 katak aja nyisa banyak. utk yg tinggal di bdg, aku beli di YOGYA LUCKY SQUARE, ANTAPANI. lihat di bagian makanan hewan, di sebalah makanan kucing.
NB: cacing bekunya harganya Rp 4700, ksh makannya slang-sling dngn pelet, yg harganya 3000an sebungkus. 2 bulan juga gak abis!

-~~~- sekian -~~~-



172. Nanda Says:

SALAH KETIK: dr 20 kotak kecil cacing beku, 1 kotak terpaksa di bagi 2, soalnya 1 kotak kecil ajah udh nyisa banyak. 1 kotak kecil maksudnya, bukan 1 katak.

-~~~-sekian lagi!!-~~~-



173. echa Says:

aq baru beli kura2 neh 2 ekor..
aq kasih nama Ninot n Nonet..
tp aq blom tw jantan atw betina,abizna msh kecil bgd(3-4cm)..



174. Funny Says:

Aku punya 2 kura-kura brazil. Udh ku pelihara 1,5 taun yg lalu, yg jantan namanya SUKRI (SUKa RIweuh) yg betina namnaya TUTIK (TUrtle canTIK) namanya Indonesia bgt kan, jgn ngalahin nama pemiliknya dunk hihihi. Dlu mereka makan pelet merk ORCA/TETRA sm impun. krna skr dah gede jd mereka aku kasih udang/bayi lele/bayi ikan mas, mereka happy bgt berebut mknan. 2 hr yg lalu aku minta tukang buat bikin kolam kecil depan rumah, krna kasian akuariumnya dah sempit dia ga bs berenang bebas sana sini. Melihara KKB gampang dan menyenangkan koq, klo kitanya rajin, care dan sayang sm mereka.



175. Felia Says:

@Nanda: makasih, lho info ttg cacing beku di lucky square. 2 KKBq namanya luna & lunar, kebetulan mreka cew & cow. mreka jadi mau makan lagi setelah mogok makan selama 10 hari. senangnya… = )

@echa: selamat merawat.. luna & lunar juga msh kecil. kata tamenku kasih impun kecil aja waktu KKB bayi. pasti cepat besar, katanya.

@Funny: salam aja boeat tutik dan sukri. sukri masih suka riweuh?
KKBq msh kcil, kayak yg punya echa. bantuin rawat, dong.

KENAPA KERAPAS KKB-KU JADI LUNAK?
please… help me..



176. Funny Says:

@Felia : Wah gawat tuh, mesti sering dijemur. harus kena sinar matahari, klo aku sih akuariumnya disimpen deket jendela jd klo ada matahari muncul dia suka jemur sendiri. klo kamu lg gada kegiatan jemur langsung dibawah matahari jam 9 ampe jam 11 lah, tp ttp hrs ada darat dan air supaya dia bs nyemplung klo kepanasan. Trus cari vitamin2 tuh buat KKB biar karapas nya kuat lg. Ada tips lg nih, klo akuariumnya ga pake filter (ky aku) musti rajin ganti air tiap hr ga boleh lebih dr 2 hari, kasian mereka hihihi sambil ganti air sambil sikatin tempurungnya klo2 ada lumut nya.
SUKRI tetep riweuh,,, aplg udh gede gini makin riweuh dan mkn nya makin napsu, gile bener deh, setiap ada yg lewat akuarium dia langsung meronta2 ga puguh ky yg ngomong “laper nih, mamam dunk”



177. Felia Says:

@Funny: asyik, dong si SUKRI ma’amnya banyak. Luna n’ Lunar makanya kayak burung. dikit2. lg diet, kali ya. gw kalang-kabut nyariin vitamin bwt mreka. gw kan ngurusin kucing, ikan. ikan cupang, n’ 2 byi KKB pake uang tabungan sendiri. kucing gw ksh mkanan kucing soalnya msh byi. tp skarang kerapas KKBq udh menguat, lho. dan mrka sehat2 aja slama ini.



178. Nanda Says:

Gawat, gawat! diharapkan bantuan langsung seperti warga palestina di jalur gaza…
untuk syapa swaja yang bisa ksh mskan…
Aduh… kenapa, ya garis di kerapas bawah maima dari kpala sampe ekor memutih? tepatnya di tengah. dan kutahu pasti, itu bkn jamur. kayaknya kok, seperti transparan? aku kawatir. perlukah kupisahkan dari temannya, miami?
Help me, help me, help me… PLEASE….



179. Felia Says:

@Nanda: mungkin KKBmu memang mau ganti kulit. aku pernah baca kalo KKB MAU GANTI KULIT, karapasnya jadi sedikat transparan, dan putih2. kalo dia masih ceria dan sehat, kayaknya gak apa2 deh… maaf, kalau aku salah, teman2 yg sudah pengalaman ksh mskan dong!!



180. Anas Says:

Woy kata-kata kamu agak menyinggung!!!!!!!
aku dari klazzz 2 SD Melihara Kura-Kura yang masih hiidup sampai
sekarang (klazz 5 SD) . Oh iyah Boleh tau Soal Makanan Orca Belinya Dimana Sih(Kalo Di Jakarta)?
Oh iyah Jamuran/Parasit di Tempurung Kura-Kura Dapat Membuat Tempurung Kura-Kura Jadi Rapuh dan Dapat Menyerap Energi dan Menularkan Penyakit, Juga Dapat Merusak Sel-Sel Aktif Yang Ada Di Tubuh Kura Kura dan Dapat Berakibat dan Kematian

Oh Iyah Di Komentar No.167 Memang Benar Jika Membeli Sepasang Kura-Kura Dan Di Taruh Di Tempat Yang Sama
Mereka Semua Pasti Akan Mati…….
Karena, Bukankah Setiap Makhluk Yang Hidup Pasti Akan Mati…..



181. Anggada S.E Says:

anas!aku juga nih!lagi nyari2 soal makanan KKB yg Bmerek ORCA. kamu tinggal Dmana shi?



182. Felia Says:

@Anas: waaaaaaaaahhhh hebat! biasanya anak2 seumur kmu waktu itu beli cuma utk dimainin…

@ KAK kenz: aku mau tanya, sekaliii lagi aja, berapa, sih panjang kerapas mochu skrng? dia dikasih ORCA JUGA?

Aku jg sama, nyari ORCA ke-mana2 gak ada hasil, aku tinggal di bdg, klw ada yg tau dimanakah sang ORCA berada, tlg kasih tau aku!! aku pengen bgt luna&lunar cepet gede kayak mocha-mochi punya KAK kenz.



183. Nanda Says:

utk tman2…
maima kayaknya jamuran,deh… soalnya kerapasnya ada buntelan putih sepanjang puncak kerapas atas. bisa, gak ya, pake obat jamur yang buat ikan itu? mereknya ‘fish all’ itu. atau harus pakai obat jamur khusus KKB?

tlg, dong… soalnya katanya jamur bisa merusak sel atau otot KKB, sacapatnya, ya…



184. Nanda Says:

O…ya. aku udh coba pake obat itu dari 2 hr yang lalu…
dan kayaknya gak ngefek…
dan kayaknya temannya miami juga ketularan..
ada white spot KECIL di puncak kerapas atas…
sama seperti maima..
perlukah keduanya dipisahkan…..?
sampai sekarang, sih, belum….
aduh, aku bingung banget…
aku sayang mereka………
apakah PENYAKIT ini berbahaya….?
aku gak mau mereka mati…

I VERY LOVE MY PET, so
Help! help, HELP ME..!!!!!!!



185. Kenz Says:

@Felia: Iya ORCA, tapi karena agak sulit saya kasih juga makanan ikan koi, merk HOKI. Panjangnya sekarang 16cm untuk Mocha dan Mochi. Untuk Mochu masih 12cm.

@Nanda: Nanda kalau dalam seminggu white spot itu membesar dan bertambah luas, sebaiknya dibawa ke dokter hewan. Ganti air secara teratur (2 hari sekali), bersihkan kolam/embernya dengan sabun cuci piring. Kalau aku, kadang suka mandiin Mocha Mochi Mochu pake sabun itu, tapi usahakan jangan kena kepala, cukup dibilas ke karapas dan badannya saja, lalu kemudian bilas dengan air biasa.



186. ani Says:

ada yg bisa tolong gak ya , kkb ku kayanya lagi sekarat d soalnya udah 2 minggu dia minggat trus dari kandangnya trus matanya udah buta dan gak pernah mau makan, trus aku biarin krn kupikir dia lebih seneng jalan-2 aja, gak taunya begitu ketemu lagi dia seperti mengeluarkan suara merinth kesakitan
trus aku masukin kandangnnya lagi tp dia tetep gak mau makan? apa ada yg bisa bantu?
tolong email ke ani_twins74@yahoo.com… thanks so much for helping
i love my pet so much



187. Nanda Says:

tnx so much kak kenz…
tapi sebelum kukasih obat kuganti air mereka bukan hanya 2 hr sekali, tp sehari 2 kali!
setelah kuperhatikan ternyata kotoran mereka yg paling bikin kotor.. lalu kupisahkan saja tempat makannya di baskom lain,
trus kutinggalin mereka disana dengan makanannya, sekalian menghindari kalau obatnya keminum.
tapi akhir2 ini kuperhatikan mereka suka membuka mulutnya lebar2 dalam air. kenapa, ya?

AKU YG SANGAT KHAWATIR,

Nanda



188. Nanda Says:

@Anas: Anas, toko yg jual ORCA udh dikasih tau, lho. lihat comment dari FORJOYRIDE no 57. liat aja sendiri…/=)
NB: tapi itu comment lama, 2007.



189. Kenz Says:

@ani: iya itu sekarat, dulu aku pernah dikirimin temenku kura-kura yang kayak gitu, terus aku coba sembuhin ternyata parah dan akhirnya di hari kelima, dia mati :( katanya sih kena penyakit pneumonia. ini disebabkan karena air dalam kandang yang terlalu pendek atau juga karena letak kandang yang dilewati angin terlalu kencang.



190. Do-We Says:

Aku juga punya kura-kura brazil, namanya Kuku n Rara. Dah Aku pelihara selama 3 tahun. Sebenarnya aslinya udah berumur 4 tahun cz sama pemilik lamanya dulu dah dipelihara kira-kira 1 tahun. sekarang kura-kuraku udah bertelur 7 butir. doain biar menetas semuanya ya…



191. an2 Says:

aq jga punya2 kura2 brazil nama’nya chicken sama little jd’nya chicken little, soal’nya aq ngefans ama chicken little.. hehe pertama’nya pas beli kata’nya satu jantan satu’nya betina tp rasa2′nya koq dua2′nya jantan soal’nya mreka gk kliatan terlalu harmonis gtu.. hehe

aq wkt beli sih dikasih tau yg jual kata’nya klo pagi jam 8 hrs dijemur qra210-15 mnt biar cangkang’nya gk lembek..

tp kura2′q mkn’nya koq dikit yah.. ada saran gk kura2 brazil itu mknan kesukaan’nya apa..?
lucu loh kura2′q tuh bisa ngenalin aq bgt soal’nya kalo aq pas lgi liatin mreka gtu, mreka bisa lgs bgn dr tdr trus minta digendong ama dielus2.. hehe



192. Felia Says:

@an2: nah, aku udah coba makanan sperti saran2 di atas. kura2mu umurnya berapa??? menurutku, kura2 lebih bergairah makan kalau makanannya itu berbau, terutama yg amis2.. jadi coba beli udang sekantung trus copotin kepalanya. lalu masukkin ke freezer. klw udh waktunya makan, ya keluarin aja, kalau udah beku masukkin dulu ke air hangat. kupas kulitnya, lalu cemplungin aja ke aquarium. atau dipotong2 dulu atau ditarik keliling aquarium supaya dikejar2…=)



193. Nanda Says:

@Do-We: ya, semoga menetas. memang telurnya kamu taruh dimana, sih? terus rupa telur kura2 gmna? share fotonya. dong kalau kamu pny. tlg klw kamu bisa, kirim ke nanda_25feb@yahoo.co.id

aku tunggu, ya…



194. Dita Says:

kura kuraku ngga mau makan :-(… kemarin saya liburan ke surabay saya titip kura saya di teman ternyata selama 4 hari dia lupa ngasih makan kura saya… sekarang lemes dan ngga mau ngapa apain padahal biasanya lincah dan banyak gerak… caranya supaya dia mau makan gimana ya? saya udah nyoba kasi bubur sun yg buat bayi soalnya pernah di kasi tau gitu ama dokternya… ada yg punya tips ngga?TOLONG!!!!!!!!! trus klo nyari orca di bali dimana ya?

thanks sebelumnya



195. Nanda Says:

@Dita: kamu tinggal dimana? smoga aku nanti bisa bantu.
coba aja kasih udang segar, yang masih bau amis. mungkin dia tertarik. cara ksh makannya kan udh dksh tau di comment 192 dari Felia



196. nesya Says:

munkin mereka pengen ikan..coz kura2q ternyata doyan bgt makan ikannnnnnnnnnn.hiiksssssssssss



197. Felia Says:

Mungkin.. itu semacam ‘maag’.
ini bdasarkan pengalamanku sendiri. pernah temenku ktinggalan KKBnya wktu dia plg dr rmh sdrnya di luar kota. wktu sampe di rmh, br ktauan klw KKBnya gk ada. rmh sdrnya lmyan jauh. krn kuatir, dia ngirim org utk ngambil tuh KKB. udh gk dksh makan 3hr. wktu sampe KKBnya udh lemeeeeesss. mngkin krn lapar, katanya. tp 2 mggu kmdian kndisinya jg gk mmbaik. dan sok harinya temenku liat dia buka mulut lbar2 dan keluar darah dari st. 1jam kmdian dia mati…



198. Nanda Says:

Sepertinya buntelan putih di punggung maima udah sembuh, udah menyusut. tapi, kok dia jadi lemes? susah makan. apa ada kaitannya, ya???



199. hna Says:

umur kura-kura saya satu tahun, saya ingin bertanya kepada embaca yang lebih berpengalaman. papakah bila kura-kura brazil sedah besar juga mengigit manusia….?



200. Cynthia Lillyana Says:

mungkin dia org lagi bosen sama makanannya….kura2 ak juga yg 1 lg mogok makan…hmm2….pusiiiiiiiiiinkkkk…coba deh kk kasih makanan kura2 AZUU TURTLE FOOD…botol merah…emg c agak mahal @ RP 20.000,00…botol kecil…tp kura2 pada suka n banyak vitamin plus ada IMUN tubuh….tp skrg ud agak susah dicari…biasa ak beli di ACE hardware…tp skrg ud ga ada….malah ud abis yg di rumah…kura2 ak dikasih makanan yg murah kaga mao makan…dasar2…huaaaaaaaaaaaaaaaaaa



201. Purwanta Says:

Kura-kura Brazil saya berumur +- lima th ( beli th 2004). Kalau saya memberi makannya satu kali saja tiap malam hari sesuai dengan ukuran badannya.kebersihan tempat harus diperhatikan.Pada pagi hari kura-kura tsb dikeluarkan agar terkena sinar matahari,kalau malam dimasukan kedalam rumah .begitu setiap hari.semoga masukan ini bisa dipertimbangkan.



202. adek_elza Says:

Aq jg pelihara sepasang kura2 Brazil (wlo nga punya paspor,hua..ha..ha)
Qu beli des ’08 lalu..waktu itu panjangnya 3,5cm
Sekarang udah 6 bln sejak qu beli, panjangnya baru 4cm.
Padahal aqu rajin ngasih makan & aquariumnya juga selalu bersih..
Emang pertumbuhannya yg lambat atau aq yg nga sabar ya..??



203. adek_elza Says:

KKB qu panjangnya msh 4cm…kr2 umurnya brp ya??

Klo ble tw biasanya KKB bertelur umur berapa ya??



204. Totok Says:

Salam kenal.
Saya newbie dlm perkura-kuraan.
Baru 3 hari ini piara KKB. Itu karena ada temen saya mau pindah rumah ke Jogja, trus KKB-nya dikasihkan ke saya, include aquariumnya.
Panjang karapasnya sekitar 18 cm. Gak tahu umurnya berapa.
Mau nanya nih ke everibodi,
pernah denger tentang bakteri salmonella bawaan kura-kura ?
Kabarnya, kura2 bisa jadi pembawa salmonella (dia hanya ditumpangi aja, tidak disakiti oleh si salmonella).
Yg bahaya adalah bila terjadi penularan salmonella ini ke manusia (yg rentan adalah balita & lansia).
Any comment ?
Atau punya tips / trik mengindari penularan salmonella ini ?
Thanx a lot.



205. fikry Says:

kk? mmmm mw tannya ttg aquariumnya….. apa aaquarium bwt KKB musti dikasih filter… sedangkan pnya aku, gak aku kasih,,, gmna itu…?

lalu kan diaquarium ku, aku kasih lampu 5 watt, yang jelaz diatas air lah… slh satu kura-kura ku yang namana “puku” sering ke batu yang diatasnya lampu itu… aku takut klo “puku” kelamaan di darat malah kena radang paru-paru lagi… heheheheh
????
thanks a lot…



206. Kenz Says:

@Felia: thanks sudah bantuin jawab :)

@hna: ya apa-apa, kalo gigitnya pas jari, sakit eui… hehe… yang penting cara megangnya benar, kalo salah bisa kegigit. kalo dia sudah mula menggigit2, coba dipegang dengan terbalik, cangkang bagian dalam menghadap muka kita.

@Cynthia Lillyana: dulu si mocha mochi juga tergantung sama 1 makanan, supaya tidak tergantung, beri makan bervariasi.

@adek_elza: KKB 4 cm, hmmm…. masih kecil, itu paling umur bulanan. nanti kalo sudah 6 bulan biasanya mulai cepat besar, asal dikasih makan yang bergizi. umur KKB kakak sudah 2 tahunan, tapi kok belum bertelur ya.

@Totok: Saya kutip dari sini :
http://www.hewanpeliharaan.com.....8;Itemid=2

Sebenarnya semua hewan membawa salmonella, meskipun bagaimana baiknya dalam merawatnya dan kwalitas kehidupan yang diberikan. Salmonella adalah bagian dari bunga lambung (gut flora) pada kura-kura. Mereka hidup dengannya dan anda pun dapat hidup dengan mereka memilikinya selama mereka tidak memberikannya kepada anda ! Faktor penting dalam pencegahan salmonella meracuni anda dan lainnya sangatlah mudah. Menjaga kesehatan pribadi (personal hygiene) dan kondisi kehidupan yang berkwalitas untuk kura-kura. Mudahkan? Pastikan habitat kura-kura baik di darat maupun di air selalu bersih dan bebas dari kotoran dan sisa makanan, sisa tumbuhan adalah salah satu langkah besar dalam pencegahan penyebaran salmonella. Cara lain yang pasti mencegah penyebaraan ke anda dan sekeliling anda adalah dengan mencuci tangan anda dengan sabun setelah anda memegang kura-kura anda. Dianjurkan mencuci dengan menggunakan sabun anti bakteri.

Lebih lanjut silahkan baca disana :D

@fikry: hati-hati saja dek, kalo kesetrum entar mati kura-kuranya :) agak jauh dari lampu kalau bisa.



207. Meta Says:

Aku sudah memelihara satu ekor kura-kura Brazil kurang lebih 13 tahun. Kura-kuraku ini suka sakit-sakitan. Beberapa bulan yang lalu kura-kuraku itu sakit mata. Dari matanya keluar semacam nanah berwarna putih, matanya merah, kelopak matanya tidak bisa dibukanya karena dia merasa kesakitan, dan ia tidak mau makan selama 2 minggu. Aku bingung harus berbuat apa. Biaya ke dokter hewan sangat mahal, biayanya melebihi biaya dokter untuk manusia. Akhirnya setiap hari aku membuang nanah-nanah matanya dengan tissue, menguras aquariumnya setiap hari, dan hal yang terpenting adalah kura-kura itu butuh sinar matahari yang cukup. Alhasil dalam 3 minggu kura-kuraku ini sudah sembuh.



208. Arctic Says:

4 bulan yang lalu saya membeli kura-kura brazil yang kira-kira baru berumur 3 tahun. Sewaktu saya membelinya, cangkangnya berwarna hiju segar, tapi setelah 4 bulan berlalu cangkang kura-kuranya berubah menjadi hijau gelap tak segar dan tubuhnya menjadi warna abu-abu. Panjang tubuhnya juga cuma 6 cm. Seminggu sekali saya beri dia ebi kering dan makanan sehari-harinya saya kasih sanyu. Yang ingin saya tanyakan adalah mengapa warna tubuh dan cangkang kura2 saya berubah dan pertumbuhannya lambat serta apakah penyakit pada kura2 bisa menular kepada manusia dan sebaliknya? Trims.



209. Vika_Bogor Says:

@Meta:Hallo Meta…saya vika…saya juga punya kura2 dan sekarang lg sakit mata… Tips dr meta thx ya…saya mau coba…doaain kura ku sembuh ya…
Oiya tp saya punya pertanyaan buat siapapun… kura2 saya tangannya kaya keseleo gtu..so dia jalannya pincang… ada yang tau cara sembuhinnya nggak? Please…Coz saya sayang bgt sama kura2 ku itu…ditunggu jawabannya…



210. rere Says:

aq pelihara kura2 udh bertahan smp 2th lebih.selama itu kura2Ku doyan makan terus tuh… malah setelah aq rendem aer maemNa tmbh banyak…



211. rama Says:

aku punya kura2 brazil dua namanya tak ama tik. masih bayi kira2 1 bulan. pertama beli, aku kasih pelet, habis dimakan tak ama tik. trus besoknya si tak gak mau makan, si tik malah makannya banyak. trus aku bingung gimana caranya biar si tak mau makan, uda 2 minggu ini tak gak mau makan.

tolong dong bantuin



212. kewell_uzumaki Says:

saya punya dua kura-kura sepasang tapi napa ya mereka gak mau pada makan ??????/help me saya takut mereka mati!!!!!!



213. Ruth Says:

mungkin kura-kuranya sudah bosan dengan makanannya, ganti aja pakai ikan kecil. saya punya sepasang dan sedang proses bertelur



214. monmon Says:

Halo…….. kakak2 yang baik, salam kenal nmaku Mon2, aku punya kura2 brazil, betina, kayanya dah tua, kakinya ga bisa dibuat jalan, kemarin ja bis kebalik. kasian banget, koq bisa bgtu kenapa ya, apa harus dibawa ke dokter??
ceritanya itu kura2 punnya tante, dulu tinggal da aquarium 40x50cm, ma 1 temennya pas ukuran tempurung 9 cm, 1 mati lehernya berdarah. sejak tu yg atunya ga ke urus, tapi masih diberi makn ikan sampe skarang udah 2 x lbh besar, cukup sehat tapi sering jatoh, punggung luka, bis jatoh dr wastafel pas dimandiin pembantu yg skrg udah pegi ntah kmna, sekarang lukanya malah jadi keroak n kakinya ga bisa di buat jalan aduh bnar2 malang pokoknya… hiks2



215. iPooNx Says:

wew…makasiih.. jadii baNyak taU tenteng KuRa” ini… aQ puNya 3 (PeceX, tUteX n BaBy tURtLe)..
Pi kayak’a 2 yang udah gede betina sMua…yang masih baBy jantan…
Pi yang satu’y ga doyan makan…napa ya???aPa bosen ma makanan’y?



216. putrie aceh Says:

waaaaaah kuya2… lucu banget a kalo aku sukanya yang mminiaturnya al`a takut geli ma yang aslinya……..



217. alline Says:

kok kura kura ku gk mau makan sayur sih? maunya pelet mulu ,…I_I



218. George Says:

Hy,,,,aqu GEorge…aqu punya 2 kura3 Brazil da lumayan bsar,aqu mu;lai bingung dgn kndngnya,aqu pngn yg minimalis aja tp dr pa yaaa?



219. Tria Says:

hey salam kenal, aq juga punya kura2 brasil sekrang umurnya udah 7 tahun, biasanya klo bosen makanan pelet dia q kasi roti ato sayuran tapi yang di masak meraka ga doyan yang metah, sosis baksos juga meraka doyan hehehehehe. waktu mereka umur 2 – 3 tahunan udah q lepas di kolam campur dengan ikan-ikan, untuk waktu jemur meraka suka berjemur sendiri yang penting di kasi tempat. mudah2an membantu.



220. ronny nursalim Says:

saya mau tanya kura-2 saya kalo taruh diair kenapa ngapung keatas y ( jenis kura-2 brasi) baru 3 bulan an dan efek e nga mau makan….sudah nga mau gerak-2

tolong solusi e karena takut keburu mati



221. santo soedibyo Says:

Saya punya kura-kura sudah 2minggu tidak mau makan tapi kalau di bawah sinar matahari masih aktif tetapi kalau di taruh di aquarium tidak aktif kenapaya ohya kura-kura yg saya pelihara sudah 2bulan apa solisinya ya



222. pickie dorkie Says:

belinya dimana… harganya berapa



223. offay Says:

kenapa kura kura ngangap melulu???
apakah ciriciri sakit



224. richard Says:

hei wa mau beli berapa tu hrg nya



225. olive Says:

kura2 ku masih kecil, tapi kaki dan tangan ada bercak2 putih dan berselaput putih seperti sariawan…

itu penyakit apa ya?? trus cara obatin nya kayak mana?? please di bales, siapa pun yg tahu info nya…

trus di kasih makan apa ya kalo masih kecil? masa pelet terus??



226. nadhir Says:

saya ada seekor kura-kura saya bagi namanya elit harga nya RM 5.00
. tapi dia dah mati kesian dia kan .umur saya baru 9 tahun . saya suka memeliharaan haiwan . saya beli seekor saja . itu saja yang saya nak cerita . baybay



227. Ricky Says:

Kura kura saya baru beli 3 hari yang lalu tapi g makan sama sekali berbahaya gak ap karena masih stres karen beli nya dr medan ke stabat naik mobil dan apa salah merek makannanya
merek makananya Sanyu TURTLESTICK



228. arga Says:

GILA kura” gw udh seharian kaga mw makn juga …



229. Dihan Says:

mungkin kana kura kuramu sudah dewasa!
aku saya dengar kura kura dewasa dianjurkan hanya diberi makanan 2 sampai 3 kali perminggu dan setiap hari atau setiap dua hari



230. puput Says:

aq punya 3 kura2 brazil,tga2 nya udah aq piara 3 tahun lbih,,,klo memang kura2 mbak susah makan,,,cba sama mbak d kasih ikan2 kcil yg masih hidup,,,,,gampang nyarinya kok,,,mbak tinggal nyari aja d sungai2 atau d empang2



231. sykes Says:

kalo di taruh di terarium bsa bkin mati gk????



232. Alicia Wijaya Says:

Aku mau nanya dong .
Kura2 kalo ga mau makan 2 mgguan gmn yah ? :(



233. Elliana Says:

Ka,tolongin kura2 aku donk…
Gk mw mkn nieh,krn matanya nutup terus…
Terus badannya bengkak gtw.,



234. Elliana Says:

Aku punya kura2 baru 4-5 bulanan…
Aku beli 2,tp yg 1 jatoh dr ember wkt aku brsiin tmptnya…
Tapii seminggu kmudian dy gpp…
Tapii 2hari ini tmpurung samping,sama bawah badan’nya kayak bengkak gtw.,
matanya jg nutup terus…
Gk mw mkn,truz jadii keliatan lesu gtu…
Gmna ya? Minta saran’nya donk ka… Tq ya,tolong secepatnya ya…



235. CLUB REPTILIA SAMARINDA Says:

For All

Kura kura air sebaiknya setiap hari dijemur pd jam 9pagi – 11pagi.
Jika telah tumbuh dewasa Ganti pakannya dengan ikan sungai yg telah diobati terlebih dahulu atau ikan dipasar yg hrg murah aja.
Berikan akuarium yg lebih lapang untuk ruang geraknya.



236. CLUB REPTILIA SAMARINDA Says:

To : ELLIANA

Kura kura anda terjadi pembengkakan organ dalam.
Coba dijemur dulu seminggu kondisi dalam ember berisi air sebatas kaki aja .tambahkan setengah sendok teh garam dilarutkan.
Semoga berhasil ya !



237. yudo Says:

Bro…mata kura-kuraku masih kecil. aku perhatiin matanya kayak ketutup. Apakah itu memang ciri-ciri dari kura-kura yang masih bayi?
Atau pertanda doi sakit?
Tolong dibantu penjelasannya.
Terima kasih bro

NB:kalo bisa dijawab di email saya juga. yudo_1899@yahoo.com



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

28q. 0.338s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia