pakupaku
Wednesday, 20.06.2007 22:22

Kampus UGM Rawan Kejahatan

Posted on Social Life.

Pagi ini seorang teman saya jadi korban penjambretan, handphonenya dijambret orang di depan Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Sang pelaku langsung kabur dan menghilang meninggalkan korban yang masih histeris.

Ah ! Kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memang rawan kejahatan, beberapa teman mahasiswa dan juga dosen saya telah menjadi korban tindak kejahatan. Lucunya, tidak satupun penjahat yang tertangkap.

Berikut ini pemetaan daerah rawan kejahatan di kampus UGM berdasarkan data yang diperoleh dari kesaksian korban maupun teman korban :

1. Kawasan KTP
Kawasan ini meliputi jalan seputar Fakultas Kehutanan, Pertanian dan Teknologi Pertanian UGM. Jenis tindak kejahatan :

- Penjambretan handphone
Korban : Mahasiswi yang berjalan sendirian, sedang menggunakan handphone dan didekati oleh motor penjambret dari belakang. Waktu kejadian pagi hari. Lokasi Kejadian jalan depan Fak. Teknologi Pertanian.

- Percobaan hipnotis/ gendam
Korban : Beberapa mahasiswi yang berjalan sendirian. Waktu kejadian pagi dan sore hari. Lokasi kejadian sepanjang jalan Fak. Kehutanan, Pertanian dan Teknologi Pertanian UGM.

Kawasan KTP

2. Kawasan EPH
Kawasan ini meliputi daerah Fakultas Ekonomi, Psikologi dan Fakultas Hukum UGM. Jenis tindak kejahatan :

- Pencurian Kendaraan Bermotor/ Sepeda
Korban : Beberapa mahasiswa dan mahasiswi kehilangan motor. Bahkan sepeda milik teman seangkatan saya juga hilang. Waktu kejadian petang hari (sekitar jam 18an). Lokasi parkiran kampus kuliah bersama Psikologi dan Filsafat UGM.

- Pencurian Tas
Korban : Beberapa mahasiswi yang sedang sholat di mushola gedung kuliah bersama Psikologi dan Filsafat UGM. Waktu kejadian tidak tentu.

- Pencurian Laptop
Korban : Seorang dosen Fak. Ekonomi kehilangan laptop yang ditinggal di mobil yang terparkir di depan Fak. Ekonomi. Korban lainnya adalah seorang dosen Fak. Psikologi yang memarkir mobilnya di halaman Fak. Hukum. Waktu kejadian siang hari.

Kawasan E

Kawasan P

Kawasan H

3. Kawasan KKG
Kawasan ini meliputi seputar Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Kedokteran Gigi. Jenis tindak kejahatan :

- Pencurian Mobil
Korban : Beberapa mahasiswa dan mahasiswi kehilangan mobil yang diparkir baik di parkiran F. KG maupun di Kedokteran. Waktu kejadian siang menjelang sore.

Kawasan K

Kawasan KG

Sayang tidak semua korban melapor ke kantor polisi, sehingga data di kepolisian juga tidak lengkap. Kemungkinan data di lapangan jauh lebih banyak baik jenis kejahatannya maupun korbannya.

Jika diperhatikan kawasan-kawasan rawan kejahatan di kampus UGM adalah kawasan yang mempunyai jalur akses keluar kampus yang tidak memiliki penjagaan.

Meskipun kampus UGM memiliki SKKK (Satuan Keamanan dan Ketertiban Kampus), namun tanggung jawab keamanan tetap ada di tangan kita masing-masing. Ingat kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Oleh karena itu sudah selayaknya kita merubah perilaku kita untuk mengurangi adanya kesempatan tersebut.

Saran menghindari/menghadapi penjambretan :
Hati-hati bagi para mahasiswi yang melewati kawasan ini sendirian di waktu pagi dan sore hari (ketika jalanan senggang).
Jangan mengeluarkan handphone ataupun beraktivitas menggunakan handphone di pinggir jalan.
Waspada dengan motor di belakang Anda ketika sedang berjalan.
Jika Anda dijambret, tendang segera motornya/lempar batu, dan berteriaklah keras, dan lihatlah ciri-ciri motor pelaku.

Saran menghadapi hipnotis/gendam :
Hati-hati bagi para mahasiswi yang melewati kawasan ini sendirian di waktu pagi dan sore hari (ketika jalanan senggang).
Jika ada orang yang sok kenal, jangan ditanggapi.
Jika ada orang yang pura-pura bertanya, jawab seperlunya.
Segera berlari jika ada orang yang berusaha mendekati Anda secara mencurigakan/membahayakan.

Saran menghindari pencurian kendaraan :
Jangan meninggalkan kendaraan di tempat yang tidak dijaga oleh petugas parkir.
Gunakan kunci tambahan, baik untuk mobil maupun motor/sepeda.

Saran menghindari pencurian tas :
Tidak meninggalkan tas sembarangan.
Jika terpaksa meninggalkan tas untuk sholat, jagalah tas secara bergantian atau tempatkan tas di tempat yang mudah terlihat.

Saran menghindari pencurian laptop :
Tidak meninggalkan laptop di mobil.

Sekali lagi saya ingatkan bahwa kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Lebih baik menjauhkan kesempatan daripada mengalami trauma akibat tindak kejahatan.

Hari ini, saya kembali mendampingi korban trauma kehilangan barang untuk kesekian kalinya. Seperti biasa saya harus melakukan beberapa teknik pendampingan untuk membangun kesadaran diri dan juga kepercayaan diri korban. Hal ini tak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Mungkin lain waktu saya ceritakan teknik-teknik yang saya lakukan untuk membantu memulihkan kondisi psikologis korban trauma kehilangan barang.

Apakah Anda juga pernah menjadi korban kejahatan di kampus UGM? Tolong sharingkan di sini, agar teman-teman yang bisa lebih berhati-hati.

Tags: ,

Mood : Marah emoticon

33 Responses :


1. mysyam Says:

kenz, bukannya di Fakultas kedokteran itu ada penjagaannya lho, bahkan di belakang kampus KU (Kedokteran Umum) atau deket kawasan hutan biologi kan ada Pos Satpam UGM posko Barat. koq bisa ?? setidaknya kalau ada yang bertindak mencurigakan kan ketahuan



2. kenz Says:

@mysyam
iya e, hebat malingnya… tapi kejadian pencurian mobil di FKU dan FKG sebenarnya sudah lama terjadi, beberapa tahun yang lalu karena kebetulan ada teman saya dulu di FKU dan FKG. Sekarang saya tidak tahu situasinya, teman saya yang di FKU dan FKG sudah lulus. Jadi mungkin ada update terbaru informasi keamanan disana :D



3. cahyo Says:

jaman saya kuliah dulu di fisipol , kok belum ada ya? atau belum dengar? hehehe..wong mahasiswa dulu gak punya henpon apalagi leptop. jadi apa yang mau dijambret?

hehehehe…



4. vi3 Says:

waduh medeni rek… dulu waktu aku kuliah aku diceritan ama dosenku, bahwa dia pernah malem2 dicegat orang di jalanan depan lembah.. dirampok gitu deh.. ih ngeri dah…
btw.. pemetaanya asik juga, kenz..



5. afifa Says:

kawasan EPH ada tuh yang pernah dijambret juga HPnya… praktikan Ro mu yang berinisial E**. Pas lagi nunggu dijemput pacarnya sambil SMSan di depan gedung kuliah utara… :)

Kata Bang Napi:
Waspadalah waspadalah… Ingat kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi juga adanya kesempatan…



6. ekowanz Says:

kalo aq suka lewat kedokteran situ kalo malem2…ngerinya sih bukan takut rampok ama copet, tapi takut liat sesuatu di rindangnnya pepohonan :D



7. aries Says:

UGM memang rawan. Akses yang terlalu terbuka membuat mahasiswa dan juga SKK tidak bisa menyeleksi yang mana warga UGM dan yang mana yang numpang lewat (dan mencuri). Dilematis juga sih, kalo akses ke UGM ditutup nanti BEM berkoar pihak kampus gak ber-kerakyatan (karena akses PKL tertutup). Tapi jika tidak ditutup, ya jadinya banyak korban. Yang paling miris kalo sudah ada pencurian di mushala. Di fakultas ekonomi (tempat saya kuliah), mulai dari sepatu, tas, HP, sampai notebook udah pernah jadi target curian.
?!?



8. mina Says:

hohoho… setuju ma eko, paling takut lewat situ kalo malem.
btw, saya pernah dicopet hape tepat di depan pagar radioputro deket teknik itu. ke mana aja para satpam. jadi, aku butuh pendampingan nih kenz :D
sudah trauma, jadi hape dimasukin dalam2 ke tas. dompet juga di taruh di bawah alas tas (alas tas bisa dilepas2 atau itu robekan ya? hehehehe)

btw, kenz, itu foto satelitnya bisa sedekat itu ya?



9. kenz Says:

@eko + mina
oo.. hutan itu ya, saya beberapakali jam 2-4 pagi selalu lewat situ sendirian. saya malah lebih takut dicegat orang. hehe.. penunggu di situ jarang ganggu, pernah sih digondeli.. tapi cuma numpang aja sebentar ;))

@mina
copet… ya.. begitulah bis-bis kota di Yogya. Saya sendiri beberapa kali disergap copet… huh.. untungnya kalo naek bis, saya masukkan semua dompet dan hape di bagian dalam tas.

iya nih.. pake google earth.



10. zam Says:

satpam mah keliling cuma buat ngusir para pedagang yang nongkrong karena mencari sesuap nasi..

saya pernah kehilangan HELM gara-gara ada stiker CahAndongnya..

di MIPA lebih parah, ada mahasiswa yg ML di dalam kampus..

UGM cuma mentereng di gedungnya, sedangkan keamanannya payah!



11. pu! Says:

ya karena akses ugm adalah akses umum
artinya semua orang bisa masuk walopun itu sekedar lewat
ya itu jeleknya
bukan seperti komplek kampus, ugm lebih mirip jalan umum dengan kiri-kanan adalah gedung kampus.

yg namanya SKKK itu kan juga terbatas kerjanya
tp bener tuh, kita harus sadar, dimanapun, kapanpun diperlukan kewaspadaan



12. aad Says:

tambahan lagi di MIPA malah pernah kejadian ada mahasiswa kehilangan sepatu pas SHOLAT SUBUH !! catet SHOLAT SHUBUH !! artinya sekitar jam 1/2 5.



13. Riyogarta Says:

Cuma bisa membayangkan, soalnya saya gak tinggal dan gak pernah kuliah disana.Mudah-mudahan kedepan adsa solusinya sehingga kawasan kampus menjadi lebih aman.



14. chocoluv Says:

baca balkon edisi 99 hehehe,,,
yup,,, udah sering banyak banget terutama kecolongan handphone dan laptop,,, di kawasan EPH itu, deket area parkir bersama beberapa waktu lalu jg ada mobil mahasiswa yg dipecah kacanya, diambil laptopnya ckckkcck



15. uthie Says:

untung saya ga jadi masuk UGM *alah, bilang aja ditolak mentah2* :p

salam knal :D



16. rd Limosin Says:

wuihh, baru tau ternyata UGM rawan



17. antogirang Says:

walah…kampus FTP? lha kampusku tuh..
*jangan2 abis ini aku dijambret, padahal cuma bawa kaos oblong doang*

wakakaka…



18. toooooooooooooopics Says:

woh mosok mipa ga disebut ki lho.. ad yang ilang helem nya, ilang motornya, ilang sepedanya.. ckckckckck..



19. Kiky Says:

anu mas.. gimana gak rawan.. banyak fakultas yang memang tidak memeriksa kendaraan yang lalu lalang parkir..rawan bangeet khan..



20. escoret Says:

buat zam..>>????

ML di kampus mipa..????
kamu up load dimana..???

filenya 3gp bukan..?>???

hehhehe



21. amma Says:

kalo dah tahu daerah rawan kejahatan kenapa penjagaannya ndak ketat. kek nya perlu juga tuh cctv dipasang di daerah kampus UGM.



22. diditjogja Says:

helm mas…HELM!!
tiga kali saya ganti helm di kampus ini…….
MIPA, bisa jadi tepat kulakan helm bagi para perompak HELM.

1. bagi teman2 yang memarkirkan sp mtr nya di MIPA, harap memperhatikan apakah ada satpam di dekat tempat tsb. Jika tidak, kemungkinan hilang semakin besar.

2. Helm dg kualitas wah (diatas 100 ribuan) harap dikunci di jok sp motor, ato kalo perlu dibawa pergi saat beraktifitas, alias jangan ditinggal di motor.

3. sp motor yang masih baru, mahal ato memiliki potensi hilang besar (hihihihi) harap menyertakan kunci ganda ato pengamanan lainnya.

4. udah itu aja..

waspadalah!!!!



23. siska Says:

gileeeee….

kok aq baru tau yah……padahal dah 2 taon neh di ugm…

wah tknx bgt neh buat informasinya……secara aq kan di FH UGM n` lumayan sering ada kul pg neh……

yah hati2 aja deh ntar jadinya……

kl gn seh mendingan di vl deh g ada yg jambret2 pkg banter jg nyolong duit doang….hue…he..he…



24. tris Says:

wah,,ko aku ga liat tulisan tentang keamanan fak. farmasinya ya?
apakah bener2 aman bener?
*mengharapkan jawaban kalo fak. farmasi emang aman,hehe

yah..pinter2 jaga diri aja

trus kata sodara saya.
kalo lagi bawa duit banyak atau barang berharga lainnya,
pasang muka santai,seperti sedang tidak membawa sesuatu yang penting,jangan naik angkot yang sepi sendirian,pilih taksi/nebeng teman aja
berdandan sederhana saja,klo perlu cenderung nunjukkin muka miskin

intinya :
tetap berusaha menjaga dengan rileks aja.



25. Mas Tom Says:

Kenz, soal keamanan ini sebetulnya udah dari dulu jaman aku masuk kuliah pertama tahun 94 sering disinggung berbagai pihak. Di kampus FH, helm hilang atau motor hilang udah sering kejadian, bahkan dulu mobilku pernah hampir dibongkar pintunya waktu parkir di halaman samping UC-UGM.

Yang aku ingat agak aman itu malah Gelanggang, karena dulu ada Mbah Barjo yang selalu setia jaga parkiran di halaman depan. Masih ada nggak ya Mbah Barjo sekarang?

lho, kok buntutnya malah jadi nostalgia?



26. Agoeng Says:

Wuuuiiih… baru tau nih….. jd takut jg sbg MABA



27. diman h24 Says:

Kejadian kejahatan di UGM sangat aneh, hati – hati bila sholat jum’at atau sedang di mushola, pencuri tdk pandang tempat. Aneh bin ajaib hari senin 17 september 2007 siang di mushola terjadi kehilangan HP padahal yang sholat semua adalah perempuan dan sedang Puasa. tega-teganya nyolong HP temannya yang juga lg sholat. Perempuan pun bisa jadi maling…..hati-hati dan tetap waspada.



28. liz Says:

aku punya cerita ttg temanku yg udah kehilangan helm sebanyak 3x
kasian lho dia..jarak antara kehilangan helm yg satu dengan yang lain tuh dekat lho…1!;/
padaal tuh dia da cantolan helmya melalui dalemen bangku sepeda motornya
kejamnya pencuri itu dia memotong tali helnya..
buat teman2
dia memutu



29. Kota Yogyakarta Tidak Lagi Aman dan Nyaman Says:

[...] Kampus UGM Rawan Kejahatan [...]



30. i wa ka Says:

ingat 3 m melihat mendengar mengetahui jadi waspadalah jangan tidak mau tahu justru kalau bisa kita orang timur memberitahukan kepada yunior jangan berkagak orang kota tidakmau tahu kingkungan justru kalau perlu kita beri sisi tv agar setiap kejadian kita bisa lihat itu butuh pengorbanan tidak ada sukses bila tanpa berkorban percayalah tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan pasti semua bisa terselesaikan



31. i wa ka Says:

tergatung atas kemauan kita bersama oke selamat jangan ada kata menyerah sebekum kita bertempur untukkebenaran sebab kebenara itu mahak harganya



32. i wa ka Says:

jadi kita perlu takut sebab ketakutan adalah kegagalan bagi seorang pengecut sebab kita hidup tidak sendiri kenapa harus takut akan suatu kebenaran yang ada ingat tuhan bersama kita setiap detik menit jam hari minggu bulan dan tahun oke



33. no name Says:

met sore..
aku pernah di tipu anak UGM dgn di mintain uang jumlahnya mencapai jutaan , dgn alasan tertentu….
Ya Allah..mudah2han dia cpet ketahuan oleh pihak kampus dan di usir dr pihak kampus , klu perlu di serahkan polisi..amin..

korbanya udah byk…



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

30q. 0.114s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia