pakupaku
Wednesday, 12.11.2008 6:33

Tanya Jawab Seputar Penelitian Saya tentang Blog

Posted on Psychoblogology.

Tempo hari Adi Onggoboyo seorang peneliti tentang blog memberikan saya beberapa pertanyaan berkaitan dengan penelitian lanjutannya. Sekedar mengingatkan bahwa pada tahun 2004 yang lalu, Adi Onggoboyo melakukan penelitian yang berjudul Profile Para Blogger : Suatu Fenomena Sociocyber yang Unik dan Dinamis. Penelitian tersebut memenangkan lomba PPRI (Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia) 2004 kategori 20-25 tahun. Kesibukan saya yang luar biasa membuat saya menjawab pertanyaannya dalam beberapa minggu :) Maafkan saya Adi.

Berikut ini saya publikasikan tanya jawab ini untuk membuka diskusi dengan teman-teman yang lain berkaitan dengan tanya jawab seputar penelitian saya tentang blog :

A : Hasil riset kuantitatif yang pernah anda kerjakan, cenderung mirip dan menguatkan hasil-hasil penelitian dari saya. Secara umum, anda sendiri melihatnya hal-hal menarik yang dapat ditarik dari situ apa saja?

Hal-hal yang menarik dari penelitian saya (survei 2005) tentang blogger, yaitu :

1. Isi dominan blogger adalah cerita pribadi (58,7%), ini menunjukan blog merupakan suatu media personal untuk mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan. Ada kebutuhan untuk menyalurkan sesuatu yang terpendam sehingga terungkap melalui tulisan dan diketahui oleh banyak orang. Pemberian informasi kepada orang lain ini merupakan suatu kebutuhan khusus untuk berinteraksi dan menjalin relasi terbuka dengan orang lain di dunia maya.

2. Kegiatan blogging sebagian besar dilakukan oleh orang-orang yang memiliki akses internet gratis (41,06%), online lebih dari 1 jam (98,02%), frekuensi akses lebih dari 5 kali dalam seminggu (81,45%). Interaksi yang lama di dunia maya merupakan suatu faktor penunjang bagi seseorang untuk melakukan kegiatan blogging. Hasil survei menunjukkan bahwa blogging bukan merupakan kegiatan yang utama ketika online, hanya 6,62% yang memprioritaskan kegiatan blogging. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan blogging hanyalah suatu kegiatan pelengkap saja bagi seseorang yang berinteraksi dalam dunia maya.

3. Rentang usia blogger terbanyak ada pada 17-33 tahun, hal ini menunjukkan bahwa blog merupakan media kaum muda baik yang yang masih single (50,99%), ataupun yang sudah memiliki pasangan (49,1%). Jika dilihat dari teori perkembangan Hurlock, usia 18-40 tahun merupakan masa bermasalah dan penuh ketegangan sosial. Jadi blog memiliki kemungkinan sebagai sarana katarsis dan tempat curahan emosi para penulisnya yang sebagian besar berusia muda. Dalam hal ini pendapat Roy Suryo yang mengatakan blog adalah katarsis adalah benar, namun tidak tepat jika beliau mengatakan blog adalah katarsis semata karena blog tidak hanya sebagai katarsis.

Perbedaan jumlah jenis kelamin blogger yaitu perempuan (56,95%) dibandingkan laki-laki (43,05%) menunjukkan bahwa minat menulis lebih disukai oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Begitu pula pendidikan minimal yaitu SMA merupakan suatu faktor kondisi bagi seseorang yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan memiliki ketrampilan menulis sehingga dapat berinteraksi dengan dunia maya.

2. Apakah anda melihat bahwa blog merupakan trend sesaat atau terus berkembang dan menjadi kebutuhan di masa depan? Jika melihat data statistik blogger, khususnya di Indonesia, setidaknya baru hanya mencapai 0,04% dari pengguna internet di Indonesia?

Menurut saya blog akan terus berkembang karena merupakan suatu media aktualisasi diri seorang individu ataupun kelompok di era informasi dan teknologi internet. Namun demikian perlu diperhatikan juga bahwa saat ini blog merupakan suatu media baru sehingga membuat individu mencoba-coba, hal inilah yang mungkin terlihat sebagai suatu tren sesaat.

Berdasarkan penelitian kualitatif deskriptif saya pada tahun 2007, saya menemukan bahwa motivasi blogger untuk membuat blog adalah karena kebutuhan berinteraksi dengan orang lain dan berbagi informasi pada teman. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan afilisasi dalam dunia maya khususnya dalam berbagi informasi. Jika melihat temuan itu, blog akan seiring sejalan dengan situs-situs pertemanan sosial seperti friendster, facebook.

Perkembangan teknologi internet dan globalisasi membuat seseorang harus masuk dalam dunia maya untuk mengatasi batasan waktu dan tempat. Ketika berada dalam suatu dunia baru, seseorang akan mulai menyalurkan kebutuhan berafiliasinya untuk mencapai kebutuhan tertinggi seorang manusia yaitu kebutuhan beraktualisasi diri (Maslow dalam Schultz, 1991).

Menurut Chaplin dalam Kamus Lengkap Psikologi, Aktualisasi diri didefinisikan sebagai kecenderungan untuk mengembangkan bakat dan kapasitas sendiri. Sedangkan menurut Rogers (dalam Schultz, 1991), aktualisasi diri adalah proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan sifat-sifat serta potensi-potensi psikologisnya yang unik. Ketika diri seseorang mulai berkembang, tekanan dalam aktualisasi beralih dari fisiologis ke psikologis.

3. Merujuk pada hasil penelitian kita bersama, saya melihat bahwa blog dapat dijadikan semacam terapi psikologis bagi orang-orang tertentu. Apakah anda setuju dengan pernyataan saya? Jika iya, bisakah anda jelaskan lebih detail dalam kaitan dengan bidang ilmu anda?

Ya, sangat setuju. Blog menjadi semacam sarana untuk pengembangan diri  ini dapat dilihat dari survei  blogger 2005  yang menunjukkan bahwa 58,7% isi dominan blog adalah diari/cerita pribadi. Hal ini didukung dengan penelitian kualitatif saya di tahun 2007, bahwa blog sebagai sarana aktualisasi diri yaitu sarana seseorang untuk menjadi dirinya sendiri dengan mengembangkan potensi-potensi psikologisnya yang unik (Rogers dalam Schultz, 1991). Potensi psikologis itu dapat berupa minat tertentu yang disukai orang (Goldstein dalam Hall dan Lindzey, 1993).

Sebagian subjek penelitian tahun 2007 itu menunjukkan adanya potensi bawaan yaitu kesenangan menulis.  Dalam penelitian tersebut  terungkap fakta bahwa blogger tidak mengembangkan potensi menulisnya dalam bahasa yang baik dan benar namun lebih pada kemampuan untuk mengekspresikan diri melalui tulisan. Manfaat penyaluran ekspresi diri ini ditunjukkan oleh semua subjek penelitian. Proses aktualisasi diri sendiri sebenarnya terjadi ketika subjek melakukan kegiatan blogging yaitu kegiatan menulis blog, blogwalking, memberi komentar, ataupun mendesain blognya.

Proses-proses aktualisasi diri ini mengungkapkan beberapa ciri dan sifat pokok yaitu : keterbukaan pada pengalaman, kehidupan eksistensial, kepercayaan pada lingkungan diri sendiri, dan perasaan bebas serta kreatif. Proses aktualisasi diri akan membawa seseorang pada kepribadian yang sehat yaitu menjadi manusia yang berfungsi seutuhnya.  (Rogers, dalam schultz, 1991).

Sekilas Pandangan : Selain itu terapi yang bisa digunakan melalui blog adalah terapi katarsis yaitu penyaluran emosi sesaat (teori psikoanalisa). Bila diamati dari segi interaktivitas dan hubungan sosial maka blog bisa menjadi suatu media untuk melakukan terapi kelompok, yaitu terapi supportif. Misalnya dibentuk suatu kelompok blogger, dengan aturan main tertentu mereka dilatih memberikan komentar yang konstruktif sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah pribadi blogger tersebut. Dalam hal ini blog dapat menjadi sarana sekelompok orang untuk memberikan dukungan emosional.

4.    Menurut anda, terjadikah semacam evolusi diri secara individual dalam dinamika blogger yang ada? (Misalnya, dari yang tadinya introvert kemudian secara perlahan menjadi terbuka)

Menurut saya bisa terjadi demikian, karena berdasarkan penelitian saya ttg blog sebagai sarana aktualisasi diri ( Studi Deskriptif-Eksploratif) pada tahun 2007. Blog dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi seorang individu karena blog merupakan suatu lingkungan yang memiliki objek-objek dan kondisi-kondisi yang diperlukan untuk aktualisasi diri. Proses aktualisasi diri ini terjadi ketika subjek melakukan aktivitas blogging. Dalam hal ini blog menjadi suatu tempat bagi individu untuk mengekspresikan diri secara bebas dalam batasan-batasan yang dibuatnya sendiri dan dapat mengembangkan potensi-potensi diri individu untuk menjadi manusia yang berfungsi sepenuhnya (Rogers dalam Schultz,1991).

5.    Secara masyarakat, jika saya memandang bahwa para blogger mengorganized dirinya sendiri dan kemudian membentuk sebuah masyarakat virtual dengan norma-norma yang dibentuknya juga secara mandiri dalam sebuah system social yang berbeda dari masyarakat dalam pengertian konvensional, maka menurut anda sendiri jika melihatnya secara psikologis seperti apa?

Saya melihat dari sisi mikro ke arah makro bahwa pada dasarnya blog merupakan suatu media personal online yang merupakan representasi diri individu dalam ruang maya. Mengapa dikatakan representasi diri individu karena blog menjadi tempat seseorang untuk mengekspresikan diri penulisnya sesuai dengan batas-batas yang mereka tentukan sendiri baik melalui tulisan maupun tampilan desainnya (Manungkarjono, 2007).

Kebutuhan afilisasi sendiri merupakan suatu bentuk perilaku yang muncul sebagai pendorong seseorang membuat blog dan pada akhirnya menggunakan blog sebagai representasi dirinya untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Kumpulan interaksi individu ini di dunia maya secara psikologis sedikit berbeda dengan dunia nyata. Blogger memenuhi kebutuhan afiliasinya dengan saling berkunjung antar blog (blogwalking), memberikan komentar pada postingan/shoutbox dan membentuk kelompok/komunitas atas dasar kesamaan suatu hal seperti satu tujuan, satu daerah, satu minat dan lain-lainnya. Interaksi sosial di dunia maya ini sangat terbatas dibandingkan dengan interaksi yang bisa dilakukan di dunia nyata.

Jadi saya sependapat jika Anda mengatakan bahwa blogger mengatur dirinya sedemikian rupa untuk kemudian menciptakan suatu atmosfer masyarakat virtual dengan norma-norma yang berbeda dengan masyarakat real. Norma-norma ini tentunya menyesuaikan dengan karakteristik lingkungan dunia maya yang terbatas dan bersifat anonim. Sebenarnya lebih dari itu, norma yang muncul dari komunitas blog merupakan perpaduan antara karakteristik lingkungan dunia maya dengan kepribadian masing-masing individu itu sendiri sehingga di komunitas blog pun akan ditemukan budaya yang berbeda antar komunitas yang satu dengan komunitas yang lain.

Suatu hal yang menarik adalah komunitas virtual ini ternyata memiliki suatu kebutuhan untuk berinteraksi secara real yang dikenal dengan istilah KOPDAR (kopi darat). Hal ini tentunya menunjukkan bahwa blogger masih memiliki kerinduan dengan karakteristik masyarakat konvensional.

6.    Bagaimana corak umum kepribadian yang anda amati pada para blogger, baik kepribadian secara individual maupun kepribadian secara kelompok?

Tahun 2006 yang lalu saya punya keinginan untuk meneliti sejauh mana karakteristik kepribadian blogger. Sayangnya, hal ini belum terwujud sehingga saya belum memiliki data secara ilmiah dan akurat tentang ini. Namun berdasarkan pengamatan dan juga pengalaman ketika membuat penelitian deskriptif kualitatif tentang blog sebagai sarana aktualisasi diri, saya mendapatkan suatu gambaran bahwa kepribadian blogger secara individual sangat menarik. Seorang yang introvert bisa menjadi seorang ekstrovert di blog, begitu pula sebaliknya. Jika dikaitkan dengan penelitian blog sebagai sarana aktualisasi diri, saya menemukan bahwa karakteristik kepribadian blogger tergantung sejauh mana seorang blogger membuat batasan-batasan dalam blognya. Jadi kepribadian blogger sesungguhnya, belum tentu merupakan kepribadian blogger yang diciptakan melalui blog dan juga perilakunya di dunia maya. Karakteristik blog dan dunia maya sangat mendukung seseorang untuk menjadi pribadi yang diinginkannya secara lebih bebas baik menjadi pribadi yang positif ataupun negatif, introvert maupun ekstrovert.

Sedangkan untuk kepribadian kelompok, saya mengamati bahwa kepribadian kelompok blogger memiliki karakteristik yang hampir sama dengan karakteristik kepribadian kelompok di dunia nyata. Solidaritas kelompok ditampakkan dengan cukup menonjol, misalnya jika salah seorang blogger anggota kelompok tertentu mendapat masalah, maka dukungan dari anggota kelompok yang lain akan terus mengalir. Perbedaannya hanya dalam keterbatasan pertemuan tatap muka, sehingga mau tidak mau mereka harus memiliki sifat percaya satu sama lain yang cukup tinggi. Tentunya sifat percaya yang tinggi ini bisa merupakan suatu hal yang berdampak positif maupun negatif dalam interaksi antar blogger. Kepercayaan tersebut memudahkan seseorang untuk masuk dalam kelompok (in-groups), namun di sisi lain kepercayaan tersebut kadang kala disalahgunakan.  Misalnya kasus penipuan yang pernah terjadi di kalangan blogger baru-baru ini.

Referensi :
Hall, Calvin S. dan G. Lindzey. (1993). Psikologi Kepribadian 2 : Teori-Teori Holistik (Organismik-Fenomenologis). Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Hurlock, E. B. (1994). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Manungkarjono, O. K. (2007). Blog Sebagai Sarana Aktualisasi Diri (Studi Deskriptif-Eksploratif). Skripsi (tidak diterbitkan) Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta.

Schultz, D. (1991). Psikologi Pertumbuhan : Model-Model Kepribadian Sehat. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Tags: , , , ,

Mood : Bercanda emoticon

10 Responses :


1. chocoluv Says:

whoalah. pusing saya bacanya :-P

btw, thought i blog since 2002, but now i believe that… mungkin blog emang cuma trend sesaat.

coba liat link yang ada di blog wedhouz ini http://www.wired.com/entertain.....1/st_essay

lagian, ngaku deh, saya dan anda sama2 orang yang kadang secara ga sadar sudah melupakan blog sendiri :-D



2. Yahya Kurniawan Says:

Setuju sama chocoluv, pusing bacanya. Kalo saya sih gampangnya saya ngeblog karena memang pingin :mrgreen:



3. Kenz Says:

@Chocoluv
hehe… kalau cuma tren sesaat, kenapa kamu masih ngeblog dari 2002 sampai sekarang, MOn :D

coba lihat statistic technorati :
http://technorati.com/blogging.....ogosphere/

dan kalau tren sesaat, kenapa saya masih menulis dengan kesibukan saya di dunia nyata yang menggila? ya, karena ketika saya online, saya menggunakan blog saya sebagai representasi diri saya di dunia maya. begitu :D



4. nadh Says:

ikutan siapa ya? :D

intinya sii,
mau tren sesaat kek,
mau engga kek,
dinikmati ajaa.
ga ada salahnya kaan ngikutin tren?

besides,
sesaat ga selalu berarti sebulan dua bulan kaliii.
;)



5. Amma Says:

OOT dulu yaks :d

seperti tahun2 sebelumnya kembali CA mengadakan Kambing Ceria dalam rangka Hari Idul Adha mendatang. mekanisme dari KC ini adalah..uang yang terkumpul nanti dibelikan kambing (atas nama CA tentunya) dan diberikan ke lokasi penyaluran hewan kurban. pas hari H pihak CA akan datang untuk dokumentasi dan sekedar jeng2. plus rencanya mo maksi bareng di t4 annots :D.
bagi yang mau berpartisipasi bisa kontak ke amma (add Ym : paprika_manis).
thq a lot :)



6. iduplampu Says:

apa yang harus saya lakukakan saat server internet easy cafe saya hank dan maunya direstart.tks



7. eleanor rose Says:

terima kasih untuk informasi yang menarik ini :)

blog menydiakan ruang lain yang tidak disediakan dunia non-maya :)

pertemuan-pertemuan dengan blogger-blogger lain juga rangkaian peristiwa yang menarik. senang rasanya menemukan karakter dan pengetahuan baru.

salam
ej rose



8. rani Says:

intinya,
hidup blog! hehee (dan para blogger juga tentunya)

stuju
blog sbg representasi diri di dunia maya
plus di balik itu kita bisa share banyak banget hal sama orang laen
memperluas jaringan dan wawasan juga
pokoknya okelah, hehehe

go blog!



9. indra prawira Says:

bantuin dong saya bikin blog tapi kok di search di google gak bisa muncul…please bantuin ya



10. phen Says:

halo mas… salam kenal saya feny.. sekarang tertarik meneliti blog.. bole minta alamat email tak??? ingin diskusi banyak tentang blog



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

32q. 0.099s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia