pakupaku
Wednesday, 15.10.2008 0:12

Butuh Psikolog? Mari ke Puskesmas ! (Kab. Sleman)

Posted on Human Health.

Saya masih ingat ketika teman saya dulu mencari psikolog untuk membantu dirinya keluar dari depresi. Saat itu memang layanan konsultasi psikologi masih terbatas sehingga saya menyarankan dia untuk datang ke Unit Konsultasi Psikologi UGM, atau ke GMC Health Center atau ke rumah sakit. Meski demikian teman saya itu masih ragu-ragu dengan alasan takut biayanya mahal.

Saat ini, alasan-alasan seperti itu mulai hilang, karena layanan psikologi mulai mudah diakses dengan biaya yang terjangkau, salah satunya dengan adanya Layanan Konsultasi Psikologi di 24  Puskesmas wilayah Kab. Sleman. Layanan tersebut mulai dirintis pada tahun 2006 oleh Fakultas Psikologi UGM bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Sleman. Hal tersebut didorong adanya kesadaran bahwa kesehatan manusia seutuhnya tidak hanya kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental dan sosial yang saling berkaitan satu sama lain.

Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat tersebar di seluruh kecamatan Kab. Sleman sehingga mudah diakses, begitu pula biaya layanan konsultasi psikologi yang sangat murah yaitu Rp 11.250,- (tanpa rujukan dokter), atau Rp 3.400,- (dengan rujukan dokter). Para pemegang ASKES dan JAMKESMAS (Gakin, Askin) pun dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan cuma-cuma (Gratis). Jadi kesan bahwa jasa layanan konsultasi psikologi yang tak murah dan juga tak terjangkau rakyat kecil terbantahkan.

Layanan konsultasi psikologi diberikan oleh psikolog. Siapa itu psikolog? Psikolog adalah orang yang telah dididik secara khusus untuk membantu seseorang yang sedang mengalami masalah kesehatan jiwa dengan percakapan konseling ataupun psikoterapi.

Apa saja yang dilakukan psikolog? Psikolog akan membantu dengan  percakapan konseling ataupun psikoterapi agar klien dapat mengenal diri dan permasalahan yang dialaminya, serta memberikan arahan untuk mencari pilihan cara menyelesaikan masalah tersebut.

Masalah-masalah apa saja yang bisa dikonsultasikan pada psikolog?
Masalah pribadi yang membuat stres dan depresi.
Masalah perasaan, misalnya soal pacaran, patah hati, ataupun masalah dengan teman dan sahabat.
Ingin mengubah kebiasaan, misalnya ingin berhenti merokok, napza, dll.
Masalah seks dan kesehatan reproduksi.
Masalah hubungan dengan keluarga, misalnya dengan ortu, adik/kakak, dll.

Bagaimana caranya jika ingin berkonsultasi dengan psikolog di puskesmas? Caranya mudah, datanglah ke bagian pendaftaran di Puskesmas, dan katakan jika Anda ingin berkonsultasi dengan psikolog. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum dirujuk ke psikolog.

Nah, mudah bukan. Mulai sekarang jika Anda membutuhkan bantuan psikolog, pergilah ke puskesmas terdekat (jika berada di wilayah Kabupaten Sleman). Selamat berkonsultasi !

Daftar Alamat 24 Puskesmas Kab. Sleman :

1. GAMPING I — Delingsari, Ambarketawang Gamping
2. GAMPING II — Turusan Banyuraden Gamping
3. GODEAN I — Pandean, Sidoluhur, Godean
4. GODEAN II — Nogosari, Sidokarto, Godean
5. MOYUDAN — Ngentak Moyudan
6. MINGGIR — Sendangagung, Minggir
7. SEYEGAN  — Pete, Margokaton Seyegan
8. MLATI I  — Kututegal, Sinduadi, Mlati
9. MLATI II — Cebongan, Sumberadi, Mlati
10. DEPOK I — Nanggulan, Maguwoharjo, Depok
11. DEPOK II  — Jl. Lely III Perumnas Condong catur
12. BERBAH — Sribit, Sendangtirto, Berbah
13. PRAMBANAN — Delegan, Sumberharjo, Prambanan
14. NGEMPLAK I — Koroulon Bimomartani, Ngemplak
15. NGEMPLAK II — Jetis Widodomartani, Ngemplak
16. NGAGLIK I — Gondangan, Sardonoharjo, Ngaglik
17. KALASAN — Krajan, Tirtomartani, kalasan
18. NGAGLIK II  — Kayunan Donoharjo Ngaglik
19. SLEMAN — Kiring I, Triharjo, Sleman
20. TEMPEL I — Ngebong Margorejo, Tempel
21. TEMPEL II — Kemusuh, Banyurejo, Tempel
22. TURI — Donokerto, Turi, Sleman
23. PAKEM  — Tegalsari, Pakembinangun, Pakem
24. CANGKRINGAN — Bronggrang, Argomulyo, Cangkringan

Tags: , , , , ,

Mood : Senang emoticon

16 Responses :


1. nothing Says:

weeh, elok tenan….
ga salah deh jogja jadi daerah istimewa, soale puskesmasnya juga istimewa.
ya semoga pelayanannya profesional



2. chocoluv Says:

kalo di puskesmas godean ada apa, pak? :-P

hehehe,
masih berapa lama lagi dirimu di tempat nun jauh itu, mas?
kapan jadi psikolog dan praktek di puskesmas? hehehe



3. ngodod Says:

jogja ono ra…?



4. mina Says:

apakah layanan jiwa oleh psikolog ini hanya di Jogja atau sudah dicanangkan oleh Depkes untuk ada di semua Puskesmas? -membayangkan psikolog-psikolog PTT juga-



5. kenz Says:

@chocoluv
haha, aku lebih jauh dari godean tempat pkpnya :D

@ngodod dan mina
baru di kab. sleman, sepertinya baru pilot project.



6. raiderhost Says:

he.. he..

moga2 psikiaternya cantik22..

biar orang gila pada smngat ke puskesmas,,,, :D

just kidding..

thankz infonya…



7. femi Says:

sedap. sleman tambah maju aja …



8. iwan Says:

ada yang cantik g lam kenal mas



9. Yusup Says:

makasih atas memajukannya!
thanks atas imformasinya!



10. aldohas Says:

Alamatnya nama kelurahannya?
aneh-aneh namanya

yang sehat aja susah nyarinya
palagi yang terganggu jiwanya,bisa nyasar tuh
:)



11. Kenz Says:

@aldohas
yang kurang sehat kan bisa diantar sama yang sehat :D nah yang sehat kan bisa nanya-nanya ….. hehe…

Kalau bagi masyarakat kecil, mencari puskesmas itu mudah dan hampir semua orang tahu letaknya. Sosialisasi puskesmas di kelurahan sangat bagus.

Mungkin yang kesulitan adalah masyarakat luar daerah.



12. Tiphit Says:

Wah..komplit sekali



13. Dody L A Says:

yaaa betul. Jogja memang betul-betul istimewa… ada layanan kesehatan mental dari para psikolog. Propinsi laen sebaiknya nyusul deh, karna saat ini yang sakit atao individu yang kena gangguan mental rada-rada lebih banyak daripada yang sakit fisik. Tapi kurang dapat perhatian.. Kecian tenan.. trus masih banyak jg masyarakat kita yang belum tau bedanya psikiater dg psikolog.. perlu sosialisasi banget nih



14. amonni Says:

Sy mendapat tugas dari dosen untuk melakukan observasi wawancara & mengisi angket untuk pasien.
Di puskesmas atau tempat psikolog mana ya yg kira2 pasiennya banyak?

Mohon informasinya
Terimakasih banyak.



15. arsyil yasari Says:

kalau ke puskesmas minggir tidak membawa askes bagaimana??



16. maria Says:

apa perlu lewat dokter habis itu baru di rujuk ke psikolog,bolehkah daftar langsung ke tujuan tanpa memalui dokter umum?
apa benar kalau kita punya askes bakalan geratis?

thx



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.095s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia