pakupaku
Thursday, 23.08.2007 8:31

Sunday Market Stadion Manahan Solo

Posted on Journey.

Solo atau Surakarta merupakan kota asal kedua orang tua saya, tempat kakek-nenek saya tinggal. Sejak kecil saya sering menghabiskan masa-masa liburan sekolah di kota ini. Beberapa tempat seperti Stadion Manahan, Balekambang dan juga pasar burung depok sering saya jadikan tempat bermain waktu kecil karena lokasinya dekat dengan rumah kakek dan nenek.

Dulu, kakek saya sering mengajak saya ke stadion Manahan pada hari minggu untuk melihat pacuan kuda ataupun sekedar untuk berkeliling dalam stadion tersebut dengan menggunakan dokar kecil. Pada waktu itu, stadion manahan belum sebagus dan semewah sekarang ini. Tak jarang saya juga sering bermain-main di stadion ini sambil mengembalakan beberapa kambing punya simbah saya.

Jumat (17/08/2007) sampai Minggu (19/08/2007) kemaren, saya berada di kota Solo karena simbah (angkat) saya meninggal. Minggu paginya saya diajak oleh om dan bulek untuk melihat-lihat Sunday Market di stadion Manahan.

Sunday Market di stadion Manahan ini mirip dengan Sunday Morning di kawasan lembah UGM, hanya saja lokasi Sunday Market lebih luas dibandingkan Sunday Morning. Sejak pagi hari, kawasan Stadion Manahan ini sudah dipenuhi oleh orang-orang yang berolahraga dan juga orang-orang yang berjualan.

Sunday Market Stadion Manahan Solo

Banyak juga orang yang hanya berjalan-jalan saja menikmati pagi sambil melihat orang-orang yang melakukan senam masal di lapangan-lapangan, maupun yang sedang berolah raga di lapangan basket, lapangan tenis, ataupun juga mereka yang berlari-lari keliling lingkar luar Stadion Manahan. Tersedia juga dokar-dokar kecil yang siap mengantarkan pengunjung untuk berkeliling di jalan lingkar luar kawasan ini berbaur dengan orang-orang yang berlari pagi.

Dokar Mini Stadion Manahan

Selain orang yang berolah raga, kawasan bagian dalam stadion ini juga dipenuhi oleh berbagai penjual mulai dari penjual jamu, obat, barang pernak-pernik, buah-buahan, minuman, makanan, pakaian, sandal, burung, dan juga tanaman hias.

Penjual Jamu Sunday Market Solo

Sebelah barat stadion ini, malah menjadi suatu kawasan khusus bagi pecinta tanaman hias. Berbagai tanaman hias yang berharga 5 ribu rupiah sampai 10 juta rupiah dijual di tempat itu.

Setelah lelah berkeliling, saya dan keluarga tak lupa mampir di warung depan kantor polisi Manahan untuk mengisi perut. Pada kesempatan itu saya mencoba nasi rawon yang penuh dengan touge dan lalapan. Hmmm… seger banget.. makyuus.. wekekeke… !

Nasi Rawon Stadion Manahan

Tags: ,

Mood : Bercanda emoticon

23 Responses :


1. berlin Says:

Wah aku juga pengen ke solo. tapi cuma pengen liat sapi ki en nyi sapa? aku lupa. pokoknya tu sapi katanya dah berumur ratusan taun. Ayo mas kenz! bikin critanya dong! Berlin request. he……



2. zam Says:

dokar kecil itu namanya BENDI..

oiya, kalo beruntung, di situ kamu bisa menemukan Pecel Ndeso, pecel dengan nasi merah yang disiram sambel wijen..

bentuknya, kek gini: http://jengjeng.matriphe.com/i.....wijen.html



3. rd Limosin Says:

uuhhh…. laper….



4. annots Says:

sunday market tak pikir cuma ada di jakarta (Pasar Minggu), ternyata Solo juga ada.

Btw, rawonnya itu mas bikin perut bukan keroncongan lagi tapi dangdutan.



5. deep Says:

manahan sekarang lebih rapi dan teratur dibanding sebelum dipindah ke dalam stadion… tempat nyari yang "seger-seger" tuh… hehehehe… >:)



6. aad Says:

krucuk…krusuk…krusuk… wah lapar ni…



7. wedhouz Says:

wah… mbaknya yang lagi jajan es kasih "V" :-P



8. kai Says:

lah…. kok kesannya kek di pasara minggu pagi di ugm?
tapi yg di uns juga ada kok tapi ga serame yg di manahan :D



9. tooooooooooopics Says:

kenapa saya baca postingan ini disaat saya kelaparan???



10. dyna Says:

hmmm..moto doang…kirim dong!! hehehe..



11. Riyogarta Says:

nyam nyam nyam …



12. Domba Garut! Says:

Wah serunya – dan itu lho..wisata kulinernya bikin ngiri.. jadi laper deh.. keep up the updates.. postinganmu jauh terbang sampai ke negeri si bau kelek ini :D

Seneng udh bisa mampir kesini lagi, salam hangat dari Afrika Barat
————–
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.



13. aLe Says:

rawonnya keliatan benar2 mak nyuss =P~



14. adrians islam Says:

enak nih…



15. bahtiar Says:

solo … tambah hebring wae … :)



16. tombro Says:

mas, koq pinter nulis seh? pinter ngeblog sisan……… aku nemu blogmu sing apik iki pas aku goleki perjalanan no sindoro…. aku wong solo… aku mbok diajari ngeblog mas!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



17. Rio Says:

wah enak, kalo ga salah, malem di situ banyak wedangan..wuenak



18. 3Nd@H Says:

perlu di coba juga tu mas, jajan pas malem minggu di manahan…….
banyak warung lesehan
yang pasti ga kalah asyik suasananya ma minggu pagi….



19. derry gabeler Says:

mas…saya rumahnya di pojok pasar burung depok, sebelahan dng sd gondang…malah rumahku dicantoli sama kurungan2 manuk…kamu punya rumah dimana?



20. Taufik Says:

Eh…selain pedagang dan pembeli ada juga mas2 dari instansi keuangan yang bekerja dan bertransaksi dengan para penjual lho….kayaknya dari BMT, tapi BMT mana ya??? Aku juga masih penasaran, coba ntar mas2 or mbak2 yang menemukannya kasih tau aku ya….



21. rini indriastuti Says:

rumah q mbaluarti….

jd kangen nech pngen plang…coz dah hampir 3th aku g palng..

lok aku paling suka tengkleng,susu segar su jack,n wdanganane seng si mnahan,solo baru n di dapan kampus UNS…pokok na aaaaaaaaajjjjjjjjjiiiiiiiiiiiiipppppp dah….

mizz u solo……



22. DIAN Says:

AKU JUGA SUKA JALAN2 KE MANAHAN TAPI SEKARANG AKU DI JAKARTA,,,
AKU PENGEN KESANA LAGI,MAU BELI MESIN JAHIT MINI,MASIH ADA GAK YAAAA…



23. susan Says:

Q jg kgen ma solo rmh q sawahan,q dah 3 th g d indo,palagi q kgen bgt ma mantn q dmbaluarti ketring nur ,mas knl g,mas skrng tgl d mana?slm knl les



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.119s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia