pakupaku
Sunday, 06.09.2009 16:22

Informasi Gempa Bumi Dunia Melalui SMS

Posted on Ergonomics.

Gempa bumi pada 2 September 2009, sedikit mengingatkan pada gempa bumi Jogja tahun 2006. Rasa was-was dan takut membuat kita mencari sumber informasi akurat secepatnya tentang gempa tersebut. Pertanyaan yang muncul pertama kali adalah dimana pusatnya? berapa kekuatannya? Sayangnya ketika banyak orang mengakses informasi di situs BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Indonesia, justru menyebabkan situs tersebut menjadi overload dan mati.

gempabumi-tasik2009

Saya tidak berharap banyak pada situs BMKG dalam situasi tersebut, ada situs luar negeri yang lebih cepat menampilkan informasi gempa bumi yaitu di http://earthquake.usgs.gov. Hanya dalam waktu beberapa menit setelah gempa terjadi, situs tersebut sudah menampilkan informasi mengenai pusat gempa bumi, dan berapa kekuatannya. Situs ini juga menyediakan RSS Feed sehingga dapat dilanggan, ataupun juga diambil datanya baik untuk dipasang di situs kita atau dimasukkan dalam database kita.

Seandainya BMKG juga menyediakan RSS Feed tentunya masalah overload pengunjung bisa semakin dikurangi, ditambah lagi jika bekerja sama dengan operator telekomunikasi untuk membuat SMS Gateway seperti yang saya buat di stasiunsms.com berikut :

Ketik GEMPABUMI kirim ke 0899 545 0750

Anda akan mendapatkan informasi 2 gempa bumi yang berskala lebih dari 2,5 Magnitude di seluruh dunia yang diupdate 10 menit terakhir dari http://earthquake.usgs.gov ke server. Silakan dicoba, selama di hp tersebut masih ada pulsa, tentunya Anda akan menerima informasi tersebut :) Silakan disumbang pulsa jika menurut Anda aplikasi itu berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Tags: ,

Mood : Berpikir emoticon

One Response :


1. Akbar Says:

Seandainya BMKG juga menyediakan RSS Feed tentunya masalah overload pengunjung bisa semakin dikurangi.

BMKG sudah memberikan data XML secara gratis untuk diakses, bukan hanya RSS, dengan XML kita bisa memodifikasi datanya sesuka hati. Anda mungkin telat mengetahui hal ini, karena sudah banyak yang memodifikasi data XML dari BMKG.

BMKG juga sudah memberikan layanan untuk SMS di short number 2303 (khusus Indosat dan Telkomsel) dan di 08999999654 untuk semua operator.

Info lengkapnya bisa dilihat di http://www.bmkg.go.id/data.bmk.....9212862107

Data gempa BMKG lebih cepat dibandingkan yang lain, dikarenakan stasiun gempabumi di Indonesia sudah cukup baik dan jaraknya lebih dekat dengan episenter. Sedangkan USGS jarak stasiun miliknya dengan episenter sangat jauh. Kayaknya kita ga kalah koq sama orang luar. Cinta Produk Indonesia lah..



Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



pakupaku

kenzKENZ.
Live in JOGJA [IDX0058] - INDONESIA,
interested in study about human behavior, enjoy some activities like coding, hiking in the mountains, surfing on the net, and listening 'hanging'.

Life Age: 13556 days
Emotional
78.2%
Bioritme Status
Physical
63.1%
Bioritme Status
Intellectual
-97.2%
Bioritme Status





Jangan Asal
Copy Paste, Blog Juga Hasil Karya Cipta.


Bloglines
Feedburner
Get KlipFolio
Get Firefox
Get Opera
Valid XHTML

Catatan Hanging RSS Feed RSS Entries
Catatan Hanging Comments RSS Feed RSS Comments
Catatan Hanging SideNotes RSS Feed RSS SideNotes

27q. 0.079s.
Powered by WordPress
© 2006
All rights reserved.

Kode Etik Blogger Indonesia