pakupaku
Thursday, 12.04.2007 20:33

WinPatrol Scotty : Anjing Penjaga Windows dari Penyusupan Virus Komputer

Posted on Computer Health.

Virus komputer memang merepotkan, terkadang sangat menyebalkan karena membuang banyak waktu produktif hanya untuk membersihkannya. Sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang sangat rentan dengan berbagai macam ancaman virus. Dua tahun belakangan ini saya menginstall program yang bernama winpatrol atas saran seorang teman saya. Program kreatif ini adalah ciptaan BillP Studio, yang akan memberikan anda seekor anjing yang bernama scotty untuk menjaga windows komputer Anda dari masuknya file asing seperti adware, spyware, worms, trojans horses, browser helper objects dan sejenisnya.

Scotty in Windows Tray

Semenjak kaspersky saya expired, saya menggunakan AVG Antivirus. Sayangnya AVG tidak sehandal Kaspersky dalam pengenalan dan pemberantasan virus komputer, terutama menghadapi ancaman virus lokal. Sejak itulah saya benar-benar merasakan manfaat dari anjing penjaga ini. Scotty selalu memperingatkan saya ketika ada usaha perubahan registry, baik yang berasal dari ancaman virus maupun ketika kita selesai melakukan penginstalan program-program baru.

WinPatrol Notice


Saya menyarankan agar pengguna program ini membaca setiap peringatan yang diberikan oleh scotty, jangan terbiasa untuk menjawab YES. Saya sendiri malah seringnya menjawab NO jika scotty memperingatkan perubahan registry yang tidak saya kenal, apalagi jika saya tidak merasa menginstall program baru di windows.

Winpatrol adalah freeware alias program gratis, sehingga kita bebas mendownload dan menginstallnya sesuai ketentuan lisensi freeware. Billp Studio juga menawarkan Winpatrol PLUS dengan keunggulan yang lebih dibandingkan versi freeware, antara lain : informasi database online, teknologi Real-time Infiltration Detection tanpa memperlambat sistem komputer, dan juga pengenalan detail registry tersembunyi.

WinPatrol Plus
Image from http://winpatrol.com/

Saya sendiri sudah cukup puas dengan versi freewarenya, karena selain melakukan monitoring, kita juga dapat memanfaatkan berbagai menu konfigurasi untuk startup program, cookies, tugas-tugas tersembunyi, proses program yang sedang berjalan dan lain sebagainya. Sangat bermanfaat deh! Apalagi baru-baru ini WinPatrol 2007 telah diluncurkan, dengan tampilan yang lebih menarik dari versi sebelumnya (*tapi sepertinya agak lebih lambat dibandingkan versi sebelumnya). Program alternatif ini cukup bagus buat teman-teman pengguna sistem operasi Ms. Windows yang suka terserang virus komputer.

WinPatrol Program Menu

Program ini dapat di download di situs :
http://winpantrol.com/.

Hari gini masih terserang virus??? hehehe…. Cobalah pelihara si anjing Scotty 2007 itu, dan beritahu saya apakah dia benar-benar anjing penjaga yang hebat? Atau ikutan saya saja, migrasi ke mandriva linux dan ubuntu supaya terbebas dari ancaman virus, sekalian meninggalkan ketergantungan dari program bajakan? (**setidaknya sampai sekarang masih belum banyak virus di linux)

———————–
ps: tulisan advertorial dari seorang blogger yang frustasi setelah berhari-hari coding fulltime, dengan uang sisa di tabungan tinggal buat bertahan selama sebulan. Otak overload, kepala pening, mual melihat deretan kode, tulang belakang nyilu, punggung pegal-pegal, urat leher kaku-kaku, mata pedih cahaya, kaki njarem-njarem, tulang jari-jari berasa semrawut.. hiks.. kadang merasa bahwa profesi ini tak sebanding dengan apa yang didapatkan? toh meski sudah demikian, tetap mesti berhadapan dengan klien yang tak mau mengerti, atau juga yang lupa dengan kewajibannya, ataupun mengambil keuntungan dengan mark up yang mungkin melebihi dari rasa lelah pembuat karya. Fiiiuh..!!! Setidaknya sore ini masih bisa bersyukur karena istri saudara (angkat) saya melahirkan bayi cesar dengan selamat. Ponakan saya tambah lagi hehehehe… :D

Tags: , ,

Mood : Licik emoticon

11 Responses :


1. mysyam Says:

tapi apakah anjing tsb punya kemampuan mengusir virus yang udah nempel… ? terkadang hanya ngerti ada virus aja, tapi dia ga bisa berbuat banyak.. :D

mau WRT54GS ? ksini aja :D ke mangga dua aja, banyak stok tuh :D. btw corega bukannya sodaraan ma Allied Telesyn yang juga OK. kayak kasusnya Cisco dengan Linksys kali yah… ?



2. zam Says:

anjing menggonggong, virus berlalu.. :D

virus lokal? basmi pake PCMAV! :D



3. ai Says:

virus…virus nakal…
nap siy suka menyelusup tanpa jejak sehingga diriku kelimpungan menghaddapiu dirimua yang tak pernah henti ganggu



4. afra Says:

anjing yang pintar



5. tooooooooooooooooopics Says:

ternak anjing ah…. :D



6. razak Says:

virus nakal by2



7. razak Says:

bagai mana cara untuk mendownload scotty aku mau download sendiri dan bagaimana cara scan virus flash disk yang write protec.



8. syahrial Says:

saya mengalami masalah dengan sistim btrai pada note book axio saya yang saya beli beberapa bulan lalu.
setiap kali mengaktivkan sotbook yang menyala hanya lampu power dan not book tidak dapat aktif.
baru bisa aktif jika di sambung kan dengan litrik (kabel) dan kembali dinyalakan baru berfungsi.
masalahnya yang namanya note book kan selalu di bawa-bawa nah masalahnya saya tidak dapat memfungsikan note book pada tempat yang kebetulan tidak ada listrik atau di lapangan.
apa yang harus saya lakukan karena semula saya sangat tertarik dengan note book yang namanya axion.
terima kasih



9. nugroho Says:

Virus komputer bukanlah hal yang patut ditakutkan.
Jika anda bekerja dengan sistem operasi MS Windows, biasakannlah untuk selalu bekerja dengan “Limited Account”. Jika acount limited ini terinfeksi anda cukup menghapus account ini dengan opsi “keep files” kemudian membuat kembali account ini melalui account Administrator.

Cara ini adalah cara termudah menangani infeksi virus komputer.

Untuk tahu lebih banyak know-how tentang virus komputer dan bagaimana komputer dapat kebal virus tanpa menggunakan satupun program anti-virus anda dapat mengunjungi http://www.bentengdigital.com

Anda dapat juga menghubungi [email protected] untuk solusi mudah masalah virus anda.

Salam,
Nugroho



10. Naked N00b Says:

bagus bro. Gw juga pake. info bermanfaat.



11. webUSMAN » Cara Mendisable Autorun komputer di windows XP Says:

[...] adalah dengan menginstall program bernama WinPatrol Scotty untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini. Itulah beberapa cara men-disable-kan [...]



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 16217 days
Emotional
90.1%
Bioritme Status
Physical
52%
Bioritme Status
Intellectual
45.8%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.102s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia