pakupaku
Tuesday, 12.06.2007 18:55

Hati-Hati Jaringan Sekte X Sudah Masuk Kampus UGM !!!

Posted on Social Life.

Sebenarnya saya ingin menuliskan tentang hal ini sejak lama. Namun saya ragu, karena dalam hal ini saya tidak memiliki kepentingan apapun selain keprihatinan saya terhadap seorang teman.

Sejak beberapa bulan yang lalu, seorang teman dalam satu fakultas menceritakan adanya perubahan dalam diri teman baiknya yang juga saya kenal. Sejak itulah saya mulai mengumpulkan dan merangkai beberapa data baik dari hasil cerita teman-temannya, maupun melalui beberapa pengamatan secara langsung.

Beberapa fakta yang telah saya dapatkan kemudian saya cocokkan dengan pencarian melalui google sehingga saya menemukan suatu pola yang sama dengan fenomena sebuah jaringan sekte X (maaf, saya tidak menyebutnya secara gamblang karena takut menyinggung kelompok tertentu, silakan cari sendiri di google).

Saya bisa saja tidak peduli dengan apa yang terjadi pada teman saya itu. Tapi perilaku teman saya itu semakin hari semakin menyimpang dan membuat takut teman-teman saya yang lain. Saya ingin sekali ikut campur, namun saya sadar bahwa setiap manusia memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan jalan hidupnya. Oleh karena itu saya menuliskan ini agar teman-teman yang lain lebih berhati-hati dan tidak terperangkap dalam jaringan sekte ini.

Sekte menurut KBBI 1989 adalah kelompok golongan orang yang mempunyai kepercayaan atau pandangan agama yang sama, yang berbeda dari pandangan agama yang lebih lazim diterima oleh para penganut agama tersebut; mazhab.

Berikut ini adalah beberapa data yang berhasil saya kumpulkan, namun tidak semua data saya bagikan di sini dengan pertimbangan banyak hal :

IDENTITAS KORBAN :
IR, usia 20 thn, perempuan, mahasiswa, kondisi sosial ekonomi keluarga tingkat menengah.

POLA-POLA PERILAKU KORBAN :
Menarik diri dari lingkungan pergaulan
Sejak bergabung dengan jaringan tersebut, IR mulai menarik diri dari teman-teman baiknya di lingkungan kampus dan mengaku lebih sering menghabiskan waktu dengan teman-teman barunya. IR tidak banyak bercerita tentang teman-teman barunya ini, bahkan terkesan menyembunyikan identitas mereka. Jika teman-teman kampus bertanya tentang teman-teman barunya, maka IR akan menjawab bahwa itu adalah teman lain fakultas.

Barang-barang miliknya hilang satu-persatu
IR diketahui memiliki handphone, memiliki perhiasan dan juga beberapa barang pribadi yang senantiasa terlihat ketika bertemu dengan teman-temannya. Sejak IR bergabung dengan jaringan sekte ini, barang-barangnya lenyap satu-persatu dengan alasan yang tidak jelas.

Menghilangkan barang orang lain
IR mulai sering meminjam barang-barang dari teman-temannya. Namun barang-barang itu beberapa diantaranya hilang. Contoh yang paling aneh adalah ketika IR meminjam sebuah laptop dari temannya. Laptop itu kemudian hilang dengan sebab yang tidak jelas sehingga ayah IR harus menggantinya.

Suka meminjam uang
Selain meminjam barang, IR juga sering meminjam uang ke teman-temannya dengan berbagai alasan. IR juga tidak segan-segan meminjam uang dari orang yang belum dikenalnya. Padahal data observasi di rumah IR menunjukkan bahwa IR adalah seorang anak dalam keluarga yang memiliki tingkat ekonomi berkecukupan (bahkan berlebih).

Jarang di rumah
IR sering pergi dari rumah dengan alasan belajar di rumah teman kampusnya. Padahal IR jarang berkumpul dengan teman-teman kampusnya. IR juga sering memaksa teman-teman kampus berbohong tentang keberadaannya jika orang tuanya menelpon. IR biasanya pulang ke rumah setelah pukul 11 malam dengan berbagai alasan yaitu ada acara di kampus, ada belajar bersama teman. IR juga sering tidak pulang ke rumah dengan alasan menginap di rumah teman untuk menyelesaikan tugas, padahal IR entah menginap dimana.

Kuliah Kacau
IR adalah mahasiswa yang rajin sebelum bergabung dengan jaringan tersebut. Namun setelah bergabung, IR kedapatan sering membolos kuliah. Teman-teman sekelasnya sering mendapat sms titip tanda tangan dari IR. Alasan-alasan IR tidak masuk adalah ia sedang di luar kota menengok saudara yang sakit, melayat teman yang meninggal, temannya kecelakaan dan lain sebagainya.

Sering dijemput di tempat rahasia
Hasil beberapa pengamatan, IR sering sekali terlihat dijemput oleh seseorang. Namun anehnya teman penjemputnya selalu menjemput di tempat-tempat yang tidak banyak orang sehingga IR harus berjalan jauh terlebih dahulu ke tempat penjemputan. IR tidak mau teman-temannya tahu siapa yang menjemputnya.

Berpergian ke luar kota dengan alasan aneh
IR seringkali membuat alasan-alasan aneh yang tak masuk akal. IR sering beralasan bahwa temannya kecelakaan sehingga IR harus pergi menjenguknya di Jakarta. IR sering beralasan juga bahwa keluarga temannya meninggal sehingga harus melayat ke Solo, Bandung, Semarang. Alasan-alasan ini serupa dan seringkali diulang-ulang sehingga teman-temannya selalu curiga dan dapat menerka bahwa IR berbohong.

Mengajak Teman-Teman Untuk Bergabung
IR beberapa kali mengajak teman-teman kampusnya untuk bergabung dengan jaringan sekte tersebut. Bahkan beberapa teman mengaku telah diintimidasi oleh jaringan tersebut karena menolak ajakan IR.

SEDIKIT CATATAN
Beberapa data jelas menunjukkan bahwa IR telah tergabung dalam jaringan sekte X yang sekarang ini juga telah merambah di berbagai perguruan tinggi (silakan cari di google !!!). Agama/ideologi dijadikan jalan akses oleh jaringan tersebut untuk mempengaruhi pola pikir IR yang sedang memasuki masa usia pencarian jati diri. Saya dan teman-teman IR telah berupaya berbagai cara untuk mengeluarkan IR dari jaringan tersebut, termasuk juga memberitahukan pada orang tuanya. Namun IR selalu saja bisa mencari celah-celah untuk terus berkegiatan di jaringan tersebut. Saya menduga bahwa IR telah mengalami proses cuci otak melalui indokrinisasi, hipnosis, sugesti, dan berada di bawah sumpah ritual sekte tersebut. Beberapa kali IR berhasil disembunyikan oleh teman-teman kampusnya, namun anggota kelompok jaringan tersebut seakan terus mengejar dan bahkan balik mengintimidasi teman-teman kampus IR.

REKOMENDASI
Sulit sekali mengeluarkan seseorang yang telah berada dalam pengaruh kontrol suatu aliran sekte. Saya dan teman-teman tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk mengeluarkan IR dari jaringan sekte tersebut. Saya hanya bisa memberi beberapa rekomendasi pada teman-teman agar berhati-hati dan tidak terperangkap dalam jaringan sekte X yang sekarang telah masuk ke kampus UGM :

1. Hati-hati dengan kelompok yang tiba-tiba mengajak Anda untuk berdiskusi tentang agama/ideologi, terlebih jika mereka terdiri dari beberapa orang, sementara Anda sendirian.

2. Perkuatlah pengetahuan dan keimanan agama/ideologi Anda agar Anda tidak terpengaruh begitu saja.

3. Usahakan selalu bercerita pada teman jika Anda memutuskan untuk masuk dalam suatu jaringan, sehingga teman Anda dapat mengetahui perkembangan diri Anda dan dapat melakukan sesuatu untuk menyelamatkan Anda.

4. Mintalah bantuan teman-teman Anda dan juga tokoh agama, jika Anda ingin keluar dan terbebas dari sumpah ritual sekte tersebut. Begitupula jika Anda mengetahui ada teman Anda yang terperangkap dalam sekte tersebut.

5. Pemerintah dan jaringan intelijennya seharusnya peka dengan pergerakan jaringan yang telah meresahkan masyarakat ini. Namun sayang, sampai saat ini belum ada tindakan nyata dari pemerintah meskipun beberapa media pernah mengulasnya. Bahkan sebuah blog mengatakan bahwa ada keterlibatan intelijen dalam jaringan sekte ini.

Saya kira ulasan ini sudah cukup untuk dijadikan pelajaran bagi teman-teman, khususnya yang sekarang masih berstatus mahasiswa di perguruan tinggi. Berhati-hatilah senantiasa karena jiwa manusia itu lemah dan rapuh sehingga mudah dikontrol dan dikendalikan oleh suatu kekuatan psikis !

Tags: , ,

Mood : Marah emoticon

48 Responses :


1. diditjogja Says:

*udah kelar baca..gedek2 sendiri…*
edyan!!
jaringan apaan neh…jadi semakin penasaran…

keluarganya gak ada repon?



2. MaIDeN Says:

Cerita koq setengah-setengah sih mas ?

Kalau emang jaringan tersebut terlarang menurut hukum yang berlaku di negara ini, tulis aja namanya. Gara-gara nggak ditulis saya jadi mengira-ngira ….

… itu malah tidak bagus :(



3. kenz Says:

@MaIdeN
Saya TIDAK PUNYA KEWENANGAN untuk melabel jaringan ini SESAT atau tidak (secara hukum juga belum ada meskipun meresahkan). Saya juga bukan orang yang tepat untuk menguraikan jaringan ini dari sudut pandang agama, karena agama saya berbeda.

Tujuan penulisan adalah mengajak teman-teman untuk berhati-hati dengan ciri-ciri jaringan ini. Fokusnya bukan mendiskripsikan nama jaringan ini, tapi lebih memberikan pengetahuan tentang ciri-ciri jaringan ini. Maap jika membuat pembaca harus menerka-nerka tapi lebih baik demikian (asas praduga tak bersalah) :D



4. ekowanz Says:

i know what u mean…
yup cara terbaik itu bagi saya nmr 2,3,dan 4. Apalagi no 2..itu harus,daripada didistorsi trus malah mbingungi



5. Jeki Says:

wah, pengen reti aku, suer… kang, YM`an yuk … :D



6. kai Says:

waduh kang… jaringan apa ya? MLM gitu? klo MLM kan suka juaol barang, nah ini sukana ngilangi barang……
jaringan gila!!!!

*bedoa semoga terhindar dari jaringan itu*



7. aldi Says:

kayaknya saya tau deh. adik temen saya juga kena tuh.
bukannya sudah (pernah) dilabeli (baca:fatwa) sesat oleh MUI yah?




9. chocoluv Says:

mmm,,,
pernah denger yang semacem itu, bahkan temenku pernah dateng ke rumah seorang ‘tokoh’-nya… cuman keknya ngga separah itu sih… *eh, tapi ngga ngerti apakah sekte yg kita omongin sama ato ngga*

ya kalo dari kita sendiri, berusaha kuatkan hati dan juga jaga keluarga dan temen2 kita. soalnya kadang org bisa terjebak masuk ke situ karena pas dia lagi down, dia merasa org2 di sekitarnya ngga bisa ngasih jalan keluar. dan kebetulan pas itu ada org2 sekte x itu…
hmm… what a life…



10. Hedi Says:

Pergerakan seperti itu sekarang memang dilancarkan di kampus. Solusi cuma satu, ga usah memperdebatkan agama, jalani aja sesuai keyakinan masing-masing.



11. fahmi! Says:

sekte x kayaknya juga beredar di kampus2 surabaya. ada teman saya yg ngaku pernah diajak, tapi untungnya teman ini pinter dan kuat iman, jadi nggak ikut2an. bahkan rumahnya pernah diminta jadi tempat pertemuan, tentu saja teman saya mencak2 hahahaaa…



12. aad Says:

emang sekte apaan sih ?? bikin pnasaran



13. zam Says:

eh, kalo mo gabung gimana caranya ya?

dapet pasive income gak??

kalo bintang 3 dapet kapala pesiar?



14. zam Says:

cuma mau pamer..

blogmu tampilannya katrok di widescreen 16×9 ViewSonic LCD resolusi 1440×900

*pamer doank*



15. kenz Says:

@zam
katrok itu apaan sih? hihihihi….
eh pake LCD nya siapa zam…

katrok = imut ya :D



16. Anjar Priandoyo Says:

Betul Om Ken, mbok lebih spesifik lagi jaringan X itu siapa, bukannya dari jaman dulu organisasi aneh2 emang kerap kali berpangkalan di UGM ya? dan kampus2 lain tentunya



17. zam Says:

jaringan X sama MLM lebih berbahaya mana Kenz? cara mereka yg sok tipu-tipu itu (undangan prospek sama presentasi pake alesan MINTA TOLONG segala) *pengalaman

ah, sing penting melu jaringane CahAndong ae..

kui lebih BERBAHAYA!!



18. mina Says:

baca tulisan zam: pake LCD kantor aja sombong :D



19. kenz Says:

@Anjar
hmm.. salah satu komentar disini telah menyebutnya. sekali lagi maaf, saya tidak memiliki kompetensi untuk membahas lebih lanjut karena field of reference saya berbeda.

sore ini seorang teman saya yang lain melaporkan bahwa orang-orang itu kembali datang ke kosnya, mereka sedang membujuk salah seorang penghuni kos.

@Zam
Sistem perekrutan mereka memang seperti MLM, siapa yang terbanyak mendapat pengikut, akan menentukan posisi jabatannya.



20. bodi Says:

untung dah ga kuliah saya …… ehehehe



21. mysyam Says:

we..e.e…
waspadalah… waspadalah..
huehuehue…

bangsa kita makin nggak jelas aja !



22. Riyogarta Says:

Waduh … sudah masuk kampus?
Yang saya heran adalah bagaimana cara mereka (para marketing sekte X) ini bisa mempengaruhi mereka yang hitungannya sudah well educated. Luar biasa.

Salut sebenarnya kepada mereka itu, hanya kok keahlian untuk mempengaruhi orang ini justru dipergunakan untuk hal-hal seperti ini, sayang sekali! Seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif , yang bisa dirasakan manfaatnya bagi bangsa yang sedang susah ini. Hiks.



23. Riyogarta Says:

OOT:
btw, kalau kasih komen setelah memasukan captcha dari SK2 muncul error Warning: session_start() …..



24. kenz Says:

@Riyogarta
thanks.. hehehe.. iya session startnya tumpang tindih sama yang lain :D

kecerdasan dan status terdidik tidak menjamin seseorang untuk tidak terpengaruh, karena seperti yang saya katakan jiwa manusia itu lemah dan rapuh, bisa diprogram dan dikendalikan.

mengapa mereka mengincar mahasiswa? usia 17-24 adalah usia remaja akhir dan masa dewasa awal, dimana seorang individu dalam pencarian jati diri, masa-masa penuh ketegangan emosi dalam rangka menyesuaikan diri dengan prinsip-prinsip hidup dalam dirinya.



25. zen Says:

setelah melakukan pecarian di google saya menemukan beberapa link ttg jaringan yang pola-polanya sama dengan artikel ini :

http://hanyaudin.blogspot.com/.....a-sia.html
http://hanyaudin.blogspot.com/.....ahkan.html
http://kaskus.us/showpost.php?.....stcount=78
http://www.webgaul.com/forum/s.....hp?t=51370
http://nii-alzaytun.blogspot.com/

juga beberapa yang sudah disampaikan oleh mr. intel di atas, berhati-hatilah teman.



26. Visien Says:

ya ampun.. serem banged.. tapi gue plg demen ngomongin agama/ideologi.. gak ada abis2nya sih.. palagi kalo lagi nganggur/ga ada kerjaan.. gimane dong?? [-(



27. rime Says:

serem betul kaka…

kayaknya di kampus ku belum ada yang begini2an deh *jangan sampe*



28. escoret Says:

penasaran..????
mosok msh ada sekte2 gituww..????

suka makan2 dimana.>????



29. amma Says:

hal yang sama pernah dialami oleh tetangga saya di kampung. tapi untunglah sekarang beliau sudah lepas walau dengan susah payah. dan itupun dia memilih kembali ke kampung halaman ntuk menghindari.

bahkan ada aliran tertentu yang kalau pemimpinnya suka dengan salah satu anggota keluarga (anak perempuan, saudara perempuan bahkan istri) harus ikhlas diberikan ke pemimpin tersebut. malah ada kebanggaan tersendiri saat pemimpinnya meminta..

dyuh..dunia..makin gila aja kalau kita ndak punya prinsip.



30. wahyu Says:

Duhh,,sebenernya aku ada rencana masuk ke ugm,,,
Tapi piye yoo,,
Udah ngeri duluan denger ceritane mas Kenz…

*bo’ong bangett, IQ jongkok aja gayaa…*



31. echa Says:

penasarannnnn…. laporan dari lapangan yang utuh dunk mas.. kayak motto nya liputan 6, aktual tajam terpercaya…biar pada ga penasaran…
syerem yach, untung aku dah lulus….hehehehe….amit amit deh ketemu yang ginian…



32. Abil Says:

Ya, saya juga pernah di ajak gituan.
Yang ngajak saudara sepupu saya.

Yang mereka doktrinkan adalah Indonesia itu sudah ditakdirkan menjadi negara besar menurut kitab agama.
Setelah kita setuju maka mereka mengambil potongan ayat yang lain dari kitab tersebut untuk menggoyahkan iman dan kepercayaan pendengar, dan memberi pilihan menjadi bagian negara agama tsb dengan pengorbanan, tentu saja.

DISCLAIMER:
Sepertinya minuman yang mereka berikan mengandung zat tertentu, sehingga saya mudah percaya. Ketika hari sudah malam dan saya disuguhkan minuman lain, saya hanya meminum air putih saja dan pikiran saya bisa melihat hal yang salah dari penjelasan mereka.
FAKTA:
Pernah ditayangkan di TRANS7, paling tidak 2kali, dlm acara itu sebuah lembaga pernah melaporkan ke Polisi tapi tidak ditindaklanjuti karena tidak bisa diambil tindakan sesuai hukum yang berlaku. Mungkin uang-nya kurang atau tidak pakai uang sama sekali. (kata uang bisa diganti dgn kata kekuasaan)



33. yunitae Says:

crita ini sebenarnya sudah ada sejak saya kuliah dulu, terutama yang sering ikutan anak-anak eksakta (pertanian,mipa,teknik).dalam masa pencarian jati diri memang mahasiwa biasanya rentan akan hal-hal seperti ini. Ya menurut saya sih kuncinya adalah dengan selalu membuka pikiran, toleran terhadap perbedaan dan tak pernah lelah untuk mencari kebenaran hakiki yang haru sll dicari.jangan juga mengananggap diri kita paling benar sehingga menjadi seperti katak dalam tempurung



34. breakbenny Says:

Oh Gitu tho? Aku baru tahu ada sekte X. Di SD aku di ajari X+y=Z. X itu apaan sih. Kita kan jadi binun mas



35. zerocool Says:

di kampus gw sih dah lm ada yg kyk gini.. tmn gw pernah diajakin sm asdosnya yg ternyata salah satu pengikut sekte tsb. gila kan.. tp untungnya dia ga jd ikut, walaupun sempet dikasih doktrin mcm2 yg menyesatkan..



36. Hannie Says:

iya, kalo jaringannya MLM sih halal kali yee…
di kampusku dulu juga ada yang kayak begitu, tapi kejadian sama anak yang bandel banget. tadinya temen2 seneng ngeliat dia berubah mulai dari penampilan sampe kelakuan yang lebih alim dan pendiem, tapi ga taunya dia masuk sekte beginian. walahhh, ga tau lagi tuh nasipnya….



37. alimun Says:

Menanggapi perbedaan kepercayaan/keyakinan mestinya semua orang harus insyiroh/berjiwa besar.Setiap manusia menurut Allah Robbul ‘alamin tidak boleh dipaksa berkeyakinan diluar keyakinannya. Artinya bebas memilih keyakinan. Tapi kebanyakan manusi egois, merasa paling benar, kemudian memaksa orang harus seperti mereka. Kalau orang lain berbeda dengan mereka, maka mereka mengatakan yang lain sesat. Apa urusannya mengatakan orang lain sesat. Kalau menjastis seseorang sesat harus disepakati dulu standar yang dipakai oleh semua pihak. Apalagi saking emosinya mereka mengeluarkan kata-kata yang tidak edukatif.



38. Someone Special Says:

Salam kenal…..

saya tau sekte apa yang sedang dibicarakan di sini,karena saya
juga pernah menjadi korbannya!!!

syukur lah saya bisa melepaskan diri dari sekte tersebut.

yang saya bisa kasih tau pada saudara semua bahwa sekte ini
cukup berbahaya dan meresahkan bagi para korbannya!

jika ada yang berniat keluar dari sekte ini, akan diancam oleh
para anggota yang lain bahkan akan dibunuh dengan alasan
berhianat kepadanya….

jika anda ingin mengetahui semua pengalaman saya di sekte dan
apa sih tersebut anda bisa kirim email ke Franky_Jhon@yahoo.co.id



39. arbi Says:

itu mah NII, markasnya adi al zaytun, dari kelompok KW 9 buatan BIN…….!!!!! biasalah konspirasi menghancurkan agama. sama kayak yahudi. PD I, PD II, KRISIS MONETER JUGA BUATAN YAHUDI.



40. vb4art Says:

MUI udah nge-’black list’ jaringan ini. tentu untuk memperingatkan saudara2 kita yang laen harus disebutkan nama jaringan ini untuk berhati-hati, jangan biarkan saudara2 yang kita ingatkan justru menebak-nebak sendiri, sehingga ada yang salah sangka/sasaran. Toh secara resmi udah di larang oleh MUI dan Negara kok. JADI Kelompok itu namanya NII dan cabang2 nya…..thx



41. Lathiyfah Says:

Waaah, saya pernah nonton di TV nih, katanya buat ngakalin cari dana tuh pura-pura ngilangin barang orang.

na’udzubillahimin dzalik..

btw, klo jarang di rumah saya juga lho he..he..



42. thomaszae Says:

salam kenal mas :)
teman saya juga pernah didekatin sama cewe yang tau" kenal di mall, dan anehnya, itu cewe belum kenal belum apa, uda langsung nanya", kamu orang tuanya kerja apa? penghasilannya berapa? kamu naiknya mobil apa? kamu mau ikut pengajian ga akhir minggu ini?
musti lebih hati" kalo punya anak yang lagi kuliah, harus lebih diperhatikan dan ditanamkan baik" iman Islamnya
thq atas postnya mas :)



43. TS Says:

Waaahhh……
ternyata memang bener ada ya sekte2 kayak gini….
kirain cuma di pilem2 aja adanya..
aduh jadi takut juga nihhh….coz taun ini saya masuk ugm juga…
harus kuat2 iman nih…



44. Indri Says:

begitulah skrg dunia qt,menyeramkan…………..tiada org yg berahlak lg smua hny mencr kekuasaan dgn membntk aliran2 baru dgn tdk jls apa maksudnya?????????? msh pantaskah mereka hidup didunia……….apalg menjadi pemimpin negara ini.tlg anda bayangkan n pkrkan.



45. memet Says:

tag namanya ikut perkumpulan mah sah2 ajw tp kl sampei menghilangkan barang oang lain(maling) n berbohong diajaran agama manapun tidak diperbolehkan. ingat sesuatu hal yg halal dapat menjadi haram krn satu sebab ex: ayam adl barang yg halal dimakan akan tetapi apabila cara mendapatkan ayam tsb dr hasil mencuri ini menjadi barang yag haram sekali lagi HARAM!!!!!!



46. uyab Says:

, saya bersandar pada teori agama feurbach. Feurbach menyatakan bahwa agama tak lebih daripada wujud marginalisasi kemanusiaan. Manusia meninternalisasikan dirinya dalam wujud ketuhanan, surga dan neraka, dengan kata lain agama merupakan wujud keterasingan manusia dari kemanusiaannya. Agama merupakan pelarian manusia, yang mana pelarian tersebut merupakan ciptaan manusia sendiri. Bersandar dari teori tersebut, saya menciptakan teori yang saya sebut “teori muntahan”. Teori ini mengatakan bahwa apa yang ada dilingkungan sekitar kita akan terwujud dengan luapan perilaku kita, atau apa yang ada di lingkungan kita akan terinternalisasi dalam diri kita, jika itu sudah mencapai tahap eksplosif, ia akan memuntahkan wujudnya. Contohnya, pemerkosaan, kalau di lingkungan kita mesum, pembunuhan, jika ia mengidap gangguan jiwa akibat tekanan lingkungan yang kriminil. Disini, satrio apa itu saya kurang hafal, merupakan salah satu contoh yang konkret bagaimana ia memuntahkan apa yang ia dapat dari lingkungannya, yakni seksualitas dan paham liberatif yang amat dalam. Hal itu juga kita bisa lihat dalam diri MUI, yang selalu mengaharamkan sesuatu, maaf, kita manusia harus saling mengingatkan. Apakah ini wujud umat Islam yang sok tahu dan mau menang sendiri? hanya kita yang bisa menjawab. Salam!



47. hari kediri Says:

dulu sya juga punya crita seperti itu laluama teman sya di rugyah …….slesai n tuntas….mari kita lawan iblis2 itu



48. Jo Says:

Itu mah jelas NII (Negara Islam Indonesia), mereka kan goal nya mau makar n hukum nglarang lah pastinya. Mereka emang menghalalkan menipu dan mencuri dari orang2 diluar kelompoknya. Temen wa juga ada yang kena.

Sebenarnya kalo kepercayaan sih hak asasi masing2 ya, tapi yang ga boleh tu kriminil nya. Kalo nyuri ato ngemplang ya bawa ke polisi aja biar diburu. Kita kan negara hukum.

Kalo soal kepercayaannya, kita ga bisa ikut campur coz itu hak asasi dia. Kita cuma bisa sikat kriminilnya. Cuman ya Indonesia itu ga gitu ngehargai kebebasan berkepercayaan sih, ga kaya negara2 sekuler barat gitu. Mereka misahin urusan agama sama pemerintahan coz bagi mereka agama/kepercayaan itu hak super asasi so pemerintah pun ga punya hak buat ngatur2 soal itu, tapi kalo kriminil ya tetep sikat berdasar kriminilnya.

Kalo wa bilang sih, di Indonesia itu ga ada kebebasan berkepercayaan, karena pemerintah, masyarakat dan orang2 sekitar kita slalu nyampuri urusan kepercayaan. Indonesia emang jahiliyah, pantes diazab.

Aku jujur orangnya spiritual but not religious, alias ga beragama. Itu yang aku percayai di hati ku. Sapa yang ga respect ma hak asasi ku untuk berkepercayaan n mau ikut campur coba? Pasti banyak, liat aja.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

29q. 0.143s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia