pakupaku
Saturday, 15.12.2007 19:10

Sebegitu takutkah?! Matikan TV Pada Sabtu, 15 Desember 2007

Posted on Faith.

Ckckckck…. maap, terpaksa agak SARA lagi… soalnya lucu juga sih dengan fenomena kayak gini. Ini isue paling santer di milis-milis, di busway saya liat juga selebaran ini dibawa oleh seorang penumpang. Kemaren beberapa teman saya yang muslim juga nanya saya tentang isu ini, karena dia dikirimi sms masal di handphonenya. Saya cek ternyata di internet juga ketemu sumber situsnya. Sebegitu takutnya?! Untunglah saya masih punya banyak teman-teman yang berpikiran lebih maju dan toleran, gak sampe seheboh ini menyikapi sesuatu sampai memprovokasi massa dan juga cenderung melabel “sesat” suatu agama dan menebarkan kebencian seperti ini.

Sejak satu dua hari ini, di berbagai milis Kristen ramai dibahas tentang sebuah film ruhani (baca: film pemurtadan) yang menurut rencana akan ditayangkan lewat stasiun teve swasta RCTI di slot acara FTV Natal (juga tengah diusahakan bisa ditayangkan di TransTV dan TVRI) secara serentak pada hari Sabtu, pukul 16.30 – 17.30 wib nonstop alias TANPA IKLAN. Judul filmya: Sebuah Penantian.

Film ini diprakarsai oleh Billy Graham Ministry (USA). Penginjil (Evangelist) Billy Graham sendiri merupakan salah seorang tokoh utama gerakan Zionis-Kristen (Judeo-Christianity) AS yang dikenal sangat anti Islam dan pendukung fanatik gerakan Zionisme. Billy Graham inilah ‘Bapak Ruhani’ dari Presiden AS George Walker Bush, di mana pada pertengahan 1980-an Bush jr., dikabarkan berhasil lepas dari pengaruh alkohol dan menjadi Kristen yang dilahirkan kembali. Suatu peristiwa yang oleh kalangan Kristen radikal di AS disebut sebagai Reborn in Christ.

Sedangkan menurut investigator kenamaan AS Texe Marrs, saat itu Bush sebenarnya telah sepakat dengan para penginjil Zionis untuk memakai kedok kekristenan di dalam upaya menggolkan cita-cita gerakan Zionisme Internasional. Jadi ‘Reborn in Christ’ hanyalah tipuan komplotan Bush agar mendapat dukungan dari umat Kristen AS dan Barat.

Film “Sebuah Penantian” awalnya bernama “My Hope Indonesia”. Film sejenis dengan judul “My Hope India” telah diputar di India dan konon menurut pengakuan di banyak milis Kristen, film tersebut berhasil memurtadkan jutaan orang-orang Hindu India.

Bukan Film Biasa

Yang patut diketahui, film ini bukan sekadar film biasa. Tapi telah melewati ritual kekristenan khusus berupa ‘Doa Puasa’ selama satu bulan penuh. Untuk pemutaran film “Sebuah Penantian” tanggal 15 Desember 2007 sore, para awak dan pendukung film ini, juga diikuti oleh banyak jemaat gereja yang berkiblat ke Billy Graham Ministry AS, telah melakukan ritual tersebut, melakukan Doa dan Puasa sejak tanggal 15 November hingga 15 Desember 2007.

Tujuannya hanya satu: Agar setiap orang yang belum menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, setelah menonton film ini ruhaninya akan goyang sehingga bisa meninggalkan agama yang selama ini dianutnya dan menggantinya dengan Tuhan Yesus. Sebuah film pemurtadan yang telah melalui ritual khusus.

Film yang dibintangi oleh Restu Sinaga, Christine Hakim, Mario Lawalatta, dan Nana Mirdad ini didukung oleh seluruh denominasi gereja di Indonesia. Dari berbagai milis juga diungkap bahwa para pemain film ini ‘sudah dipilih Tuhan’, karena ada satu aktor ternama yang menyatakan mundur dari film ini dan akhirnya ditangkap polisi karena terlibat narkoba.

“Sebuah kesaksian: Para pemain film ini sepertinya sudah disaring oleh Tuhan, yakni dengan batalnya salah seorang pemain yang sudah konfirm, namun entah kenapa tiba-tiba beliau membatalkan kontraknya. Ternyata Tuhan tahu siapa yang layak main dan siapa yang tidak layak main. Artis tersebut tidak lama kemudian tertangkap polisi karena terlibat narkoba dan saat ini sedang mendekam di penjara. Bayangkan betapa memalukannya film ini apabila yang main adalah artis tersebut… Yang menggantikan peran artis tersebut adalah Rudi Salam, ” demikian kalimat dari berbagai milis Kristen tersebut.

Matikan TV Saja

Jika benar RCTI dan juga sejumlah stasiun teve swasta dan juga TVRI akan menayangkan film tersebut, film pemurtadan yang telah melewati prosesi doa puasa secara khusus, maka sebaiknya keluarga-keluarga Muslim dan perkantoran yang banyak dihuni orang-orang Islam mematikan teve tersebut pada jam di atas.

Selain bisa terhindar dari pengaruh mistis film tersebut (berkat doa puasa selama sebulan yang memanggil kekuatan—istilah mereka pasukan doa—dari alam ghaib), maka hal ini juga sebagai bentuk penghematan energi. Bukankah Lidya Kandouw—orang Kristen juga, ibunya Nana Mirdad—sering bilang di TV: “Matikan Yang Tidak Perlu, Yang Tidak Perlu Matikan!” Jadi daripada buang-buang listrik dan usia pesawat TV, alangkah bijaknya kita mematikan pesawat TV di waktu tersebut.

Atau bagi yang tetap penasaran menonton, sebaiknya jangan lepas dari wudhu selama menonton film ini agar terhindar dari ‘Kuasa Gelap’ dan dilindungi oleh Allah SWT. Sembari menonton, teruslah berdzikir agar Yang Maha Pembolak-Balik Hati bisa terus melindungi keimanan kita. Dan untuk anak-anak, jangan sekali-kali melihat film yang bukan film biasa ini. Nashru minallahu wa fathun qariib. (Rizki)

Sumber Berita

Btw apa sih maksudnya YANG MAHA PEMBOLAK-BALIK HATI? Jadi Tuhan itu memang suka membolak balik hati orang? kasihan benar Tuhan membuat orang jadi plinplan…. ckckck… hehe, bersyukur gak ada yang pernah melarang saya menonton tv setiap pagi yang isinya acara “satu agama” di hampir semua channel TV Indonesia.

Ps: Saya masih menunggu… sebentar lagi pasti ada sms masal, JANGAN BACA BLOG ORANG KAFIR !!! hakekeke…. mungkin blog saya sudah dalam daftar ceklist…. oalah gusti.. kehidupan beragama kita memang sakit…! terlalu banyak orang bodoh dan picik sehingga selalu mengedepankan kebencian…

Bacalah selebaran-selebaran yang terkadang tertempel di sudut-sudut gang, ataupun ditaruh di warung-warung makan sampai yang tersebar dari milis-milis di internet. Selebaran fitnah dan pemutar balikan fakta yang menanamkan benih-benih kebencian agama yang lain.

Kehidupan Beragama Negeri ini SAKIT !

Tags: , ,

Mood : Berpikir emoticon

38 Responses :


1. Totoks Says:

kalau saya seperti biasa aja menerima email berantai seperti ini. tinggal click tong sampah beres deh :D ngapain ikut2an forward ke teman2 boros benwit namanya



2. Fa Says:

walah, saya juga lagi mbahas ini di web saya mas, dan kebetulan saya menyempatkan diri utk nonton filmnya :D

alhamdulillah, saya masih muslim!



3. didut Says:

logika(biasa)nya yg minoritas ‘takut’ dengan yang mayoritas yah, ini kok malah sebaliknya



4. annots Says:

Sedemikian hebohnya, justru pada tertarik untuk melihat acara ini. Jadi ga tepat sasaran himbaunnya :D



5. wedhouz Says:

saya malah ngga tau kalo ada pilem seperti itu.
kalo tau pasti sudah langsung mempersiapkan untuk nonton untuk mencoba melihat dari sudat pandang yang berbeda dengan saya.



6. ekowanz Says:

hmmm jgn2 trik marketing inih :)
kl saya mah sama seperti pak totoks, tinggal mark as spam ato delete forever…
ato jgn2 emang ulah sekelompok orang yg suka mencari gara2 dengan isu2 model beginian, kalo yg orang kota mungkin gpp…tp kl udah ke orang2 daerah pinggiran pasti agak sedikit berdampak heboh



7. ekowanz Says:

eh ternyata udah yah :(
aagh ga nonton deh :(



8. Riyogarta Says:

Wah telat baca blog sampeyan … :(
Jadi penasaran ama acara tivi-nya.



9. dendi Says:

sekarang dimana-mana agama menjadi alat politik, mas. banyak kepentingan-kepentingan yang bermain didalamnya.
sayangnya dari nada tulisan anda, anda tidak berbeda jauh dengan penyebar sms itu.

islam is the best religion with the worst followers.

lain kali, jangan terlalu menganggap serius sms, imel-imel atau gosip-gosip nggak jelas



10. galih Says:

saya kira ini hanya hoax yang memanfaatkan tipisnya toleransi keagamaan. Anda, suka atau tidak, juga termakan dengan hoax ini hehehe….



11. Kenz Says:

@dendi
saya gak maen politik… tapi fenomenanya memang seperti itu… suatu kekonyolan yang membuat kehidupan beragama kita sakit….

anda yang mengatakan itu sendiri….

islam is the best religion with the worst followers.

menurut saya semua agama tidak ada yang terbaik …. jangan merasa terbaik lalu memaksakan harus terbaik bagi orang lain dunk… :((

saya tidak mengungkit-ngungkit ajaran dalam agama disini, tapi saya mengkritisi bagaimana perilaku manusia pengikut agama itu…. hanya ingin menyadarkan bahwa kehidupan beragama kita sakit.. kalo manusia-manusianya berperilaku seperti itu….



12. piet Says:

aku juga dah nerima sms utk melihat film itu, but pas hari H nya malah lupa gak nonton TV, juniorku minta nyetel power rangers melulu ……ke..ke..kek,



13. kenz Says:

@galih
ya. anda benar.. saya memang termasuk orang yang termakan hoax… lalu saya membawa "cermin" untuk orang-orang lain yang tidak tahu itu hoax…. untuk berefleksi bersama… "mengapa sampai ada hoax seperti ini?" karena tipisnya toleransi beragama…. lalu apa yang harus kita lakukan agar toleransi beragama kita tebal? ya salah satunya jangan percaya pada hoax…



14. anima Says:

hahahahaaaaa, I am so going to watch this movie.



15. anima Says:

maaf ralat, ternyata sekarang udah tanggal 17, telat saya.. :|



16. dyna Says:

Kenz…gue salut sama loe…sebagai yang lebih tua, gw harus kasih standing applause, courage ato apalah yang membuat dirimu tetap setia padaNya.

Keep on Fire in HIM!!



17. zam Says:

saya ndak nonton acara itu..

mending nonton SI BOLANG atau ARCHIPELAGO…

wakakakakaak…

heran deh.. mo tahun 2008 kok masih ada yg percaya bikin film pake ritual.. kalo mbangun candi atau mbikin keris pake ritual sih, bisa diterima..

wakakakak..

mending nonton SI ENTONG aja dah..



18. Cha"s Says:

misi…. tadi niatnya mo cari referensi buat belajar bikin blog, eh malah ketemu blognya Kenz yang keren dan sangat berani berargumentasi. Kalo menurut aku kenapa susah banget yah Bangsa Indonesia bertoleransi beragama? Hanya tayangan sedikit berbau kristen saja sudah banyak pendapat yang menganggap itu aneh. Nah apa bedanya tayangan Sinetron "Sebuah Penantian" ini dengan sinetron "Hidayat"?
Aku pikir sama aja loh….Kenapa tidak di ambil hikmahnya yang baik saja? Gini saja kok repot. Kapan Indonesia bisa maju kalau hanya "hal" seperti ini saja sudah terjadi "ketakutan" massal. Kalau masalah KEYAKINAN kan tergantung personal yang menganutnya kan?
Kebetulan aku yang Katolik bersuami kan seorang muslim yang taat. Toleransi di keluarga kami sangat di junjung tinggi. Dan kita sama-sama saling mendukung. Kami saja bisa saling mendukung, masa manusia-manusia yang katanya sudah modern dan berpendidikan tidak bisa juga untuk belajar bertoleransi dan menghormati agama lain????



19. dJengWidZ Says:

ahahaaaa…
Aq teLat maZ keN,, aQ Lupa nonTon piLemnyA,,
Aq aGak seTuju saMa saLah saTu koMen,, jGn2 iNi tRik maRkeTing,, :p
Agh suDahLah,, baNyak yg meNyaLahaRtiKan keTaaTan teRhaDap beRagama,, mereka kuRang mendaLami Q.S. Al-QafiRun,,
AnywaY,, aQ juga maW paKe keYcode,, giMana caRanya…?



20. immanuel Says:

friend, aku berdoa buatmu. Tuhan Yesus sendiri yang akan menyatakan diri-Nya kepadamu dan engkau akan menjadi saksi-Nya seumur hidupmu. Nantikan hal2 yang ajaib dan indah bersama dengan Tuhan Yesus.



21. Dino Says:

Gak semua muslim seperti itu kok, semoga anda juga mengerti itu. Aku sendiri adalah seorang muslim yang lagi tinggal di amrik, dan gak semua orang suka dengan orang Islam disini. Yang penting aku dikelilingi oleh orang2 yang menghormati perbedaan and everything will be alright.



22. rambo Says:

mas-mas ente ini ngata-ngatain orang menyebarkan selebaran anti kris padahal ente juga ngata-ngatain orang sampai – sampai tuhan juga dikatain kasian, sebetulnya ente beragama tidak???????



23. SR singkatan namaku Says:

hi,
wong muslim iku tidak punya misi mengislamkan kristiani
wong muslim iku tidak dibayar duit bila mengajak orang jadi muslim
islam indonesia itu bukan bawaan penjajah tapi lewat perdagangan
walau jumlahnya banyak tapi wong islam indonesia itu tetap dijajh sejak jaman walanda sampe sekarang, oleh kalian juga
kalian iki wong pinter and pintar, dapet duit lagi, senangkan…
hanya sedikit saja muslim yang care dengan agamanya, lain dengan kristiani seperti sampean yang pintar2 mutar-muter fakta karena duit, fasilitas dan dukungan yahudi, bukan emosi, tapi fakta yang karena kepintaran kalian bisa menutupi sifat kebohongan hati
Kami kaum muslim yang tidak berharap mayoritas seperti ini, kami hanya mengharap kualitas, makanya walau ratosan ribu muslim dibantai Tibo Cs, gak ada pengaruh pada kami itu kecil..
yang kami harapkan adalah kekuatan Amrozy yang bisa bikin puzing embah kalian (yahudi)
…he.. he



24. kenz Says:

@SR
saya merasakan betapa besarnya kebencian anda karena menjadi orang yang terjajah sampai sekarang, anda juga benci dengan nasrani karena embahnya nasrani adalah yahudi, tapi untunglah tidak semua orang muslim berpikir seperti anda, sayangnya anda justru menunjukkan siapakah pemutar balik fakta itu ;))

1. Anda mestinya masih ingat dengan pelajaran sejarah, bagaimana kerajaan-kerajaan hindu dan budha runtuh karena meluasnya pengaruh kerajaan islam. tentunya lewat perang juga kan?

2. Anda merasa bodoh, sedangkan orang nasrani adalah orang-orang pintar sehingga dapat uang. setahu saya orang-orang minoritas itu lebih keras usahanya, lebih tekun agar dapat survive dengan tekanan dan diskriminasi dari kaum mayoritas. jadi wajar jika mereka menjadi orang-orang pintar. bukankah kebodohan adalah pangkal dari kemiskinan?

3. orang nasrani juga masih banyak yang belum mengenyam pendidikan tentunya jumlahnya lebih sedikit karena bukan mayoritas.

4. apakah benar Tibo cs bisa membantai ratusan ribu orang? *anda melebih-lebihkan fakta.

5. bukankah yang menyalibkan Yesus adalah orang yahudi, kenapa yang dibenci orang nasrani?

mari berpikir lebih jernih…. jangan hanya mengobarkan kebencian semata, saya jadi malah bertanya di mana ajaran agama anda? yang justru tertawa ketika ada seseorang yang melakukan pembunuhan masal.



25. Cecilia Says:

walaaahh trus napa ada post bulletin board di friendster yg suruh ban film itu yah.. malah ada petition biar film itu jgn diputar segala.. ya ampunnnnn.. pgn nonton jadinya =( tp disini ga ada siaran Indo



26. BuLe Says:

Hehehehe. Laris manis tanjung kimpul. Pa kabar tap? Ajarin MySQL dunks…. Lagi males baca buku nie….



27. pdc_romeo Says:

Hehehe… seru…

Ok … ini cuma pendapat singkat aja…
Untuk yang ngga suka … ya udah jangan nonton … beres khan…
Nah yang mau tau … tentu nonton aja and buktiin sendiri bener apa kagak… ya… nggaa???

Gw sih harapin kalau untuk masalah ini kayak jaman Soeharto… mana ada yang berani punya pendapat tentang agama atau SARA pasti kena bredel… atau langsung ilang… kekekeke…

Kadang2 gw pikir orang Indonesia itu belum cukup dewasa untuk melihat tentang adanya perbedaan yang ada… cuma ada pikiran egois… tentang dirinya atau golongannya sendiri… atau agamanya sendiri… Atau bagusan orang Indonesia itu ATHEIS semua supaya kagak berantem ya… atau harus dengan pengawasan yang super ketat kayak jaman orde baru yang ngga boleh ada pendapat yang berbeda dengan pemerintah… kekeke…

Kacian pahlawan2 reformasi kita yang udah cape2 buat supaya kita bisa bebas berpendapaat tapi malah jadinya begini ada teroris ada perang agama … wah sedih deh gw kalau inget dulu gw harus di Gedung MPR teriak2 ama teman2 tentang REFORMASI… and semua kayaknya mendukung banget ternyata sikap mental bangsa kita belum siap menerima kalau perbedaan itu INDAH… and itulah yang dulu digembor2kan pemerintah jaman orde baru bahwa Indonesia terkenal karena keragaman kultur dan saling pengertian antar umat beragamanya… (kangen juga masa2 itu … apalagi dollar cuma 1000 perak)

So PEACE for al…



28. farhat Says:

wah wah secara pribadi saya sendiri orang yang bertuhan tapi klo ditanya agama apa ya saya jawab sesuai dengan agama orang tua saya, krn selama ini agama lebih merupakan "warisan" daripada kepercayaan.
Mau agama apapun kita bagaimanapun juga pasti ada dan dipelihara sifat defensif terhadap agama yng kita anut cmn skrng masalahnya ada sejumlah org yg tdk bs berpikir secara bijaksana (dewasa tdk sama dg bijaksana) lha wong dari kecil dah didoktrin trus hidupnya di domain yg itu2 aja ya cupet jadinya

[HAM perlu ditambah :
1.Hak untuk berpikir rumit (dlm artian dpt melawan usaha manipulasi terhadap dirinya dan menyadari arti keberadaannya)
2.Hak untuk menyadari dan mengembangkan kebijaksanaan
3.Hak untuk menikmati toleransi dan kewajiban untuk bertoleransi



29. beev Says:

mas kenz….

seandainya saja setengah indonesia isinya orang2 yg terbuka seperti kamu yang masih mau pake logika n rasio n hati nurani, mgkn kehidupan di tanah air beta ini ndak segini sengsara nya.

Alangkah lucu nya jaman ini, banyak orang mengaku beragama, tapi kelakuannya bukan seperti orang yg dekat dengan Tuhan. Jadi agama itu fungsinya apa toh? cuman buat embel2 jadi orang alim kali ya….



30. Justice Says:

KEN…you’re such a wise guy

Buat Dendi (comment no. 9): OH MY GOD, elo bilang ‘islam is the best religion with the worst followers’
jangan2x elo ustadz yah…soale jarang2x ada kalimat se’naif’ gitu…
jawab pertanyaan2 gw ini :
1. siapa yang bom Bali 1 dan 2
2. siapa yang bom JW MArriot
3. SIAPA YANG BERPERAN DALAM TRAGEDI WTC!!!!
4. SIAPA YANG BERPERAN TRAGEDI LONDON, MADRID ??!!
JAWAB!!!
LU KIRA KENAPA TUH ACEH UDE HILANG SEMUA!!!
TSUNAMI?? naif banget luh, cobaan ? apalagi…..
there is always a punishment untuk orang2x yang manis di depan dan pahit di belakang alias Munafik!!

Buat SR (No. 23) : Mantap cing…No Comment deh Neraka uda siap buat lu



31. vb4art Says:

semua kekacauan di muka bumi ini dilakukan oleh ‘OKNUM’ dari bagian masyarakat dibelahan bumi manapun, agama apapun, termasuk Islam, tidak ada sedikitpun ajaran ‘bunuh diri’, tidak benar jihad ala amrozi cs laknatulloh, islam (the truth:mengajarkan perdamaian sesuainya namanya), dilarang menyakiti manusia selain islam yang mereka tidak mengganggu dan terikat perjanjian dan perlindungan di suatu negara islam. Mereka yang berbuat kekacauan dan kerusakan di muka bumi adalah manusia2 OKNUM yang salah kaprah memahami agama dan bermodal semangat belaka tanpa pengetahuan yang benar tentang agama. gitu Bro….peace lah



32. Dutz Says:

susah jadi muslim yah…
sebagian besar radikal semua



33. anissa Says:

bgini yia,,ga da asap kalo ga ada api,,
orang sampe menyebarkan sms sprti itu karena melihat dari berbagai pengalaman,,umat kristiani skrang sedang berupaya untuk meng kristenisasi umat muslim,,dgn iming”akan di kasih uang dan sembako…dan berbagai cara yg lainnya untuk menjadikan kristen,,maka dari itu,,wajar saja kalo ada sms spt itu,,karena mreka gga mau umt muslim berkurang dgn cara yg aneh,,,



34. Kenz Says:

@anissa: darimana kamu bisa mempersepsikan kalau umat kristiani memberikan bantuan hanya untuk mengambil simpati dan mengkristenkan orang. pikiran yang sempit?
selama 20tahun saya jadi kristiani, tidak pernah terpikir dalam pikiran saya dan teman-teman untuk memberikan bantuan supaya orang lain jadi kristen.

mengapa juga harus takut jika umatnya berkurang? toh setiap orang juga punya hak untuk memilih agama yang memang cocok untuknya? setiap hari ada umat kristiani yang pindah, tapi itu adalah hak mereka dan kita gak meributkan hal begituan.

bangun tidur, saya selalu disuguhi acara rohani agama mayoritas, temen-temen pergaulan saya juga mayoritas, tiap hari saya dengar kumandang nama Allah disebutkan di udara… toh iman agama saya juga tidak goyah, karena saya sudah merasa cocok dengan agama keyakinan saya.

apa sih agama menurut kamu? spiritualitas atau sekedar status sosial semata?



35. bonks Says:

wah… saya setuju banget tuh sama mas farhat…. agama itu cuma warisan bagi kebanyakan orang…. klo orang tua mereka islam ya berarti anaknya kemungkinan besar islam, kalau katolik ya berarti anaknya kemungkinan katolik, hindu ya berarti anaknya juga hindu… dan seterusnya…yang paling penting itu sebenernya ya ngejaga keharmonisan antar satu sama lain…

seperti mas kenz yang beranggapan ada oknum umat islam yg mendiskriminasi dan bersikap ekslusivisme, ataupun pendapat mbak annisa ataupun beberapa rekan yg beragama islam yg berpikir sebaliknya……sangat wajar menurut saya untuk berpikir dan membenarkan apa yang dipikir dan dianggap benar mengenai hal “keyakinan” …… tapi apakah masih wajar ketika kalian mulai mengangkat hal ini ke publik dengan cara menjelekkan pihak lainnya?

Coba deh dibaca lagi dari atas sampai bawah….. ada yang salah gak???



36. Kenz Says:

@bonks: tersinggung ya bonks? merasa dijelekin agamamu? nah kalau cuma diangkat ke publik saja mudah tersinggung, bagaimana mau hidup harmonis?

Maaf bonks, ditulisan ini saya tidak menjelekkan agamamu ataupun Tuhanmu, tapi saya menanggapi perilaku orang-orang yang beragama tersebut (seperti yang mereka tuliskan dalam artikel tersebut). Perilaku yang menurut saya membuat kehidupan beragama kita jadi sakit dan jauh dari harmonis.

Saya angkat ini ke publik sebagai refleksi kehidupan beragama kita dan karena saya minoritas maka saya tidak bisa apa-apa (selalu dalam pihak yg tertekan). Disini maksud saya adalah sharing apa sih yang saya rasakan supaya oknum2 atas nama agama itu juga mengerti rasanya kayak apa kalau digitukan? Semoga refleksi ini menghasilkan empati sehingga tidak sembarang saja melabel orang KAFIR.



37. cheng ho Says:

(ikut nimbrung ah):oktap,kalo perlu bahan ttg judeo christian dan apa yang dianggap membahayakan, saya bisa pinjemin bukunya Om.ada juga link beberapa yang bisa dibaca. anyway saya sendiri sih jarang nonton tipi..

judeo-christian lho bukan christian.



38. sall Says:

Telat abis.. cm pas lg nyari info restu sinaga, dapet blog ini.. cuma mo ngasih tau.. puasa sebulan bukan ritual! dan itu bukan untuk memanggil yang ghaib2!! ITU SAMA DENGAN ANDA YANG BERPUASA pada bulan Ramadhan :) cuma kami tidak ada bulan tertentu.. bisa di lakukan waktu mau melakukan sesuatu..
eg. pas mau ujian.. puasa 1 bln sebelum nya.. banyakin doa.. untuk dapet berkat dan bimbingan..

sama ky mreka yang mau syuting :) Bukan RITUAL UNTUK MAKLUK GAIB!



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

25q. 0.131s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia