pakupaku
Monday, 14.01.2008 13:13

Vandalisme di Halte Trans Jogja

Posted on Collection.

Menyambut tahun 2008, Kota Jogja tidak lama lagi akan memiliki transportasi publik modern yang dikenal dengan nama Trans Jogja. Armada bus Trans Jogja kabarnya sudah datang di Jogja, dan siap dioperasikan pada waktu dekat ini. Sejak awal Desember 2007, 34 halte bis mulai dirancang dan dibangun sebagai persiapan operasionalisasi transportasi publik itu.

Hampir semua halte bis sudah selesai 95% saat ini, namun sayang rupanya halte bus yang baru berumur beberapa hari ini telah menjadi korban vandalisme. Coretan-coretan membuat halte baru ini menjadi tidak sedap dipandang, dan terkesan jorok.

Halte Trans Jogja Perpustakaan I UGM

Halte Trans Jogja Kopma UGM

Halte Trans Jogja CikDikTiro

Halte Trans Jogja Ring Roud Utara

Bahkan saya memprediksikan beberapa bulan lagi, halte ini tidak tampak sebagai halte bis. Kaca-kacanya mungkin banyak yang pecah, coretan dimana-mana, dan juga tempelan posteran liar menjadi pemandangan seperti halte bis Jogja pada umumnya. Apakah ini memang identitas sebuah halte bis di Jogjakarta sebagai kota seniman?

Halte Bis UNY

Masalah vandalisme di Kota Jogjakarta, yang terkenal dengan kota seniman ini merupakan sebuah dilema antara kebebasan berekspresi seseorang dengan hak orang lain untuk menikmati rasa kenyamanan dan keindahan. Dan ini terus saja berlangsung sampai detik ini, tanpa ada halangan bagi para pelakunya.

Beberapa waktu yang lampau saya pernah mengungkap pendapat saya pribadi tentang vandalisme dalam dua tulisan saya untuk menunjukkan ketidaknyamanan saya dengan perilaku ini :

Apakah benar vandalisme adalah penyaluran ekspresi diri seseorang secara bebas? Saya pribadi tidak sependapat dengan pernyataan itu. Vandalisme menurut saya adalah suatu perilaku yang didorong oleh insting kebinatangan untuk meninggalkan jejak dengan tujuan menunjukkan kekuasaan atas eksistensi diri seseorang/kelompok tertentu.
Hentikan Vandalisme Sembarangan!

Kebebasan berekspresi dan berkesenian selalu ada batasnya, jangan sampai melanggar hak-hak orang lain untuk menikmati keindahan, kenyamanan, ketertiban dan kenikmatan dalam melihat pemandangan lingkungan sekitar. Vandalisme sembarangan tidak layak dilakukan manusia beradab yang memiliki akal budi. Peradaban suatu bangsa dinilai dari bagaimana interaksi akal budi manusia-manusianya dengan lingkungan sekitar.
Beberapa Koleksi Vandalisme di UGM

Sebuah refleksi bagi kita semua, apakah kita memang bangsa berbudaya? beradab? dan bukankah wajar jika bangsa kita pada akhirnya dihina-dina sebagai bangsa rendahan karena perilaku kebinatangan ini. Perilaku seseorang/sekelompok orang yang hanya bisa merusak dan merusak sehingga tak pernah menjadi bangsa yang maju. Tanya kenapa?

Tags: , , , ,

Mood : BT emoticon

24 Responses :


1. mbakyu Says:

ah iya desember kemarin pas ke jogja mikir juga, knapa nih halte bus trans jogja kok penuh coretan? cuman nda smpt nanya sama didit tkut dibilang cerewet :D



2. cahyo Says:

sedih juga lihatnya sebagai warga jogja yang tinggal di jaakrta. fasilitas bagus dan dibikin dengan biaya besar, harus dirusak dengan coret2 spt itu.

*prihatin*



3. MaNongAN Says:

iya nih, padahal saya juga sebagai salah satu warga "angkatan darat" (tdk mempunyai kendaraan pribadi), sebenarnya sudah sangat berharap banyak pada Transjogja ini sebagai alternatif utama utk wira-wiri. Tapi kalo nunggu aja udah njhijik’i apalagi sampe ambu pesing, yah mendingan cari nunutan boncengan aja deh.

.::he509x™::.



4. Aris P Says:

Lah.. kok udah jadi begini? Perasaan pertengahan desember lalu masih mulus2.. :D



5. youtea Says:

prihatin banget kenz….

belum juga dioperasikan tapi haltenya sudah penuh coretan.

kesian aja ama orang yang dengan sengaja coret coret disana. brarti dia gak bisa menghargai hasil karya orang lain…
tragis….



6. Beta Uliansyah Says:

Aduh sayangnya.. yogyaku..
Dasar bocah, mahal nian caramu mencari jati diri.



7. bebex Says:

kalo memang penduduk di jogja itu mengidentitaskan kotanya sebagai kota seniman..
knapa kambing2 dan kerbau2 di ISI tidak digambar2 tubuhnya ya??



8. wildan Says:

bagus saya setuju, seni bukan berarti menggotori, namun seni itu suatu keindahan



9. bodrox Says:

anak muda, mo nunjukin eksistensi, belum diresmikan udah dirusak. so poor…
seharusnya dibiarkan rusak secara alamiah saja.



10. mrivai Says:

walah kok seperti itu toh…..
payah tenan…..
padahalkan belum diresmikan

___________________________________________________________
ingin cari software dan ebook gratisan…
silahkan saja kunjungi ke http://www.mrivai.blogspot.com



11. bejo Says:

trus njut py………………………..



12. Joko Says:

ijin kutip di sini

terimakasih



13. Yuti Says:

Iya.. memprihatinkan ya? dikasih fasilitas koq dirusak. vandalisme ni sudah mendarah daging kayaknya. di ruang kuliah misalnya, kursi & mejanya penuh grafiti. belum lagi kamar mandinya. trus di kursi2 bus umum, pagar rumah orang, sampai kuburan. lha wong kalau lulus SMP/SMA aja ada budaya coret2 baju & sekolah.

pemkot perlu menerapkan DENDA untuk perusak fasilitas umum kayaknya.

btw, ijin nge-link ya..



14. x Says:

genk2 gak jelas kaya oestad
padahal namanya ustad koq ngrusak ya

aneh tenan



15. vspidy Says:

——————————————————————-
bebex Says:

kalo memang penduduk di jogja itu mengidentitaskan kotanya sebagai kota seniman..
knapa kambing2 dan kerbau2 di ISI tidak digambar2 tubuhnya ya??
——————————————————————-
Udah kata tmnku (dy pernah kulh d ISI Jogja),pas ad tugas kulh, mahasiswanya saking "nyeninya" dy ngelukis di sapi "tubuh sapi yg msh hidup yg lg digembala am warga sekitar (pas itu merka dksh tugas nglukis di area outdoor) hehehehe..itu kata tmnku sh gitu..



16. torro Says:

ya betulah orang orang kita …
mereka mengaku lebih memiliki moral ketimbang orang barat tapi???
ah apa iya????buktikan dong…
pada intinya adalah pada kesadaran masyarakat jangan hanya bisa demo tapi mbok yao bisa melakoni!!!!!!!!!
semoga kemajuan jogjaku tercinta semakin top…
ngono kui cah kiro2 pendapatku (paling pendapate wong pinter2 yo podo karo aku:DD:D:D:)
yoweslah karepmu pengen maju ora……..!!!!!



17. torro Says:

yowes yo aku tak kerjo sikik :D:D numpaktrans jogja ah….!!!
rano copete..rano pengamene… mak nyes menehh hehehhee…
mandeg mlioboro yo mas sopirr:D:D:D



18. dwi Says:

mbuh lah… harus e ditanamken kesadaran dan etika keindahan pada mereka2 itu… kalo menurutku diriku itu bukan termasuk vandalisme tapi cuman corat – coret kurang kerjaan… yang disebut vandalisme bukan aksi coret sembarangan… tapi dengan maksud kritik sosial… itupun tidak disembarang media/tempat…



19. dwi Says:

mbuh lah… harus e ditanamken kesadaran dan etika keindahan pada mereka2 itu… kalo menurutku itu bukan termasuk vandalisme tapi cuman corat – coret kurang kerjaan… yang disebut vandalisme bukan aksi coret sembarangan… tapi dengan maksud kritik sosial… itupun tidak disembarang media/tempat…



20. artist asian Says:

kayaknya asyik tuh corat coret, malah itu kan seni.



21. oestad generasi awal Says:

aku juga nyesel kl akhirnya jd seperti ini… tp yo wis tuwo saiki



22. mas januar Says:

yah dari dulu n dimana2 juga coret mencoret ud ad..g tau maksudnya ap anak2 itu (biasanya umur2 smp n sma)..
g penting bgt, kl mau menyalurkan hobby mbok ya ikut lomba gambar pa gmn.. hu g mutu, anak sekolah koq gobloq!!!



23. TamZ pEyoR Says:

aneh ya genk2 dijogja tuh pada suka coret2? padahal jogja kan kota pelajar dan budaya, kenapa lagi pada suka coret2 gak jelas gitu..
mau kemana bangsa ini kalau rakyatnya gitu semua??



24. NY Auto Glass Repair Says:

Good post – I’m often in search of related tips. Have any other places you like to talk about? Will be coming back for your reply



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.107s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia