pakupaku
Saturday, 05.05.2007 0:30

Obat Batuk Palsu vs Jeruk Nipis

Posted on Human Health.

Sudah sebulan saya sakit batuk tidak kunjung sembuh, malah sekarang tambah parah karena saya terkena pilek berat. Lengkap sudah penyakit saya, badan sakit semua, mata perih karena bawaan penyakit CVS yang belum juga sembuh, belum lagi modem internet saya juga mati… oalaaah… cyaaapeeee de…..

Sayang, saya tidak berhak lagi berobat di GMC dan mendapatkan obat gratis seperti yang lalu-lalu. Akhirnya saya membeli obat batuk di IndoMaret dekat rumah saya. Obat Batuk Hitam (OBH COMBI) rasa cengkeh dengan harga sekitar 4000an rupiah.

Meskipun rajin minum obat batuk itu, delalah.. kok yo… tetap batuk ya… malah penyakitnya nambah, jadi pusing, dan sakit perut. Lalu saya perhatikan saat-saat saya sakit perut, ternyata setelah dipelajari, sakit perut mulai terjadi setelah minum obat batuk ini. Apa saya gak cocok dengan rasa cengkehnya? atau karena apa, saya juga tidak tahu persisnya?

Saya lihat tanggal kedaluwarsanya, kemudian saya usap-usap dengan tangan, lho kok.. tanggal kedaluwarsanya mudah memudar. Huh sial! Obat Batuk Palsu !!!!

Obat Batuk Palsu?

Meskipun ternyata obat batuk ini asli, tapi tetap saja perusahaan pembuatnya yaitu COMBIPHAR harus dipertanyakan dalam menjamin kualitas produk ini. Bagaimana mungkin perusahaan tersebut melabel tanggal kedaluwarsa dengan tinta murahan yang gampang luntur? (*Namun demikian saya juga meragukan jika perusahaan melakukan hal itu).

Kemaren saya membeli obat batuk dari produsen yang sama, kali ini OBH Batuk dan Flu. Awalnya tinta kedaluwarsa tidak luntur, namun beberapa hari kemudian sudah mulai luntur dan akhirnya hilang lenyap.

Bagaimana jika orang tak bertanggung jawab menghapus tanggal kedaluwarsa obat-obat yang telah kedaluwarsa, lalu memperbaharuinya dengan tanggal yang lebih baru demi keuntungan dirinya.

Entahlah, di luar sana cukup banyak orang yang mencari keuntungan dengan jalan pintas, tanpa peduli akibat dari perbuatannya. Jangankan obat, semua produk bisa dipalsukan di negeri ini! Mulai dari sampo palsu, sabun palsu, jamu palsu sampai oli palsu. Hebatnya barang-barang palsu ini mirip sekali dengan aslinya.

Hemat saya, perusahaan obat dan makanan sudah seharusnya memiliki standar kualitas penulisan tanggal kedaluawarsa dengan kriteria sebagai berikut : MUDAH TERBACA, TAHAN LAMA, SULIT DIHAPUS. Itu adalah suatu kewajiban dan tak bisa ditawar-tawar karena berkaitan dengan aspek kesehatan konsumen penggunanya.

Sayang, perusahaan yang memiliki mental solusi menang-menang sangat sedikit di negeri ini. Mereka lebih mementingkan keuntungan semata dibandingkan kesehatan konsumennya.

Mari kita kembali saja ke alam, jadi ingat dengan obat batuk alami yang sering diberikan oleh ibu saya jaman saya masih kecil dulu. Obatnya adalah jeruk nipis!

Jeruk Nipis

Waktu saya kecil, Ibu saya sering memberi saya belahan jeruk nipis yang telah diberi garam dan kecap, lalu saya yang masih kecil disuruh menjilat-jilatnya sampai airnya habis. Namun setelah besar, saya diberi perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan garam dan kecap dalam satu gelas, lalu saya disuruh meminumnya sedikit demi sedikit. Memang sih, efeknya tidak begitu kuat dirasakan, tapi toh beberapa hari kemudian biasanya batuk saya mulai sembuh.

Barusan saya mendapatkan variasi lain penggunaan jeruk nipis sebagai obat batuk, sepertinya menarik untuk dicoba:

buah jeruk nipis dibelah, kemudian pada permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih, dipanaskan, kemudian perasan airnya diminum bersama air jernih karena air jeruk nipis berfungsi sebagai pelancar dahak yang dapat menyebabkan batuk-batuk, hingga akan cepat dapat dikeluarkan. Akibatnya, rasa batuk-batuk akan dapat dikurangi. Ada pula yang mencampur air perasan buah jeruk nipis dengan buah cengkeh, kalau perlu ditambah gula-batu sedikit campur dengan air panas, setelah melarut baru diminum.
Sumber : Jeruk Nipis Serbaguna yang Diakui Dunia

Besok Minggu, saya akan mencari jeruk nipis di pasar Kolombo. Mungkin batuk saya yang sudah lama ini justru sembuh dengan obat alami tersebut. Doakan ja ;))

Tags: ,

Mood : Kecewa emoticon

90 Responses :


1. Dewo Says:

Jangan lupa minum antibiotik biar cepat sembuh.



2. zam Says:

ada lagi cara lebih cepet menyembuhkan..

ambil isi dondong. Ya, isi buah kedondong yang banyak durinya itu..

ikat dengan benang, lalutelan isi kedondong tersebut lalu ditarik perlahan naik turu di dalan kerongkongan..

dijamin sembuh dan ndak akan batuk SELAMANYA!!

hiya, batuknya sembuh, cuma nyawa melayang…

wakakakaak…

oiya, pernah liat pemalsuan obat gini di transtv investigasi. bukan dipalsukan sebenernya, cuma obat yg kadaluarsa terus dicap lagi sama oknum.. obatnya dari mana? dari RUMAH SAKIT..

siapa lagi kalo bukan tokoh kita, sang Oknumâ„¢ yang melakukannya..

ngeri.. kesehatan meamng mahal, ternyata..



3. matahari Says:

jangan lupa, kurangi konsumsi goreng2an dan air es. menggoda iman sih, tapi kek zam bilang, kesehatan emang mahal harganya.



4. wedhouz Says:

ojo lali ndongo ndisik sakdurunge ngombe obat…
…tombo teko loro lungo…



5. Hedi Says:

itu sebabnya saya males minum obat kalo pas kena flu atau demam. Saya udah biasa pake cara² alami. Semoga cepet sembuh deh…



6. angga Says:

wahhhhhhhhhh………….banyak berikaln niy???
dapet royalti kayaknya niy???
hehehe



7. Leo Says:

Mendingan jeruk nipis..



8. mina Says:

waktu kecil dulu, oleh my granny asam jawa dicampur sama gula merah, kan jadi permen tuh, disuruh ngisep2 dan ngunyah2 itu. atau jeruk dipotong2, dimakan sama kecap yang dikasi gula putih. haaaahhh…. enaknya *salivating*



9. diditjogja Says:

bobok mas..bobok…jangan dolan terus!!!
mo combiphar kek, mo obat kecap kek, kalo belom minum obat "segala bisa" dari GMC belum marem!!

:))



10. wawan_kediri Says:

…yang lagi batuk aku do"a in cepat sembuh……!!!
tapi jangan lupa do"a in aku balik ya !!!

kalau aku batuk moga jg cepat sembuhh,,,, wekekek (imbas 1-1)



11. Awe' Says:

aku punya resep lagi buat ngatasin batuk

kalo aku lg batuk biasanya mau tidur aku makan bawang merah 2 siung, biar bisa tidur nynyak gak batuk-batuk, coba deh…



12. cute Says:

good luck…………..
yupz



13. cute Says:

met mncoba………..



14. cute Says:

ehmmm…….rasanya uenakkk BGT khan,,



15. soplo Says:

waduh, masa sih bisa kaya gitu? padahal gue uda coba, tapi lama banget nih sembuhnya. biasanya klo gue kna batuk + pilek kaya gni sembuhnya lamaaaaaaa,………… banget jd ksel deh, masa bisa ampe 2 blan gitu, parah banet kan. duh…..karang gue batuk nih, ada resep yang lebih mujarab lagi ga? abis resep lo tuh ga mempen ma penyakit gue. pengennya sih back to nature gitu.



16. mahar Says:

emg obt tradisionl pntes di andlin kok scr empirik dah tbukti lo so ttp lestrikn obt trdisionl y



17. christian Says:

Bener banget saya juga pernah mencoba OBH combi tapi efeknya ngak ada malahan agak semakin meledak batuknya. Sekarang juga saya sering batuk (pecah2) tapi belum coba jeruk nipis sich. Mau ah sapa tahu aje sembuh. Thanks infonya



18. whay Says:

gw juga lagi batuk nih tapi bingung cari obat coz semua obat dah dicoba tapi malah muntah muntah sapa tau jeruk nipis bisa ngobatin gw juga waktu kecil juga pernah minum sih tapi dah lupa racikannya



19. paidjo Says:

yang penting istirahatnya heheheh



20. vicz Says:

Doain aku biar biar sembuh ya. Lagi batuk nih. Uhhuuu…. Uhhhhuuu….



21. uik Says:

Aku juga lagi batuk, 2x ke dokter ga sembuh2! mahal pula!!
jadi pengen pulang…disini ga ada si mbok yang bisa buatkan jeruk nipis campur garem
:( hiks…



22. massyamsul Says:

Yang baik tuh jeruk nipisnya di panggang dulu, baru diperes. Pake kencur juga bagus kok. semoga bermanfaat



23. heni Says:

makanya k-lo beli obat di apotek.pasti dijamin keasliannya,insyaalloh



24. bogi Says:

pemalsuan obat sudah bukan barang baru siapa pun tau termasuk pemerintah, tapi apa mau dikata semuanya ga pada aware jadi kitalah yang harus berhati-hati tul ga!



25. @N@St Says:

aq dah batuk 2 mgg neg, pdhl udg mnm bisolvon tablet kok malah badan rasanya meriang gak karuan.apa udah wktunya ya………..
hihi… pdhal aq blm merit. gimana donk!!!!!!!!



26. lusianti Says:

aku juga lagi batuk sekarang,uda dibilangin minum obat dan jangan mkn gorengan tapi bandel. mau ah coba.. moga2 aja sembuh. tx



27. herman Says:

buat yang laaagi batuk cepet sembuh ya. terutama lusianti jadi orang haaaarus penurut. dengerin omongan orang karena orang disekitarmu peduli n sayang padamu. cepet sembuh



28. otnir Says:

kalau belum sembuh pakai jeruk & kecap beli saja obat batuk apexol di apotik



29. adi Says:

kl minum air es / air dingin pada saat batuk, bisa membuat batuk mjd lbh parah?????



30. anis Says:

aku jg batuk dah 2 mgg g sembuh2 dah ke Dr 2x,minum jeruk nipis,obat batuk tetep aja. Udah menahan diri tdk makan goreng2,es dll karena jengkel g sembuh2 tapi malam aku makan krupuk,ketimun dll.Ee batuk malah menjadi2.Kt tetanggaku kalau batuk jangan makan ketimun & makan sayur bayam.



31. be samyono Says:

uhuk2 nih



32. pasirdipantai Says:

jeruk nipis mang banyak manfaatnya.Tapi kalau yg sakit maag gimana y?



33. sedex Says:

memang mudah sekali tuk menghilangkan tinta yang dipakai buat menulis tanggal kadaluarsa, tanggal pembuatan juga nomor batch nya. dah HET yang ditetapkanpemerintah. Di apotek yang saya pimpin saya pernah mencobanya menghapus dengan suatu cairan dan hampir semua bisa dihilangkan. tidak hanya produk combiphar aja.

itulah yang sering dipakai para pemalsu untuk memalsukan obat yang dah kadaluarsa. moga kita lebih hati-hati.



34. sevvv Says:

memang terasa tersiksa kalau menahan batuk yang lama.capek batuk terus.. sebaiknya coba olahraga setiap pagi fitnes 1 jam trus jangan lupa minum vitamin c terus makan buah apel tiap hari 1 atau 2 buah. coba aja optimis pasti sembuh…



35. ran Says:

Coba minum jeruk nipis dicampur madu, terus jangan makan goreng2an and jangan minum air dingin dijamin pasti sembuh. semoga cepat sembuh



36. fie Says:

coba rotgen y..jangan2 bukan batuk biasa.key cepat mbuh ya!



37. putro Says:

Namanya batuk emang menyiksa….. coba minum obat teratur n jangan lupa buat olah raga, hasilnya mendingan tuh. Aq dah coba kok.



38. me Says:

aku juga udah batuk hampir sebulan neh, segala jenis obat udah aku coba, dari konidi, obh, vicks sampe woods, tetep ga sembuh2..akhirnya senin kemaren aku ke dokter, dikasih 4 macem obat, aku ga tau obat apaan tuh, abis aku minum batuknya malah makin parahhh..n sekarang dadaku sebelah kiri sakit banget rasanya..ada yg tau kenapa ga y? aku takut kena bronchitis or tbc geto neh..sekalian minta obat yg kira2 bener2 bisa nymbuhin donk kl ada yg tau..thx



39. Niken Says:

he…he…he makanye biasain hidup sehat. Jangan minum es apa aja di warung. Pesen aja teh hangat ato jeruk hangat. Dijamin gak pernah sakit batuk dan laennya…Aku sekali nekat minum es teh warungan langsung deh batuk kalo belum sebulan belum sembuh….he…he makanya mending mencegah daripada ngobatin. Jeruk nipis diperas taruh sendok campur air kencur…panggang pake korek api sampe mendidih di sendok…tunggu agak anget minum…pasti sembuh!!!!



40. heriyanto Says:

minum obat batuk dan antibiotik



41. aam Says:

sebelumnya saya ucapkan banyak terimkasih, emponya bagus sekali , eh salah,,,maaf maksudnya infonya bagus sekali….
salam kenal dari aam,,,,,,,,,



42. asih dewayanti Says:

anakku yang kelas 4 SD batuk terus. Ia paling tidak bisa batuk keras untuk mengeluarkan dahak. Obat racikan dokter udah, obat batuk dari yang murah sampai yang paling mahal udah. Bahkan jeruk nipis pakae kecap yang nggak pake soto pun sudah. Kok masih tetep aja. Kacian banget deh. Ada solusi lain untuk batuk berdahak selain jeruk nipis ?



43. Nandri Says:

anak saya 2 tahun juga batuk sama pilek ga sembuh2 dah sembuh pilek lagi karena saya dan papahnya pile lg jd anak saya ketularan lg
tapi anak saya saya minumin mucos ga sembuh saya minumin hufagrip sekarang sembuh
pusing kl anak sakit pa lagi batuk pilek di tambah panas
syaratnya satu harus banyak istirahar dan di kerokin pasti cepat sembuh



44. Toret Says:

Bt ngeluarin dahak klo dah g mempan pk jeruk nipis,cb deh pk pucuk daun pare bin paria,ambl scukupx,cuci,trus d tmbh air 2 sndk, abs tuh d remas2 smpe keluar airx, dminum deh.



45. ponzen Says:

podo wae pak, aku yo durung waras2 wis 2minggu, kepiye iki? tulung di warahi…



46. ponzen Says:

ternyata hanya RADANG TENGGOROKAN



47. edo Says:

ooo….gitu bukan cuma uang yg palsu obat batuk juga



48. nia Says:

aduh aku lagi batuk nih berbagai cara udah aku coba dari ke dokter sampai tradisional tapi tetep aja batuk uh sebel aku malu banget tiap berangkat n lagi kuliah aku nggak pd bgt cos tiap dosen berbicara aku batuk.. pokoknya mlu2in banget



49. dolly ferdinan Says:

sama nih kasus aku sm nia, batuk aku tdk sembuh2 dan kalau batuk dada aku sakit bngt.
tolong ya teman2 yang dh punya pengalaman bantu aku ya.



50. bobi Says:

Ini yg nulis dah wasalam? saya batuk juga udah 2 hari, dulu perna batuk minum obh 1 tetes sbelum tidur,besok lgngsung sembuh. Skarang obh combi dah ampir habis batuk gw masi parah, help



51. tori Says:

He.he..bagi yang masih sekolah atau kuliah atau berada ditempat bersama nah… kita batuk rasanya pasti..ya pasti rasakan sendiri…
saya sangat setuju obat tradisional jeruk nipis..sedikit tambahan..bila lagi flu juga batuk itu jeruk tetap dikonsumsi..sebagai pelancar kerja pembersihan konsumsilahlah air putih yang cukup mineral agak banyak tiap 20 samapai 30 menit sekali, memang resikonya terus-terusan buang air kecil…tapi dari pada merasakan efek samping obat warung..jauh lebih ringan.
uuuudaah itu aja
selamat..sembuh



52. ammand Says:

sama ni saya juga lagi batuk, kemarin setelah DBD saya sembuh sekarang kena batuk dan flu parahnya lagi setelah minum obat batuk merk VICK yang saya beli di apotik rumah sakit malah tapak tangan dan jari-jari tangan pada gatal-gatal akhirnya saya hentikan minum obat batuk dari apotik , sekarang saya pake obat tradisional asam jawa dicampur gula batu diseduh air panas yang diminum sedikit-sedikit



53. R3re Says:

cara mujarab sakit batuk/flu yg sudah terbukti ribuan orang di dunia, ambil air 1 gelas yang mendidih, masukkan daun menthol kira2 10 mnt, dan jangan lupa di kasih bunga daun kemangi secukupnya, kemudian minum perlahan-lahan sambil jalan menuju WC. barang kali ada yang tidak cocok dg menthol & daun kemangi.
ingat………….!!!
lakukan selama 3 hari 3 malam berturut……
bila ingin sembuh selamanya …………………….!!!



54. Aryanto Says:

Saya sudah mencoba sewaktu terserang batuk, yaitu minum ramuan Jeruk Nipis, Jahe, ditambah madu diminum waktu hendak tidur Alhamdulillah bisa tidur nyenyak dan esoknya tidak batuk lagi.



55. febry Says:

blog yg keren berguna bwt bangsa!

kl gatel2 deket daerah burung obatnye ape???



56. Sigit Eko Says:

wih.. coba ah.. saya lagi batuk-batuk juga..
kali aja emang manjur buat saya resepnya..

makasih info nya yaa..



57. Jauhar Says:

Ternyata resep dari ortu gak boleh disepelekan tuh….



58. lia Says:

saya udh coba minum obat mulai dari: obat batuk Indofarma,sanadryl,nelco special,bisolvon,woods,bermacam macam permen pelega tenggorokan,gak minum es,banyak minum air hangat,banyak tidur,teteep aja gak sembuh……..saya mo coba jeruk nipis aaaaah,doain yach kali ini cocok..



59. tias Says:

bgus2 tpi q dah nyoba gak sembuh2 tu



60. tias Says:

q binggung bgt kok smpai sbal ma ni btu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! gunk!!!!!!!!gung!!!! deger gak btuk qqqqqq



61. irvan hanavi Says:

saya uda coba minum perasan jeruk nipis, kayanya si enakkan keset ditengorokan yg gatel ini.mudah2an cpt sembuh



62. gustlanang Says:

@R3re: Saya pingin mencoba resep yang Bapak/ibuk tulis,tapi kok isi caraminumnya menuju WC.
terima kasih. saya tunggu jawabannya.(dari Resep R3re)



63. MARKUS Says:

Ya nh w jga gi btuk+pilek gmna y cra nyembuhin’a tpi w pngn cpet sembuh gmana y tlng d jwb dng. tpi da gi gx y cra lain selain yg di atas?? he..hhe. thanxs. GBU



64. anik Says:

saya juga batuk kering.kalau udah batuk gak brenti-brenti.tapi sekarang dah mendingan.obatnya gampang.ambil daun sirih 7 lembar.rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih,dan tinggal separohnya.minum selagi hangat.kalau perlu ditambah gula batu.moga bermanfaat.



65. muladi lie Says:

kalau tidak keberatan, belajar sampai ke negeri tiongkok,
kalau batuk obatnya CING PA WAN beli di toko obat cina.
Ramuannya herbal, ditelan 3X4butir/hari. Sambil minum jeruk nipis
lebih mujarab.



66. Jamdat Says:

Batuk neh boz pusing demam mual2 lg di cb sabar kali yah. Tp gak papa ini juga nikmat dapet pahala sabar tanpa dimaki orang. Yg sakit yang sabar moga cpt sembuh.



67. ldy Says:

iya nich gw jg dah 2 kali berobat kerumah sakit… sampe sekarang dah sebulan batuuknya ga mo pergi juga…. cuape dech… gw soalnya ibu menyusui jadi kalo minum obat ga dari resep dokter takut juga… tapi ya emang dari obat yang alami yang ga perlu diraguin dan ga perlu takut ada efek samping.



68. l\Luwee Says:

wahhhhhhhhh aku coba ahhh….
sudah 1 minggu batuk ku ga sembuh, obat batuk sudah 1 botl habis
tapi tetep ja ga sembuh.
trims yaaaaa………



69. amad_lie Says:

saya sudah batuk ampe sebulan persis. dari minum viks 44, minum mextril, ampe laserin kagak sembuh2 juga



70. abdul gafar Says:

mestinya obat batuk yang asli dan alami dibuat sendiri, jadi tdak perlu beli obat yang mungn saja ada kandungan kimianya.



71. Dian Says:

ak jg dh minum bbrpa obat batuk, tp batukna malah smakin keras. n bukan cm itu, tp malah nambah pnyakit lain spt flu n pusing. ternyata obat batuk ga menjamin batuk bs sembuh. moga aja klo ak pke obat alami batukna mo sembuh. thanks ya infona…



72. melaty Says:

kok udah coba tapi kok tambah parah yah,,,tmen q bilang q udah ngabisin 1 pohon jeruk nipis tapi kok gak sembuh2



73. jhony Says:

jeruk nipis ama kecap manis di seduh 1/4 gelas kecil insya alloh bisa mengobati batuk anda serta melega kan tenggorokan selamat mencoba…..kalaupun belum sembuh anda bisa coba makan bawang merah 1 biji / direbus dan campurkan dengan gula merah seduh lalu minum waktu masih hangat…….



74. akhmad Says:

jeruk nipis dan kecap…obat ampuh dari orang tua buat yg lagi batuk



75. dicky Says:

betul betul betul (sorry minjam istilah upin ipin), obat tradisional lebih baik dari modern tanpa efek samping dan topcer.



76. rendy1287 Says:

saya juga lagi batuk nih
ntar mau beli jeruk nipis ah

Baca Komik Lokal Online
http://www.komikita.net/



77. Mimin Says:

Gara2 ane batuk nih, jadi nyasar kesini.
Iya Ibu kosku jg kasih saran jeruk nipis ma kecap, tapi kata temenku jangan kasihan lambungnya. Sementara aku ada riwayat sakit maag. Mau coba perasan kencur sama madu.



78. tommy kuncoro Says:

penyakit memang lebih baik di cegah daripada di obati, tetapi jika terlanjur sakit usahakan dahulu obat dari Tuhan ( obat alami) disamping ojolali dongane, biasanya tidak ada efek sampingnya. jika penyakit yang kita derita belum juga sembuh baru ke apotiksebagai alternatif kedua.



79. Sheva Says:

biasankan minum madu secara teratur, pagi dan malam. insya allah badan kita jadi kebal ama penyakit.



80. NRifa Says:

Thanks ya sharenya,
kali ini yang sakit batuk adalah anak saya, sudah kedokter tapi belum juga sembuh/hilang, diperiksa paru dan dari bunyi pernafasan bersih dan tidak disinyalir menjadi asma.

tapi teganngu sekali kalo sewaktu waktu bunyi batuk anak ku itu kenceng banget “Groook”, geli telingga ini.

Baca artikel ini jadi inget jeruk nipis ya, sudah pernah di kasih hanya dg kecap, aku lupa kalo ada kasih garam harusnya ya…

OK deh aku kasih jamu ini kalo gitu, berhubung anakku ga bisa buang dahak, semoga berhasil dg minum obat tradisional ini.

dan cepat sembuh juga salam kenal :)



81. Agata Says:

madu campur air hangat juga ok.



82. dika pleqy Says:

thankz atas ramuannya,,,, waaaah itu sangat manjur,,,

Hmmmm sumpah batuk q langsung sembuh,,,



83. dini Says:

aku jg udah coba minum jeruk nipis,batuknya jadi mendingan.sebelumnya minum obat batuk malah sesak napas.



84. Dani Says:

Saya juga sedang batuk, udah beberapa hari, lebih satu minggu. Tapi sepertinya baru mau sembuh nih.. Terapi air putih hangat… (1 liter sekali minum), dan batuknya diajak komunikasi dengan penuh penghargaan, aprisiasi dan rasa sayang.. (tak masuk akal, tapi sangat ilmiah, panjang ceritanya, dari konsep bhw segala sesuatu itu tersusun atas energi vibrasi, yg mempunyai daya hidup dan kecerdasan, otomatis “BATUK”, juga bisa mengerti dan merasa). Saya pernah pengalaman, melakukan konfrontir dengan batuk, saya coba tahan sekuat kemampuan supaya tidak batuk, bisa, tapi akhirnya menjadi senjata makan tuan bagi saya, saya sesak nafas, tapi reflek batuk saya hilang, siksaan yg luar biasa, akhirnya, entah bagaimana, saya berhasil keluar dari masa2 kritis itu, tapi tidak bisa batuk itu, siksaan yg luarbiasa dan bisa berakibat fatal. Ternyata batuk adalah reaksi alami tubuh untuk membuang kotoran yg ‘mungkin’ menyumbat bagian2 tertentu di paru (Sorry, itu asumsiku saja). Jadi kesimpulannya, ajak komunikasi secara sehat, dan penuh apresiasi batuknya, lalu minum banyak air putih dan tentu saja “Back To Nature.” yg teman2 semua sarankan (Madu, Jeruk nipis dsb)… wah, gak beraturtan ya ceritanya, maklum, gak diedit.. hehehe)



85. floren Says:

saya juga sedang batuk, lalu saya bingung mau minum obat aja terus saya coba untk mengambil jeruk nipis and kecap. setelah saya minum akhirnya tenggorokan saya agak mendingan sieh……….



86. Ade Says:

anak saya udah minum obh combi gak sembuh juga terus di selinigin sama minum jeruk nipis juga belum sembuh – sembuh gmn ya…



87. denym Says:

Saya juga sudah batuk lebih dari seminggu, sudah banyak macam obat batuk saya minum, mulai woods, actifed, lalu obat cina Nin Jiom Pei Pa Koa (ibu dan anak). Dari ketiga obat tersebut, yang agak mendingan yang obat cina tsb, rasanya lebih enak dan tidak gatal ditenggorokan. Saya juga mau coba minum jeruk nipis dicampur kecap, garam dan madu. Semoga bisa cepat sembuh…



88. putra Says:

klu blum smbuh2 jg,, tolong bpk tambahin pk daun sirih,, daun sirih d masak sampai matang kira2 airnya 400cc dgn 5 bh daun sirih
niscanya pst sembuh krna saya sdh mencobanya ber XX pd anak saya d rmh…



89. akkoe imoetsz abiiezZ Says:

mInuM jErUk nIpIs udh SemBuh + MinUm eS Eh rUpAnyA tAmbAh pArAhhHhHhHh…
cKcKcK..?!??!?

huh gmna niechzZ,.?



90. kiki Says:

buah apel juga bisa nyembuhin batuk …
caranya : 1 buah apel d potong menjadi 4 bagian lalu d rebus d wadah yg tahan panas , setelah mendidih dinginkan selama 10-20 menit ..
setelah itu di makan berserta kulitnya kalau masih ada sisa air nya d pinum juga …
coz aQ minum obt d apotik gag sembuh ..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12720 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
27%
Bioritme Status
Intellectual
28.2%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.161s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia