pakupaku
Friday, 31.07.2009 23:23

TP-Link TL-WN551G WiFi Card Andalan di Linux Ubuntu [Alnect Komputer]

Posted on Linux.

Hampir dua tahun silam, saya kesulitan untuk mencari WiFi Card yang bisa digunakan di Linux Ubuntu. Beberapa toko saya datangi untuk mencari barang tersebut, saya telah mencoba membeli merek DLINK dan SMC ternyata tidak berjalan di Linux. Sampai akhirnya, saya datang ke Alnect Komputer di bawah jalan layang Janti, Yogyakarta.

Saya ditawari produk TP-LINK TL WN 551G, lalu saya membelinya karena harganya pun relatif murah dibandingkan yang lain. Saya membeli dengan harga Rp 175ribu waktu itu. Sementara PCI WiFi Card yang lain harganya di atas Rp 250ribu.

kenz-tplink-tl-wn551g-box

Satu box TP-LINK TL WN 551G terdiri dari 1 PCI WiFi Card, 1 Antena Eksternal dan 1 buah CD Driver untuk sistem operasi Microsoft Windows.

kenz-tplink-tl-wn551g

Saya memasang alat ini dengan harap-harap cemas karena pengalaman yang lalu dengan merk DLink dan SMC tidak dikenali oleh Linux Ubuntu. Sekian menit kemudian, saya merasa lega  karena WiFi Card ini dikenali dengan baik oleh Linux Ubuntu sehingga saya langsung bisa menggunakannya untuk mendeteksi dan mengakses koneksi hotspot di sekitar.

kenz-tplink-tl-wn551g-ubuntu

Saya masih bertanya-tanya mengapa WiFi Card ini bisa terdeteksi sedangkan yang lainnya tidak. Ternyata pertanyaan itu terjawab ketika saya membuka manajemen driver di Ubuntu. Oh, ternyata TP-LINK TL WN 551G menggunakan Chipset Atheros, chipset yang sudah terkenal kehandalannya sejak dulu kala.

kenz-tplink-tl-wn551g-hardware

Chipset tersebut membuat WiFi Card ini dikenali juga oleh Mikrotik yang ada di rumah saya. Apalagi antena eksternalnya bisa diganti dengan antena untuk outdoor sehingga saya bisa membuat hotspot dengan jarak jangkau yang lebih jauh.

Akhirnya saya pun membeli  30 buah TP-LINK TL WN 551G secara bertahap  untuk dipakai di kantor adek saya yang komputernya menggunakan Linux Ubuntu. Kehandalan WiFi Card memang tidak diragukan lagi, sampai saat ini belum ada masalah meskipun listrik di kantor adek saya sangat tidak stabil. Saya mengakui bahwa produk buatan China yang satu ini memang hebat, padahal garansi tokonya (Alnect Komputer) hanya 10 bulan.

Meskipun sudah dua tahun, namun saya masih melihat  TP-LINK TL WN 551G ditawarkan dalam jejeran produk di Alnect Komputer.  Anda dapat melihatnya disini :

Situs Alnect Komputer : PCI Card Wi-Fi Adapter TP-Link TL-WN551G + External Antenna.

Mungkin 3 kata untuk mendeskripsikan kelebihan produk ini yaitu : Handal(Masih optimal dipakai setelah 2 tahun), Murah (dibawah Rp200ribu) dan Fleksibel (bisa dideteksi oleh banyak sistem operasi). Jika Anda pengguna Linux Ubuntu atau Mikrotik, mungkin TP-LINK TL WN 551G ini bisa menjadi solusi. Anda bisa mendapatkannya di Alnect Komputer.

Tags: , , , ,

Mood : Bahagia emoticon

2 Responses :


1. Stop Dreaming Start Action Says:

Selamat ya mas. Alhamdulillah, saya juga mendapat hadiah flashdisk 2 GB. Salam kenal juga mas.



2. ketut dirna Says:

Boleh nanya mas, saya kan punya pico DJJ tapi wifinya lemah banget, apa bisa ya kalau pakai TP-LINK TL WN 551G untuk memperkuat wifinya. trims.



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 12811 days
Emotional
-22.3%
Bioritme Status
Physical
0%
Bioritme Status
Intellectual
97.2%
Bioritme Status





PulsaSuper

PulsaChips
Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 1.083s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia