pakupaku
Monday, 18.02.2008 23:05

Maling Laptop Profesional Kembali Beraksi di Kampus UGM

Posted on Social Life.

Siang ini menjadi hari yang buruk bagi kedua teman saya, mereka berdua mendapati salah satu jendela mobilnya sudah tak berkaca lagi. Maling spesialis laptop di mobil rupanya kembali lagi beraksi di kampus UGM setelah beberapa bulan yang lalu tidak terdengar lagi kabarnya. Ini semakin memperkuat kembali tulisan saya tentang kampus UGM yang rawan kejahatan beberapa waktu yang lalu.

Kali ini lokasi kejadian adalah di jalan Humaniora depan kampus Psikologi UGM (Kawasan E-P-H). Korbannya adalah dua mobil teman saya yang terparkir masih dalam satu deretan dan hanya berselang satu mobil antara satu dengan yang lainnya.

Kawasan EPH - Lokasi TKP Pencurian Laptop di Mobil

Awalnya hanya diketahui satu mobil yang menjadi korban, dan memang di situ terdapat laptop yang ditaruh di jok mobil. Rupanya teman saya lalai untuk mengamankan laptopnya sehingga menjadi korban pencurian dengan kerugian sekitar 10 juta.

Mobil Korban Pertama

Pecahan Kaca Yang Rapi Pada Mobil Korban Pertama

Beberapa saat kemudian diketahui ternyata mobil teman saya lainnya juga menjadi korban pengrusakan itu. Untungnya dalam mobil teman saya tersebut tidak ada barang berharga.

Mobil Korban Kedua

Pecahan Kaca Pada Mobil Korban Kedua

Jika melihat dari kerapian di TKP, saya menduga pencurian dan pengrusakan ini dilakukan oleh orang yang cukup profesional dengan pertimbangan sebagai berikut :

- Kondisi jalan Humaniora yang selalu ramai sehingga pastinya dilakukan dengan sangat cepat sekali.

- Alarm mobil yang tidak berbunyi (kedua mobil tersebut dilengkapi alarm), pencuri sangat paham tentang seluk beluk alarm mobil yang tak mungkin berbunyi jika kacanya dipecah.

- Tidak menimbulkan gegaduhan sehingga tidak membuat curiga petugas SKKK UGM yang berjaga di pos satpam Fakultas Psikologi tak jauh dari situ.

Meskipun kampus UGM memiliki SKKK (Satuan Keamanan dan Ketertiban Kampus), namun tanggung jawab keamanan tetap ada di tangan kita masing-masing. Ingat kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Oleh karena itu sudah selayaknya kita merubah perilaku kita untuk mengurangi adanya kesempatan tersebut.

Hikmah dari kejadian ini bagi kita semua yaitu peningkatan kewaspadaan kita sendiri dengan berhati-hati untuk memarkir mobil di kawasan kampus UGM dan sebisa mungkin tidak meninggalkan barang-barang berharga di mobil. Lengkapi mobil dengan kunci stir/ganda untuk mempersempit kesempatan pencurian mobil. 

Sekali lagi saya ingatkan bahwa kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Lebih baik menjauhkan kesempatan daripada mengalami trauma akibat tindak kejahatan. Tetaplah waspada karena kejahatan ini tidak hanya terjadi di kawasan UGM saja, tetapi bisa terjadi di mana saja dan pada siapa saja.  

Tags: ,

Mood : Marah emoticon

16 Responses :


1. Adham Somantrie™ Says:

gaswat juga ya…
laptop ilang, masih bisa dicari gantinya…
kalo data ilang? berharaplah PERNAH nge-back-up…



2. zam Says:

UGM = universitas gudangnya maling?

duh gusti..



3. Totok Sugianto Says:

yang namanya maling tetep saja selalu selangkah lebih lihai dari kita, jadi tetep ingat kata bang napi… "WASPADALAH.. WASPADALAH.."



4. geblek Says:

waspada waspadalah



5. dhika Says:

Makanya, kasih GPS aja laptopnya:p



6. tooooooooooopics Says:

ckckckkcc… terjadi lagi….

mungkin kalo lektopnya ditaro di atas sepeda onthel malah ngga menarik perhatian maling kaleee…



7. funkshit Says:

untung saya ngga pernah ninggalin laptop saya di motor :D
waspadalah waspadalah.. helm aja rawan.. aalagileptop



8. sigap Says:

ga di jogja.. ga di bandung aja mas…. tanggal 22 / jumat siang… wah di tinggal sholat jumat….di PUSDAI jl. diponegoro Bandung laptop EVO 610 compaq ( biar komputer lama juga ga pandang ) isi data Tesis dan data lain yang penting bagi saya…ciri nya >> bios admin nya selalu muncul no tlp rumah dan alamat

022-250 3808 OCHA DS TUBAGUS ISMAIL II / 8 Bandung….

bagi teman yang menemukan paling Tidak HDD NYA kalo Laptop nya 100 % ihklas.. banget.. tapi kalo saya mo penelitian lagi butuh waktu lama……..ciri2 HDD > Fujitsu 60 Gb di partisi 3 partisi pertama System , Partisi ke 2 >> Isinya data Kerja dan Tesis
partisi ke 3 Foto keluarga, serta Foto2 pribadi saya…

informasi teman2 sangat saya hargai email saya dsigap@yahoo.com… terima kasih…………



9. sigap Says:

Masih sekitar Bandung….. 1 bulan terkahir 2 warnat di bandung ( K100 di jl. Dipatiukur 105 Bandung dan wnet BAWAL ( daerah Suropati) juga di rampok….Serem nya… perampok bersenjata api dan pengunjung di sekap di kamar mandi.. tidak tangung tangusng 17 set kompuyer k 100 dan 21 unit wnet bawel bibawa kabur….. siapa yang nampung tuh segitu banyaknya ..?????????

kata bang napi…. kejahatan bukan dari niat sipelaku .. karena ada kesempatan….. WASPADALAH…. WASPADALAH…….



10. Advokat Listiana Says:

Makanya jangan simpan laptop dimana saja.
** salam**



11. -tikabanget- Says:

:(
gawat..
sayah biasa meninggalkan leptop di mobil tanpa rasa dosa.. :(



12. randz888 Says:

Sama mas…Di UI juga pernah kejadian…
Salam kenal
Salam dari UI

P.S:ini bukan spa mas…Tp kyny komen sy masuk spam trus…Maap yo…



13. dani Says:

jd jgn salahkan kl ke toilet pun leptop ngikut
itu di mobil, yg di ruang kelas aja bs ilang jg :(



14. Carity Says:

Wah…hati-hati dong…… Pulpen di kantor gw aja bisa ilang……Konon lagi Laptop….. Gw bukannya nuduh….tp yg pasti ada orang kampus tuh pelakunya…… Karena dia udah mempelajari kapan security lg nyantai….. Karena kalau orang luar ngak akan berani tuh masuk Kampus……Boro2 nyuri….. Kayaknya perlu dipanggil "DETEKTIF CONAN"..



15. dayat Says:

kalo ditempat gw yang paling rutin adalah : Laptop ama HP ditaruh dimeja gak pernah ilang. Tapi kalo pulpen yang ditaruh, cepet banget ilangnya dan pasti gak terlacak lagi…



16. Kota Yogyakarta Tidak Lagi Aman dan Nyaman Says:

[...] Maling Laptop Profesional Kembali Beraksi di Kampus UGM [...]



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

30q. 0.100s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia