pakupaku
Wednesday, 29.08.2007 11:03

Catros si Pembajak Blog atau Tukang Kliping Blog?

Posted on Psychoblogology.

Beberapa waktu yang lalu, dalam rangka mempersiapkan diri melakukan pendakian gunung. Saya melakukan pencarian di google, dan secara tidak sengaja saya mendapatkan hasil yang membawa saya pada artikel saya sendiri namun letaknya pada blog orang lain. He! Blog saya dibajak lagi!

Rupanya blogger bernama Catros ini melakukan kopi paste sebuah artikel saya secara penuh, dan lucunya dia menanggapi komentar seolah-olah itu adalah tulisan dia. Belum lagi dia juga lupa mencantumkan sumber asal tulisan tersebut. (Meskipun beberapa saat sebelum menghapus postingan tersebut dia mencantumkannya :)

Blog Pembajak
http://catros.wordpress.com/

Sekilas saya membaca tujuan dia membuat blog yaitu ingin mengumpulkan tulisan-tulisan tentang petualangan yang diambil dari blog lain, maksudnya mungkin seperti kliping blog.

Setelah sekian lama, ternyata banyak artikel2 dan tulisan2 bagus ttg alam dan kegiatan alam bebas yg nyebar dimana-mana, nah gue pingin ngumpulin artikel2 dan tulisan2 itu disini yg mungkin berguna buat orang2 yg butuh (….heikz… kan banyak banget tuh tulisan…apa gue sanggup yah ???)

Kliping blog?! He! Saya sendiri bertanya dalam hati saya. Apa perlu ada kliping blog di jaman canggih seperti ini, dimana semua bisa dicari dan dikumpulkan melalui pencarian dengan mesin pencari secanggih google.

Jika niatnya hanyalah mengumpulkan tulisan mengapa dia tidak membuat kumpulan link saja, atau melakukan pengutipan bagian yang perlu. Bukan mengkopi paste tulisan-tulisan blog orang lain dan meletakkan di blognya, karena itu sudah saya anggap sebagai penjiplakan.

Mari kita segarkan kembali dengan tulisan saya tentang penjiplakan blog :

Penjiplakan adalah tindakan mencuri hasil karya orang lain dan mengakui sebagai miliknya. Sedangkan pengutipan adalah mencantumkan hasil karya orang lain dengan ijin dari penciptanya ataupun dengan menuliskan penciptanya. Kutipan biasanya hanya sebagai pelengkap dari hasil karya utama, namun pada kenyataannya cukup banyak pengutip yang menjadikan kutipan sebagai hasil karya utamanya sehingga mereka disebut penjiplak. (Perihal Penjiplakan Blog, 2007)

Efeknya sangat merugikan bagi blogger yang tulisannya dijiplak, yaitu blog yang asli akan ditendang dan digantikan posisinya dengan blog pembajak yang tanggalnya jauh lebih baru. Contoh kongkritnya yang saya alami saat ini.

Hasil Pencarian Google

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya. Jadi jika tulisan blog seorang individu berada di blog lain, maka representasinya dirinya akan terpecah belah, rasa kepemilikannya akan terganggu karena orang lain telah menggunakan simbol-simbol dirinya. Sementara itu seorang penjiplak yang menggunakan simbol-simbol diri orang lain menikmati segala hal yang menguntungkan dari simbol-simbol tersebut seperti popularitas, dan kesan-kesan baik yang melekat pada simbol tersebut.
(Perihal Penjiplakan Blog, 2007)

Dengan kata lain, si Catros telah merebut kemerdekaan dan eksistensi diri saya di dunia internet. Masalahnya bukan lagi pada konsekuensi bahwa apa yang dituliskan di internet merupakan keterbukaan diri untuk dibagikan dan dijiplak. Masalah sebenarnya adalah perampasan hak untuk mengekspresikan diri dan beraktualisasi di internet.

Penelitian saya tentang blog sebagai sarana aktualisasi diri telah menemukan bahwa salah satu motivasi dan tujuan orang menulis blog adalah mengekspresikan diri sebagai salah satu sarana aktualisasi diri. (Manungkarjono, 2007)

Beberapa blogger mengatakan saya harus ikhlas, saya harus merelakan hal itu terjadi. Sudah jadi konsekuensi jika menulis di blog. Halah! Saya yakin mereka juga kesal ketika tulisan blognya diakui sebagai tulisan orang lain.

Budaya pembajakan atau penjiplakan blog ini tidak sehat bagi para penulis blog bermutu. Mereka menjadi segan menulis dan membagikan hal yang baik di internet karena takut dijiplak dan diakui kepemilikannya oleh orang lain. Ujung-ujungnya pembaca blog sendiri yang akan merasakannya, tidak lagi mendapat wawasan pengetahuan dari para penulis blog itu sendiri.

Oleh karena ini, mari kita bersama-sama menjaga suatu iklim budaya yang sehat untuk bertumbuhnya blog-blog di Indonesia. Mari kita saling menghargai hak-hak orang lain untuk mengekspresikan diri dan beraktualisasi diri dengan menulis blog.

Segala bentuk penjiplakan dan pembajakan blog harus kita lawan. Saya pun melakukan langkah-langkah seperti yang tersebut dalam artikel ini. Alhasil komunitas cahandong telah membantu saya untuk merebut kembali simbol eksistensi diri saya.

Terima kasih untuk komunitas cahandong, zam, pepeng, antobilang, berlin, kian, annots, dan teman-teman cahandong lainnya. Saya selalu tertawa membaca kembali perjuangan kita yang terdokumentasi dengan baik. Sekali lagi terima kasih. MERDEKA !!!

Dokumentasi Perjuangan Cahandong Vs. Catros

Blog yang dijiplak :
Pandangan dari 10 Puncak Gunung

Blog yang menjiplak :
Linknya sudah dimatikan, namun bisa dilihat dari dokumentasi yang sudah saya buat dan saya sertakan di tulisan ini.

Tags: ,

Mood : Bercanda emoticon

48 Responses :


1. Wahyunansyah Says:

gambar monyetnya lucu juga ya mas…
itulah kalau asal kopas…, enggak minta ijin lagi…
:))

ide pergantian hotlinknya boleh juga..tuch
boleh dong idenya saya pakai sekali2..
he..he..

salam kenal..



2. PriyayiSae Says:

negara agraris… catroz seorang petani… PEMBAJAK!



3. annots Says:

hue hehehehe, mungkin karena lagi apes ketauan deh sama yang empunya tulisan. Mas-mas, sudah berhasil menelorkan seleb blog baru ya!! Selamat ya!!



4. deep Says:

waduh… sori kang, wingi aq telat gabung je.. dadi ra kebagian >:) . sesuk no ono acara rusuh2 aq di kabari yo…



5. caplang™ Says:

salam kenal, mas…
sayang bgt ya masih ada orang yg beritikad ‘baik’ dng cara yg tidak baik. jadinya malah ga menghargai hasil karya orang lain

btw, ini mas kenz yg barusan ke sumbing dan bingung dng gps & kompasnya bukan? :D



6. ekowanz Says:

syiiip…

saya sebenarnya juga s4 kena pembajakan gini, cuma kok ya ga tega gituh mu negur…lha wong jiplakannya tulisan saya itu tulisan dia pertama je…jd ga enak hati mau mencak2 :(



7. zam Says:

@ eko: mana ko?

la postingan pertama saja udah ngupi paste.. gimana dengan postingan berikutnya?

*kokang AWP*



8. berlin Says:

Iya tuch! Huuu Cartos penjual Gandos yang tidak kreatif. he…..



9. Fany Says:

soal ‘kliping’ itu, duh aku juga pernah ngalamin dan malah anak2nya yg jiplak marah2 sama aku.. *hah gak salah tu*

jadi mereka gak sadar kalo gak ada itu istilah kliping2 blog, trus maen kopi-paste, dikira gpp cuma buat arsip pribadi.
kalo emang tujuannya buat kliping, kita2 harus menyosialiasikan yang namanya situs2 social/online bookmarks kali ya..



10. escoret Says:

aku suka yg gini2an..!!!!

mari KITA LAWAN..!!!!!!



11. Adham Somantrie™ Says:

LAWAN!



12. Riyogarta Says:

Catros yang katrok!



13. Arezk Says:

Hai Bro Ken,

smoga segaLa sesuatunya bs normaL Lg…

*cm mo ngemeng itu aja, bingung gw mo ngemeng apaLg*
:)

=SaLam=



14. Wibisono Sastrodiwiryo Says:

Turut berduka atas tulisannya yang di bajak.



15. dyna Says:

setuju2,,, *sambil ngangguk2* ;0)
darah muda….masih bersemangat & bergejolak..hmmm…
teruskan perjuanganmu Nak..
MERDEKA!!!!



16. Nisa Says:

Maaf lho mas. Tapi menurut saya, masalah beginian kenapa harus dipublikasi? kenapa mas kenz gak privately bicara baik-baik sama orang yang bersangkutan? Kalau gini caranya, sama aja ngejelek-jelekin dan hina-hina dia di depan umum.

Mungkin memang dia melakukan kesalahan. Tapi kalau dia gak tau (gak pernah kepikiran) kalau ternyata membuat kliping blog itu sepertinya bukan perbuatan yang baik gimana?

Manusia kan wajar melakukan kesalahan. Tapi untuk memberitahunya bukan dengan cara dipaparkan kesalahannya di depan umum.

Peace yach. Cuma mengutarakan pendapat :)



17. jalansutera Says:

kliping blog? ngapain ada RSS, ngapain ada LINK… aneh bener nih orang bikin kliping di blog.



18. Elistia Says:

Pokoknya say no to rip off……Rip = Rape



19. bay.prihant Says:

salam kenal…
gmna keadaan sumbing kemarin mas…
wah cahandong nggak jaid naik ya, sayang sebenarnya ku pengen ikut…
gmn kalo kapan2 ndaki semeru aja…



20. Kenz Says:

@Nisa
Terima kasih atas sarannya. Ini adalah pembelajaran dan shock terapi bagi saya dan dia, atau mungkin bagi kita semua bahwa pembajakan blog itu merugikan banyak orang.

Di sebelah samping blog saya sudah dituliskan :
Jangan Asal Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.

Catros mengambil tanpa pemberitahuan, tanpa ijin dan dia menanggapi komentar seolah-olah dia yang menuliskan. Ini terlihat seperti pencuri.

Sekali lagi ini tidak bermaksud menghina dina (jangan sensitif, lihat judul dan isi artikelnya lagi :), tapi sebuah hukuman yang bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dalam membentuk iklim dan budaya untuk pertumbuhan blog bermutu.

Selain itu sampai tulisan ini dibuat (lebih dari 5 hari) saya belum mendapat pernyataan maaf dari yang bersangkutan. Padahal sudah jelas saya telah menegur yang bersangkutan. Maka tulisan sayalah yang bicara, sama seperti surat pembaca di media massa. Jika Catros memang beritikad baik, tentunya saya memberikan kesempatan baginya untuk menjelaskan juga disini.



21. yoc Says:

menurutku sih wajar ken, kalo kamu merasa uncomfort dengan penjiplakan itu. you’ve right to expressing your uncomfort feeling.

i think what you did was right.

karena aku pernah merasakan bagaimana rasanya karya kita dijiplak. rasanya itu pengen mukulin yang njiplak. sounds rude opinion. yeah, that’s me ;D

well, hopefully after expressing your uncomfort in here, you feel better.



22. diditjogja Says:

ada yang mo jadi korban pasukan andong berikutnya?



23. Pu! Says:

mengutip pendapat teman:
bagaimana kalo si catros blum paham masalah copi paste gini?
bagaimana kalo dia emang kuper dlm perBLOGan?
seharusnya mas kenz tegur dulu baik2 dianya
baru diserang kalo ga direspon

saya ga bisa bayangin betapa shocknya dia kalo tau dalam 1 jam komennya udah nyampe 130, yg isinya sampah semua

sebenarnya kasian sih…
ya pembelajaran sih
yg lalu biarlah berlalu…



24. bocah Says:

wah bukannya yang copas itu dapat google dance mas ??? masa iya yang asli kalah sama yang bajak ?? ga masuk akal banget !!!



25. mina Says:

wa…… seleb blog bener2an.



26. Beta Uliansyah Says:

Halah dont care lah jiplak2an. Hikmah dari tulisan itu kan nempel ke pembuatnya. Si penjiplak dapet apa sih? Ketenaran sesaat?



27. aLe Says:

ah, sebenarnya gak usah dikasih inbound link oM,
keenakan si katrok catros itu..
uda ratingnya jadi naik, dapet link dr blog terkenal lagi,,
bisa2 naik juga tuh PageRanknya :lol:
jd cukup kasih tulisan catros.wp.com aja tanpa link,
makin geram juga liat perilaku orang2 tak bertanggung jawab spt itu #-o heran



28. abauw Says:

bisa lebih spefik ngga tulisannya yank dicopas ma catros yank mana ngga…
bete tau ngga seh klo musti ngubek2 blog cuman buat ngeliat tulisan yank katanya dicopas…
tolonk laen kale spesifik donkz coy…
janganlah maen buka topik cuman ngga bisa dicross check…
kasihlah link2 yank jelas donkz coy…
tulisan yank loe bikin diblog loe ma diblognye catros…

klo nulis diblog jangan setengah2 napa…
bikin capek aza :hammer:



29. kenz Says:

@abauw
hehe, sebuah pernyataan menarik yang menunjukkan siapa diri anda dan kemana anda ingin mengarahkan komentar anda :

janganlah maen buka topik cuman ngga bisa dicross check… check…
kasihlah link2 yank jelas donkz coy…
tulisan yank loe bikin diblog loe ma diblognye catros…
klo nulis diblog jangan setengah2 napa…

yeah, terima kasih atas pernyataannya. Mungkin sulit untuk membaca blog ini jika kita sudah terlebih dahulu berasosiasi emosi negatif. Gambar dan beberapa petunjuk sudah jelas saya paparkan di blog ini, kalau tidak jelas tentunya teman-teman yang lain sudah menanyakan tentang hal tersebut.

tapi baiklah saya sampaikan tersurat saja :
Pandangan dari 10 Puncak Gunung



30. antobilang Says:

mas kenz.. kalo pake kata kunci :
pandangan dari 10 gunung
punyaku nomor dua lho.. :lol:



31. tasgnab Says:

yang sabar ya…..



32. uwiuw Says:

kalau studi kasusnya begini :

sy ngak minta ijin temen sy yg biasa saling coment d blok masing2

sy ambil tulsiannya

sy tulis ulang

sy masukin link posting temen yg asli

sy kasih tau didalam postingan sy bahwa ini hasil dari posting si ini lengkap dgn link [terinspirasi ceritanya]

sy kembangkan + sy tambahi dgn sesuatu yg sy tau
sy berusaha menghilangkan jejak posting aslinya [namun tetap mengdeklarasikan posting sy terispirasi dari posting temen sy]

rpost & repost & repost sampe semua yg sy tau+pelajari terkumpul dlm satu posting itu

apakah ini ngebajak ?



33. Okto Silaban Says:

Kok kasusnya mirip2 dengan blog ku yah…
Tapi kalo yang ini murni cuma copy paste situsku.., njiplak abizz…

Eh iya, tinggal di Jogja? Salam kenal..



34. rd Limosin Says:

Aduin ke Matt euy, btw ak coba bantu komen aahh, biar dia malu



35. hilary Says:

Memang itu slh satu kelemahan bila tema tulisan bersifat umum. Jadi tergantung nurani manusia plagiator tsb, sst hal yg sulit dicegah. Tp bila tulisannya bsifat lbh spesifik tentu akan sulit utk dijiplak.



36. Luppy Says:

Syukurlah jk hanya beberapa Blogger yang mengatakan harus ikhlas… klu tidak ini adalah kabar baek utk para penjiplak/pembajak Blog… yang tentunya akan merugikan bagi para penulis Blog bermutu. Untuk anda2 para pembaca blog saja apakah anda tidak merasa kecewa, dibohongi??? Seandainya anda yang terlanjur begitu mengidolakan seorang blogger mis: yang di kemudian hari ketahuan kalau2 ada karyanya dr hasil jiplakan/bajakan blogger laen.???

Catros hrsnya beruntung ketahuan sekarang, meski sulit utk mengatakan “Maaf” (:D mhn dilihat dr sisi2 positifnya)… gmana seandainya ketahuannya saat sdh ada undang2 hak cipta utk komunitas Blogger?? Dia bisa dituntut…. Tidak semua Blogger ikhlas kan??? Dia juga akan mengecewakan orang2 yang mengaguminya…

Buat saya Catros adalah GURU yang mengajarkan saya utk tidak asal copy paste karya orang laen tanpa ijin/pemberitahuan dari penulis asli utk dikonsumsi publik (:P klu utk pribadi sulit terdeteksi ahahaha) agar tidak terlihat seperti “pencuri” (kita bisa membohongi orang laen atau siapapun tapi tidak Nurani kita sendiri)… apalagi kalau di Blognya jelas2 sudah ada warning messages “Jangan Asal Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta” …so Be Brave..Be Yourself…Peace!! :D

Don’t lose your original self or personal character for the sake of anyone.
Only in this way can we be original, genuine, and natural, charismatic, lovely & beautiful…..
It’s not good to imitate anyone (SMCH)



37. ninja Says:

Gw mo tanya dulu, fungsi blog itu apa? Buat sharing atau buat pamer doang? Kalo buat sharing, ngga ada salahnya dong orang lain ngopi content blog. Kalo buat pamer, ya urusan loe sendiri lah. Gw bukan tipikal penulis blog yang aktif, bahkan gw ga punya blog, maklum, gw bukan orang yg suka sesumbar dengan apa yang gw raih, atau apa yang gw dapetin.

Kalo pun ada, gw akan lebih milih nulis di forum. Misalnya forumnya joomla. Nah, joomla aja yang kerennya minta ampun aja gretong, mosok blog yang isinya cuma naik gunung dibajak lo protes?

Kalo mau protes, daftarin aja blog lo ke HAKI, trus minta diterbitin sama pihat penerbit. Nah otomatis kan kalo orang mo nyontek omongan2 lo di blog lo, mesti beli buku lo dulu….

Sori neh, gw rada kenceng ngomongnya ya, No Heart Feeling ya, thx.



38. kenz Says:

@ninja
punya blog? kmu blogger? kalau gak punya blog.. atau blogger-bloggeran ya, saya maklumi jika kamu bilang seperti itu.

apa yang kamu rasakan berbeda dengan apa yang dirasakan oleh orang lain. cobalah kamu lihat di forum-forum blogger tentang keluhan seperti ini… atau cobalah kamu lihat mengapa blogger-blogger memasang peringatan "jangan asal copy paste" … mengapa mereka melakukan itu?

bro, bukan jamannya lagi berpikir seperti apa yang kita pikirkan untuk suatu fenomena, tapi cobalah untuk memikirkan dari sisi orang yang mengalami fenomena… thanks atas sharingnya.



39. Angin_Malam Says:

Saya setuju dengan Tanggapan Ninja……..
Fungsi blog khan untuk sharing, trus khan artikelnya juga menambah pengetahuan bagi temen yang lain, lagian hanya naik gunung aja dipersoalkan.Saya rasa Mas Kenz ini juga mau cari poluparitas. Membuat suatu topik yang akan dibahas rame2……Kalau memang mau terkenal buat buku tentang Pendakian Gununglah.trus daftarkan ke Lembaga Hak Cipta.Mungkin saja akan tercipta pengarang buku seperti "LASKAR PELANGI"…… Udah pernah baca khan ?#$%@^%$# Trus nanti buat judul bukunya "LASKAR GUNUNG"… He 3x..



40. kenz Says:

@terima kasih angin malam,

Tiga pertanyaan saya kepada anda :
1. apakah anda punya blog?
2. apakah anda menulis blog anda dengan tulisan yang bermutu?
3. apakah anda merepresentasikan diri anda dalam tulisan blog itu?

Saya memahami komentar anda diatas, dan memakluminya jika jawabannya TIDAK. dan kalaupun jawabannya YA, maka saya akan tertarik mengunjungi blog anda, dan saya akan coba membuat plagiat dari blog anda agar anda merasakan sendiri bagaimana perasaaan-perasaan itu muncul.

Terlalu dangkal mengatakan itu pencarian popularitas,
dalam penelitian saya (SKRIPSI) saya yang berjudul blog adalah sarana aktualisasi diri, bukan popularitas semata yang dicari tapi AKTUALISASI DIRI. Itulah mengapa banyak blogger yang jengkel ketika blognya diplagiat…. . *fenomena ini dapat ditemui di forum2 blogger*



41. Angin_Malam Says:

He..3x
Mas….lo orangnya egois banget ya…….Kalo pikir2……. Lo khan makhluk Tuhan…… Cerita pendakian gunung lo yg begitu mengagumkan sebenarnya khan haknya Tuhan……. Belagu banget ya mengatakan lo "Master Piece" hal tersebut…..
Kalau diurut-urutkan…..sebenarnya Siapa Sih LO……!!!!!!!!!!!!!



42. Masuk_Angin Says:

He…….Kasian ya si Kenz…………. Pede BAnget mengatakan dia Master Piece-nya……
Hai ANGIN_MALAM….
Btw……..sebenarnya gw mau tanya……………………………:
SIAPA SIH LO…………………?????
Kenalan dong………
Kali aja gw bisa jual kedondong…… trus gw tulis di BLOG……. trus kalau si Kenz mau plagiat……..terserah deh…… Gw iklas kok…… Kali aja gw bisa terkenal dengan judul :
SUKSESNYA SEORANG PENGUSAHA KEDONDONG………. He..3x



43. kamprets Says:

om bill gates yg windows dan yg laen2 yg situ bajak aja. ga koar2 sm sampeyan.. in baru tulisan blog aja udah berasa selebritis.. dasar melayu..
cekakakak..



44. kenz Says:

@41-43
thanks atas komentarnya, dan tentunya semua pembaca postingan ini memang berhak berpendapat menurut apersepsinya masing-masing.

dari komentar-komentar itu kita bisa melihat seperti apa kualitas pandangan anda, dan kadangkalanya juga bisa dilihat komentar yang ujung-ujungnya hanya ingin melampiaskan rasa tidak suka pada ‘PERSONAL DIRI SAYA’ bukan pada apa isi dari postingan ini.

@41-42
Master Piece hidup kita adalah diri kita sendiri (Frizt Perls), silakan cari tahu di google tentang pandangannya.

@43
Bill Gates (Microsoft) rajin berkoar-koar lewat operasi-operasi pembajakan (BSA). Silakan cari tahu juga di google tentang aktivitas BSA.

Saya meminta maaf kalau ada hal yang membuat Anda tidak suka dengan perilaku saya, dan berilah masukan sehingga saya bisa memperbaikinya jika memungkinkan. Terima kasih.



45. kamprets Says:

mohon baca skali lagi apa yg saya tulis..
kl si bill gates tereak2 soal softwarenya di bajak smua orang juga tau.. tp apakah dia secara pribadi protes ke sampeyan?
inti pernyataan saya adalah.. kalo kita masih suka menikmati hasil bajakan entah dlm bentuk software, film,game, buku dll, mengapa tiba2 protes ngeliat hasil karya sendiri di ‘sadur’ orang?
software/film bajakan yg sodara nikmati bersifat komersial dan mempunyai kekuatan hukum..
sementara tulisan blog yg soudara protes hanya masalah normatif .. cukup dengan japri ke saudara catros.. saya rasa masalah ini slesai.. tanpa perlu menulis blog sendiri mengenai hal ini. mohon maaf apabila kata2 saya menyinggung anda.,
tp menurut saya pribadi.. hal ini sebenernyahal kecil yg tidak perlu diperbesar.. wajar kl manusia salah .. nabi aja bisa salah koq..
terima kasih.



46. jovie Says:

ikut prihatin mas..



47. Friends Says:

wah kalo saya baca tulisanmu mengenai hak cipta
saya yakin bahwa kamu tipe orang yg menghargai hak cipta karya termasuk karya orang lain

aku sangat yakin sekali bahwa software ato hardware yg kamu pake pasti original semua , film2 yg kamu tonton juga original ato musik2 yg kamu miliki semuanya original dan bukan bajakan ato kalo kamu pengemar game pasti CD/DVD nya original
SALUT, Anda layak jadi Teladan di seluruh Dunia

blog yg kamu pakepun berserta strukturnya mungkin program buatan kamu sendiri
kadang2 kita merasa MALU juga ya denger komentarmu
di TV aja banyak peserta menyanyi tanpa2 malu2 meniru persis kata2 lagu yg dinyanyikannya, lucunya malah disukai penonton bahkan jadi IDOLA (sungguh memuakkan?)

salah satu saran saya:
fungsi COPY PASTE ditiadakan aja
selamat perjuangkan ya ^.^



48. kenz Says:

@friends
well, saya disini berbicara tentang blog, bukan tentang hak cipta karya yang lain.

blog ini merupakan buatan wordpress, bukan buatan saya sendiri, dan semua orang tahu itu karena saya menampilkan logo wordpress dan mengikuti semua aturan tentang penggunaannya.

dengan tulisan ini saya ingin mengajak para blogger untuk menghormati hak cipta, copy paste tidak dilarang, tetapi tentunya harus mengikuti sopan santun, semisal tidak mengakui itu miliknya.

inti penting dari tulisan ini jelas :
bagaimana seseorang dengan mudah mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan miliknya.

anda kurang tepat jika berbicara tentang penggunaan barang-barang bajakan lalu digeneralisasikan dengan tulisan saya ini. saya tidak sesempurna yang anda bayangkan, setidaknya saya memulai dari hal kecil untuk menghormati hak karya orang lain.

saran saya buat anda : bacalah segala sesuatunya dengan baik dan lihat konteksnya, anda hanya mempermalukan diri sendiri jika salah berkomentar, saya juga tidak menuntut copy paste ditiadakan, itu kan usul anda :D



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.133s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia