pakupaku
Sunday, 19.04.2009 23:55

Review Internet Explorer 8 : Browser Baru Microsoft Berasa Gado-Gado

Posted on Internet.

Siapa yang tidak kenal Internet Explorer? Sebuah browser yang paling banyak digunakan orang sampai saat ini karena terintegrasi dengan sistem operasi Microsoft Windows. Hal ini menjadikan IE sebagai browser yang diperhitungkan, namun sekaligus dibenci oleh praktisi IT seperti web desainer karena banyaknya kelemahan dan standar yang berbeda dalam browser ini.

internet-explorer-8-1

Saya sendiri tidak lagi menggunakan IE sebagai browser utama sejak kemunculan si Rubah Api (Firefox) yang lumayan cepat, tangguh dan aman. Sebelum itu ada Opera yang masih bergelar sebagai browser tercepat di muka bumi dengan kemudahan tab-tabnya. Banyaknya kelemahan dan ketertinggalan IE dengan browser lain membuat saya selalu menyarankan teman-teman saya untuk beralih ke Firefox atau browser-browser selain IE.

Internet Explorer 8 Berasa Gado-Gado
Kini saya tergoda untuk mencoba IE 8, sebuah browser yang diklaim oleh Microsoft sebagai browser paling cepat dan paling aman yang pernah dibuatnya. Selama satu minggu saya mencoba menggunakan browser ini, dan satu kesan yang saya rasakan pada browser ini yaitu Gado-Gado!!! (*sejenis makanan tradisional yang terdiri dari campuran berbagai macam sayur-sayuran).

internet-explorer-8-4

Saya masih ingat dulu ketika menggunakan IE versi 6 kebawah, saya harus menekan Ctrl-N setiap kali membuka situs lain sambil menunggu akses situs di jendela yang lain. Namun sekarang, IE 8 telah mengadopsi sistem tab Opera dan malah lebih baik karena selain Duplicate Tab, juga ada Reopen Closed Tab dan Recently Closed Tab yang membantu untuk membuka kembali tab yang telah tertutup.

internet-explorer-8-2

Keunggulan yang lain sistem tab IE 8 dibandingkan browser lain adalah Group Tab. Tab-tab yang berisi halaman yang berbeda dalam satu situs yang sama dapat secara otomatis mengelompokan diri dan warna tabnya akan berubah sama dalam satu group. 

Selain berasa Opera, IE 8 juga memiliki rasa Firefox yaitu pada Add Ons atau fasilitas dari pihak ketiga yang bisa ditambahkan dalam browser ini. Meski Add Ons-nya tidak sebanyak dan selengkap Add Ons Firefox, namun IE 8 lebih unggul karena tidak diperlukan restart browser ketika menambahkan suatu Add Ons.

internet-explorer-8-7

Atmosfer rasa Browser Safari 4  muncul ketika menggunakan fasilitas IE 8 yaitu Inprivate Browsing yang mirip dengan Private Browsing pada Safari. Inprivate browsing adalah suatu fasilitas IE8 yang memungkinkan pengguna dapat mengakses internet dengan aman dan lebih terjamin privasinya karena jejak-jejak seperti history, cookiestemporary file dan data lainnya tidak terekam pada browser. Fasilitas ini sangat berguna bagi user yang sering menggunakan internet di komputer milik orang lain atau warnet.

internet-explorer-8-6

Fasilitas Smart Addressing Internet Explorer 8 juga hampir mirip dengan Safari. Ketika mengetikan suatu kata pada kolom URL, browser Safari akan memberikan alamat  berdasarkan Top Sites dan Bookmark. Sedangkan pada IE 8 akan muncul beberapa rekomendasi situs berdasarkan History, Favorites dan Feed RSS.

Bagaimana dengan rasa Chrome, browser buatan Google yang sedang mengorbit saat ini? Ternyata saya merasakannya ketika mencoba fasilitas Accelerators IE 8.  Pada Chrome, pengguna dapat memilih suatu text dalam suatu situs dan langsung melakukan pencarian text tersebut menggunakan mesin pencari Google.

internet-explorer-8-5

IE 8 ternyata lebih lengkap lagi, karena melalui Accelerators, pengguna selain dapat melakukan pencarian ke berbagai mesin pencari, juga dapat mengirim email, menuliskan text ke blog, dan mentranslate text ke bahasa yang lain. Satu lagi, ternyata IE 8 meniru tata letak Chrome yaitu menempatkan kolom URL Address pada bagian atas browser sehingga terasa sekali rasa Google Chrome-nya.

Kelemahan Internet Explorer 8
Di balik kecanggihan IE 8 ternyata ada beberapa kekurangan atau kelemahannya, yaitu :

1. IE 8 bukan browser tercepat, karena terbukti Firefox versi terbaru 59% lebih cepat dibandingkan IE 8. Baca disini.

2. IE 8 ternyata masih mudah dihack, ini terbukti dalam kompetisi Hacking Contest di Vancouver, Canada. Baca disini.

3. Besar file installer jauh lebih besar IE 8 dibandingkan dengan browser yang lain. Besar installer IE 8 adalah 16MB, bandingkan dengan Firefox 7MB, dan Opera yang hanya berkisar 5MB.

4. Microsoft hanya membuat IE 8 yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows saja sehingga pengguna Linux dan Mac tidak bisa mencoba menggunakan browser ini.

5. Kompabilitas IE 8 masih kurang baik dengan html sehingga merusak tata letak desain web. Ada salah satu situs yang saya kelola, tampilannya berubah ketika dibuka dengan IE 8. Sementara dengan browser lain tidak bermasalah.

internet-explorer-8-8

Kesimpulan
Ketekunan Microsoft  mempelajari karakteristik browser-browser lain menghasilkan browser yang berasa gado-gado sehingga pengguna browser lain pun serasa familiar dengan fasilitas Internet Explore 8.

Beberapa keunggulan fasilitas dalam Internet Explorer 8 yang telah disebutkan dalam tulisan ini membuktikan bahwa Microsoft akhirnya berhasil mengejar ketertinggalannya dengan browser-browser lain selama ini.

Meskipun demikian Microsoft tetap harus berjuang keras untuk melakukan reposisioning browsernya sehingga berbeda dengan browser lainnya, tidak sekedar hanya mengadopsi fasilitas-fasilitas yang sudah ada pada browser lainnya. Segala kelemahan browser ini juga harus segera diatasi sehingga citra IE 8 yang tidak aman, lambat, tidak bersahabat dengan standar tata layout web dapat segera hilang.

Akhirnya, Browser ini memang patut dipertimbangkan terutama bagi pengguna Microsoft Windows yang terbiasa menggunakan Internet Explorer. Segera updatelah IE lama Anda dengan IE 8 sehingga pengalaman internet menjadi lebih aman dan lebih menyenangkan.

Download : Microsoft Internet Explorer

Tags: , , , , , , ,

Mood : Bahagia emoticon

9 Responses :


1. Topics about Microsoft » Review Internet Explorer 8 : Browser Baru Microsoft Berasa Gado-Gado Says:

[...] 08 Watch added an interesting post today on Review Internet Explorer 8 : Browser Baru Microsoft Berasa Gado-GadoHere’s a small readingKetekunan Microsoft mempelajari karakteristik browser-browser lain menghasilkan browser yang berasa gado-gado sehingga pengguna browser lain pun… [...]



2. Yahya Kurniawan Says:

Saya sudah install IE 8, tapi jarang dipake, paling cuma untuk membandingkan desain atau membuka BCA internet banking :))



3. Ericova Says:

wah ikut lomba dr microsoft jg mas?hohoho



4. dJengWidZ Says:

Wagh,, wis pake ‘Srigala-Api’ je mas… maLah Lagi disibukkan dgn thunderbird (penasaran truz bongkar2, eeehhh… g bs ngbenerin lg,, :p)



5. day... Says:

saya juga tergoda dan akhirnya malam ini saya mencicipinya.

rasanya enak.

mudah-mudahan aman selama petualangan pertama ini.

IE8 cocok buat download lho…



6. Dirga Says:

pake Rubah api az, soaly skrng sudah bnyk web2 yg ter integrasi menggunakan firefox



7. David Says:

Bagus contentnya bro! nulis buku juga ya?



8. Ivan Says:

memang Opera n Firefox sperti kakak-adik yg mengejar kmenagan.



9. Karlsse Says:

i am a firefox user more than an internet explorer user but it seems that Internet explorer 8 is very stable and it its loading time for webpages is faster too.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13558 days
Emotional
97.5%
Bioritme Status
Physical
13.6%
Bioritme Status
Intellectual
-81.5%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

26q. 0.092s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia