pakupaku
Friday, 25.05.2007 12:08

Sosialisasi SIPLK : 9 Rekomendasi Keamanan Informasi

Posted on Anything.

Bagian 3 dari 3.
Hal menarik lainnya dari seminar sosialisasi tim SIPLK adalah mengenai kebijakan keamanan informasi. Tim SIPLK memberikan 3 buku pedoman praktis keamanan informasi yaitu :

1. Keamanan Informasi Untuk Pengguna Rumah dan Individu
2. Keamanan Informasi Untuk Organisasi Skala Kecil dan Menengah
3. Manajemen Keamanan Informasi Untuk Pimpinan Organisasi

Selain buku, diberikan pula sebuah CD yang isinya lebih lengkap mengenai tutorial interaktif keamanan informasi yang meliputi integrasi keamanan, keamanan database, keamanan jaringan, dan keamanan transportasi email.

CD Tutorial Interaktif Keamanan Informasi SPILK


Menurut saya informasi yang diberikan dalam buku dan CD tersebut sangat bagus dan berdaya guna bagi semua pengguna sistem informasi, namun sayangnya informasi ini mungkin belum tersebar secara merata di kalangan pengguna sistem informasi. Ada baiknya jika tim SIPLK mempublikasikannya di situs web Depkominfo agar dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan.

Keamanan informasi adalah suatu hal yang penting di era teknologi informasi dewasa ini. Namun sayangnya sesuatu yang aman itu membutuhkan banyak perjuangan dan merupakan sebuah proses yang berlanjut sehingga terkadang diabaikan oleh banyak orang, terutama justru oleh pengguna komputer rumah atau individu.

Berikut ini adalah 9 Rekomendasi Keamanan Informasi yang disosialisasikan oleh tim SIPLK untuk pengguna rumah dan individu :

1. Pasang dan gunakan satu program antivirus.
2. Jaga dan perhatikan patch sistem.
3. Hati-hati saat membaca email dengan attachment.
4. Pasang dan gunakan program firewall.
5. Lakukan backup file dan folder penting.
6. Gunakan password yang kuat.
7. Hati-hati ketika download dan memasang program.
8. Pasang dan gunakan firewall berbasis hardware.
9. Pasang dan gunakan program enkripsi file dan kontrol akses.

Nah… sudahkan Anda melakukan 9 rekomendasi tersebut? Saya sendiri belum mengikuti beberapa rekomendasi tersebut. Bagi pengguna komputer awam no. 2, 4, 8, dan 9 agak sulit karena berkenaan dengan pengetahuan teknis lebih lanjut.

Beberapa kali saya mengamati beberapa teman saya yang sering terserang virus komputer. Kelalaian mereka biasanya justru tidak berkenaan dengan hal teknis (2,4,8,9) tapi cenderung berkaitan dengan perilaku mereka sendiri (1,3,7).

1. Mereka sudah memasang antivirus, tapi tidak mengupdatenya secara teratur, atau ketika antivirus memperingatkan adanya virus, mereka keliru menjawab peringatan (tidak memperhatikan pilihan rekomendasi) sehingga antivirus melepaskannya.

3. Mereka tidak berhati-hati ketika membaca email. Email dengan judul menarik biasanya tak akan dilewatkan meskipun pengirimnya tidak jelas, misal judulnya : eh … boleh kenalan gak? lalu dalam isi email tersebut ada file attachment dengan judul photo_cewek_seksi.scr atau photo_saya.scr.

7. Mereka suka mendownload apa saja yang menarik dan menginstallnya. Biasanya adek-adek kelas saya yang masih “abg”, suka sekali dengan theme-theme desktop atau game-game yang kelihatan menarik untuk dicoba. Sedangkan teman-teman sudah “melek” IT malah suka download file-file crack untuk software-software bajakannya.

Dengan demikian, selain hal teknis, diperlukan juga modifikasi perilaku untuk menjaga keamanan informasi. Bagi teman-teman yang merasa kesulitan dan tidak mengerti dengan patch sistem. firewall, enkripsi dan sebagainya, tidak perlu bingung dan panik. Pengamanan informasi dapat dilakukan dari perilaku kita sendiri terlebih dahulu.

Tags:

Mood : Senang emoticon

5 Responses :


1. mysyam Says:

wah saya tertarik tuh denga CD nya, bagaimana saya bisa mendapatkan CD tsb? :)

Solusi aman dari masalah tanpa perlu memasang antivirus adalah dengan menghindari penggunaan OS berbasis Windows.



2. aad Says:

satu lagi yang kurang… kompie kena virus kalo dipake donlot sama koleksi m*y*b* (aku gak nyebut miyabi loh…)



3. mina Says:

mbok ya saya dikopiin CD nya, kenz..



4. amma Says:

ini isi buku yang kemarin di santika itu ya? weleeh…bukunya amma masih tersampul rapi tuh..:D



5. Charly Silaban Says:

Hello Kenz… lama tak mampir disini.. ternyata masih seperti dulu hehehe..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

28q. 0.095s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia