pakupaku
Sunday, 11.11.2007 0:44

Makanan Untuk Mocha Mochi dan Mochu (Kura-Kura Brasil)

Posted on Anything.

Fiuuh.. akhirnya dapat juga makanan kura-kura brasil yang sesuai untuk Mocha Mochi dan Mochu. Ini berkat informasi dari foryjoyride, terima kasih ya Joy :D Oh ya, kura-kura brasil saya sekarang menjadi tiga ekor. Semua berawal dari rasa ingin tahu saya untuk melihat bagaimana kura-kura brasil kawin dan bertelur.

Seperti yang saya tulis dalam judul sebelumnya yaitu Ada Apa dengan Mocha Mochi (Kura-Kura Brasil)? Saya menduga bahwa Mocha dan Mochi itu adalah jantan, jadi saya tergoda membeli kura-kura brasil yang betina. Tapi sayangnya tidak ada yang seumuran dengan Mocha dan Mochi sehingga terpaksa membeli kura-kura yang ukurannya masih kecil. Saya namakan kura-kura ini dengan nama Mochu.

Mocha Mochi dan Mochu

Masalah kura-kura tidak mau makan itu ternyata banyak sekali faktor penyebabnya, berdasarkan pengalaman saya ada 5 penyebab mereka tidak mau makan, yaitu :

1. Sudah kenyang
Ini terjadi jika terlalu sering memberi makan, mereka benar-benar tidak mau menyentuh makanan bahkan sampai makanan itu terurai dan membuat air menjadi kotor. Oleh karena itu pemberian makanan pada kura-kura sebaiknya secukupnya saja, yaitu pada pagi dan sore hari dengan jumlah disesuaikan kebutuhan mereka.

2. Stres, atau Merasa tidak aman
Kura-kura saya tidak mau makan ketika saya bawa ke Cirebon dan menempuh perjalanan jauh. Rupanya mereka stres, dan benar-benar tidak mau makan sampai dua hari. Jika mereka stres, sebaiknya kita biarkan saja terlebih dahulu agar mereka beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Nanti setelah mereka merasa aman dan nyaman, selera makan mereka akan kembali ke asal.

3. Masa peralihan jenis makanan yang berbeda
Saya pernah mengalaminya beberapa bulan yang lalu, ketika makanan ORCA sulit didapatkan. Saya menggantinya dengan makanan kura-kura biasa, dan kura-kura saya selama tiga hari mogok makan. Rupanya kura-kura saya terlalu fanatik dengan makanan merk ORCA dan tidak mau makan jika diberi makanan yang berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya juga jika kita memberi makanan yang berbeda-beda dan berselingan satu sama lain, sehingga kura-kura tidak tergantung pada satu jenis makanan saja.

4. Makanan tidak enak
Kura-kura terkadang bisa mengetahui makanan yang enak dan tidak enak. Lebih tepatnya mungkin mereka bisa tahu mana makanan yang mahal dan mana yang murah. Hiks… :( Ketika diberi makanan kura-kura biasa yang seharga 3ribuan, mereka tidak mau makan, tapi begitu dikasih makanan ikan merk HOKKY yang harganya 12ribu, langsung deh dilahapnya sampai bersih. Ini hanya berlaku ketika kura-kura sedang lapar, jika tidak lapar makanan semahal apapun tetap tidak dimakan.

5. Berpuasa
Nah yang terakhir ini sangat tidak ilmiah penjelasannya. Kura-kura saya tidak mau makan selama sebulan lebih, sampai masa puasa prapaskah saya selesai. Kok bisa ya? Kata teman saya sih, binatang kadang memiliki insting kedekatan dengan pemelihara-nya. Baguslah jika demikian, asal kura-kura saya tidak “kesambet” saja.. hehehe…

Saat ini ada dua jenis makanan yang saya berikan pada kura-kura brasil saya, yaitu makanan ikan merk HOKKY dan makanan kura-kura merk ORCA. Keduanya berjenis makanan terapung, jenis yang sangat disukai oleh kura-kura saya dibandingkan dengan jenis yang langsung tenggelam. Saya memberikannya berselingan, sehingga mereka tidak bosan dan tidak fanatik pada satu makanan saja.

Pemberian makanan ikan bermerk HOKKY itu ada ceritanya. Waktu itu ORCA sulit sekali didapatkan di pasaran. Hal ini membuat saya mengganti makanan kura-kura dengan yang bermerk biasa dan kura-kura saya pun mogok makan lagi. Suatu hari adek saya mencoba memasukkan makanan ikan merk HOKKY yang seharusnya digunakan untuk membuat warna cemerlang pada ikan hias. Sungguh tidak disangka, mereka menghabiskannya dalam waktu yang singkat.

Mochu dan Makanan Ikan HOKKY

Selama tiga bulan, saya dan adek saya memberi makanan ikan tersebut pada ketiga kura-kura saya dan hasilnya warna kulit dan karapas mereka menjadi lebih cerah dan lebih segar. Meski makanan ikan ini terlihat cocok, namun saya kok masih ragu untuk memberikannya sebagai makanan utama pengganti ORCA.

Mocha Mengkilap

Bulan September kemarin, saya diberitahu oleh foryjoyride, bahwa ORCA bisa didapatkan di toko TirtaMas 7438331, dan toko King Louhan 515948. Saya sendiri sudah berburu ORCA kemana-mana tapi hasilnya nihil. Berkat informasi tersebut, akhirnya saya mendapatkan makanan ini kembali.

Mocha dan Makanan Kura-Kura ORCA

ORCA adalah makanan yang biasa saya berikan pada Mocha dan Mochi ketika mereka masih kecil. Makanan ini terbukti benar-benar dapat meningkatkan berat badan dan ukuran kura-kura hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Kelebihan makanan ini adalah dapat terapung lama dan banyak mengandung serat. Ini bisa dilihat dari kotoran yang dikeluarkan oleh kura-kura saya yang bentuknya besar dan agak padat.

Hanya saja, ada perilaku hiperaktif setelah mereka kembali memakan makanan merk ORCA ini. Kura-kura saya lebih banyak bergerak dibandingkan dulu ketika hanya diberi makanan kura-kura biasa ataupun makanan ikan merk HOKKY. Ini juga terjadi setelah satu bulan saya memberi Mocha dan Mochi makanan merk ORCA ketika masih kecil. Mereka menjadi lebih hiperaktif dan memiliki napsu makan yang besar.

Makanan kura-kura merk ORCA saat ini bisa dibeli di toko ikan hias Tirta Mas yang terletak di Jalan Affandi (Gejayan). Jika dari Ringroad maka letaknya di sebelah kiri jalan sebelum pertigaan ke Kanisius Deresan. Selain Tirta Mas juga bisa dibeli di toko ikan King Louhan yang letaknya juga di Jalan Affandi sekitar 50 meter setelah jembatan di selokan Mataram. Jika dari arah Jalan Solo maka letaknya di sebelah kiri jalan.

Baiklah, masalah makanan kura-kura akhirnya bisa terselesaikan dengan baik. Sekarang saya masih penasaran tentang bagaimana kura-kura brasil kawin dan bertelur. Adakah teman-teman pemelihara KKB (Kura-Kura Brasil) yang sudah berhasil mengawinkan kura-kuranya? Hehe, ditunggu sharingnya ya…

Tags: ,

Mood : Bercanda emoticon

151 Responses :


1. rd Limosin Says:

ow, barusan ak mo dikasih cewek kura2² utk hadiah ultah.

Susah gag sih??



2. funkshit Says:

weleh.. kura2 brazil lagi .. .
dikasih namanya kenapa ngga ronaldo ato ronaldinho aja



3. aLe Says:

huhu.,
jd inget ID ym ku yg tukang boot dulu : bathank_kuro :lol:



4. kenz Says:

@rd_limosin
susah.. susah gampang.. hakeke..

@funkshit
ide bagus.. biar seru kalo pas maen bola, tapi dah terlanjur je :D

@aLe
kok serem Le, bathank itu bangkai ya? hii…



5. Dimas Says:

jadi inget kura-kura kakak sayah yang terkurung di dalam akuarium kecil, huhu….

salam kenal, mari mampir ;)



6. annots Says:

besok kalo udah gede bisa jadi kura2 ninja ga ya?



7. aji putra Says:

setauku kura-kura itu binatang dilindungi… tapi kok sekarang banyak diperjualbelikan ya…
apa udah boleh…??



8. Nisa Says:

lumayan juga ya kalau kura2nya emang lagi puasa.. huehehehe… bisa menghemat biaya makan kura2 selama sebulan tuh…

(hore.. keycodeku: hijau)



9. ekowanz Says:

kasih temulawak gitu gmana kenz?? hehehhe…..
eh itu buat penambah nafsu makan to :p



10. toooooooooooooopics Says:

kalo saya ngga mau makan karena emang ngga ada yang bisa dimakan.. hehehhe



11. The Sandalian Says:

Halo, aku punya kura-kura brazil juga, namanya Juan.
Aku kasih makan MAKURA, dan selama ini dia senang he.he.

Ntar kucoba cari ORCA ah, sapa tau bikin Juan tambah semangat ^_^



12. Henny Says:

ADA YG TAU GA KLINIK YG BS NANGANIN KKB DI JAKARTA TIMUR???

Kura-kura ku (Tomoe)suka banget berbunyi-bunyi seperti suara tikus. Lucu bgt..makin hari makin sering dan makin ga mo makan dan suka sekali berjemur.

Sudah hampir 2 minggu ini cuaca ga mendukung buat si KKB ku yg namanya Tomoe dan daichi utk berjemur. Keadaan Tomoe semakin lemas krn sudah lama dia ga mo makan. Aku khawatir sekali dan membelikan mereka penghangat air. Dan kita memaksa makan si Tomoe dgn menumbuk makannya dan diberi perasan air tomat melelui pipet kecil. Keadaannya membaik. Namun ia semakin sering mengeluh mengelurkan suara. Kami pikir itu hal biasa.

Sampai tgl 13 kmrn Tomoe ninggain kita, Aku ga ngerti knp dia bs ninggalin kita dlm keadaan dia sehat dan mo makan hanya terus2an bersuara? Sampai akhirnya kemaren malam aku nemuin di web http://www.austinsturtlepage.c.....juries.htm

Ternyata suara-suara itu menunjukkan terganggunya pernapasannya entah itu pilek biasa entah itu pnuemonia. Saya terkejut sekali. Kenapa baru kmrn mlm aku nemuin web itu???

Semua klinik hewan yg saya hubungi tidak ada yg bs menangani kura2. Tgl 14 kmrn Daichi sendirian dan dia terlihat tidak bergairah. Saya memutuskan untuk membeli dua ekor kura2 lagi untuk menemani Daichi, Farrell(Calon saya) beri nama Aishi dan Teru.

Pembelajaran dari peistiwa ini, kita mulai mencari klinik hewan terdekat yg bs menangani KKB kita. Tapi blm ketemu nich, ada yg tau ga di daerah Jakarta Timur klinik yg bs nanganin KKB???



13. Henny Says:

aku br dpt info nich mudah2an berguna saya kutip dari forum duniasatwa

buat yg di Yogya

kalo di Yogya bawa aja ke RSH UGM, deket wisma MM, depan kolam renang FPOK. murah meriah…tp emang agak lama si…di cek pup-nya segala lho….(ato emg gt ya kl ke vet????). ketemu ma dokter slamet.

TRUS BT YG DI JAKARTA

Klinik Hewan Drh. Cucu Kartini Sajuthi, dkk. carinya dokter rotoro
Jalan Panjang, Ruko Green garden
Blok I-9 No.35 Jakarta Barat
Tel: (021) 583-02918 / 583-02919
Fax: 021-5812274
atau
Drh. CUCU K. SAJUTHI dkk
jl.sunter Permai Raya
Ruko Nirwana Sunter Asri Tahap III blok J-1 no.2
telp.021.6515261/62
fax.021.6515324 carinya dokter rotoro bagian kura kura itu dia praktejnya kamis dan sabtu aja.
Jadwal Praktek
Drh. S.R Rotoro
Kamis dan sabtu 08:00-17:00

Mudah-mudahan bermanfaat yach..Aku br aja baca
Sayang knp br mlm ini ketemu, kmrn2 aku nyari ga ketemu..hiks..



14. kenz Says:

@Henny
ma kasih ya atas banyak infonya.. hehe, gak ada sebulan yang lalu, temenku itu nitipin kura-kurannya ke tempatku… nah ternyata kura-kura dia itu sakit pneumonia. aku sendiri gak tau mau diapain, kasian banget deh dia… gak mau makan gak mau gerak… beda sama mocha-mochi-mochu yang lincah… setiap buka mulut, keluar suara gitu…

dan ternyata akhirnya dia mati….
semoga aja mocha mochi mochu gak sakit kayak gitu…

btw terima kasih info dokternya yg di jogja :D



15. Henny Says:

@kenz

kl mo nelurin tuch katanya min 3taon up. Coba mampir ke turtleworld.multiply.com. ada foto2 proses2nya. sekalian nanya aja gmn cara2nya.

@ ALL
Kl yang aku baca dari forum duniasatwa, kl ada gangguan pernapasan mereka pake obat tetes ke hidung TERRAMYCIN.
Kl da kena Pneumonia mesti disuntik antibiotik.( ga ngerti mereka nyuntiknya dibagian mana). Untuk amannya minta bantuan dokter aja, Krn ada yg cerita mereka salah nyuntik trus kura2nya jadi lumpuh.

BETADINE (untuk luka di karapas n dibadannya)
GARAMYCIN (Salep antibiotik bs untuk luka yg udah bnanah atau mata bengkak dll)

OBAT MATA AQUA FOR TORTOISE(bs dipake bt penyakit mata)

POMATE (Dicampur sama air untuk rendaman sesuai petunjuk untuk menghilangkan jamur)

Ada info jg dari mereka, ada yg mrendam Kura2nya pake rebusan air daun sirih yg udah dingin tentunya. Air daun sirih ini bs bantu mengghilangkan jamur dikarapas atau dibadannya, kalau keminum ga bahaya buat si Kura2 dan kalo kena mata malahan bagus bs makin sehat.

Mudah2an Mocha, Mochi n Mochunya sehat selalu. Dan Kura2 yg lainnya jg bgitu.

:)



16. yoc Says:

sedikit keluar dari konteks…

tapi aku pernah berjanji menuliskan sesuatu khusuz untuk artikel ini kehkhekhekhe…

well, kens…apakah tulisan ini bukannya salah satu bukti nyata dari proyeksi kebutuhan akan cinta? hahahhahahhaa!

apakah kita sudah gila hidup tanpa cinta?

bisa-bisa penganut maslow pada suicide, triangle of love pun

ikutan freak out l

ah sudah lah….hahhahaha!

cinta itu bagaikan candu…

candu yang menggerakkan tubuh yang lelah…

mengisi relung yang kosong….

ya…cinta itu indah…kens…

fall in love is a beautiful moment….

berada didekatnya bingung mau ngomong apa…

jauh darinya takut kalo dia pergi….

ketika ‘klik’ rasanya ada energi yang memenuhi relung hati….

selamat berdjinta, bro!



17. yusuf - cipanas Says:

#16 lagi mabok cinta ya? jadi romantis gitu, jd inget first love dulu.

Aku punya KKB udah 7 tahun,gampang koq perawatannya,ksh aza makanan ikan koi (klw bisa yg warna ijo krn bisa mempengaruhi warna batoknya). Aku kasih nama "Gamo" ngejiplak nama anjing py aya (1 litre of tears). Cara ngebedain cowok/cewek katanya dilihat dari bawahnya,klw datar=cowok, klu rada cembung=cewek. beberapa bulan yg lalu dia ketiban genteng (cangkangnya rada terkoyak,sempat jd pendiam gt) tp skr Alhamdulilah udh sehaw wal afiat. Dia udh ngarti,klw minta makan pasti ngehampiri aku,aku ksh mkan dlm ember,selebihnya aku bebasin kemana ia mau main. Klw dikasih nasi pasti jd mencret,diksh sayuran ngak mau.Kadang dia bersuara kaya suara gemertak gigi org yg lg tidur.



18. ricky838 Says:

Iya Drh.Rotoro di klinik drh cucu.
Highly recomended untuk kura2…
Kura2 Emys saya sembuh setelah berobat dgn Drh Rotoro



19. Theresia Says:

wew,,keren sekale ya namanya.. mocha-mochi-mochu,, pasti seru bngd melihara kura2 d hum

btw, hm lo dmn c, ken??
gw jd penasaran,,

hehe,,
aak mana c lo??

kayana lo pinter n banyak ilmu..



20. vika Says:

aQ punya 2 kura-kura. Kevin ‘n kerin. aQ kasih makanan yang kayak ikan tapi warnanya hijau. Tapi mreka ga mau makan. Trus aQ ganti ama udang. Si kerinnya mau makan tuh udang tapi si kevin nyentuh udangnya aja ga mau? Tapi si kevin masih lincah. Cuma aQ khawatir dia koq ga mau makan apa2. Knapa ya kira-kira? trus solusi buat si kevin gimana?



21. Kenz Says:

@vika
iya… kadang ada masa kura-kura tidak mau makan ketika kita berganti makanan. tapi kalau mereka laper, mereka terpaksa akan makan itu juga. kalau aku sih membiasakan mereka makan dengan 2 jenis makanan, jadi kalau yang satu habis, dikasih yang lain masih mau. solusi : tetep dikasih makan aja terus, tapi jumlahnya sedikir aja, nanti kalau mereka sudah lapar sekali pasti dimakan.



22. vika Says:

Kenz, koq sekarang kura-kuraku suka banget tidur. Apalagi yang satunya. Tidur terus dan ga mau dibangunin. Kalo yang satunya bangun buat makan aja tapi kalo yang satunya maunya tidur trus di bangunin buat makan ga mau. Apa harus aQ paksa buat makan ya.. Coz, kayaknya yang satunya itu lemes bgt. Punya solusinya ga?



23. kenz Says:

@vika
boleh aku tahu kondisi lingkungan seperti apa? wadahnya apa dan diletakkan dimana? makanan biasanya? airnya sering diganti ga? usia kura-kuranya?

berikut ini saran umum :
- sering2 ganti airnya minimal 2-3 hari
- jaga kebersihan wadahnya
- jangan terlalu lama menjemur kura-kura di darat
- airnya kalau terlalu dingin, dicampur air hangat sedikit
- trus jangan ditaro di tempat yg berangin-angin
- ketinggian air jangan terlalu rendah
- beri makan secukupnya



24. vika Says:

kenz, kura-kuraku kalo pagi ampe siang aku taruh di aquarium yang bulat jadi tiap hari diganti airnya, airnya pake air anget yang suam-suam kuku & kalo malem baru aku taruh di tempat rumah2an yang ada pasirnya. umurnya si ga tau pasti tapi masih baby gitu sekitar 4 blnan klo ga salah. Yang bikin aku khawatir ada benjolan putih di deket telinganya si kevin. Klo aku baca di internet bisa karna peradangan pilek atau kekurangan vitamin E. Tapi blum ngerti obatnya apa?Tapi tadi pagi waktu aku jemur dia udah bangun dan gerak lincah lagi. Cuma belum mau makan. Thanks yah kenz sarannya. Btw cari makanan merk orca susah bgt di semarang. Punya info ga carinya dimana?



25. Newbie Says:

Hmm, kenz blog lo ada berapa ttg KKB??



26. Iceman Says:

mungkin website ini dapat berguna untuk anda ttg informasi bagaimana membiakkan kura-kura brazil / Chrysemsy Seripta Sp.
http://www.pikiran-rakyat.com/.....5/0605.htm



27. Iceman Says:

sebenarnya saya baru memelihara kura-kura brazil.
maka saya mencari segala informasi ttg kura-kura brazil.
sekarang saya meletakkan kura2 saya di kolam teratai di blkng rumah saya(entah sehat atau tidak, yg pasti daun teratai saya dibolongin). dan ttg pakan saya cuma kasih makan pelet untuk ikan koi dan gupp 1 kali sehari^_^.



28. leo Says:

ehh..
da yg tau gak,dmn beli mknny?
yg merk orca punya.!..
dimedan w susah mendapatkannya
klo,dikasi pelet truzz..kura2 w gak mau.
hehhee



29. Sentot Says:

apa sih penyebabnya kura-kura brazilku dimulai dari kaki ada putih-putihnya, ngobatinya gimana?



30. Jov Says:

Ikutan nimbrung ya :) Lagi bingungs nih, aku punya 2 kura2 brazil – kuya & kuyi. Diameter 4.5cm-an. Penginnya sih ditaruh di aquarium yg ada tempat mendaratnya gitu, apadaya belum sempet beli jadilah mereka di akuarium kecil ber-air. Tapi airnya sering aku ganti 2-3 kali sehari, tiap hari juga dijemur. Cuman dah 3 hari nih si kuya matanya ketutup terus. Biasanya kalo ditaruh di wastafel ber-air mereka sibuk berenang2 sambil makan, tapi sejak mata kuya ketutup 2-2-nya gak mau makan …hiks takut mati nih. Helep donk, musti kasih apa ya mata si Kuya & gimana caranya, abis matanya ketutup mulu geto terus sering gak mau keluar dari karapasnya. O-iya, seberapa tinggi sih air yang dibolehin buat tempat mereka? Makasih sebelumnya ya :)



31. kenz Says:

@Jov
duh ati-ati tuh, mata tertutup dan gak mau keluar karapas adalah gejala dia sakit, jadi sebaiknya diperiksakan ke dokter hewan saja. Terlalu lama di darat juga gak baik buat kura-kura, jadi kalo jemur jangan lama-lama ya, cukup 15menit-1jam.

kalo aku sih airnya agak dalem, sekitar 7-10 cm, dan kura-kuraku masih sehat sampai sekarang, airnya cuma aku ganti dua hari sekali.



32. James Hermanto Says:

tolong dongg plisss gua, bingung nih takutnya mati
soalnnya
kura kura gua
udh disuntik ama dokter rotoro
ama dikasih kapsul buat di campur di air
Masalahnya cuma karena dia ga mau makan udh 4 hari ini
baru beli
tapi ga mau makan dianya
sedih banget
Kura kura brazil ini
Karena ini nilai sekolahku loww
ga ada hiburan lagi
sedih, jadi pikiran
malam ga bisa tidur
T_T T_T
tolong dong bantuin guaa T_T
aku kasih makan dia Hokky
ama makanan koi yg butir merah dan hijau
Plis baca dan kasih tau penyebabnya
Aku sayang banget ama kura kura ini
T_T



33. trywie63 Says:

HELP DONX…… KURA2 QU GA MO MAKAN,AQ BINGUNG BANGET NIH.COZ AQ PERNAH BACA KALO KURA2 BISA PUASA AMPE SEBULAN.TAPI TETEP AZA GA TEGA. TRUZ DYA JUGA GY SAKIT MATA MERAH TRUS BERAIR GITU,APA YA OBAT NA.TRUZ KURA2 QU KAN NAMANA JULY (WALAUPUN BELINA BLN FEBRUARI) KLO BOBO SLALU QU KLUARIN DARI AER(KUTARO DI SAMPING TEMPAT TIDUR) AMPE PAGI JAM 8-AN ITU BAHAYA GA SY BWAT DY???? PLIZZZ BGT SYAPA JA KSI AU Y!!!



34. kenz Says:

@trywie63
wah, kasihan banget si JULY, dari bacaan yang pernah aku baca, sangat berbahaya bagi kura-kura brasil untuk terlalu lama di darat karena organ pernapasannya bisa rusak. Gejala adanya gangguan pernafasan bisa dilihat dari tidak mau makan, sakit mata (mata akan menutup terus) dan juga sering membuka mulut.
sebaiknya sih dibawa ke dokter hewan, atau mulai dibiarkan untuk lama di dalam air lagi.



35. trywie63 Says:

kenz, gmn donx klo kura2 qu ga mo d taro ke aer ??? soalna tiap taro di aer pasti nyakar2in wadah na,kan ga tega liatna.eh,skrang JULY dah sehat loch.trus skrang kura2 qu yang 1 lagi namana RYRA malah kena semacam pilek gitu, jadi makan na aq suapin jus buah pake pipet pas dia lagi mangap ( kya na sy sesek napas ) itu bahaya ga ya??? mank boleh ga sy kura2 makan udang terus???



36. Kenz Says:

@trywie63
hai, apa kabar JULY dan RYRA? semoga saja sehat.

perilaku kura-kura yang mencakar-cakar kandang itu adalah wajar. mocha dan mochi juga begitu awalnya, setelah saya amati ternyata mereka itu lebih senang berada dalam tempat yang pencahayaannya redup (gelap) ketika tidur. JAdi sebaiknya diatur pencahayaannya antara malam dan siang.

akhirnya kalo siang saya taruh kandang di teras (tempat bercahaya dan kura-kuranya tetap dalam air dengan ketinggian sekitar 15cm), tapi kalo malam saya masukkan ke tempat yang agak gelap dan terbukti mereka tidak ribut lagi dan bisa tidur (tetap di dalam air dengan ketinggian sekitar 15 cm juga).

duh aku belum pengalaman ngasih kura-kura dengan jus buah, setidaknya makanan dari toko yang bergizi sudah cukup, makan udang terus kalo kura-kuranya doyan sih gak papa, tapi sebaiknya sih bervariasi agar tidak tergantung pada satu makanan saja.



37. thomas Says:

kenz kura2ku ga mau makan ampir seminggu. makanan yang dikasih ga pernah berkurang tapi kok tiap hari selalu BAB ya? kalau tiap hari BAB berarti dia pasti makan tiap hari kan?
Sekarang mata dia gak pernah ngebuka terus pasif banget gak mau gerak2 walau ditoel-toel. padahal air sering diganti terus aku kasih heater supaya anget. tapi dia masih hidup soalnya kadang2 buka mulut dianya. kenz tau gak kalau kura2 apa kalau berhibernasi bisa sampe berhari-hari gitu?



38. kenz Says:

@thomas
hai, dulu kura-kura saya gak mau makan sampe sebulan (40 harian), tapi matanya tetap terbuka, dan tetap bergerak.

kalau mata tidak pernah terbuka, pasif, ini gejala sakit bukan hibernasi.

kemungkinan karena dia tidak mau makan (tidak cocok makanannya), bisa jadi karena kedalaman air yang terlalu rendah, bisa jadi karena terserang virus, atau kekurangan gizi.

@trywie63
btw kalo kura-kura darat maka komentar-komentarku di atas gak berlaku, karena komentar itu cuma buat kura-kura brasil.

kalo kura-kura darat, bisa aja tiap malam diajak tidur malam dan tidak perlu ditaruh di air. maaf aku lupa nanya jenis kura-kuranya.



39. Trywie63 Says:

JULY & RYRA, k-2 nya kura brazil koq.
Duh…qu bingung niy si RYRA msih sakit.mank bisa ga sy klo di bwa kedokter hewan,soalna kan RYRA msi 1bln an.apalagi skrang mata na jg ga kebuka n warna na jadi putih.kenz, gmana sy spya tempurung na JULY bisa mengkilap kya MOCHA ???



40. vitri g Says:

halo..
saya punya 2 KKB jantan dah 6 tahun, kira2 diameter 25 – 28 cm. bulan kemaren sakit kena pneumoni, dah disuntik antibiotik selama 5 hr, sekarang di bag leher kiri da benjolan lunak, kadang hilang n ada lagi. tolong sarannya ya… sekarang lagi di cekok obat antibiotik u ngecilin benjol. o ya kalo da yg tinggal di bgr, n punya kura2 betina, tolong ya kita ajak kura2 kenalan siapa tau jodoh ;P
makasih.
bisa email vitz_dan@yahoo.co.id



41. thomas Says:

Kura2 ku dah mati. aku lihat di mata kura2nya agak bengkak jadi pernah aku baca di artikel hewan peliharaan yang alamatnya ada di blog kenz. jadi aku rendem di air garam 1 jam. tapi malah mati deh. hik.. dugaanku air yang dipakai yang ada masalah karena udah lima ekor kura2ku mati. kalo makanan kayaknya ga ada masalah karena makanannya kan makuku yang aku beli di toko akuarium. Apa coba ganti aja pake air ledeng? atau air destilasi sekalian ya?



42. thomas Says:

@ vitri g
aku tinggalnya di bandung dan ga tau dokter hewan yang bisa ngobatin kura2 dimana. tapi kayaknya lucu ya kalo aku ke dokter hewan bawa kura2 diameter 5 cm biayanya Rp 30000. padahal kalo aku beli di toko akuarium harga kura2nya aja cuma Rp 15000. abis kasihan banget kura2ku udah 5 ekor mati. kalo ke dokter hewan besar biaya yang dikeluarkan berapa?



43. azh Says:

iktan nnya2 y…….
da yg tw ga dmn ada jual mknan kkb tuh yg nmnya ORCA (d medan). soale, dsni ssh x nyri2 tuh mknan. tlg d jwb yh, tx b4.



44. azh Says:

hrg kkb d sni (medan-krakatau) kok mhl bgt y? pa org tu nipu2? kok dsni hrgnya 25rb? mhl begete kn? kn? kn?



45. Vie Says:

Hallo kenz, wah seneng deh klo baca tulisan or komentar2 dr tmn2 lain yang byk bgt punya pengalaman ttg KKB… aq punya kura2 “kuya and kuy-kuy” umurnya sekitar 5thn.. smp skrg msh shat2 semua, tapi sebenernya ada keganjilan nih.. itu pun disebabkan o/ aq sendiri sie.. KKB ku smp skrg tinggal bkn di air jd aq masukin ke aquarium tp aq isi dengan kain wrna coklat tanpa air.. aq masukin ke air klo lg makan aja.. menurut kamu aneh ga ya… abs wktu mereka msh kecil lalu aq taruh di aquarium yang ada airnya sekitar 3cm, mereka kelihatan stress bgt.. tp pas dikeluarin baru deh mereka tenang dan bisa tidur.. he3 aneh ya..

eh u/ vitri aq tinggal di Bogor loh and KKB ku kynya cewe semua…



46. Vie Says:

oiy kenz aq pengen kenaal bgt ma kamu.. aq salut ilmu kamu ttg KKB byk bgt ya… jujur sie waktu pertama aq pelihara KKB 5 thn yg lalu aq ga tau ttg KKB itu sendiri.. jd aq pelihara aja dengan hati2.. tp yang jelas aq sayang bgt ma Kura-kura..
oiy kenz skrg2 ini kuya ku kadang2 di ujung mata atau dipinggir kelopaknya suka ada benjolan kecil warna putih susu.. kenapa yah kira2.. tapi cma 2 hari nnt hilang lg kenapa ya? dan KKB ku kok kukunya tambah panjang ya.. klo KKB kamu gitu ga? trus boleh dipotong ga yah? waktu itu aq potong eh berdarah,..wah aq langsung merasa bersalah bgt aku minta maaf terus setiap aq liat dia.. huuh sedih deh hari itu..



47. Dicky Says:

Aloo.. thanks bwat info nya, kbetulan sy lg cri info tntng kura2 brasil, soalnya kemaren sy br bli kura2 jnis ini dr anak tetangga seharga 5 rb perak (dia dpt nemu di got), dan sy gak tau mesti di kash makan apa? cm kemarin di taro ikan kcil sama anak ttngga sy itu, pas siangnya tu ikan udah ilang tinggal serpihan2nya,trus sy liat dia agak kotor dan carapasnya ga sempurna, apa di sakit ya? eh iya kalo Hokky/ORCA berpaan tuh harganya?



48. trywie63 Says:

hu…hu… kura2 qu yang namana RYRA dah mati kmaren tanggal 11 juni 08.hiks… sedih banget deh.saking ga tega na qu kubur dy ma tempat na & atas na ku kasih taneman,trus qu taro dalem homz.tapi untung banget loch sy JULY masiy sehat ampe skrang.

@Dicky
hai, untuk masalah kura2 kotor coba aja disikat pake sikat gigi ma odol.tar juga bersih n biar kura2 na sehat.coz aq slalu mandiin JULY pake itu 3hr sekali.jangan keseringan yaph!



49. trywie63 Says:

ow ya JULY baru 2 thn ny.tapi aq kacian dy ga punya tmen.makan nya aku beliin tmen bwat dy 3ekor,tapi kenapa mati smua yaph ? padahal tempat nya aq pisah.mank JULY ditakdirin jadi kura2 qu atu2 nya kale ya.
trus siapa ja yang punya kura2 jantan umur 2 atw 3 thn knalin donk ma sy JULY kali ja jodoh.
email qu:trywie63@gmail.com



50. thomas Says:

kalo kura2 diameter 11 cm(bagian panjangnya,kan bentuk tempurungnya elips) itu berapa taun ya umurnya. Soalnya aq belinya waktu diameternya udah 10 cm-an. Saranku kalo beli kura2 belinya yang agak gede aja. kalo masih kecil masih lemah. mungkin kurang bisa beradaptasi untuk beberapa kura2. Kan orang juga kalo masih bayi lebih susah ngurusnya dibanding orang yang udah 5 taun-an.



51. LaURA Says:

Duwh aQ sediH banGet… KKB yg jantannya(Kuro) gak mw makan udah 3 hari… kurOpun sering NgeLuarin suara tercekik gtu…
aQ sKarang tinGGaL diPekanbaru,Riau tapi gak tau Dimana dokter yang bisa ngobatin kurO…?? apa bisa dengan dokter yg biasa aja??
aQ gak mW si KurO mati…
hIks-hiKS… tiap ngeliat kuro aQ nangis…
sementara yang betina (kuRi) sehat-sehat aja maLah makin membesar…



52. Laras Says:

aku pny 2 KKB. umurny kira2 3 taun. dikasi temen. dua-duanya cowo. . bahaya gak sih kl mereka ga dikasih pasangan?



53. violeta Says:

BTW…thanks bgt yah ats info2x Alx gw masi merencanakan untuk bli Kura2 ma CaswaQu. Coz Qta b2 jd suka pas ngeliat waktu ada pameran EXPO PON…(hehehe, ) Nah karna takut lum bisa ngerawatnya makanya cari2 info dlu n sampe akhirnya menemukn jwbannya. Thanks A Lot yauwW



54. Alan Goni Says:

wah… sekedar tambahan aja nih… kura-kura nya dikasih cacing beku aja. Kayanya paling suka itu deh… dan tumbuhnya juga jadi lebih cepet. Trus untuk makanan buatan lebih bagus yg merek sanyu dibanding yang orca. Good luck!!



55. Yona Says:

halo, aku ‘nak baru..
aku punya KKB, cuma 1 ekor. namanya Franklin (kya’ yang dikartun Franklin itu lo). aku melihara Franklin kira2 udh 2,5 thn. tapi dy kok masi kecil2 terus ya? panjangnya cuma 12cm. udah itu, dia gak gemuk, jadi kelihatan kurus.. apa emang sgtu ya? ow ya, ada p’tanyaan lg nih..
@Alan
ng, cacing beku ada dijual ya? berapa harganya? dimana dijual? kecil gak? warna merah ya? geli donk.. tlg djwb ya,,
thx b4



56. gitHA Says:

hi,,

ken, mw tanya dunk.

gw baru bgt beli KKB, 2 ekor ce smua.

hari ni kyanya si kure pilek deh, dr idung nya kluar gelembung. udah 2 hari dia lbh bnyk tidur nya, trus kaya’ gelisah gitu. suka ngurek2 dasar aquarium.

si kuri, lincah bgt. hobinya berjemur.

mereka msh sbesar uang logam 100 jadul, gw tarok di pet home yg dijual di toko ikan,ukuran 15×8 tingi 10 cm. tiap hari ganti aer, ada tempat berjemurnya, pagi gw jemur skitar 1 jam. makannya makanan kura2 yg dijual ditoko ikan, kemaren gw ksh daun selada air.
gw blum bliin water heather, rncananya besok.

pertanyaan nya:
kure beneran pilek g, kalo gjalanya bgtu
trus digimanain biar sembuh
kira2 ukuran pet home nya, kekecilan g y..
ngebedain KKB tidur or hibernasi or kena sakit mata gmna y

ditunggu infonya,

slaen di forum. bisa konsultasi lewat mail or YM, alamtnya?
haha, dokter kale ya.

kalu g kbrtn gtuh



57. martin Says:

halo aku anak baru aku punya KKB cuma satu (1) ekor .
namanya kul-kul
saya susah cari makannan merek orca soalnya suka keburu habis jadi saya pakai makanan ikan deh!
besarnya udah se-telapak tangan gimana sih supaya bisa bertelur sama yang betina?
saya mau beli yang betina ni
balesyaaa



58. Rudyan Says:

Hmmm.. Ikutan yah… Mo minta pendapat nihh.. Denger” kura” yg masih kecil klo cangkangnya rada lembek gt uda m0 matii ya?? Kura” qu uda sebulan gamau mkn, trus badan nya jd lembek gt.. Aq angkat jg ga gerak, mata nya merem mulu…. Lum mati sih… Gmn yah??



59. hana Says:

hai, mo tanya nech, aku baru beli sepasang kura2, trus berhubung kota t4 tinggalku daerahnya dingin, kyaknya kura2 ku gak mau di masukin ke air. yg mo aku tanya, kura2 biasanya hidup di suhu berapa ya?trus baek g kalo kura2 ku g di masukin ke air?.mslahnya aku susah nyari penghangat airnya di kotaku.
plis bantuin ya!!



60. Cynthia Lillyana Says:

halo..numpang nanya dunk…
kura2 brazil saya…namanya tuk-tuk
udah beberapa minggu ini lemas..n makin lama makin ga mao makan
mulanya saya kira dia bosan dengan makanannya yg sekarang (ORCA)..tp setelah saya kasih daging ayam..dia malah ga buang air besar
sepanjang hari dia lemas dan kerjanya hanya memejamkan mata nya..ia lemas dan tidak bertenaga
ketika saya rendam di air,dia baru bangun
dan saya perhatikan seluruh kulit badannya terkelupas,seperti kulit putih2….
saya kasihan melihat nya…
dia juga tidak membuka2 mulutnya
dan kalau saya perhatikan lagi..ketika dia makan (sesekali),ia terlihat susah mengunyah peletnya…seperti buta
tapi matanya tetap terbuka…
bgmn ini??
tolong bantu saya
saya sangat menyayangi tuk-tuk
dan sudah banyak kehilangan kura2 saya sebelumnya
saya tidak mau hal itu terjadi lagi…
thx
help plis



61. Cynthia Lillyana Says:

o ya cc
sekedar mao kasih opini

sebenernya saya sering kesal sama para agen2 yg menjual kura2 di supermarket2 atau toko2 besar
mereka tidak merawat kura2 di sana

saya perhatikan bahwa kura2 di sana terserang berbagai jenis penyakit
ada yang buta,infeksi kulit,jamur
bahkan mereka tidak diberi makan
bahkan saya perhatikan waktu itu,ada yg mengapung2 sudah mati..tapi tidak ada yang tahu
saya tidak tega melihat bayi kura2 di sana sampai separah itu kondisi nya
mereka tidak merasa kasihan pada kura2 di sana

sy waktu itu menemukan
dalam 1 aquarium kecil
sejumlah besar kura2 brazil yg masih bayi ditumpuk dan dipadatkan sampai bersusun2
kemudian direndam air hingga setengah tinggi akuarium..
yg ada di tingkat paling bawah,bgmn cara mereka bernafas???
kalau terlalu lama direndam,kulit mereka kan juga bisa berjamur
karena mereka masih bayi
saya merasa mereka diperlakukan semena-mena,semata2 untuk mencari keuntungan

saya jg ga bisa mengeluarkan mereka semua dari tmpt keji itu karena harganya cukup mahal…

saya mempunyai cita2
kalau sudah kerja n punya banyak duit
mao beli semua kura2 di supermarket
dan saya pindahkan di rumah
lalu saya akan menyewa bbrp org untuk benar2benar mengurus kura2 saya itu
dan saya akan membuatkan suatu habitat mini bagi kura2
di mana terdapat kolam mengalir,batu2 an,air terjun mini,dan sinar buatan

doakan saya yah^^
I Luv Turtle!!!
mari kita selamatkan kura2 dari perilaku senonoh yg tidak bertanggung jwb..
hehehehe
peace



62. iqbal Says:

@rudyan nih saya copy paste
Tempurung lunak dan terlihat bercak putih. Kondisi yang serius ini yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dan kurangnya sinar berspektrum penuh. Meskipun anda memberi kura-kura anda makanan yang kaya dengan kalsium seperti tulang sotong atau suplemen kalsium, kura-kura tidak akan dapat memproses kalsiumnya dengan baik jika tidak ada sinar berspektrum penuh. Jika anda telah memiliki lampu berspektrum penuh, tambahkan waktu jemurnya. Jika lunaknya sudah parah atau tidak ada kemajuan, bawalah segera ke dokter.



63. iqbal Says:

kalo mata tdk dibuka caranya gini(cara saya tp dah pernah berhasil)
pakai obat mata “GARAMYCIN tetesi tiap mata 1-2 tetes
pertama aku rendem dulu di air hangat terus bersihin matanya dr semacam selaput putih setelah matanya kebuka sedikit baru ditetesi
GARAMYCIN 1 hari 3kali biasanya dlm waktu 3-5 hari udah membaik bila selebihnya msh sakit bawa ke dokter



64. iqbal Says:

@Cynthia Lillyana kalo gmao buang air besar itu lg skt sembelit nih nih artikelnya
Sembelit

Penyebab sembelit (susah buang air besar) adalah pada makanannya. Ini sangat mudah dilihat. Jika anda perhatikan waktu anda kasih makan dan kura-kura anda tidak buang air besar, kemungkinan kura-kura anda sembelit. Seringnya buang air besar terngantung pada seringnya anda memberi makan dan jenis makanan yang dimakan. Sebagai peraturan umumnya, jika anda melihat kura-kura anda menendang-nendang ekornya dengan kaki belakangnya dan tidak ada gerakan perutnya beberapa saat, anda dapat menebak adanya sembelit. Taruhlah kura-kura di wadah dengan air yang lebih hangat daripada air yang ada di aquariumnya. Suhu yang lebih hangat akan mempengaruhi gerakan proses perutnya. Jika tidak terjadi apa-apa, maka tunggulah 5 jam lalu cobalah sekali lagi. Variasikan makanannya, jangan memberi makan yang selalu sama setiap kali.



65. Lotusia Says:

aku mw nanya dunk.

aku pnya 4 kura2.
umur nya bervariasi.
yg 1, 2.. umur nya udah 3 – 4 tahun.
yg 3, mungkin bru 2 tahunan.
yg k 4 nih… aku bru beli pas september lalu.

koq yg kecil ndak mw makan yha?
padahal biasanya maen nya lahap bgt.
udah 2 hari ini ndak mw makan.
gmana solusi nya yha?

kura2 yg gede ithu.
koq cangkang nya ndak mw sebaguz cangkang kura2 d atas yha?
kalo d bawa k tempat keri nya..
kaya putih2 gitu.
gmana cara ngilangin nya yha?

thankz b4.. =)



66. bintS Says:

Help me pLease…
Kemaren gue baru aja beLi seekor bayi kura-kura hijau
Gue kasih nama Kuri
Nah gue masih bener-bener awam soaL kura-kura
Gue panik coz Kuri ga mau makan sama sekaLi…
Padahal dia masih kecil bangetS…
Ukurannya aja baru 5 cm
Nah di umur segitu baeknya dikasih makan apa ya?
Makanan kura-kura ce gue ada; merknya Takari
Tapi cara ngasih makannya gimana?
Gue bingung…
Bantuin gue dunK…
Sms gue di 0853 270 12450
Thanks ya…
I’m waiT…



67. nana Says:

waw thx bwt informasinya….ngebantu bgt bwt pemelihara KKB yang bru pemula.



68. yo Says:

lam knal boz….Pake hokky juga bagus koq q dah coba pada labi2 hasilnya cpet gede…truz q bli kura2 brasil juga lahap makan hokky…tp kura brasilq kna jamur :(



69. rf Says:

pagi ini pak satpan nemu kura-kura dipinggir got trus sama abang saya diambil dan ditaro di rmh. pengen sih ngerawat. tp tadi pas nelfon ayah katanya ga usah, malah disuruh balikin lagi ke got. tp ga tega. gmn dong? aquarium jg udh dikasih ke sodara. itu makanannya kenapa ga dijual di tebet aja sih haha. hmm kalo ga dapet izin susah nih –”



70. Cynthia Lillyana Says:

@rf:
ud RF…kasian kan kalo ditinggal di got…sigh…pelihara aja..masa tega



71. Funny Says:

@ Cynthia Lillyana : SETUJUUUUUUUUUU…

@ RF : iya pelihara aja, klo gada akuarium sementara pake ember kecil aja. Kasian kan klo di balikin lg ke got malah jd makanan kucing liar tuh. Ato kasiin sm orng yg mau ngerawatnya



72. Cynthia Lillyana Says:

iyah..kalo ga…kasih ke gw aja..gw penyayang kura2..hehehe



73. abii Says:

emmm…gue mah baru mau melihara nee…..gue juga ank jogja.kasih gue tempat dunk dmn gue bisa beli kura yang bagus n beli onderdil perawatanya.trims



74. nelz Says:

hii..

butuh bantuannya donk
aq punya KKB jantan en betina
k 2 ny masih kecil, baru ku pelihara sekitar 3 bln
yg betina udah 6 hari belakangan ini ga mo makan, trus sering bersin en mulutnya sering mangap kek lg sendawa… ada keluar lendir jg dari mulutnya
trus kedua matanya ketutup kek lg tidur
gejala lain lemas, ga mo makan en tidur trus
aq khawatir nih karna ga ada tanda2 makin membaik
sekarang dia udah ku pisah ma yg jantan
semenjak di pisah kekny yg jantan jg jd kurang semangat, ga selincah waktu masih bareng2

please ada yg bisa bantu ga, gmina solusinya biar yg betina cepet sembuh

thanks sebelumya buat bantuannya



75. Cynthia Lillyana Says:

waduh..bingung jg tu,,,coz gw sering kayak gt dulu KKB nya..n akhirnya pada mati…kalo sering buka2 mulut tu kaena ada radang paru2…ditambah lagi pilek…kalo KKB masih bayi tuh ga blh direndem aer terlalu lama n kebanyakan…bisa pilek..jadi tiap x abis dikasih minum,harus dikeringin badannya pake tissue,biar ga kdinginan…kalo buat yg betina..km rendem aja aer dikit..trus taro cacing beku..kan ada bau darah nya kan…sapa tau dia jd pengen makan…



76. Michael Says:

Eh2 gw Tinggal D jakarta barat , tepatnya d Taman ratu kalo mw bli makanan kura2 kayak ( ORCA, Pelet, dll ) itu pet shopnya ada dmana yach ?

kura2 gw yang udh gw plihara slama 1,5 tahun koq ukurannya sgitu2 aza ya ? plizzz kasih taw 2 pertanyaan gw

sms yach d nomor
08999845363

Arigato gozimasei
Michael ^^



77. Lia Says:

Kak, mo share dan nanya donk,,,dulu aku punya kura2 ini (kenapa dulu? karena skrng sdh almarhum),,,aku punya kira2 8 ekor lah,,,trus aku taro d akuarium,,,nah aku taro di kamar, dan di kamar ku itu suka disemprot pewangi ruangan kaya bayfresh gtu,,,oh ya di dalem akuarium tu kaya ada batu gede gtu,,,

suatu hari, kura2 ku tu numpuk semua di batu itu,,,aku turun2 in ke aer tpi mereka nanti nya numpuk lagi,,,aku ga sadar dgn apa yg terjadi, sampe akhirnya mereka pada lemes2 gtu dan mati satu persatu,,

aku pengen nanya, apa itu karna aer nya terkontaminasi sama pewangi ruangan tadi? ngrawat kura2 yg bae ditaro dmana siiihh?? aku sedih banged ampe nangis gerung2,,,,ga tega,,,kesian banged mereka mati gitu,,,

trus kan skrng aku udh kos,,aku pernah beli 1 ekor,,trus aku taro d rumah2 an ikan yg beli d pet shop tu lho,,trus karna susah cri makanan kura2, aku kasih ikan kecil idup,,,dy seneng banged, lahap gtu makannya,,,

eh pas kapan hari gtu aku kasi turtle food yg dr pet shop itu,,dy ga mo makan ama skali yaa? pas itu soalna tukang jual ikan lagi libur,,,itu dy emg ga laper apa ga doyan yaa?

trus kalo ada yg tau tips merawat hamster please2 email me donk di liapnky@yahoo.com, hamster ku kog makin lama makin galak ya,,,kalo mo aku ajak maen2 atau mau bersihin kandang, dy suka gigit jari ku,,,,sampe jdi kesel,,,knapa yhaaa???

thanks ya,,,



78. Erlinda Indah Lestari Says:

q barusan punya kura-kura dan saya bingung tak kasih makan kok gak di makan……tolong bantu q ya kasih petunjuk agar kura-kuraq mau makan



79. Kenz Says:

Maaf teman-teman dan adik-adik, saya sibuk sekali sampai lupa dengan postingan ini. Ijinkan saya menjawab beberapa pertanyaan teman-teman dan adik-adik ya :) Meski terlambat semoga bisa berguna sebagai sharing saja.

@Trywie63: saya juga gak tau kok bisa mengkilap ya? mungkin efek cahaya yang memantul.

@thomas: kemungkinan air sudah tercemar bisa saja, karena kura-kura brasil sangat tergantung pada air.

@Vie: KKB umur beberapa bulan memang harus dikasih batu karang, supaya dia bisa manjat-manjat kalau mau berjemur atau bosan dengan air :) tapi perlu diingat bahwa habitat KKB itu di air, kalau terlalu lama di darat, paru-parunya bisa rusak.

@Vie: iya, kuku KKB ku juga tambah panjang, tapi itu alami, karena kukunya merupakan alat bantu untuk kawin dikemudian hari :)

@Dicky: HOKKY itu sekitar 8000-12000 sedangkan ORCA sekitar 6000-8000.

@thomas: hehe, tapi KKB kalau udah besar gak imut lagi…. padahal waktu bayi, nggemesin banget :) Diameter 11cm, mungkin sudah lebih dari 1-2 tahun ya… Mocha, usia setahun saja sudah 12 cm lebih dikit :)

@LaURA: iya, kasian KKB mu, sepertinya terkena penyakit paru-paru dan sedang sekarat. Dokter hewan yang bisa mengatasi itu.

@Laras: gak bahaya kok, sendirian juga gak papa, tapi kasihan kesepian aja, gak ada yang diajak ngomong mungkin.. hehehe…. kalau aku sih beli sepasang, supaya bisa jadi suami istri dan punya anak.



80. Kenz Says:

@Cynthia Lillyana: iya, aku juga kasihan dan sependapat dengan kamu dalam hal ini. sudah baca tulisanku yang berjudul ‘ada apa dengan mocha dan mochi?

@gitHA: saya bukan dokter hewan :) tapi menurut pengalaman saya, KKB mu mungkin sakit, coba diobservasi selama beberapa hari, jika napsu makan juga berkurang, kemungkinan dia stress, atau kemungkinan dia mengalami pilek atau radang organ bagian dalam. untuk lebih pastinya, hanya dokter hewan yang bisa menjelaskan.

@martin: KKB ku sudah 2 tahun lebih, tapi belum bertelur. Nanti aku tulis postingan deh kalo sudah bertelur :)

@Rudyan: sepertinya sakit deh, dan mungkin sudah sekarat. kekurangan vitamin dia.

@hana: sebenarnya tidak perlu penghangat, kalau siang usahakan dijemur saja selama 1-2 jam. KKB ku baik-baik saja, meski airnya lumayan dingin dan tanpa penghangat.

@iqbal: terima kasih iqbal sudah membantu menjawab kesulitan teman-teman disini :)

@Lotusia: si mochu, KKB ku yang paling kecil kadang merasa minder sehingga kalah bersaing kalau rebutan makanan. kasihan dia. kalo aku sih, sering dimandiin (3minggu sekali) dengan sabun pencuci piring, dan makanannya juga diperhatikan yang mengandung multivitamin buat cangkang.

@bintS: kura-kura masih kecil emang jarang makan, apalagi kalau masih masa adaptasi. tapi terus aja kasih makan sedikit-sedikit.



81. Kenz Says:

@abii: bisa dibeli di toko ikan, atau juga di carrefour.

@nelz: KKB temenku kayak gitu, dan akhirnya mati, karena sudah parah/ sekarat. Hanya dokter hewan yang bisa menyembuhkan, tapi kalau belum begitu parah, coba mulai diperhatikan kebersihan dan suhu air, dan juga makanannya yang multivitamin.

@Michael: coba dikasih orca atau hokky deh, tapi biasanya kalo sudah 13cm keatas, pertumbuhan cangkangnya melambat, paling-paling jadi tambah gembrot kayak mocha dan mochi sekarang.

@Lia: thanks sharingnya, KKB mu sepertinya tidak suka di air karena airnya terkontaminasi. KKB hidupnya sebagian besar di air, tidak di darat. kalau terlalu lama di darat, paru-parunya rusak dan kena radang paru-paru.

nah KKB emang suka fanatik sama makanan, kalau aku membiasakan KKB tidak fanatik dengan satu makanan, jadi ya dikasih selang seling antara ORCA dan HOKKY, jadi kalo gak ada ORCA dia masih mau makan HOKKY. kalaupun ada makanan baru, biarkan saja kalau ga mau makan. tapi tetap aja terus dikasih makan biar sedikit, nanti lama-kelamaan dia pasti mau makan makanan yang baru itu.

@Erlinda Indah Lestari: kalau dalam masa adaptasi KKB biasanya gak mau makan atau juga ketika KKB sakit atau ketika pergantian jenis makanan, tapi terus aja dikasih makanannya sampai dia mau makan sendiri.

Fiuuh, ternyata banyak juga ya, komentar yang harus dijawab, maaf ya, aku terlalu sibuk, nanti bulan depan aku mau posting tentang perkembangan si mocha dan mochi yang semakin gembrot dan juga mochu yang gak besar-besar badannya :)



82. faradilla Says:

sebenernya, kura-kura makannya di darat atau di dalam air..(makannya pas berenang/yg ky gambar hokky parrot)? mkasihh..



83. Kenz Says:

@faradilla: makannya di air, kalo di darat dia cenderung malu-malu serta kesulitan memasukkan makanan ke mulutnya.



84. faradilla Says:

ohh… makasih..
aku mau nanya lagi..
oiyh.. kura2 ku namanya KURKUR..
kura2 tuh kira” setiap hari buang kotorannya brp kali? soalnya kurkur sering banget PUP.. baru air nya ku ganti,kotor lagi..

sekarang aku ngasih makan dia cma makanann ikan bermerk “PELLET-AB MAKANAN IKAN : 300 g” boleh ga? dulu sih aku kasih makan nasi.. lagi pula, kurkur itu dateng tiba” ke rumah ku.. tau tau udah ada di bawah sofa.. tanggal 21 feb 09.. jadi aku blom ngerti ngurus si kurkur.. tahun ini umurku baru 14thn..



85. faradilla Says:

oiyah..
kaka itu cowo ato cewe.. aku gak ngeti baca profilnya.. panjang banget.



86. Kenz Says:

@faradilla: kura-kura buang airnya gak tentu, terkadang malah kalo sedang stres, tiba-tiba aja dia buang kotoran, lalu nanti dimakannya lagi… haha.. dasar kura-kura yang aneh :p kura-kura kamu jenis Kura-Kura Brasil (KKB) atau apa?

Kura-kuramu mu doyan nasi ya de? waw keren itu, tapi sebaiknya cari makanan yang mengandung vitamin seperti ORCA dan HOKKY supaya kura-kura tetap sehat dan tahan penyakit.

Kakak itu cowo, bisa dilihat dari photonya kan :p



87. anggit Says:

mo tanya toko kura-kura di jogja tu dimana saja ???
thanks



88. Cynthia Lillyana Says:

kk..aku mao nanya dunk…kok kura2 aku ga mao makan sayur2 an yah?kalo dikasih pelet yg ijo (dr sayur) pada ga mao makan…gmn cara ngatasinnya yah?thx…btw kura2 ak sering berantem…caranya dengan sruduk2 an pake tangan…lucu deh…huehuheuhe..ga tau apakah mereka lagi berantem apa maen2?thx



89. Cynthia Lillyana Says:

oh ya trus kura2 aku yg satu…gampang banget kaget…cuma lewat aja di sebelah akuarium nya dia langsung kaget..trus lari2 nabrak akuarium nya sndiri…n panik ga karuan…kalo berlangsung lama,dia ga mao makan…gmn cara ngatasinnya?



90. Cynthia Lillyana Says:

oh trus kk..cangkang kura2 aku kok ga sebagus kura2 kk???cangkang mereka hitam dan berlapis2 gitu….ada garis2 kuning…tp dikit banget bahkan nyaris ga ada…yg 1 lg malahan item polos cangkang nya…kayak batu gitu…T,T…tp yg penting sih sehat….tau kah penyebabnya?



91. Dian Says:

Biasanya pas umur berapa sih kura2 itu berkembangbiak?



92. ogenk Says:

hari ini saya menemukan kura2, tapi saya bingung nyari makanan nya??? kl kangkung bisa gak????



93. yoan Says:

hohoho
kura2 saia mati kekenyangan…
saya punya kura2 kebanyakn makan ikan cere malah mati…
tApi ada kura2 saya 1 lg,waktu itu selama 5hari kura2 saya matanya ga mw melek& jrng sekali bergerak.tapi skarang sembuh dengan sendirinya.kenapa ya?
apa itu yang namanya stres?????????????



94. ivana Says:

nanya dong kak.. kalo kura-kura mo bkembang biak mangnya mesti ada pasir y ?/ uda gitu aku baru beli kura-kura tapi ga mau makan padahal kura-kura aku satu lagi yang uda dipelihara 10 taunan mau tuh d kasi makan makanan itu.. gimana dong? oya . setau aku sih kalo kura-kura cangkang nya awalnya aja bagus nanti juga item.. tapi kok punya kakak bagus ya ?? punya aku yang uda gede itu item. dh gitu kayaknya yang uda gede itu agak obesitas d. kalo kura-kura ku di badannya merah-merah gitu kenapa y ?? tapi mau makan kok sama matanya juga ga nutup-nutup. katanya kalo kaya gitu ada masalah sama pembuluh darah . bener ga sih ???



95. faika Says:

bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh kura2 brazil yg masih kecil



96. faika Says:

apa makanan yang paling sehat untuk kura2 brazil yang masih kecil



97. jessy Says:

http://www.hewanpeliharaan.com.....–ini ada info lengkap tentang penyakit kura-kura

groetjes,
jc



98. jessy Says:

dear all: POMATE (Dicampur sama air untuk rendaman sesuai petunjuk untuk menghilangkan jamur)

Ada info jg, ada yg mrendam Kura2nya pake rebusan air daun sirih yg udah dingin tentunya. Air daun sirih ini bs bantu mengghilangkan jamur dikarapas atau dibadannya, kalau keminum ga bahaya buat si Kura2 dan kalo kena mata malahan bagus bs makin sehat.



99. Kenz Says:

@anggit: Setahu aku di Galeria lantai 3 atau 4, di toko ikan jalan Afandi, di Carefour, serta pameran tanaman.

@Cynthia Lillyana: Kura-kura kadang suka panik jika ada gerakan tiba-tiba, kepanikan yang berlangsung lama bisa membuatnya stres dan akhirnya tidak mau makan. Solusinya, biarkan dia tenang, dan beri makan sedikit-sedikit.
Saya kurang tahu penyebabnya kenapa warnanya berbeda-beda, mungkin dipengaruhi oleh genetik, asupan gizi dan sinar matahari.

@Dian: setelah setahun lebih atau setelah semua bagian tubuh kura-kura siap untuk bereproduksi. Umur tepatnya kurang tahu.

@yoan: mungkin kena penyakit mata, bisa sembuh karena kebersihan air terjaga ataupun sistem imun dari kura-kura tersebut yang bekerja dengan baik.

@ivana: ttg penyakit baca artikel yang dilink oleh @jessy, thanks Jess :)

@faika: airnya diganti teratur, suhu air juga jangan terlalu dingin, makanan ikan (bulet kecil) yang mengandung udang bisa diberikan pada kura-kura kecil.



100. reea Says:

kalo kura2 brazil dikasih pelet ikan yang gochenk gimana????
dia sech makannya lahap tapi apa pelet ikan sehat buat dia??



101. Novie Says:

Mo ikutan dunks,, ak bru beli 2 ekor kura2 seminggu yang lalu jenisnya aku a g tw, lupa tanya sama yang jual he he he ,, harganya murah sich,cuma 15rb per ekor,,awalnya baik2 aja,, ak taro d taperwer gede dan pada aktif,, tp 2 hari yang laalu aku taro di lantai aja maksudnya biar bisa main lebih leluasa aja tapi malah pas dibalikin ke taperwer mreka pada berontak trus pada balapan mau lompat keluar trus aku taro luar lagi bru pada lari2an kaya anak kecil di lapangan,, kira kira kura2ku normal ga ya? tlng djwab yach

Thanks



102. ray Says:

KKB ku mati hari ini si angelo. . .
sedih banget. . .

btw tq buat tips n trik nya . . .

sangat membantu dan bermanfaat. . .

coba kk ken buat buku aja tentang KKB nanti saya beli deh. . . ^_^v



103. fikry Says:

wahkeren juga tuch??? mmm kk klo kura” ku aku letakkan di kolam ikan gmna?? di daerah ku juga jrang mkana kura” yang merekna ORCA?? adanya Hokky… Itu gmna?? klo dikasih ikan bisa kan??



104. fikry Says:

tanya lagi neych

tlong jelasing dunk… ttg rumh kura” tu gmna??
apa haruz ada daratannya ya??



105. Novie Says:

Wahai teman teman,,, KKB aku kerjaannya tidur terus seharian,,normal ga ya??? pagi jam 9 smp jam 10 aku taro di taperwer isi air trus maem,, abis itu aku taro lagi di lantai trs mreka lansung lari ke bawah karpet lipet di kamar ku trus tidur sampe jam 5an,, itu juga kalo aku bangunin biar pada maem,, kalo g dibangunin mereka g mau bangun,,,
kira kira KKBku normal ga sich,,

bantuin jawab ya,,,

Thanks



106. Kenz Says:

@reea: sehat, tapi lihat juga kadar vitaminnya. cari makanan yg cukup vitaminnya. kalo saya biasanya beli yang ada petunjuk kadar vitamin, seperti orca atau hokky.

@Novie: normal banget, tapi jangan terlalu lama di darat, nanti punya potensi kanker paru-paru. kura-kura brasil itu hidupnya dominan di air.

@ray: iya, tapi pengalamanku masih sedikit. pengennya mocha-mochu-mochi bisa sampai keluar telur dan menetas :)

@fikry: gak selalu ada daratan, saya pelihara kura-kura di tupperware, trus kalo masih kecil dikasih batu karang sehingga dia bisa berjemur. tapi kalau sudah besar dibiarin aja, nanti panjat-panjatan mereka kalau mau berjemur :) klo KKB mu doyan ikan, ya gak papa… tapi umumnya makanan ikan bisa menjadi makanan KKB.

@Novie: beneran KKB kan? bukan kura-kura lain? soalnya KKB mesti hidup di dalam air, kalau terlalu banyak di darat jadi lemes, dan paru-parunya bisa rusak.
kalo sakit, ya mereka diam aja. hehe.. tapi lucu ya kalo kura-kuramu bisa bobo terus.. kura-kuraku maunya gerak melulu, apalagi kalo lapar… :D



107. fikry Says:

kk, kan sinar matahari kan baguz bwat KKB,. na klo mw njemur KKB musti di kasih air atau gak??? n brapa durasi nya…



108. Arctic Says:

Aq mw tny…
4 bln yg lalu aq beli KKB yg umurny kira2 baru 3 bln. Wkt aq beli, tempurungny wrnny msh ijo seger. Tp lama2 wrn tubuhny jd abu2 n tempurungny wrnny tdk ijo seger lg. Pdhl tiap hr aq sll bersihin kandang dia n KKBku tuh sehat2 aj. Panjang tubuhnya pun msh 6 cm. Apa sebabny y??? Mohon bantuanny. Tq.



109. Novie Says:

hai kenz,,
Kura kura aku tu warnanya sama kaya mocha dan mochi,, it kura brazil bukan? ato ada jenis kura2 yang sewarna tapi bukan kura2 brazil? oia kenz,skr kura2ku itu klo di taro di air di kulitnya kaya ada kulit yang mw ganti kulit gitu,, it normal ga ya? jadi takut nie,, mw di bwa ke dokter hewan tp ak g tw tmpatnya dmna,,
tmen2 klo ad yg tw dokter hewan yg bisa menangani kura2ku tlng ksi kbar ya,, oia aku tinggal di slipi jakarta barat..



110. Novie Says:

Hai kenz,,

mo tanya niech,, kura2ku seharian di kamar ac bhaya g ya?



111. Kenz Says:

@fikry: hai fikry… menjemur kura-kura sekitar 1-2 jam saja sudah cukup, jangan terlalu panas juga, matahari pagi jam 7-9 atau jam 15-16 itu bagus.

@Arctic: warna hijau kura-kura saya juga sudah berubah tidak lagi hijau segar, tapi hijau lumut. KKB yang sudah mulai berumur 4 bulan ke atas mulai berubah warnanya, itu adalah hal normal. beberapa hal yang mempengaruhi warna selain umur yaitu makanan yg bervitamin, dan sinar matahari yang cukup.

@Novie: halo novie, sangat normal jika kura-kura ganti kulit, biasanya karena air mengandung kaporit atau zat-zat lainnya. ciri-ciri KKB itu ada guratan merah di lehernya, apakah kura-kuramu memiliki itu?
setahu aku, kura-kura membutuhkan sinar matahari juga untuk memperkuat tulang-tulang dan cangkangnya. mungkin kamu bisa mengeluarkan tiap pagi atau sore sebentar dari ruangan berAC :)
suhu air juga sebaiknya tidak terlalu dingin, jadi kalo mau beli heater (pemanas akuarium) agar suhunya stabil atau kamu bisa meletakkan KKB di bagian yang paling hangat di ruangan berAC.



112. irlina Says:

guyss..
mo nanya ni..
dr.rotoronya masi praktek kan mpe skrg? trus klo kt bw kesana, takutnya dlm pjalan kburu mabok n mati.. (-.-)
gmn ya bawanya?

dan sebelumnya aq prnh pelihara 5 kura2 dan mati semua gara2 ada bintik2 putih gt di bdnnya..skrg pelihara 1 kura2 smp gemuk (namanya iteung), dan dia sgt aktif..tmasuk nafsu mkn..ga lama..bbrp hr berikutnya aq pergi ke peternakan, rencana nambah momongan beli lg 2 ekor..bodohnya aq ga liat detail si kura2, bgt smp rumah tnyta ada 1 yg uda sakit, dan telanjur satu wadah sm yg lain..jdnya si iteung jd ikut2an sakit..matanya bengkak, dan nutup trs..aq mo bw k dokter..mudah2an keburu mpe kamis (jdwl dr.rotoro)

semenjak piara kura2 byk pelajaran yg aq dapetin spt :
1. teliti sebelum membeli apapun..krn klo yg kt dptkan tdk sesuai keinginan, penyesalan luar biasa dalam..

2. lebih peduli thdp binatang peliharaan, krn itu makhluk ciptaan Tuhan jg..

3. byk belajar bgmn cara merawat kura2 dgn auik..

jd aq minta saran dan nasihat dari kalian yg jg sm2 memperhatikan kura2..thx anyway..



113. my_yha Says:

hai, kenz…
uda lama aku pengen pelihara KKB, cuman dulu aku sempet punya gak berapa lama gitu, mati cos ditubuhnya timbul bintik2 putih + tempurung bawahnya itu gak keras lagi, awalnya mungkin akunya gak ngerti itu apa?
dua hari ini aku beli lagi KKB yang uk. sedang, hari pertama aku beli KKb betina, setelah itu aku pindahin ke aquarium, kog dia nya gak aktif ya?gak lincah gitu deh kenz, terus aku kira dia gak ada temenya, besoknya aku beli lagi KKB yang jantan, setelah aku pindahin, KKb yang jantan ini lebih lincah alias aktif gerak, teerus aku perhatiin juga KKb ku yang betina ini juga dari aku pindahin ampe hari ini, dia gak mau makan. terus keliatannya itu dia lemes bgt, aku bingung makanan apa yang cocok buat KKb ku yang betina ama jantan ini? padahal aku coba beri makan jangkrik, malah gak ada respon apa2, aku beri makanan kura2 yang hokky juga gak disentuh, aku berei makanan ikan koi, juga enggak, jadi bingung aku kenz!!!apa KKB ku itu masih stres ya kenz? padahal aku uda coba2 cari artikel ttng KKB,buat tahu tentang KKb ku!oya, untuk masalah bintik2 putih itu ternyata jamur ya kenz??itu kata si penjualnya diberi obat RETKOL buat jamur si KKb ini? emank bisa ta kenz???
thanks alot yach!!!!



114. Meta Says:

Saya mau tanya, kalo umur KKB sampe berapa kira-kira?



115. lotus Says:

hai………..
ada x member from malaysia yg bleh share dan lotus psl KKB.lotus nak tau lg detail pasal KKB…..



116. jeff Says:

kk saya mo nanya, 2 hari yg lalu saya beli KKB..
pas saya mo ksh mkan eh s KKBny kgk mo dksih mkan..
kira-kira knp y dgn KKB pny saya ??

saya tggu blsnny..
thank before



117. iezt Says:

hai kut gab yah…
aq kan punya kura2 nm nya nami n autus coz aq beli kura2 itu tgl 6 agustus..
napa ya tiap aq kasi makan, mrk gak mao mkn tp mpup..
n lebih mnakutkan di leher ci nami ada 2 bintik putih..
c nami lebih diem dr autus..
mrk maunya keluar terus dr kandang pa kandangnya kekecilan gt ya????????
gmn c cara ngilangin bintik itu n gmn ya biar nami n autus bs mkn dgn lahap???????
gpp kan klo kandangnya aq bersihin tiap pagi??????



118. Audi Says:

Heh..
apa main food Kura-Kura Brasil ni hah..
kura kura aku semua jenis makanan pon rembat..
ikan hidup, kelkatu, kubis and bla,bla,bla,bla….



119. dance Says:

hie gimana kalo kura2 diberi makan yang berbada dari takari ke ORCA apa gak mau makan??????? apa tanda2 kura-kura stres?????



120. pita Says:

Q ja px lo kura kura brasil.3 malah…yh 1 udah 10 tahun m 11.atunya 8 tahun gt..paling kecil ru beli…kecil bgt malah…yg bsar c gtw napa suka bgt gigit tangan.untung g pe ptus.yg kecil mgok makan t….anw bedain jantan betina gmana z



121. priscilla Says:

wahhh..thanks bgt infonya.tapi telat bgt, baru ak mo lanjutin penyembuhan kura ak yang lemas dan sakit, eh tapi telat.hari ini dia meninggal =( hiks hiksss…. ak sedih deh.padahal ak sudah ekstra ketat penyembuhannya..tapi tetep meninggal.
yang lain masih ada 2 lagi c.. yang 1 banyak diem, tapi nda ada bercak putih kyk yang meninggal. yang satu lagi, sehat walafiat, lincahhh…
ak takut bgt yang diem itu ikut2an kuya ku yang malang itu,meninggal huhuhu….



122. agus Says:

duh…ken,, saya agus dari bali…kura2nya kq nggak mo makan,lemes,matanya ketutup aja.sampe aku beliin daging sate sayur tapi nggak mo makan juga.alna aku bliin makanan khusus kura2 nggak mo dianya..hilkzzzzz



123. zhopin Says:

thank you for you information…
i have a little and big turtle now.and the little turtle gak mau makan aja.jadi saya bingung saat2 ini.tapi sakarang saya udah tau.makasih ya



124. Vie Says:

hai kenz…
makasih sarannya…
tp emang dr awal aku udah salah cara ngerawat kura2 ku…
aku lebih sering naro mereka di darat dr pd diAir…alhasil salah satu kura2ku sakit paru2… saat itu aku dah berusaha u/ sembuhin sakitnya ampe saya bawa ke dokter hewan..
tp sekarang dia udah nggak ada (mati)..sedih bgt… sempet dia hampir sembuh pd saat liburan idul fitri.. nafsu makannya sudah kembali… dan dia udah bisa manjat.. karna setiap saat aku perhatiin n rawat dia..tp pada saat liburan dah selesai dan karna saya sibuk kerja berangkat pagi pulang malem.. jd perhatiaannya berkurang… akhirnya dia drop lg… dan mati… nyesel bgt…dan merasa bersalah karna saya dah sayang bgt..tp mungkin ini yang terbaik u/ kura2 ku itu…pokoke dia itu kura2 yang terbagus n terbaik bagi ku…Sekarang tinggal kura2 ku yang satunya lg…skrang saya berusaha kasih yang terbaik u/ dia… jangan sampai kejadian yang lalu terulang lg….biarpun sekarang dia merasa kesepian karna nggak ada temennya..Maaf ya Kuy…
U/ yang baca tulisan ini… Tolong belajarlah dr kesalahanku ini…jangan sampai terulang ya sob… KURA2 itu Salah satu Hewan yang sangat Cantik n terbaik… So kalian yang udah ngambil keputusan u/ memelihara, kasihlah yang terbaik ya….AYO SEMANGAT… :) thanks ya…



125. rio Says:

Kenz nanya dong kok kkb aku koksejak besar kalo di pegang gigit ya??



126. andra Says:

mw tanya nh kakak2 ygg punya KKB nh, aq punya KKB 2 ekor n 2 ekor itu g ad yg mw makan, setelah aq bli, ukuran karapasnya pun masih 3.5cm, udh beberapa minggu akhirnya KKBq mati seketika…
padahal aq udh bca d internet n aq turutin smua,kcuali tempatnya, aq taruh d ember besar…
tu penyebab KKBq g mkan ap y…?
minta pendapatnya donk…?
n cra ngerawat KKB?



127. Muaniz Says:

Infonya menarik sekali.. Tapi harga pelet ORCA itu berapa ya??
Untuk informasi lengkap seputar dunia kura-kura Brazil, Gabung yuk di Forum Khusus Pencinta Kura-kura Brazil (www.Kurabrazil.info).



128. febri Says:

kk saya baru mulai coba2 pelihara yg da kura2 na tdk mau makan?
smp sekarang dah 2 hr smenjak bli tdk mau makan gmn cr na supaya kura2 saya mau makan?



129. Miu Says:

urun saran, menurut aq pribadi, jangan pernah MEMELIHARA binatang, tapi MENGADOPSI mereka.

rasa sayang terhadap binatang itu gak ada hubungannya sama berapa harga binatang itu.. klo masi merasa sayang keluar duit buat RES yang kamu pelihara, jangan pernah beli!

RES kecil emang lucu n nggemesin, tapi klo beli dengan pikiran awal “klo mati bisa beli lagi, kan murah”.. mending gak usah beli sama sekali..

mereka punya nyawa! bukan barang.

as for me, aq punya 2 RES –Red Eared Slider a.k.a Kura kura brasil, namanya Mori sama Kena :) umur 3 tahunan lebih..

aq kasi maem mereka tetra reptomin, kadang sayur, udang kecil ato ikan. budget maem bulanan mereka sekarang minimal sekitar 450rb (20 box repto @ 22.500,-) paling plus2 dikit bt variasi makanannya. padahal dulu waktu masi kecil cuman mentok 50rb sebulan :p

care sama RES kamu, itu yang paling penting.

sebenernya, soal budget makan gak perlu terlalu tinggi, yang penting gizinya cukup.. tapi juga jangan terlalu pelit sama RES kamu.

jaga kebersihan lingkungan tempat mereka tinggal. tetep ganti air secara rutin meski udah pake filter –klo aq tiap 2 hari aq ganti :D

perhatiin juga suhunya, RES itu suka yang anget.. jangan sampe terlalu dingin.. nanti RESnya pilek lho, kasian :(

jemur! meski udah pake UV light, sinar matahari asli itu tetep yang paling baik buat mereka.. sekurang-kurangnya 2 hari sekali (15-20 menitan, pagi ato sore)

klo sakit dan gak tau cara nyembuhinnya, bawa ke dokter hewan. fyi, si Kena pernah sakit trus operasi kecil di dokter hewan abis 300rb-an –untungnya kenal :p dapet agak murah, sayang obat jalannya tetep mahal, sekitar 600an… however, it does worth.. skarang dia sehat 110%

liat piaraan kesayangan kita sehat itu priceless :)

buat Vie (comment 124): turut berduka cita yah :(

buat yang laen2, maap klo aq cerewet gini :p

good luck w/ ur RES, ciao..



130. hidata Says:

wah barusan punya kkb juga labi labi… kalo kkb ku aku maemi cacing ikan kecil ama pelet padal baru segede uang logam.
kalo pagi aku elus2 trus aku ajak berjemur.
cuman aku bingung gimana supaya tempurungnya isa bagus sekalian coraknya isa menarik…?



131. Rusli Tan Says:

terima kasih,
saya dari Batam penghobih,melepas kura kura atau makluk hidup.
dan beberapa saat ini saya ketemu banyak nelayan menangkap kura kura dengan menikam dengan tombak, dan apakah ada ubat luka untuk kura kura?
Terima kasih Impormasinya.



132. wito Says:

Aku pny seekor KKB ta beli sekitar 1th yg lalu, ku taruh dkolam brsama ikan koi, tiap hr ta ksih mkan pelet ikan lele (hiprofit 99) alhndulillah skrng KKB ku dah segede piring,,



133. Joe Says:

kk kenz…
nanya dumz..
gw punya 2 KKB, Masih sehat.
Tapi, yang satu ada bentol” putih di kulitnya.
Airnya pake air minum..
Makanannya merk hokky.
dijemur tiap hari.
Ukurannya karapasnya baru 4 cm an.
Dulu gw juga pelihara. Ada 2. Mati gara” bentol putih(persis sama), mata merem mulu, akhirnya gx mau maem. Tapi yang ini masih mau makan.
Itu Jamur y kk??
Truz solusina gimana ne kk???
KK tlong jwab dum…
Sbelum yang ini KO’d lagi..
TB4..



134. rama Says:

permisi npang tanya klo kura kura sebaik nya aquarium nya diseting kya gmana y …. ?



135. Jeffry Says:

Hai Kenz, lam kenal, saya mo nanya nih…
Kenz saya pnya KKB 2 ekor skg sudah skitar 10cm panj batoknya, mrka saya plihara dlm 1 aquarim n berfilter serta 2 hari skali ganti air yg jd prmasalahan saat ni adl :
1. Matanya dah 2-3 hari nutup, saya dah nyoba rendam di air sirih hangat tp lom da prubahan. Soal Garamycin n AQUA FOR TORTOISE saya baru tau malam ni, slanjutnya saya hrus kasih apa ya…?
2. Dari kecil mpe sekarang saya cma kasih pelet utk ikan ja, kalo Sanyu bagus tidak, bisa tolong info utk daerah Cirebon – Jawa Barat bisa nyari di toko pa?
3. Utk dokter hewan khusus Kura2 di Cirebon dmn ya?
4. Bgm bedakan cwo n cwe ya?
5. Bgm bisa tau umurnya ya, saya plihara dari mreka msih kecil2 bangetz.
Thanx a lot Kenz….



136. meadarling Says:

kura-kura saya dah 2-3 hari tak makan. takot mati sih dia nanti. :(
baru saja seminngu beli.



137. adie Says:

tlong dbntu, KKB qu tb2 ga mw mkan, kerjanya tidur terus biasanya c ga bgtu, tapi sdh seminggu ini dy tidur trus ga mw mkn n melek tu mata nya, aq biasa ksh makan cacing kering..

apa ada yang slah dlm pemberian pakan nya???
kenapa KKB qu jd mles mkan????
cara pmliharanya yg benar gmna c???
tlong info nya…. thx



138. ulil Says:

kura-kura saya ,, setiap hari saya ksh mkn jangkrik . Apakah kura-kura saya akan mnjadi karnivora buas ?
alamat toko makanan kura-kura selain di gejayan dmn ??
soalnya saya tinggal dijogja selatan



139. nanda Says:

waduh, baca” artikel di atas kok kayaknya pelihara kkb jadi susah banget ya? padhal 2 ekor kkbQ uda idup 5 taun cuman Q kasih makan dogfood doank, n cuman di taroh di kolam bak yg di kasih pot kebalik buat bejemur, n udah seminggu ini muali kawin terus, n sekarang tinggal nungguin bertelor(moga-moga aja jadi) hehehe



140. nien Says:

sy punya tiga biji kura2.Jenis brasil,matahari lokal & ambon.Sudah bertahun2 sy memelihara mereka.Namanya Otto (brasil),Ceripha (matahari lokal) & Netty (ambon).Pakannya ckp gampang,pke Takari (pakan ikan biasa,tp yang ukurannya agak besar) dan sesekali sayuran segar seperti kangkung/sawi.Saran sy..spy gak gampang mati..usahakan jangan beli kura-kura yang terlalu imut/baby.Paling aman yang diameternya antara 4-6 senti.



141. Lya Says:

urgeeeeeeeeeeeeeeeent nee T__T
koQ kuYoo aQ merem trus yaaa?? masi aktif koQ manjat” gituu mw kuaR dr aquarium..tp nafsu mamny kurang..
trus koQ dikulit bawahny it ad merah” gituu yaa??

help me pliiiiiiiiiiiiiiz

T_______________________________________T

mw ke dr.hewan..tp di Palembang ni rasany nda ad dr hewan dee hikz hikz..



142. Reeez Says:

koq belakangan ini kura-kura saya tidak mau makan pelet dll y? sama kaya lemes gitu y? tq :)



143. neah313 Says:

hai,saya dari malaysia..saya suka koq baca ini laman kerna ada banyak yg sama dengan keadaan kura2 ku..;)
yah!makasih ya kerna saya tidak lagi khuatir akan kemogokan kura2 saya..emangnya kura2 ini pandai merajuk juga ya..he3..;)



144. riyan kurnia septiana Says:

kura kura berazilqu, yang bernama sadrun dan sudrun (sudrun jantan,sadrun betina). ketika dia sudah menikah kenapa iia sadrun malah jadi susah makan, apa puasa apa lagi ngidam tetapi sebelumnya lgi sakit mata tapi uda membaik sekarng keadaan matanya.



145. echii cutie ^.^ Says:

hhmmm bantuin donk , kura2 saya jarang mkan trus tidur mulu . knp ya ?
padahal saya ssaaayyyaaannngggg bgd sama dia , ugh uda 5 taun lg saya pelihara dia !



146. sea tea Says:

hy guys pecinta KKB..
ini aku juga punya 1 KKB namanya Kur”.. sebenrnya aku dapat Kur” udah berumur sekitar 2,5 tahunan dikasih sama temenku yang katanya udah bosen ngerawat dan alih profesi ngerawat ikan hias air tawar.
sebenarnya dulu aku juga udah pernah punya KKB 2 ekor dan masih kecil-kecil banget, pas aku mudik lebaran ke kampung halaman tak titipkan temanku..eh g taunya mreka mati pas aku titipkan itu,, :’(. aku jadi ngeras bersalah T,T…
sekedar ingin berbagi dengan pecinta turtle,, dari postingan temen-temen diatas aku baca klo KKB itu butuh cahaya matahari dan dijemur, tapi kur”ku aneh..dy gak suka kalo aku jemur pagi hari atau aku taruh ditempat terang, dy akan selalu berusaha untuk kabur dari wadahnya dan berlari menuju tempat yg gelap dan menurutku agak lembab seperti dikolong meja, lemari atau tempat tidur… dy juga sering gak betah diwadahnya, meski airnya aku ganti setiap hari dan aku kasih pasir-pasir ma batu-batuan,, masih saja berusaha keluar dan suka ditempat yang kering dan gelap… sedihnya sekarang kur”ku gak mau makan udah hampir semingguan.. biasanya aku kasih makan makanan ikan yang terapung berwarna hijau bulat..
duuh mohon masukanya dong, aku g mau kehilangan KKBku lagii,,



147. Vie Says:

Hai teman2..udah lama ga share lg… :)

aq punya pengalaman lg… sejak KKB q yang satu mati… aq msh pelihara yg satunya lg… msh inget kan cerita ttg KKB ku.. Comment 124…
nah ga lama KKB q yg tinggal satu2nya itu ternyata sakit juga,,,hampir sama… KKB ku udah mulai ga mau makan…dan ga lama matanya merem terus..n bengkak… akhirnya KKB q lemes bgt… aq sampe hrs nyentuh dulu.. bru klo ternyata ada gerakan dikakinya…ooo ternyata msh hidup..aq bener2 ketakutan kejadian terulang lg… bener2 minta petunjuk yang di Atas…alhamdulillah…setelah cari2 di internet..dapet…ternyata obat yang sampe sekarang manjur adalah GARAMICYIN..itu semacam obat tetes mata…beli diapotik kimia farma..terakhir saya beli harganya Rp110rb… tp klo yang generiknya ada juga tp beli di apotik lain namanya GENTAMICYN (KENTO) kandungan didlmnya jg garamicyn…

Nah kasih ke KKB…di tetesin ke MATAnya dan juga ke HIDUNGnya.. sekitar 1-2 tetes…tp pastiin ya obatnyaya masuk.. makannya yang bener tetesinnya… hehehehe… besoknya langsung ada reaksi badannya udah ga terlalu lemas… 2-3 hari badannya dah mulai sehat n dah mau makan..matanya pun ga terlalu bengkak… pokonya terusin tetesin obatnya sampe sembuh ya teman2.. klo aq C karna KKB ku udah parah…jd sekitar 1 minggu lebih bru sembuh n matanya kembali jernih… Waaahhh senangnya… sampe sekarang sehat… :D…
Seandainya saya tau lebih awal…pasti KKBku yang satu ga mati..tp itulah takdir… i love u kuya-kuya ku…

NAH TEMEN2.. DI COBA YA…SEMANGAT… HAYU CEPET BELI OBATNYA…. :D



148. ihsan Says:

saya punya kura kura lo sayakan sabtu ikut pamanku dengan istrinya untuk membeli ikan ditoko ikan di sana ada kura-kura 2ekor dan makanan nya yang khusus makanan kura-kura tapi kata penjualnya makanan ikan bisa juga untuk kura-kura tapi aku mau sekali makanan khusus kua-kura setelah sampai dirumah aku beri mankanan khusus sesudah diberikan tetapi kura-kuranya gak mau makan lalu paginya saya coba dengan makanan ikan saya beri kura-kuranya memakan dengan lahap saya pun bingung



149. chacha Says:

kura”tersebut mungkin terkena penyakit.
saya mempunyai kura” kira” usianya b’kisar 4thn n diusia ini kura”saya terkena penyakit, dan mengalami kematian :(

cepat konsultasi kedokter hewan terdekat…



150. ade hastin Says:

aku mempunyai kura-kura kecil,tp aku bingung sekali knp ya kura-kura ku tidak mau makan ,padahal makananya sudah merek ORCH ??



151. Tita Hinata Says:

AQ jg px KKB skrang masih kecil,,nmax Tsuna ma Natsu,,kasian natsu ada benjolan putih” gt d tubuhnya.. APA aQ olesin salep ANTIBIOTIK ajah ya…??aQ sih apoteker,cuman takut jg lo salah ngasih obat ke hewan..
Dy sih bisa jlan”.. tp matax sll ktutup,mulutx gag mw kebuka jdix g bs makan…
Kasian bnget si Natsu g mw mkan smentara Tsuna lahap bgt mkanx..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12600 days
Emotional
0%
Bioritme Status
Physical
-88.8%
Bioritme Status
Intellectual
-91%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.398s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia