pakupaku
Saturday, 28.04.2007 11:47

Kegiatan Mata-Mata Melalui Kartu ATM

Posted on Ergonomics.

Sebenarnya minggu ini saya ingin menceritakan kehebatan Ubuntu 7.04 Feisty Fawn dengan desktop 3Dnya, namun sehubungan dengan tekanan pekerjaan yang membuat saya terkena Computer Vision Syndrome (CVS). Saya akan membahas hal lain saja yang lebih ringan yaitu pemanfaatan kartu ATM untuk kegiatan penyidikan dan mata-mata sederhana.

Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan suatu teknologi yang ergonomis, sebuah teknologi yang membawa orang pada dunia praktis.Teknologi yang memungkinkan kita untuk membawa seluruh uang kita di bank dalam satu kartu saja sehingga kita bisa berpergian kemana-mana dengan nyaman.

Kartu ATM

Fasilitas akses kartu ATM pun semakin berkembang, dari hanya untuk mengambil uang saja, kini telah menjadi suatu sarana untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Misalnya pemindahbukuan antar individu (transfer), pembayaran non-tunai di toko (debet), pembelian voucher selular, pembelian tiket, pembayaran tagihan dan rekening, termasuk pembayaran uang sekolah tanpa harus mengantri di tempat pembayaran sebenarnya.

Kartu ATM telah membuat kita lepas dari batasan waktu dan tempat, sehingga dapat melakukan transaksi keuangan di mana pun, asal tersedia mesin ATM atau berbagai fasilitas ATM lainnya.

Fasilitas pembayaran berbagai rekening/tagihan memang memudahkan kita dalam melaksanakan kewajiban pembayaran. Namun di sisi lain, kemudahan ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi alternatif karena minimnya batasan yang dilakukan oleh bank.

Saya menjadikan kartu ATM sebagai buku telepon yang akurat, dengan cara kerja seperti CLIP (Caller Line Identification Presentation) pada handphone, kartu ATM bisa dijadikan alat untuk mengetahui identitas pemilik melalui nomor telponnya saja. Buku telepon biasa memang efektif untuk mengetahui nomor telepon, namun tidak efektif bila ingin mengetahui pemiliknya dari nomor telepon yang diketahui.

Beberapa kali kartu ATM telah membantu saya untuk memecahkan kasus-kasus nomor telepon misterius, termasuk juga melakukan penyidikan tentang identitas seseorang yang diragukan kebenarannya di dunia maya. Caranya :

Login ke Account Anda >> Pilih Menu Pembayaran >> Pilih Operator Telepon >> Masukan Nomor Telepon >> Tratataaaaaaa…. (akan muncul tampilan pemberitahuan nama pemilik dan juga jumlah uang tagihan bulan sebelumnya. Setelah itu, Pilih CANCEL, terkecuali jika Anda memang ingin membayar tagihan orang tersebut dengan memilih YA atau OK).

Pembayaran Telpon ATM

Memang sih, tidak semua nomor telepon bisa dilacak melalui kartu ATM, hanya telepon berjenis paska-bayar saja yang dapat dilacak. Namun hal ini justru menjadi suatu keunggulan bagi kita, yaitu keakuratan data identitas. Berbagai persyaratan harus diserahkan untuk menjadi pelanggan paska-bayar, dengan demikian secara tidak langsung identitas dalam database tersebut tentunya dapat lebih dipertanggungjawabkan.

Selain sebagai buku telepon, kita juga dapat memanfaatkannya untuk menganalisa keadaan sosial-ekonomi pemilik telepon, termasuk gaya hidupnya. Caranya yaitu dengan melihat seberapa besar jumlah uang yang menjadi tagihan setiap bulannya. Namun perlu saya peringatkan bahwa data ini hanya dapat digunakan sebagai data suplemen, atau data pelengkap, bukan sebagai data utama.

Logika-nya, semakin tinggi tingkat ekonomi sosialnya, tentunya semakin sedikit pembatasan untuk menggunakan komunikasi sehingga kemungkinan biaya yang dikeluarkan untuk komunikasi juga akan semakin besar. Kita juga bisa melihat pola gaya hidup dari pemilik telepon tersebut, apakah orang tersebut cenderung tipe penghemat atau sebaliknya.

Saya ingatkan lagi, data tersebut tetap harus dicocokkan dengan data lainnya misalnya melalui observasi lapangan, dan informan-informan di sekitar orang tersebut. Apakah betul nama pemilik terdaftar adalah juga pengguna telepon tersebut? Apakah pekerjaannya? Kita juga tidak bisa mengambil kesimpulan dari tagihan satu bulan, setidaknya kita harus memiliki data 12 bulan. Semakin banyak data yang diperoleh, kita akan melihat konsistensinya, dan sekali lagi, data ini bukan data utama, namun data pelengkap yang digunakan untuk menguatkan data utama.

Tips bagi mata-mata atau penyidik :
Sebisa mungkin melakukan pengecekan pada tanggal di mana database baru ditambahkan, ataupun masa tagihan dibuat sehingga kita dapat melakukan monitoring sebelum pemilik telepon membayarnya. Jika sudah dibayar, maka kita tidak bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Tips bagi sasaran untuk menghindari aksi mata-mata :
Sebagian orang, termasuk saya sendiri lebih memilih membayar sekitar tanggal jatuh tempo ;)) Padahal perilaku tersebut justru membuka celah informasi semakin lama. Oleh karena itu bayarlah seluruh tagihan pada awal di mana database baru ditambahkan, ataupun masa tagihan baru dibuat sehingga celah informasi segera tertutup sebelum dimanfaatkan oleh orang lain.

Saran untuk bank :
Ada baiknya juga jika dilakukan pembatasan akses informasi tersebut, namun tentunya pembatasan ini akan mengorbankan kemudahan dan kenyamanan pelanggan untuk membayar tagihan mereka.

Demikianlah sharing pemanfaatan kartu ATM berdasarkan pengalaman saya, adakah teman-teman lain yang menemukan manfaat lain, yang mungkin lebih kompleks dan berdaya guna dari sekedar pengalaman saya ini?

Tags: , , ,

Mood : Bercanda emoticon

14 Responses :


1. mysyam Says:

Hmm.. benar juga, selama ini lum kepikiran cara spt itu. Bagus juga kalo gi iseng, dan lagi nggak ada antrian di ATM hehe..

Selain narik duit, ATM juga bisa berfungsi sebagai penggaris kalau gi kepepet, sebagai jaminan kalau lagi ngenet, dll.. heheh…

*ngeloyor..*



2. reza gardino Says:

tapi masalahnya bank kayaknya tidak bisa mengeluarkan data seperti itu dengan mudah deh…bahkan jika diminta dari pihak kepolisian sekalipun….



3. Hedi Says:

Kayaknya sampeyan berbakat juga jadi spy :P



4. kenz Says:

@reza
data apa ya? kalo data nama, no telp dan rekening, jelas bisa diakses siapa saja tuh ;)) memang sih kalo data seperti alamat dll, kita tidak tahu.. tapi bukankah ada 101 cara lain untuk mengetahuinya .. :D



5. zam Says:

sial.. saya pake PAKSA-BAYAR..

eh, kalo yg PRA-BAYAR bisa juga kan?

*iblis merasuk otak*

pengen liat gaya hidup target.. apakah cewek yang boros atau..

wakakakaka



6. mata - mata Says:

hmmm…..jadi anda yg selama ini sudah membocorkan rahasia gerak – gerik kita kepada pihak luar ya :p



7. mina Says:

wah boleh juga nih ini :D tar besok mau ke atm ah, mo intip2 *mode lagi nganggur dot com*



8. deep Says:

mm.. kalo pada system bank ada pencatat login+kegiatan yang dilakukan pada saat login gimana mas???si mata2 bisa ketauan dunk..



9. toooooooooooooooooopics Says:

mmmmm.. bisa dibikin judul TAâ„¢ tuh..

analisa gaya hidup seseorang dilihat dari tagihan telepon yang dilihat dari atm..

*?????*



10. kenz Says:

@deep
sistem pencatat login kemungkinan "ada", namun apakah korban tahu kalo sedang dimata-matai? hehehe.. korban gak bakal tahu lah… terkecuali dia minta ke bank, dan itu pun saya yakin akan ada birokrasi yang menyulitkan dia untuk mendapatkan data siapa saja yang login :D

kemudian jika korban tahu, dia juga tidak bisa menyalahkan mata-mata. Bukankah informasi itu memang tersedia bebas untuk diakses semua orang? Syukur-syukur malah ada yang salah pencet jadi OK sehingga tagihannya dibayarkan… hehehe…



11. aswin Says:

akhirnya, ada cara mudah ya…harus dites nih,
mangstab



12. Bhedoels Says:

Asyik Juga tuh, tapi kalo kita gak tau nomor hp-nya tapi tahu nama + alamatnya bisa gak ya kita ngintip/mengetahui nomor hp-nya (kebetulan gw mo tau no Hp seseorang, yg gw tau cuma nama + alamatnya doang)



13. Hendri Says:

Hem..nga cuma itu kok, pake telp rumah,ID pelanggan listrik dan ID speedy juga bisa..
Termasuk juga no rekening bank lain….semuanya bisa….

Jaman OL gini, ketika data kita dah ikut online..ya kebuka semua…..

Apalagi yang sudah ber NPWP, bisa lacak utang-utangnya dan keadaan utangnya…lancar apa nunggak….

Geto boss



14. andis Says:

gimana cara cari orang yang punya dit di bank melalui nomor hp untuk di prospekin bisnis yach………….



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.101s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia